cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 53 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017" : 53 Documents clear
MEMORI WANITA DALAM MULTITASKING KAJIAN NEUROPSIKOLINGUISTIK Muhammad Irwan Syahputra
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.745 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.1163

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektivan memori pada wanita dalam multitasking. Multitasking  atau tugas berganda menyiratkan adanya lebih dari satu tugas di dalamnya. Kondisi tugas berganda adalah adanya beberapa tugas yang independen dan tidak berhubungan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Peneltian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wanita dapat melakukan kemampuan multitasking dengan baik. Memori wanita dalam multitasking seringkali mengalami hambatan disebabkan efektivitas otak yang bekerja kurang maksimal yaitu pada memori jangka pendek. Namun secara garis besar, multitasking  pada wanita lebih baik dibandingkan pada pria.                                                        Kata Kunci: multitasking, memori, wanitaAbstract. This study aims to determine the extent of effectiveness of memory in women in multitasking. Multitasking or multiple tasks implies more than one task in it. Multiple task conditions are the presence of several independent and unrelated tasks that are carried out at the same time. The research was conducted with a qualitative approach through observation and interview methods. Research results show that women can perform multitasking abilities well. Memory of women in multitasking often experiences obstacles due to the effectiveness of the brain that works less optimally in short-term memory. But broadly speaking, multitasking in women is better than in men.Keyword: multitasking, memory, woman
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN NON-BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS BINA DARMA Iskandar Rosyidin; Cita Hikmah Yati
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.770

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan menganalisa beberapa fenomena yang dialami oleh para dosen yang mengajar matakuliah bahasa Inggris untuk mahasiswa Non-Bahasa Inggris di Universitas Bina Darma Palembang dengan permasalahan berupa motivasi belajar. Analisa yang dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui tinggi rendahnya motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggis serta jenis motivasi apa yang mereka miliki. 60 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling yang diseleksi oleh dosen kelas pada mahasiswa dari berbagai jurusan sebagai responden yang menjawab 15 pertanyaan yang diajukan oleh penulis. Hasil dari kuestioner yang didistribusikan menggambarkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat motivasi intrinsik yang rendah dan tingkat motivasi yang sedang untuk motivasi ekstrinsik. Beberapa hal baru yang harus diketahui oleh para dosen bahasa Inggris terdapat pada studi ini.Kata Kunci: Motivasi, Bahasa InggrisAbstract. This study aims to analyze some of the phenomena experienced by lecturers who teach English courses for Non-English students at Bina Darma University Palembang with problems in the form of learning motivation. The analysis carried out was intended to find out the level of motivation of students in learning English and what type of motivation they had. 60 students were selected by using purposive sampling selected by class lecturers for students from various departments as respondents who answered 15 questions posed by the author. The results of the distributed questionnaire illustrate that students have a low level of intrinsic motivation and a moderate level of motivation for extrinsic motivation. Some new things that must be known by English lecturers are found in this study.Keywords: Motivation, English Language
STRATEGI BERARGUMENTASI KOLABORATIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA DEORAWA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMP MENYIMPULKAN PIKIRAN DAN PENDAPAT NARASUMBER Dr. Narimo S.Pd, M.Pd
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.3673

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber melalui strategi berargumentasi kolaboratif berpendekatan saintifik dengan media deorawa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi, dan jurnal harian terhadap subjek penelitian sejumlah 26 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Watulimo Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Data yang terkumpul, khususnya data verbal, dianalisis secara kualitatif dengan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah peningkatan kompetensi menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber, yang mencakup kemampuan menyusun terma, premis minor, premis mayor, dan simpulan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X-2 TINGKAT MATHAYOM DI SEUKSASART ISLAM SCHOOL THAILAND SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019 tiara ashshiddiqie
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.1332

