cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 53 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017" : 53 Documents clear
Analisis Penggunaan Bahasa Lavender Pada Masyarakat Sukabumi Risma ari septiani
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.2782

Abstract

Bahasa lavender ialah studi tentang cara pria gay berbicara, pertama kali muncul pada awal abad ke-20. Sejumlah faktor menjelaskan bahasa lavender bukan rahasia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang hanya menggambarkan suatu situasi pada saat penelitian. Dalam penelitian ini terdapat empat informan, perempuan dan laki-laki berkisaran umur 25-26 tahun yang aktif menggunakan bahasa lavender. Penggunaan bahasa lavender tidak sepenuhnya di gunakan oleh para informan, karena tidak semua kata memilki istilah dalam bahasa lavender. Para infroman juga menggunakan bahasa lavender saat berkomunikasi melalu Whatsapp, Facebook
Kesalahan Penulisan Kata dan Tanda Baca pada Online News Rima Rismaya Apriliana
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.2967

Abstract

Abstrak, Online news merupakan salah satu kegiatan jurnalistik yang menggunakan bahasa tulisan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Penulisan online news harus berpegang teguh pada kaidah-kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kaidah ini membantu penulis online news dalam mengolah data sehingga pesan yang disampaikan dalam online news dapat diterima oleh pembaca. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) ini terdiri atas empat bab, yaitu pemakaian huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca. Dalam empat bab tersebut telah di temukan dua bab pada berita JabarTribunnews.com. diantaranya kesalahan penulisan kata dan tanda baca. JabarTribunnews merupakan salah satu online news yang memberikan informasi mengenai peristiwa atau berita di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif, yaitu mendeskripsikan kesalahan ejaan yang terdapat pada berita JabarTribunnews.com, maka Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan ejaan dalam JabarTribunnews.com edisi 25 Juni 2020. Kata Kunci : Online news, JabarTribunnes.com, Ejaan.  Abstract, Online news is a journalistic activity that uses written language as a medium to convey information to the public. Writing online news must hold fast to the rules of the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI). This rule helps online news writers in processing data so that messages conveyed in online news can be received by readers. The General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI) consist of four chapters, namely the use of letters, writing words, writing uptake elements, and the use of punctuation. In these four chapters two chapters have been found on JabarTribunnews.com news. including errors in writing words and punctuation. JabarTribunnews is one of the online news that provides information about events or news in West Java. The research method used is descriptive qualitative, which describes the spelling errors contained in the JabarTribunnews.com news, so this research was conducted to find out the spelling mistakes in the June 25, 2020 edition of JabarTribunnews.com. Keywords: Online news, JabarTribunnes.com, Spelling. 
IMPLIMENTASI METODE SISTEM ENGLISH QUARANTINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA CALON ENTERPRENUER MUDA Nila Afningsih; Debbi Chyntia Ovami; dewi nurmala
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.1596

Abstract

Bahasa Inggris merupakan suatu  bahasa yang wajib dimiliki para generasi muda. Perkembangan dan kemajuan ekonomi dunia memaksa kita untuk terus bangkit membenahi diri termasuk dengan kemampuan dalam berbahasa inggris.  Pada penelitian ini berusaha menyajikan metode Sistem English Quarantine  untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya dibidang ekonomi. Metode ini akan diperlakukan kepada siswa SMA dimana mereka adalah generasi penerus negeri ini yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini di berbagai bidang termasuk dibidang ekonomi. Peng-Implimentasian metode System English Quarantine dalam pembelajaran bahasa inggris bukan saja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris akan tetapi  tujuan utamanya adalah mempersiapkan generasi muda yang siap saing tingkat nasional maupun Internasional,  sebahai modal tambahan bagi calon Interprenuer muda. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah : Mengurangi pengangguran Terbuka dengan mempersiapkan generasi muda sebagai calon  Entereprenuer berbakat , handal yang siap tempur di kalangan nasional maupun Internasional. Pada penelitian ini melakukan eksperimen dan survey. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan, diketahui bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.  Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel independen yaitu metode System English Quarantine dan kemampuan berbahasa Inggris berpengaruh cukup signifikan terhadap calon entrepreneur muda pada siswa.   
THE EFFECT OF JIGSAW ENGINEERING ACTIVE LEARNING TECHNIQUE ON SKILLS EFFECTIVE SPEAKING OF STUDENTS KELAS VII SMP/MTs SE-KECAMATAN NAMLEA BURU DISTRICT PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP/MTs SE-KECAMATAN NAMLEA KABUPATEN BURU syawir Awir
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.1652

