Technologia: Jurnal Ilmiah
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)"
:
15 Documents
clear
ANALISIS USABILITY UNTUK PENGGUNAAN APLIKASI SIGNATURE QR CODE PADA KEABSAHAN DOKUMEN SKRIPSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN USE (Usefulness, Satisfaction, Ease Of Use) QUESTIONNAIRE.
Nur Alam Syah;
M. Muflih;
Muhammad Edya Rosadi;
Muharir Muharir
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.10002
Sejak Awal 2020 Penyebaran Coronavirus (Covid-19) begitu cepat bahkan telah menjadi pandemi secara global yang mempengaruhi negara-negara berkembang dengan sumber daya terbatas (Mishal et al., 2020). Pandemi Covid-19 membuat beberapa perusahaan hingga pendidikan tinggi terkena dampak dalam segi sektor, aktivitas sosial, hingga manajemen(Riza, 2020). Pandemi ini memberikan dampak yang cukup besar juga bagi siklus dunia pendidikan tinggi dari segi kinerja staff (Sudaryono et al., 2020).Pemerintah sudah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 22 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dimana sesuai dengan instruksi ini pelaksanaan kegiatan masih dilaksanakan secara daring/online. Akibat dari pembatasan kegiatan masyarakat, ICT for Development Researcher Daniel Oscar Baskoro mengatakan semakin banyak yang memanfaatkan fasilitas digital yang ada, dan orang-orang bisa melakukan pekerjaan dari jarah jauh. Menurut Kominfo salah satu adopsi teknologi yang paling masif yaitu tanda tangan digital atau digital signature, tercatat penggunaan tanda tangan digital melonjak 350 persen selama pandemi. Bagi mahasiswa yang sedang atau telah mengerjakan penelitian atau skripsi khususnya untuk dokumen-dokumen yang harus ditanda tangani. misalkan sedang butuh tanda tangan dosen pembimbing untuk lembar pengesahan skripsi atau tanda tangan lembar penguji, dengan dibatasi kegiatan dikampus dimasa pandemi atau kebetulan dosen pembimbing atau penguji diluar kota maka solusinya adalah tanda tangan dalam bentuk digital atau Signature QR Code.
KLASIFIKASI TINGKAT KOMPETENSI MAHASISWA UNISKA MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS (KNN) DAN MANHATTAN DISTANCE
Andie Andie;
Hasanuddin Hasanuddin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8001
Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standardisasi yang diharapkan. Pada dunia kerja, kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui tipe pekerjaan seperti apa yang tepat bagi seseorang. Apabila kompetensi atas diri seorang karyawan telah diketahui maka perusahaan pun mampu membantu untuk mengembangkan pribadi melalui training atau pelatihan tertentu. Dataset pada penelitian ini diambil dari mahasiswa uniska yang akan mempersiapkan diri ke dunia kerja . Salah satu cara untuk mengklasifikasi tingkat kompetesi mahasiswa dalam machine learning yaitu menggunakan dataset sebagai data latih agar dapat dilakukan pengujian performa dengan metode klasifikasi yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma K-Nearest Neighbor (KNN), dimana merupakan sebuah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Dari hasil pengujian yang telah dilakuan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode K-NN dengan Manhattan Distance diperoleh hasil akurasi tertinggi dengan nilai sebesar 94%, dengan k=5. Persentase tersebut menunjukkan bahwa Manhattan Distance bekerja dengan baik dalam memberikan rekomendasi untuk klasifikasi kompetensi mahasiswa.
ANALISIS KLASIFIKASI DATASET INDEKS STANDAR PENCEMARAN UDARA (ISPU) DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Ihda Innar Ridho;
Galih Mahalisa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8005
Kualitas udara atau air quality merupakan kadar kandungan udara berdasarkan konsentrasi polutan di lokasi tertentu. Pada masa Pendemi terdapat adanya perubahan kualitas udara yang terjadi di indonesia. Penelitian ini akan melakukakn analisis klasifikasi tingkat kualitas udara berdasarkan dataset ISPU. Data mining dikelompokkan dalam dua kategori, yakni supervised dan unsupervised. Algoritma Support Vector Machine (SVM) adalah suatu metode yang menggunakan algoritma supervised, SVM digunakan untuk mencari hyperplane terbaik dengan memaksimalkan jarak antar kelas. Hyperplane adalah sebuah fungsi yang dapat digunakan untuk pemisah antar kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma Support Vector Machine (SVM), dimana merupakan sebuah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. didapatkan hasil pengujian tertinggi dengan menggunakan support vector dengan nilai accuracy sebesar dengan akurasi 97%. Hal ini membuktikan bahwa pada masa pandemi covid-19 kualitas udara menjadi lebih sehat atau dalam kondisi sedang.
