cover
Contact Name
Alam Santosa
Contact Email
alam.santosa@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ineque@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INAQUE: Journal of Industrial & Quality Engineering
ISSN : 23032715     EISSN : 26225816     DOI : -
INAQUE is a journal published two times per year (February and August) aimed at publishing research results in the field of industrial and quality engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 79 Documents
PENENTUAN JENIS CACAT SEPATU DI PT PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTURE, TBK Elza, Fera
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.979 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.605

Abstract

Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi disini maksudnya bukan hanya orang atau makhluk hidup, akan tetapi juga benda-benda alam yang lainnya. Populasi juga bukan hanya sekedar jumlah yang ada pada objek atau subjek yang dipelajari, akan tetapi meliputi semua karakteristik, sifat-sifat yang dimiliki oleh obek atau subjek tersebut. Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut, ataupun bagian kecil dari anggota populasi yang diambil menurut prosedur tertentu sehingga dapat mewakili populasinya. Jika populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari seluruh yang ada di populasi, hal seperti ini dikarenakan adanya keterbatasan dana atau biaya, tenaga dan waktu, maka oleh sebab itu peneliti dapat memakai sampel yang diambil dari populasi. Sampel yang akan diambil dari populasi tersebut harus betul-betul representatif atau dapat mewakili.
ANALISIS PERBAIKAN BEBAN KERJA OPERATOR PADA PROSES PENGANGKATAN BERAS MENGGUNAKAN METODE RECOMMENDED WEIGHT LIMITS (RWL) DAN LIFTING INDEXS DI PD. MULYA PUTRA BANDUNG Rahman, Rifqi Fadli
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.971

Abstract

Grosir PD. Mulya Putra merupakan salah satu UMKM di kota Bandung yang bergerak dalambidang penjualan beras, untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap beras, GrosirPD.Mulya Putra menyediakan beras- beras yang berasal dari kota-kota penghasil beras.Banyak operator yang mengeluh terhadap punggung belakang dimulai dari gejala sakit, kekakuan dan rasa kesemutan pada karyawan Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti akan mengambiljudul penelitian Analisis Perbaikan Beban Kerja Operator pada Proses Pengangkatan Beras Menggunakan Metode Recommended weight Limits (RWL) dan Lifting Indexs agar bisamengidentifikasi posisi kerja operator apakah sudah benar apa belum. Penelitian yang dilakuakan menggunakan metode Recommended weight Limits (RWL) melingkupi posisi semua operatorawal dan akhir pekerja dalam mengangkat beban yaitu Horizontal multiplier (HM),Vertical multiplier(VM), Distance multiplier (DM),Asymmetric multiplier (AM),Frequency mulplier (FM),Coupling multiplier(CM),Recommended Weight Limit (RWL) Metode selanjutnya menggunakan metode Lifting Index (LI) pada pengolahan data operator 1 di dapat hasil perhitungan pada RWL = 4.18 kg dan LI= 1.19 kg ini berarti LI > 1 maka, kondisi ini menyebabkan peningkatan resiko cedera tulang belakang pada pekerja 
PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PEMBUATAN TAHU MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING DI PD. KARYA BERSAMA Rahayu, Cahya Yuda
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1307.679 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.972

Abstract

Kegiatan perencanaan sebelum proses produksi yang dilakukan adalah aktifitas menyediakan bahan baku yang disesuaikan dengan kapasitas produksi karena jika mengabaikan perencanaan kebutuhan bahan baku yang sering terjadi adalah kelebihan bahan baku yang menyebabkan penumpukan material di gudang penyimpanan, resiko kedua adalah kehabisan bahan baku yang menyebabkan terhentinya kegiatan proses produksi. Menangani masalah seperti diatas, khususnya masalah perencanaan kebutuhan bahan baku, telah dikembangkan metode perencanaan pengadaan bahan baku yaitu Material Requirements Planning (MRP). Menentukan jumlah kapasitas produksi untuk 1 tahun kedepan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 mengestimasi kapasitas produksi dengan menggunakan metode peramalan, hasil dari metode peramlan di bandingkan dan dipilih metode peramalan terbaik dengan melihat perbandingan error paling kecil, yaitu metode Regresi Liniear. Hasil dari peramalan terbaik lalu dijadikan jadwal induk produksi untuk 12 bulan kedepan dan dipadukan dengan data Bill of Material maka diperoleh kebutuhan setiap bahan baku yang diperlukan setiap bulan. Dalam menetukan jumlah pemesanan yang ekonomis digunakan beberapa metode lotting yaitu: metode EOQ dan metod Silver Meal, hasil perhitungan lotting tersebut lalu direncankan menggunakan metode Material Requirements Planning dan dihitung total biaya dari setiap metode dan dipilih metode dengan total biaya yang paling optimal. Metode loting yang pemesananya paling optimal atau menghasilkan biaya yang paling rendah adalah menggunakan metode Silver Meal dengan total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 257.714.200 lebih kecil dibandingkan metode EOQ dan Perusahaan.
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LDK UMMI UNIKOM BANDUNG Nugraha, Yuda Adiatma
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1210.028 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.982