Abstract

AbstrakPenelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  model active  learning teknik jigsaw terhadap   keterampilan   berbicara efektif siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Penelitian ini merupakan  penelitian quasi experiment, dengan  variabel terikat keterampilan  berbicara siswa, serta variabel bebas model active learning teknik jigsaw. Desain penelitiannya  yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Data  dikumpulkan  menggunakan  lembar  observasi  dan  lembar  penilaian  unjuk  kerja.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model active learning teknik jigsaw lebih berpengaruh terhadap  keterampilan berbicara siswa dibandingkan  metode  konvensional. Hal tersebut berdasarkan  hasil  analisis  uji-t  perubahan  keterampilan  berbicara  kedua  kelompok,  diperoleh  nilai  Sig  sebesar 0,000  menyatakan    0,05  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  Ho  ditolak  dan  Ha  diterima, yang  artinya  terdapat pengaruh penggunaan model active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: model active learning teknik jigsaw, keterampilan berbicaraAbstractThis study aims to determine the effect of the use of active learning models of jigsaw techniques on effective speaking skills of class VII students of SMP / MTs in Namlea District, Buru Regency. This research is a quasi-experimental study, with the dependent variable students' speaking skills, as well as the independent variables of the jigsaw technique of active learning models. The research design is nonequivalent control group design. The subjects of this study were Grade VII students of SMP / MTs throughout Namlea District, Buru Regency. Data collection techniques used observation and performance tests. Data were collected using observation sheets and performance evaluation sheets. The data analysis technique used is the t-test statistical analysis. The results showed that the active learning model of jigsaw technique had more influence on students' speaking skills compared to conventional methods. This is based on the results of the t-test analysis of changes in speaking skills of the two groups, obtained Sig value of 0,000 stated 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is an influence of the use of active learning models of jigsaw techniques on students' speaking skills.Keywords: active learning model jigsaw technique, speaking skills
UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA KOMPETENSI DASAR MENANGGAPI ISI CERITA SECARA LISAN DI KELAS V SDNEGERI 068343 MEDAN TUNTUNGAN Roslina Sembiring
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.987 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.749

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakkukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan yang dilakukan terhadap 30 orang siswa, terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup. Kemudian pada siklus I memiliki nilai rata-rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan.Kata Kunci:minat membaca, kooperatif tipe tari bambu, isi cerita, lisan Abstract. This type of research is a classroom action research, with the application of cooperative learning model of bamboo dance type. This study aims to know that by using cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest on the subject respond to the story content orally in Class V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan. This study consists of 2 cycles, cycle I and cycle II each have 2 meetings. At each meeting researchers do observation learning to students, to determine the level of student learning interest. Based on observations made by the author with teacher V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan conducted on 30 students, there are 24 students (80%) who have less interest in learning and 6 students (20%) who have enough interest. Then in the first cycle has an average value of 44 (55%), while in the second cycle that is equal to 69 (87%). Based on the results of the research from the test cycle I with cycle II there is a significant increase, thus it can be concluded that by applying cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest on the subject respond to the story content orally in Class V SD Negeri 068343 Medan Tuntungan.Keywords:interest in reading, cooperative type of bamboo dance, story content, oral
KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL KALOMPANG KARYA BADRUL MUNIR CHAIR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Siti Maemunah
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.646 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.1334