SIRETE ( SISTEM INFORMASI RUKUN TETANGGA ) RT 01 PASAR LAMA
Ahmadi Ahmadi;
Ibrahim Ibrahim
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8016
Dengan berkembangnya teknologi informasi mengolah data dapat dilakukan secara tepat, akurat, cepat dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Pada pelayanan penduduk di RT 01 Pasar Lama meliputi pendataan penduduk, penerbitan surat pengantar atau keterangan dan pembayaran iuran. Sistem pelayanan penduduk di wilayah RT 01 Pasar Lama masih bersifat pembukuan atau arsip sehingga rawan terjadinya redudansi data penduduk yang dapat mengakibatkan ketidakakuratan jumlah data penduduk, kesulitan pada saat perekapan laporan bulanan jumlah penduduk sering terjadi, serta masih tidak adanya system kearsipan data penduduk sehingga dalam pencarian data sangat sulit dan rawan hilang. Tujuan dalam penelitian SIRETE ini adalah untuk merancang Sistem Informasi pelayanan penduduk yang diharapkan dapat memudahkan pihak pengurus RT 01 Pasar Lama dalam pelaksanaan melayani penduduk, sehingga membantu mencapai hasil kerja yang maksimal dan dapat menunjang informasi yang cepat dan akurat.
PROTOTYPE APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA
Rezky Izzatul Yazidah Anwar;
Jauhari Maulani;
Rina Alfah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8051
Sebagai Pendukung pembelajaran biologi dasar yang semula hanya menggunakan pedoman buku ajar, maka kami membuat perancangan aplikasi berbasis android untuk penunjang pembelajaran tersebut. . Untuk menarik minat para pelajar khususnya yang berkaitan dengan organ dalam manusia, kami bermaksud menggunakan teknologi yang telah dikembangkan saat ini yaitu teknologi Augmented Reality atau yang biasa dikenal dengan AR. Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang memasukan citra 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time menggunakan perantara kamera. Penelitian ini akan memasukan teknologi AR kedalam metode pembelajaran organ dalam manusia, sehingga proses belajar-mengajar akan lebih menarik dan menyenangkan. Untuk pembuatan aplikasi menggunakan tools Unity 3D dengan Vuforia sebagai library untuk deteksi dan database marker serta Android Studio dan Java sebagai JDK, SDK, dan NDK pada Unity 3D, dan untuk pemodelan dan pembuatan objek 3D menggunakan aplikasi Blender, sedangkan untuk desain user-interface menggunakan software Photoshop CS6. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengenalan organ dalam manusia menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker-based pada platform Android
PROTOTYPE SISTEM PROMOSI DAN PENYEWAAN GEDUNG BERBASIS DIGITAL , STUDY KASUS : GEDUNG TAMAN BUDAYA BANJARMASIN
Rusdina Rusdina;
Muhammad Rasyidan;
Muhammad Rusdi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8072
Di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Gedung Taman Budaya adalah salah satu gedung yang biasa digunakan untuk acara pernikahan, adat dan acara sejenisnya. Pengelolaan penyewaan Gedung ini masih menggunakan buku besar dalam proses pencatatan data, Walaupun data yang telah tersimpan didalam buku besar dirasa sudah cukup , tetapi pada saat proses pengelolaan data pemesanan dan pencarian jadwal ketersediaan gedung selalu mengalami kendala dalam pencarian data sehingga kurang efisien. Penyimpanan data juga tidak aman karena resiko kemungkinan data hilang sangat besar. Masalah yang dihadapi lainnya adalah calon penyewa harus datang langsung ke kantor pemesanan atau sekedar menelepon untuk mencari informasi dan mengecek ketersediaan gedung sesuai hari yang diinginkan, dikarenakan permasalahan itu, diberikan solusi sebuah Sistem Otomatisasi penyewaan gedung yang dapat membantu proses Promosi Dan Penyewaan Gedung Berbasis Digital kemudian di Implementasi kan ke Objek Penelitian berbasis Web dengan bahasa pemograman PHP, untuk pengecekan ketersediaan gedung, penyimpanan data pemesanan, dan perekapan data pemesanan agar alur untuk Promosi Dan Penyewaan Gedung dapat dengan mudah diakses oleh calon penyewa dan tidak perlu membuang waktu untuk mendatangi lokasi.