Abstract

LDK UMMI UNIKOM Bandung merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan islam. Dalam menjalankan lembaga atau organisasi, LDK UMMI mengelola kegiatan dengan menggunakan pencatatan kertas dan aplikasi yang tidak saling terintegrasi dan praktis dalam mengekses data. hal tersebut membuat proses pengelolaan manajemen menjadi cukup lama karena data yang tidak rapih dan tidak dalam satu sistem informasi. Dari hasil identifikasi maka dibuatlah analisis perancangan sistem informasi manajemen LDK UMMI untuk mempersiapkan program yang mampu mengintegrasikan informasi dalam organisasi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode FAST dengan pendekatan rekayasa perangkat lunak terstruktur, sehingga analisi menggunakan data flow diagram (DFD). Tahapan akhir dari penelitian ini adalah perancangan desain basis data dan perancangan antar muka. Sehingga hasil akhir dari penelitian ini adalah alur program dan perencanaan pembangunan sistem informasi pada pemrograman berbasis web. Batasan dari penelitian ini hingga tahapan analisis dan desain sistem keseluruhan fungsi organisasi, sedangkan tahapan implementasi akan dilaksanakan pada penelitian yang lain.
ANALISIS PRODUKTIVITAS OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DITINJAU DARI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DILANTAI PRODUKSI DI CV. GRAND MANUFACTURING INDONESIA Pratama, Ferdian Ary; Henny, Henny
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 2 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1103.618 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i2.987

Abstract

Produktivitas perusahaan merupakan hal yang paling utama. Dengan mengukur produktivitas maka kita akan mengetahui seberapa besar kinerja perusahaan. Untung rugi perusahaan dapat dilihat dari hal ini. CV Grand Manufacturing adalah salah satu perusahaan yang memperhatikan tingkat produktivitas perusahaannya terutama dari segi keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan memperhatikan hal ini maka kita akan mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian yang didapat oleh perusahaan juga seberapa besar kesejahteraan karyawan di perusahaannya. Pengukuran produktivitas memiliki banyak metode yang dapat digunakan. Pada penelitian metode yang digunakan oleh pengukuran produktivitas OMAX. Beberapa factor dapat terlihat kenaikan dan penurunaannya. Dan bahkan dapat dilihat dari masing-masing komponen yang mempengaruhi produktivitas tersebut. Produktivitas OMAX mengukur berdasarkan factor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tersebut. Diantaranya factor manusia dan pekerjaannya merupakan factor yang sangat penting dalam mengukur produktivitas keselamatan dan kesehatan kerja. Dari perhitungan ini didapat indeks produktivitas perusahaan ditinjau dari keselamatan dan kesehatan kerja mengalami kenaikan. Adanya kecelakaan kerja dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian akibat kecelakaan kerja yang terjadi, mesin berhenti akibat kecelakaan dan waktu yang hilang akibat kecelakaan tersebut.
ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN-MESIN DI LANTAI PRODUKSI PT. ‘X’ MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS riyanto, agus; Prasetiyo, Koko Aji
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 2 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1602.341 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i2.1058