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berupa Adobe Flash, terhadap kemampuan peserta didik di sekolah Seuksasart Islam Thailand Selatan, dalam menulis cerita fantasi. Adapun aspek-aspek yang dinilai dari tulisan para peserta didik meliputi isi, organisasi dan penulisannya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini hanya terdiri dari satu kelas saja yaitu kelas X-2. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian terdiri dari tes, dokumentasi dan lembar observasi. Berdasarkan pada hasil analisis data yang telah dilakukan,  dapat diketahui bahwa, kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas X-2 di sekolah Seuksasart Islam School tidaklah terlalu bagus, jika melihat kepada hasil pretest mereka. Hanya beberapa siswa saja yang mampu mendapatkan nilai lebih dari 7. Setelah itu diberikanlah treatment berupa pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif, dan kemudian kemampuan menulis mereka diuji  kembali. Dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil posttest mereka. Namun meskipun mengalami peningkatan, nilai yang didapatkan masih belum memuaskan. Setelah diuji signifikansinya, dapat diketahui bawa peningkatan tersebut tidaklah signifikan. Jadi bisa disimpulkan bahwa media itu tidak cukup berpengaruh. Peningkatan yang paling banyak terjadi yaitu terletak pada aspek pemilihan judul, penyisipan amanat dan unsur-unsur cerita fantasi. Sementara pada bagian struktur dan penulisan tampaknya tidak banyak peningkatan yang terjadi.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH DENGAN PENDAMPINGAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 024184 BINJAI Dra. Herniwati
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.761 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.721

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan ketrampilan membaca Indah dengan pendampingan pada siswa Kelas VI SD dengan membaca bahan bacaan yang disediakan guru. Serta bagaimana kreatifitas dan kemampuan guru dalam melaksankan pembelajaran di dalam kelas. Rumusan Masalah yang diajukan adalah: Bagaimana keaktifan dan kemampuan membaca Indah pada siswa Kelas VI SD Negeri 024184 Binjai. Penelitian tindakan Kelas ini dilakukan dua siklus dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri atas empat komponen, yaitu: perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam membaca Indah adalah kemampuan siswa dengan daya serap 72,50 % pada siklus I dan menjadi 84,60% pada siklus II, dan siswa sangat termotivasi menentukan keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam kelas.Kata Kunci: Membaca Indah, PendampinganAbstract. This study aims to find out how to improve the skills of reading Beautiful with assistance to students of Class VI SD by reading reading material provided by the teacher. And how the creativity and ability of teachers in melaksankan learning in the classroom.Proposed Problem formulation is: How activeness and ability to read Beautiful at student of Class VI SD Negeri 024184 Binjai.Classroom action research was conducted two cycles using a model developed by Kurt Lewin consisting of four components: planning, action / action, observation and reflection.The result of this research concludes that students' learning achievement in reading Beautiful is the ability of students with absorption 72,50% in cycle I and 84,60% in cycle II, and students are very motivated to determine the success of Teaching and Learning Activities (KBM) in class.Keywords: Beautiful Reading, Assistance
EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL “MERAJUT ASA” DI TRANS7 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 3 MEDAN Kursitasari S.Pd.
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.631 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.1158

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual “Merajut asa” di Trans 7 dalam pembelajaran menulis cerita pendek oleh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan . Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Medan, jumlah populasi dalam penelitian ini 239 siswa, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-2 terdapat 40 siswa dan VII-4 terdapat 39 siswa. jadi seluruh sampel berjumlah 79 siswa. Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual “Merajut Asa” sedangkan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Dengan desain tersebut, akan dibandingkan kemampuan menulis cerpen siswa yang dibimbing dengan menggunakan media pembelajaran audio visual “Merajut Asa” dengan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan media audio visual. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media pembelajaran audio visual “Merajut Asa” yaitu 79,53 dengan standar deviasi 7,14. Sedangkan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual yaitu 63,36 dengan standar deviasi 9,40. Dari hasil analisis statistika diperoleh harga sebesar 6,6. Setelah dibandingkan dengan  dengan df = ( ), (40+39) - 2 = 77. Pada tabel t dengan df 77 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,664 karena  yang diperoleh lebih besar dari  yaitu , yakni 6,6 1,664 Maka hipotesis nihil (  ditolak dan hipotesis alternatif (  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual “Merajut Asa” lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan .Kata kunci: efektivitas, media audio-visual, cerita pendekAbstract. This study aims to determine the effectiveness of the use of audio-visual media “Merajut asa”  in Trans 7 in learning to write short stories by class VII students of State MTs 3 Medan . This research was conducted in Medan State MTs 3, the population in this study was 239 students, and the sample in this study consisted of two classes, namely class VII-2, there were 40 students and VII-4 there were 39 students. so all the samples were 79 students. Class VII-2 as an experimental class is a class that receives learning using audio-visual learning media “Merajut asa” while class VII-4 as a control class without using audio visual learning media. The method used in this study is an experimental method with the design of Posstest-Only Control Design. With the design, it will be compared to the ability to write short stories of students who are guided by using audio visual learning media “Merajut asa” with the ability to write short stories without using audio visual media. From the results of data analysis, the average ability to write short stories is obtained by using “Merajut asa” audio-visual learning media, which is 79.53 with a standard deviation of 7.14. While the ability to write short stories without using audio visual learning media is 63.36 with a standard deviation of 9.40. From the results of statistical analysis, the price is 6.6. After being compared with with df = ( ), (40+39) - 2 = 77. In with df 77 obtained a significant level of 5% = 1,664 because obtained is greater than namely ,, which is 6.6 1.664 Then the null hypothesis ( is rejected and the alternative hypothesis ( is accepted. Thus it can be concluded that “Merajut asa” audio-visual learning media is more effective in improving short story writing skills by class VII students of State 3 of MTs Medan.Keywords: effectiveness, audio-visual media, short stories
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013 MELALUI KKG SEKOLAH DI SD NEGERI 020260 BINJAI Dra. Marsini
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.891 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.726

