cover
Contact Name
Asep Saefullah Kamali
Contact Email
arsipstkip@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstkipsm@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Raya Labuan Kilometer 5 Kadulisung Pandeglang Banten 42253
Location
Kab. pandeglang,
Banten
INDONESIA
Cakrawala Pedagogik
ISSN : 2579504X     EISSN : 26157829     DOI : -
Berisi tulisan ilmiah hasil penelitian dan gagasan di bidang pendidikan. Terbit dua kali setahun pada April dan Oktober.
Articles 133 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Studi di Kelas XI IPA SMAN 1 Pandeglang) Budi Hartono
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Hasil evaluasi pada prasiklus menunjukkan persentase siswa yang mencapai nilai lebih dari ? 7,5 hanya 51 siswa dengan ketuntasan 29,41%. Dari hasil evaluasi pelajaran Matematika pada siklus satu, menunjukkan persentase siswa yang mencapai nilai ? 75 mencapai 52,94%, atau 92 siswa. Dari hasil evaluasi pelajaran Matematika di siklus dua, jumlah siswa yang telah mencapai ? 75 berjumlah 154 siswa atau 88,23%. Hasil ini menunjukkan ketuntasan secara klasikal sudah berhasil karena batas ketuntasan yaitu ? 85%.
PENINGKATAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLOS Yuyu Wahyudin
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca (KEM) siswa dengan menggunakan Metode Klos. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Tahapan prosedur pada masing-masing siklus meliputi persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, dan (d) analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Klos dapat meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa sampai 175 kpm.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DENGAN TEKNIK SPOTLIGHT Ira Asyura
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.105

Abstract

Hasil belajar matematika peserta didik yang rendah merupakah salah satu faktor yang menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep peserta didik melalui teknik pembelajaran spotlight. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dalam bentuk esai/uraian. Selain itu peneliti juga mewawancarai responden untuk mengetahui kemampuan matematis peserta didik setelah pembelajaran dengan teknik pembelajaran spotlight. Berdasarkan analisis data dari 33 peserta didik pada umumnya sudah memenuhi indikator dari pemahaman konsep matematis.
ANALISIS KEBUTUHAN KETERAMPILAN BERTAHAN DALAM PERMAINAN BOLAVOLI Devaron Suardi
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.106

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) pentingnya model latihan yang dibentuk untuk meningkatkan keterampilan bertahan bolavoli pemula tingkat SMA, dan (b) kendala serta dukungan dalam pelaksanaan model latihan keterampilan bertahan bolavoli pemula tingkat SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran angket kepada peserta kegiatan ekstrakurikuler yang berjumlah 59 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (a) model latihan penting dibentuk untuk meningkatkan keterampilan bertahan bolavoli tingkat SMA, dan (b) upaya peningkatan keterampilan bertahan permainan bolavoli terkendala metode atau model yang diberikan, sehingga diperlukan pelatih yang menguasai model latihan yang mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam permainan bolavoli.
PENERAPAN METODE ANTIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMPN 2 BOJONG Ii Wahyudin
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Metode Antik dalam peningkatan komptensi guru SMPN 2 Bojong Kabupaten Pandeglang. Metode Antik merupakan proses peningkatan komptensi guru melalui tahapan analisis kebutuhan, negosiasi, treatment atau perlakuan, implementasi atau penerapan dan koreksi atau evaluasi diri. Dari hasil penerapan metode Antik di SMPN 2 Bojong kabupaten Pandeglang dapat diperoleh simpulan bahwa komptensi guru mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan.
IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 3 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SYEKH MANSHUR Linda Linda
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Syekh Manshur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 7 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling dari 23 mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Syekh Manshur tahun akademik 2018/2019. Data hasil penelitian dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ice breaking pada mata kuliah Matematika 3 dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa bosan, mengembalikan perhatian/konsentrasi, memberikan rasa senang, semangat, ceria, dan mendukung kondusifitas perkuliahan di kelas. Hasil ini juga sejalan dengan peningkatan hasil perkuliahan yang berada pada nilai rerata baik, yaitu sekitar 70 - 89.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA (Penelitian di Kelas XI MA Syekh Manshur) Agus Hidayatullah
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual interaktif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas XI di MA Syekh Manshur. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain faktorial, di mana satu variabel bebas terdiri atas dua dimensi, satu variabel moderator terdiri atas dua dimensi, dan satu variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual interaktif memberikan nilai F hitung 5,982 dan signifikansi 0,04. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan rerata hasil belajar. Motivasi memberikan nilai F hitung sebesar 12,634 dan signifikansi 0,013. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil interaksi media audio visual interaktif dan motivasi belajar memberikan nilai F hitung sebesar 25,382 dan signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara media audio visual interaktif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH SOAL TIPE HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Asep Saefullah Kamali
Cakrawala Pedagogik Vol 3 No 2 (2019): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v3i2.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soal tipe HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darussa’adah Cikadueun Saketi Tahun Pelajaran 2018-2019. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa soal tipe HOTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran matematika secara signifikan dibandingkan dengan latihan soal konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan gain dengan taraf kepercayaan (? = 5%), untuk kelas eksperimen rerata gain sebesar 0,52 sedangkan untuk kelas kontrol rerata gain sebesar 0,14.
ANALISIS SINTAKSIS DAN PARADIGMATIK TERHADAP CERPEN “WAJAH ITU MEMBAYANG DI PIRING BUBUR” KARYA A. MUSTOFA BISRI Nandang Kosim
Cakrawala Pedagogik Vol 1 No 1 (2017): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v1i1.16