SISTEM PENGELOLAAN BANK SAMPAH BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PLC (PROJECT LIFE CIRCLE)
Ihsanul Fikri;
Fathul Hafidh;
Haji Sirajuddin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8087
Sampah masih menjadi permasalahan besar untuk Indonesia, terutama di kota-kota besar. Ribuan sampah terkumpul tiap harinya, mulai dari sampah rumahan dan sampah industri. Di Kota Banjarmasin diperkirakan timbunan sampah sekitar 600 ton / hari dan pemerintah mulai kesulitan dalam menangani jumlah sampah yang semakin meningkat setiap harinya, sehingga diperlukan strategi untuk menanggulanginya, salah satunya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah. Bank sampah merupakan sebuah wadah atau tempat pengumpulan sampah sehingga sampah tersebut dapat bernilai secara ekonomi. Pengolahan data pada Bank Sampah masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam pembuatan laporannya. Transaksi setor maupun penarikan uang oleh nasabah dilakukan pencatatan di buku tabungan. Resiko kehilangan data cukup besar dan pembaharuan data menjadi lambat. Oleh sebab itu dibuat sebuah program aplikasi Bank Sampah Berbasis Digital Dengan Metode PLC (Project Life Circle) yang dapat menjamin keamanan data yang disimpan pada sebuah database, sehingga data lebih terjamin dan mempermudah petugas maupun nasabah dalam melakukan transaksi penyetoran,penarikan uang dan penjualan sampah.Dengan adanya Aplikasi Pengolahan Data Bank Sampah Berbasis Web Pada Bank Sampah Banjarmasin ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi petugas dari bank sampah dalam kegiatan transaksi maupun dari nasabah bank sampah dalam pengecekan saldo dari penyetoran dan pengambilan uang dari bank sampah.Keyword: Bank sampah, PLC (Project Life Circle)
AI DAN PELAYANAN PUBLIK: PENGGUNAAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENERAPAN DATA KETERSEDIAAN DARAH DI RS USU MEDAN
Feri Johansah;
Arrum Dara Efda
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8119
Penerapan komunikasi digital bidang kesehatan menjadi sangat penting untuk memberikan informasi yang cepat dan bisa menjamin keselamatan pasien. Informasi terkait ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dan alat-alat medis menjadi fokus utama dalam pelayanan rumah sakit, terutama persoalan informasi ketersediaan darah secara digital di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Fungsi komunikasi di era digital dipercaya mampu menjadi solusi untuk menembus kebutuhan informasi kesehatan yang sering kali diabaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penggunaan komunikasi digital dalam penerapan data ketersediaan darah di rumah sakit USU Medan.
SEGMENTASI POLA TEKSTUR CITRA KUNING TELUR UNTUK MENGENALI JENIS AYAM KAMPUNG MENGGUNAKAN FILTER GABOR
Muhammad Sipan;
Harmini Harmini
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8480
Penelitian ini membahas tentang segmentasi citra kuning telur ayam kampung dengan filter yang mampu mensimulasikan karakteristik sistem visual manusia dalam mengisolasi frekuensi dan orientasi tertentu dari citra yang bisasa kita sebut filter Gabor. Langkah pertama mengambil data yaitu berupa citra kuning telur ayam kampung. Kedua melakukan pre-processing citra sebelum di segmentasi, tujuanya agar citra tersebut lebih presisi, selanjutnya segmentasi citra dengan metode yang digunakan sehingga dapat dihasilkan pemisahan objek dengan latar belakang dari citra tersebut .Prosses Segmentasi pola tekstur citra kuning telur untuk mengenali jenis ayam kampung menggunakan filter gabor memerlukan empat tahapan, tahapan pertama mengenali citra asli kuning telur, setelah kita dapat mengenali citra kuning telur kemudian kita memfilter citra tersebut dengan nilai λ dan sudut θ dengan nilai tertentu. Pada penelitian ini penulis menggunakan nilai λ=3,5, 4,5, 5,5, dan 6,5. Sudut θ sebesar 0, 45, 90 dan 135. Proses selanjutnya adalah dilakukan operasi thresholding pada citra magnitude dengan nilai threshold yang sudah di tentukan yaitu sebesar 1000. Tahap terakhir atau keempat adalah memvisualisasikan hasil segmentasi terhadap citra asli kuning telur ayam kampung. Hasil penelitian yang di hasilnya menujukan bahwa dengan nilai λ dan θ yang berbeda beda pemisahan objek dengan beckground dapat dikenali sehingga dengan menggunakan filter gabor segmentasi cira kuning telur ayam kampung dapat di lakukan dengan hasil yang baik sehingga dapat digunakan untuk sebuah pengambilan keputusan pengenalan kuning telur ayam kampung.
RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM IoT FTTING LAMPU MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266
Zaiyan Ahyadi;
Sarifudin Sarifudin;
Imansyah Noor
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 1 (2023): Technologia (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v14i1.8961
Internet of Thing untuk sistem penerangan biasanya berupa kontrol ON/OFF lampu dengan mengunakan jaringa internet. Penelitian ini bertujuan untuk membuat peralatan Internet of Things (IoT) berupa fitting lampu yang dapat dikontrol menggunakan jaringan internet maupun jaringan wireless tanpa internet. Komponen utama yang digunakan adalah nodemcu esp8266. Fitting lampu ini dapat dengan mudah dipasang dan digunakan tanpa melakukan modifikasi pada jaringan listrik yang telah ada. Alat ini bernilai ekonomis karena dapat digunakan untuk lampu jenis apapun.Alat ini dapat dikontrol emlalui smartphone dengan tiga mode yaitu mode acess point, mode wifi tanpa internet dan mode tehubung jaringan internet. Untuk mode pertama dan kedua menggunakan aplikasi browser untuk mengakses nodemcu, sedangkan mdoe ketiga menggunakan protokol mqtt. Hasil ujicoba mempeeliahtkan mdoe ketiga mempunyai respon lebih lambat dibandingakn dua mode lainnya. Hasil lainnya adalah ketika nodemcu tidak terhubung ke internet atau jaringan WLAN, hanya mode 1 yang dapat digunakan dengan respon yang lebih lama dibandingkan tekita tehubung ke jaringan.