Abstract

Abstrak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kearifan lokal novel Kalompang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan studi pustaka. Objek penelitian dalam hal ini yaitu novel Kalompang. Penelitian ini memfokuskan pada kearifan lokal novel Kalompang karya Badrul Munir Chair. Penelitian kearifan lokal ini difokuskan pada tiga aspek yaitu aspek budaya, aspek sosial dan aspek agama.Aspek Budaya lebih dominan muncul pada diri tokoh di dalam novel Kalompang. Tokoh Mattali dan keluarganya serta tokoh pendukung lainnya, dalam novel ini merupakan masyarakat yang sangat menjungjung tinggi tradisi yang sudah ada sejak lama. Hal ini sesuai dengan definisi dari kearifan lokal itu sendiri, yaitu kearifan lokal merupakan sistem nilai, norma, dan tradisi yang dijadikan sebagai acuan bersama oleh suatu kelompok sosial dalam menjalin hubungan dengan tuhan, alam, dan sesama manusia.Kata kunci : Novel, Kearifan Lokal, Pembelajaran SastraAbstract. The purpose of this research is to find local wisdom novel Kalompang. The methods used is descriptive analysis qualitative and the literature  study. Research object in this case that is novel Kalompang. This study focused on three aspects which is the aspect of culture, social aspect, religious and facets. And instrument used in this research is own researchers assisted by table analysis. Results ofthis research isthatthere are threeaspects oflocal knowledge, includingcultural aspects, socialaspectsand aspects ofreligion.Cultural aspects appear in a more dominant character in the novel Kalompang. Mattali figures and their families as well as other supporting characters in this novel are people very high uphold the tradition that has been around a long time. This is consistent with the definition of local wisdom itself, that local knowledge is a system of values, norms, and traditions that serve as a reference shared by a social group in a relationship with God, nature, and human beings.            Keywords: Novel, Local Wisdom, Teaching Literature
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 025266 BINJAI Dra. Misniwati
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.6 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.744

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pengajaran kolaborasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Negeri 025266. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51%) dan siklus II (89%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, meningkatkan prestasi  Belajar  Siswa SD Negeri 026408 Binjai, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci: prestasi belajar, Pengajaran Kolaboratif Abstract. While the purpose of this research are: (a) Want to know the improvement of Indonesian learning achievement after the implementation of collaborative teaching model. (b) Want to know the effect of improving the achievement of Indonesian Language after applied collaborative teaching model. This research uses action research as much as two rounds. Each round consists of four stages: design, activity and observation, reflection, and refission. Target of this research is student of Class III SD Negeri 025266. Data obtained in the form of formative test results, observation sheet of teaching and learning activities. From the analyst's result, it is found that the students' learning achievement has improved from cycle I to cycle II that is, cycle I (51%) and cycle II (89%). The conclusion of this research is the collaborative teaching model can positively affect the achievement, interest, attention and partipation, improve the achievement of Student Elementary School Elementary School 026408 Binjai, and this learning model can be used as one of the alternative learning Indonesian.Keywords: learning achievement, collaborative teaching
MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA POKOK BAHASAN MENANGGAPI ISI CERITA SECARA LISAN DI KELAS VA SD NEGERI 064988 MEDAN JOHOR Rotua Sinaga
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.436 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.750

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan pada siswa kelas V SD Negeri 064988 Medan Johor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu, dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas VA SD Negeri 064988 Medan Johor. Berdasarkan hasil observasi minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44, persen (%) yang diperoleh sebesar 55%. Dari hasil hitungan observasi siswa siklus I masih tergolong rendah. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69, persen (%) yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa peneliti sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.Kata Kunci: minat membaca, kooperatif tipe tari bambu Abstract. This study aims to improve the interest of reading students through cooperative learning model of bamboo dance type on the subject of responding to the story content orally in grade V students of SD Negeri 064988 Medan Johor. This research is a classroom action research. Based on the result of the research, it is found that by using cooperative learning model of bamboo dance type, it can increase student's learning interest in Indonesian subjects on the subject of responding to the story content orally in VA Class of SD Negeri 064988 Medan Johor. Based on the observation of student interest in learning cycle I average the overall value obtained only reached 44, percent (%) obtained by 55%. From the results of the student observation of the first cycle is still relatively low. In cycle II the average overall value obtained is 69, percent (%) obtained is 87%. In the second cycle can be seen that researchers have increased the use of cooperative learning model of bamboo dance type well and student learning behavior has increased.Keywords: interest in reading, cooperative type of bamboo dance
APLIKASI PENDIDIKAN ONLINE “RUANG GURU” SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELAJAR GENERASI MILENIAL DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Nindi Silvia Rahmadani; Mia Setiawati
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.174 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.1369