Abstract

Perusahaan semakin meningkat kapasitas produksinya agar dapat memenuhi permintaan pasar. Kinerja mesin terus-menerus bekerja tanpa melihat efek dari performa mesin tersebut. Perusahaan hanya ingin memenuhi kebutuhan konsumen dengan melupakan tindakan yang harus dilakukan pada mesin yang digunakan. Mesin yang sudah tua mengalami performance yang menurun sehingga mengakibatkan terhambatnya pada proses produksi. Solusi untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menentukan kinerja mesin mengalami penurunan performance di setiap proses produksi dan mengetahui akar penyebab masalah, peneliti mengunakan metode Overall Equipment Effectiveness untuk menghitung nilai mesin-mesin yang paling kritis Hasil dari pengolahan data metode OEE mesin-mesin yang digunakan tidak effisien karena masih banyak mesin yang memiliki nilai di bawah standar umum OEE yaitu 85%. Hal ini dikarenakan performance yang menurun. Untuk mengetahu akar penyebab masalah maka di lakukan analisis fault tree dimana dilakukan untuk mengetahui akar penyebab masalah dari performance yang menurun maka didapat akar penyebab masalah yang terjadi. Akar penyebab yang terjadi yaitu meliputi 2 faktor yang pertama dari number of units manufactured dan yang kedua possible number of units. Dari 2 faktor ini yang menyebabkan menurunnya performance mesin. number of units manufactured disebabkan oleh waktu operasi yang lama dan umur mesin yang sudah tua, kemudian dari umur mesin yang sudah tua diakibatkan besar oleh perawatan yang kurang baik sehingga mengakibatkan kerusakan-kerusakan terhadap komponen mesin. Kinerja mesin mengalami penurunan performa karena terus menerus meningkatkan kapasitas produksinya. Maka solusi untuk mengetahui penurunan mesin dilakukan analisis menggunakan metode OEE untuk mengetahui nilai-nilai mesin yang paling kritis. Hasil dari metode OEE menunjukan performance yang kecil diakibatkan oleh umur mesin yang sudah tua, perawatan yang kurang baik, dan minimnya spare part karena harga yang mahal.
ANALISIS SISTEM PERAWATAN MESIN MILLING MENGGUNAKAN METODE FMECA DI CV. GRAND MANUFACTURING INDONESIA Nuswantoro, Ilham; Anthara, I.Made Aryantha
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 2 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.04 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i2.1353

Abstract

Seiring dengan meningkatnya perkembangan proses produksi, perusahaan pada umumnya berfokus pada pembuatan produk yang dilakukan terus menerus. Proses produksi akan berpengaruh pada kondisi produktivitas suatu perusahaan, baik itu mesin maupun operator. Indikator produktivitas yang menurun mempunyai hubungan dengan perawatan fasilitas produksi perusahaan. Perawatan merupakan kegiatan merawat fasilitas perusahaan, dalam hal ini mesin. Mesin yang terawat sudah tentu sangat membantu perusahaan untuk menghasilkan produk secara optimal, baik dari kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini dilakukan di CV. Grand Manufacturing Indonesia. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah kurang optimalnya prosedur perawatan yang ada di perusahaan. Perawatan yang ada hanya terfokus pada perawatan skala minor yang jika dibiarkan maka akan membuat kerugian yang lebih besar lagi. Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effects and Criticality Analysis (FMECA). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kerusakan yang dialami mesin, mencari penyebab serta akibat yang ditimbulkan oleh rusaknya komponen dan mengidentifikasi efek-efek buruk yang akan terjadi apabila mesin tersebut mengalami kerusakan. Pada penelitian ini dilakukan sesuai dari prosedur metode yang digunakan. Dari penelitian yang dilakukan di CV. Grand Manufacturing Indonesia ini, dengan menggunakan metode FMECA dapat diketahui jenis komponen kritis yang harus diprioritaskan, yaitu komponen fan belt dan cutter. Putus dan aus merupakan jenis kerusakan yang dialami oleh kedua komponen.
ANALISIS PENGENDALAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROSES CONTROL (SPC) GUNA PERBAIKAN CACAT RAJUT DI CV. SALWA KNIT BANDUNG Santosa, Galih; Sianturi, Gabriel
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1057.575 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.1384

Abstract

Melihat perkembangan dalam dunia industri khususnya industri tekstil, menuntut para produsen pakaian khususnya pakaian rajut untuk bersaing secara ketat demi memenuhi kebutuhan atau pesanan konsumen serta merauk keuntungan yang besar bagi perusahaan. Disamping sumber daya manusia (SDM) dan proses produksi, dalam proses produksi sendiri masih saja ada kegagalan produk yang tidak sesuai standardisasi ketentuan perusahaan meskipun proses produksi sudah dijalankan dengan prosedur yang sudah di rencanakan. Karena hal tersebut, maka perusahaan diharapkan dapat melakukan perbaikan terus-menerus dalam usahanya untuk mengurangi kegagalan produk. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka persaingan yang terjadi antar perusahaan akan semakin meningkat. Hal inilah mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga sesuai dengan standar dan spesifikasi produk yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya. CV. Salwa Knit, merupakan unit usaha yang bergerak dalam bidang tekstil atau pakaian yang menghasilkan produk berupa rajutan pakaian hangat yang biasa di gunakan pada saat cuaca dingin. Dalam memenuhi berbagai jenis kebutuhan pakaian hangat perusahaan sendiri sangat fleksibel, semua permintaan rajut dari pelanggan sebisa mungkin di penuhi dengan spesifikasi produk rajut yang diinginkan pelanggan dan guna meningkatkan produk rajut itu sendiri. Untuk menjamin proses produksi dalam kondisi baik dan stabil atau produk yang dihasilkan selalu dalam daerah standar atau tidak cacat, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap titik origin dan hal–hal yang berhubungan, tujuanya yaiu menjaga dan memperbaiki kualitas produk sesuai dengan harapan. Hal ini disebut dengan metode Statistical Process Control (SPC).
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP FASILITAS KEGIATAN AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Rohmantara, Rezki; Robecca, Julian
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.867 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.1387