Abstract

 Abstrak. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD Negeri 020260 Kecamatan Binjai Utara dan masalah yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kemampuan guru membuat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013 .Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan pada guru tentang langkah-langkah teknis bagaimana membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan benar. Dari hasil pelaksanaan penelitian diperoleh data sebagai berikut: Nilai rata-rata Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 Pada Pra Sikus adalah dengan nilai 78,33 dengan Kategori “C” kemudian di siklus I meningkat menjadi 81,67 dengan Kategori “B” kemudian di siklus II Nilai Rata-Rata Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 meningkat menjadi 89,45 dengan kategori “A”. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan guru dalam membuat Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 melalui KKG Sekolah di SD Negeri 020260 Binjai.Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013, KKG SekolahAbstract. Action Research School (PTS) is implemented in primary schools 020 260 District of North Binjai and issues examined are how to improve the ability of teachers to plan appropriate learning curriculum in 2013 The results of research are expected to provide feedback to the teacher about the technical steps how to create a good learning plan and right. From the results of the implementation of the research data showed the following: The average value Appropriate Curriculum Lesson Planning 2013 In Pre Sikus is the value of 78.33 by the category "C" and then in the first cycle increased to 81.67 by Category "B" and then in the second cycle Average value of Learning Appropriate Curriculum Planning in 2013 increased to 89.45 with category "A". Thus there is an increase in the ability of teachers to create learning Planning Appropriate Curriculum 2013 through KKG 020 260 School SD Negeri Binjai.Keywords: Lesson Planning, Curriculum 2013, KKG School
ANALISIS CERPEN MARYAM KARYA AFRION DENGAN PENDEKATAN EKSPRESIF Sisi Rosida
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.447 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.1152

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ekspresi pengarang dan proses kreatif pengarang dalam menciptakan cerpen Maryam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yakni dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan membaca secara berulang-ulang, mengumpulkan data dari isi cerita yang behubungan dengan gambaran ekspresi pengarang, melakukan penelaahan data dan menggarisbawahi isi cerita, dialog, dan perilaku tokoh berkenaan dengan gambaran ekspresi pengarang, mendeskripsikan ekspresi pengarang pada tokoh, mengumpulkan data proses kreatif (melakukan wawancara dengan pengarang), dan  menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini adanya gambaran ekspresi pengarang dalam bentuk takut, marah, sedih, gelisah, bingung, jengkel, tak peduli, sabar, dan cinta/kasih sayang. Perasaan ini dialami sang tokoh saat ditinggal suami. Temuan  proses kreatif dalam cerpen ini yakni proses kelahiran cerpen Maryam terinspirasi dari pengalaman penulis melihat sosok  perempuan bekerja sendirian di tengah perkebunan karet PTP III di Desa Gunung Malintang (Koto Baru). Kemudian pengarang menulis cerpen Maryam dengan menyesuaikan wilayah kehidupan dan adat budaya masyarakat Minang.Kata Kunci: analisis, cerpen, ekspresif             Abstract. This study aims to describe the author's expression and the creative process of the author in creating Maryam's short stories. The method used in this research is descriptive method, namely documentation and interviews. The technique of analyzing data by repetitively reading, collecting data from the contents of the story that relates to the author's expressions, analyzing data and highlighting the contents of the story, dialogue, and character behavior with regard to the author's expression, describing the author's expression to the characters, collecting process data creative (conducting interviews with authors), and drawing conclusions from the results of research. The results of this study are descriptions of author expressions in the form of fear, anger, sadness, anxiety, confusion, annoyance, indifference, patience, and love / affection. This feeling is experienced by the character when the husband left. The findings of the creative process in this short story, namely the birth process of Maryam's short story, were inspired by the author's experience of seeing women working alone in the middle of PTP III rubber plantations in the Gunung Malintang Village (New Koto). Then the author wrote Maryam's short story by adjusting the area of life and cultural customs of the Minang community.Keywords: analysis, short story, expressive
PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORY, KHINESTHETIC FLEMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Dra. Deliani,M.Si
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.882 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.720