Abstract

Abstrak. Artikel ini berisi pembahasan tentang aplikasi pendidikan online ruang guru sebagai peningkatan minat belajar generasi milenial dalam menyikapi perkembangan revolusi industri 4.0. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan pendidikan setiap manusia dapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat. Setiap manusia wajib mendapatkan pendidikan yang layak di mana pun berada dan pendidikan dapat mengubah pola pikir menjadi lebih baik dan positif. Salah satu bentuk pola pendidikan dalam menyikapi revolusi indutri 4.0 adalah memanfaatkan smarthphone/gadget sebagai media pendidikan yang disebut dengan aplikasi Ruang Guru. Aplikasi ruang guru merupakan aplikasi berbasis digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta penggunaannya yang mudah dan membantu dalam permasalasahan pembelajaran.Ruang Guru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.Kata kunci :aplikasi, ruang guru, revolusi, industri 4.0Abstract. This article contains a discussion of the application of teacher space online education as an increase in the interest in learning millennial generation in addressing the development of the industrial revolution 4.0. Education is very important for humans, because with education every human being can add useful insights and knowledge. Every human being must get a decent education wherever they are and education can change the mindset to be better and positive. One form of education pattern in addressing the industrial revolution 4.0 is utilizing a smartphone / gadget as an educational medium called the Guru Ruang application. The teacher room application is a digital based application that can be accessed wherever and whenever, and its use is easy and helps in learning problems. The Teacher's Room provides a learning governance system that can be used by students and teachers in managing learning activities in the classroom virtually. Equipped with thousands of question banks whose content is adapted to the applicable curriculum in Indonesia Keywords: application, teacher room, revolution, industry 4.0
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEEXPLICIT INSTRUCTIONBERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII-B SMP WARGA SURAKARTA Mutia Febriyana
Jurnal Bahastra Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.776 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i1.745

Abstract

Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi dan (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan pendekatan kooperatif tipe explicit instruction berbasis media gambar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-B SMP Warga Surakarta. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, catatan hasil dan wawancara. Sumber data diperoleh dari informan, lokasi dan proses pembelajaran serta dokumen.  Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, dialog dan wawancara, telaah dokumen, serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe explicit instruction berbasis media gambar mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan penerapan pendekatan kooperatif tipe explicit instuction berbasis media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-B SMP Warga Surakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama dua siklus.  Pada pratindakan jumlah siswa memperoleh nilai di atas KKM (75) 3 siswa (10%) dengan nilai rata-rata 59,11. Pada Siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 14 siswa (46,66%) dengan  nilai rata-rata 71,56. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 82,83.Kata Kunci:explicit instruction, media gambar, keterampilan menulis puisiAbstract. This classroom action research aims at: (1) improving the quality of writing poem learning process and (2) improving skill of writing poem through the implementation of explicit-instruction cooperative learning based on pictures media. There are five stages in conducting explicit-instruction method. They are (1) delivering and stipulating the learning objective(s); (2) demonstrating cognition or skill; (3) giving activities and guidance; (4) checking students’ understanding and giving feedback; and (5) giving independent activity. The research result showed that the implementation of explicit instruction by using pictures media was able to improve the students’ quality in writing poem. It was signified by the students’ improvement in terms of activeness, and attention as well as the fluency of learning-process. This research also showed that by implementing explicit instruction cooperative learning based on pictures media, students’ skill in writing poem can be improved. It can be seen from the scores resulted from conducting two cycles. In pre-research, there were only 3 students (10%) who passed the minimum score and the class’ average score was 59.11. In cycle I, the students passing the minimum score raised become 14 students (46.66%) and the class’ score average was 82.83. The more significant result can be seen in cycle II where the students’ both process and product scores passing the minimum score reached more than 80%. Accordingly, it can be concluded that students’ skill in writing poem can be improved by implementing explicit instruction cooperative learning based on pictures media.Keywords: explicit instruction, pictures media, and writing poem skill.