cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020" : 27 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS GENRE DALAM PENGAJARAN MENULIS TEKS PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MULIA Nurvita, Masitowarni, Silvy P, dan Afanin
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3301

Abstract

Abstrak. Keterampilan mengajar menulis menggunakan pendekatan berbasis genre melibatkan lima tahap, yaitu: 1) Membangun konteks, 2) Membuat model dan mendekonstruksi teks, 3) Konstruksi bersama dari teks, 4) Konstruksi teks independen, dan 5) Menghubungkan teks terkait. Adapun masalah yang dihadapi guru, yaitu waktu mengajar yang kurang memadai, guru tidak bisa memantau semua siswa, siswa tidak memiliki banyak kosakata dan siswa kurang dalam pengucapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan Pendekatan Berbasis Genre dalam keterampilan mengajar menulis di Swasta Mulia Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan pengajaran menulis di Swasta Mulia Medan dengan menggunakan Pendekatan Berbasis Genre.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai desain penelitian. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi tentang fenomena faktual dalam pengajaran untuk mendapatkan informasi. Peneliti menjelaskan implementasi Pendekatan Berbasis Genre dalam mengajar keterampilan membaca. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, menampilkan data, menarik kesimpulan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara.Kata Kunci: Pendekatan Berbasis Genre, Menulis, Teks Deskripsi  
DEKONSTRUKSI DALAM NASKAH DRAMA UMANG-UMANG KARYA ARIFIN C. NOER Nasrullah La Madi
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3052

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan tentang dekonstruksi dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer. Terdapat hubungan sinergitas antara dekonstruksi dan karya sastra (drama) dalam naskah drama Uamang-Umang yang mengungkapkan ketimpangan sosial masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fakta penundaan dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (2) mendeskripsikan fakta jejak dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (3) mendeskripsikan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; dan (4) mendeskripsikan temuan keterkaitan fakta penundaan, fakta jejak, dan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer. Kata Kunci: Dekonstruksi, Naskah Drama, Penundaan, Jejak, Tanda SilangAbstract. This research describes deconstruction in drama script of Umang-Umang work Arifin C. Noer. There is a synergy relationship between deconstruktion and literary work (drama) in drama script of Umang-Umang that express social inequality of society. The purpose of this study is (1) describes the fact of differace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (2)  describes the fact of trace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (3) describes the fact of sous rature in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; and (4) describes findings of relevance of  fact differance, fact trace, and fact sous rature drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer. Keywords: Deconstruction, Drama Script, Differance, Trace, Sous Rature
MEDIA KOMIK SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS Silvia Sandi Wisuda Lubis
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3365

Abstract

Abstrak. Media komik sudah sangat umum ditemukan dalam keseharian, tetapi penggunaan dalam meningkatkan kemampuan menulis perlulah dilakukan sebuah kajian atau pengamatan kembali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana dasar pemikiran digunakannya metode ini adalah karena penelitian ini ingin mengetahui tentang fenomena yang ada dan dalam kondisi yang alamiah, bukan dalam kondisi terkendali, labolatoris atau eksperimen. Media komik memiliki kekhasan tersendiri yaitu dengan dipadukannya gambar untuk memberikan tambahan atau keterangan dalam menjelaskan isi cerita. Hal ini membuat kegiatan menulis  menjadi lebih menyenangkan karena sudah dibantu dengan adanya tambahan gambar didalamnya. Penggunaan gambar dalam komik bisa digunakan sebagai membantu untuk mengembangkan imajinasi dalam menghasilkan sebuah tulisan. Hal ini juga dibuktikan dalam data yang ditemukan bahwa kemampuan siswa menulis karangan mengalami peningkatan dari siklus I hanya 17 siswa (53,12%) yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (84,37%) tuntas. Kata kunci : Komik, MenulisAbstract. Comic media is very common in day life, but its use in improving writing skills requires a study or re-observation. This study uses a qualitative descriptive research method in which the rationale for using this method is because this research wants to know about existing phenomena and in natural conditions, not in controlled, metabolic or experimental conditions. Comic media has its own uniqueness, namely the combination of images to provide additional or information in explaining the content of the story. This makes writing more enjoyable because it has been helped by the addition of pictures in it. The use of images in comics can be used to help develop imagination in producing writing. This is also proven in the data found that the ability of students to write essays has increased from the first cycle only 17 students (53.12%) completed and in the second cycle increased to 27 students (84.37%) completed. Keywords: Comic, Writing 
PENGARUH PENDEKATAN CLIL DENGAN MEDIA BLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHASA Siti Ansyoriah
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3001