Abstract

Peningkatan kualitas jasa semakin mendapat banyak perhatian perusahaan. Dengan adanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumen bahkan berkemungkinan besar untuk menarik konsumen baru. Kelangsungan hidup sebuah perusahaan bergantung pada kepuasan para konsumen dan kepuasan bisa tercipta apabila perusahaan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara 2 tahap yaitu kuesioner awal untuk mengetahui suara konsumen mengenai fasilitas kegiatan akademik serta kuesioner akhir yang disebar secara online untuk mengukur sejauh mana mahasiswa merasakan fasilitas kegiatan akademik yang diberikan dan mengukur seberapa penting fasilitas kegiatan tersebut. Kuesioner disebar ke setiap program studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode service quality yang menggunakan 5 dimensi service quality yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian ini difokuskan pada Gap 5 yaitu tentang jasa yang dipersepsikan dengan jasa yang diharapkan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 20 pernyataan kebutuhan mengenai fasilitas kegiatan akademik. Setelah dilakukan pengukuran antara harapan dengan persepsi yang dirasakan masih terdapat kesenjangan atau ketidaksesuaian antara fasilitas kegiatan akademik yang diharapkan dengan fasilitas kegiatan yang diberikan. Apabila Universitas Komputer Indonesia meningkatkan pelayanan akan fasilitas kegiatan akademik, maka hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mahasiswa. Peningkatan pelayanan fasilitas kegiatan akademik diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yang rusak seperti infokus, AC, serta komputer yang rusak. Memperbaiki jaringan internet wifi dan menyediakan fasilitas yang belum ada yang dibutuhkan mahasiswa seperti pusat student center, pusat pengaduan mahasiswa terhadap pelayanan fasilitas kegiatan akademik serta halaman website bagi orang tua untuk memonitoring perkembangan akademik dan keuangan anaknya.
USULAN PERBAIKAN LAYOUT LANTAI PRODUKSI PRODUK SPARE PART SARINGAN OLI MOTOR DI CV. GRAND MANUFACTURING INDONESIA Sitohang, Riky Boy; Anthara, I.Made Aryantha
Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering Vol 6 No 1 (2018)
Publisher : Teknik Industri Unikom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.325 KB) | DOI: 10.34010/iqe.v6i1.1388

Abstract

Peningkatan kualitas jasa semakin mendapat banyak perhatian perusahaan. Denganadanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumenbahkan berkemungkinan besar untuk menarik konsumen baru. Kelangsungan hidupsebuah perusahaan bergantung pada kepuasan para konsumen dan kepuasan bisatercipta apabila perusahaan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara 2 tahap yaitu kuesionerawal untuk mengetahui suara konsumen mengenai fasilitas kegiatan akademik sertakuesioner akhir yang disebar secara online untuk mengukur sejauh mana mahasiswamerasakan fasilitas kegiatan akademik yang diberikan dan mengukur seberapa pentingfasilitas kegiatan tersebut. Kuesioner disebar ke setiap program studi yang ada di FakultasTeknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan metode service quality yang menggunakan 5 dimensi servicequality yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian inidifokuskan pada Gap 5 yaitu tentang jasa yang dipersepsikan dengan jasa yangdiharapkan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 20 pernyataan kebutuhanmengenai fasilitas kegiatan akademik. Setelah dilakukan pengukuran antara harapandengan persepsi yang dirasakan masih terdapat kesenjangan atau ketidaksesuaianantara fasilitas kegiatan akademik yang diharapkan dengan fasilitas kegiatan yangdiberikan.Apabila Universitas Komputer Indonesia meningkatkan pelayanan akan fasilitas kegiatanakademik, maka hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mahasiswa. Peningkatanpelayanan fasilitas kegiatan akademik diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yangrusak seperti infokus, AC, serta komputer yang rusak. Memperbaiki jaringan internet wifidan menyediakan fasilitas yang belum ada yang dibutuhkan mahasiswa seperti pusatstudent center, pusat pengaduan mahasiswa terhadap pelayanan fasilitas kegiatanakademik serta halaman website bagi orang tua untuk memonitoring perkembanganakademik dan keuangan anaknya.