Abstract

Sastra merupakan sebuah cermin yang memberikan kepada kita sebuah refleksi realitas yang lebih besar, lebih lengkap, lebih hidup, dan lebih dinamis. Sastra menampilkan gambaran kehidupan; dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan sosial. Dalam pengertian ini, kehidupan mencakup hubungan antar masyarakat, antara masyarakat dengan orang-seorang, antar manusia, dan antar peristiwa yang terjadi dalam batin seseorang. Untuk memahami karya sastra diperlukan kemampuan meresepsi dan mendalami tentang sastra, baik itu secara teori sastra, maupun dalam menggeluti langsung terhadap karya sastra. Dalam menyikapi tujuan pembelajaran bahasa khususnya tujuan pembelajaran sastra, maka perlu memahami beberapa teori apresiasi sastra, yang sudah banyak dikemukakan oleh para sastarawan maupun ahli sastra. Salah satunya adalah analisis secara sintagmatik dan paradigmatik.Sintagmatik dan paradigmatik, sebagaimana dikemukakan oleh Saussure (1857 –1913) pada awalnya terkait upaya analisis linguistik terhadap tataran dalam bahasa. Ada dua jenis hubungan atau relasi yang terdapat antara satuan-satuan bahasa, yaitu relasi sintagmatik dan paradigmatik.
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSA KATA DAN MEDIA BUKU HARIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI SMK MULIA HATI INSANI WARUNGGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Yeni Sulaeman
Cakrawala Pedagogik Vol 1 No 1 (2017): Cakrawala Pedagogik
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51499/cp.v1i1.17

Abstract

Hasil belajar menulis siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung dalam menulis cerpen masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya penguasaan kosa kata siswa, kurangnya berlatih menulis cerpen, dan metode, teknik, dan strategi serta media pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan menarik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis (1) hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen; (2) hubungan media buku harian terhadap keterampilan menulis cerpen; (3) hubungan menulis cerpen yang menggunakan media buku harian dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Survei digunakan untuk menyelidiki hubungan antara variabel, dan teknik korelasi digunakan untuk pengujian hipotesis mengenai hubungan antara variabel bebas dan terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen dengan nilai signifikansi 0.013; (2) terdapat hubungan media buku harian terhadap keterampilan menulis cerpen dengan nilai signifikansi 0.817; (3) terdapat hubungan menulis cerpen yang menggunakan media buku harian dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Mulia Hati Insani Warunggunung dengan nilai signifikansi sebesar 0.000.

Page 1 of 14 | Total Record : 133