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “ Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming” dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate. Populasi adalah siswa kelas X AK dan kelas X PK yang berjumlah 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode  post-test only design group. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis karangan deskripsi adalah dengan essay test atau tes tulis. Dari hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 79,25 dengan standar deviasi 7,03 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata- rata 68,5 dengan standar deviasi 6,9. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,935 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan= 5% dengan , maka diperoleh taraf signifikan 5% = 1,982 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung ttabel 6,935 1,982 sehingga Ha(Hipotesis Alternatif) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Picture and picture.Kata Kunci:Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.Abstract. This study aims to determine whether there is influence of learning model "Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming" in writing essay description of students of class X SMK PAB 3 Medan Estate. The population is the students of class X AK and class X PK totaling 80 people. The method used in this research is experimental method that is post-test method only design group. Instruments used to capture the assignment data that is writing essay description is by essay test or write test. From the data processing, the average of experiment class is 79,25 with standard deviation of 7.03 while control class is obtained 68,5 average with standard deviation 6,9. Thus it can be said that the value of the experimental class is higher than that of the control class. After hypothesis testing, the value of tct = 6.935 is then consulted with ttable at significant level = 5% with , hence obtained significant level 5% = 1,982 (with interpolation). Then compared between thitung with ttable obtained tcount ttable 6,935 1,982 so obtained Ha (Alternative Hypothesis) accepted. Based on the data analysis can be concluded that the use of Visual learning model, Auditory, Khinesthetic Fleming on learning writing essay description more effective than the model of learning Picture and picture.Keywords: Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming, Writing Ability, Essay Description.
PENGARUH TEKNIK AFFINITY GROUPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP BINA BERSAUDARA MEDAN Sahri Nova Yoga
Jurnal Bahastra Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.734 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v1i2.737

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teknik Affinity Grouping terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Bina Bersaudara Medan . Populasi berjumlah 86 orang dengan jumlah siswa kelas VIII-1 adalah 33, VIII -2 adalah 31 orang dan VIII-3 adalah 22 orang. Dengan menggunakan teknik random sampling maka diputuskan menggunakan sampel 64 orang yang terdiri dari kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode diskusi dan kelas VIII-2 sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan teknik Affinity Grouping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa kelas eksperimen adalah 82,90, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol  adalah 64,48.  Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan  uji “t”. Dari perhitungan uji “t”  to dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk= (N1+N2)-2 = (31+33)-2 = 62, maka diperoleh ttabel pada taraf singnifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00  1,367 2,65. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan teknik Affinity Grouping lebih baik dari pada metode diskusi dalam menulis puisi.Kata Kunci: Pengaruh, Teknik Pembelajaran Affinity Grouping, Menulis Puisi.Abstract. This study aims to  descript the effect of Affinity Grouping Technich  for poetry writing skill student on VIII Primary School at Bina Bersaudara Medan 2015/2016 educational period. The population of this research is 86 students with VIII-1 class is 33 students , VIII-2 is 31 students, VIII-3 is 22 students. With using rosndom sampling technich so take a result for sample is 64 students which of VIII-1 as control class be use the discussion method ang VIII-2 class as experimental class be use Affinity Grouping. The method to be used is the experiment method. The average poetry writing skill of the experimental class is 82.90, but the control class has an average 64.48. based on this result the value of experimental is higher than control class, the hypothesis test is used be t test. Of the t test result ”  to consulted with  ttable on predicate 5% and 1% dwith dk= (N1+N2)-2 = (31+33)-2 = 62, so has resulted ttable on sygnificant predice  5% = 2,00 and significant predict  1% = 2,65. After consulted,  t0 has gated  is higher than  ttable  yaitu 2,00  1,367 2,65. Cause t0 is higher than ttabel, so can be predicted  Ho is failed. Based on this result has predicted is the learning using the Affinity Grouping technich better than discussion method on writing poerty.. Keywords: Effectivity, Affinity Grouping, Poetry Writing.