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan CLIL dengan Menggunakan Media Blog Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 113 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental design atau quasi experiment karena hanya menggunakan kelas eksperimen dalam penelitian. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI  sejumlah 30 siswa. Pengambilan data dengan pretest dan posttest yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis pada kelas eksperimen. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog dalam menulis artikel ilmiah siswa kelas XI SMAN 113 Jakarta mengalami keberhasilan. Pada kriteria penilaian kesesuaian judul dengan isi didapatkan sejumlah 70 %. Kemudian pada kriteria penilaian struktur teks didapatkan sejumlah 83,33%. Selanjutnya pada kriteria penilaian aspek kebahasaan didapatkan sejumlah 43,33%. Sementara itu, pada kriteria penilaian aspek menulis didapatkan sejumlah 53,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah memilikipengaruh yang signifikan.Kata Kunci: pendekatan CLIL, media blog, teks artikel                       ilmiah, pengembangan bahasa Abstract. The objective of this research is to identify the impact of CLIL aproach using blog as the media to students’ capability in scientific article writing. The subject was eleventh grade students of 113 Senior High School Jakarta. This research applied pre experimental designorquasi experimentas this research only used experiment class in the research. The population of the research was the eleventh gradestudents totaling 30students. Data collection was through pretest and posttest or before and after the treatment. This research applied quantitative analysis by fulfilling research requirement in the experiment classroom. The research showed that CLIL approach succeded in improving students capability in writing scientific article. Regarding title and content conformity there was 70% of the articles have met the criteria.83,33% of the articles have met the criteria of text structure. 43,33% of the articles prepared by the students have met the requirement of language aspects. Furtermore, there are 53,33% of articles prepared have met the writing aspects requirements. It can be concluded that CLIL approach using blog as media has significant impact to the improvement of students’ capability in writitng scietific article.Keywords: CLIL aproach, blog, scientific article                     writing, language development.
ANALISIS KESANTUNAN IMPERATIF BAHASA INDONESIA DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 CIDADAP KABUPATEN SUKABUMI Yanyan Yanyan
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3051

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi penggunaan kalimat yang menunjukan kesantunan imperatif ajakan, permintaan, dan suruhan dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cidadap. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah wujud atau bentuk kalimat kesantunan imperatif yang terdapat dalam teks pidato yang di tulis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cidadap. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan beberapa teknik, pertama yaitu teknik simak bebas cakap dan yang kedua adalah teknik catat. Hasil dari penelitian ini dan analisis yang dilakukan, terhadap  teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cidadap Tahun Pelajaran 2019/2020  yang berjumlah 10 naskah pidato dan 21 data yaitu:  Sebanyak 13(tiga belas) data menunjukan kesantunan imperatif ajakan, sebanyak 7 (tujuh) data menunjukan kesantunan imperatif permintaan, dan sebanyak 1 (satu) data menunjukan kesantunan imperatif suruhan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cidadap Tahun Pelajaran 2019/2020 lebih banyak menggunakan kalimat kesantunan imperatif ajakan dibandingkan dengan kalimat kesantunan permintaan maupun kalimat kesantunan suruhan.Kata kunci : Kesantunan, imperatif,  teks pidatoAbstract. This research aims  to identify and use the term to identify and use the term to identify and use the sentence to identify the use and identification of the sentence  imperative invitation in speech text, politeness of the request, politeness of the messengers  of class IX students of SMP Negeri 1 Cidadap.  The data source in this study was the speech text of grade IX students of SMP Negeri 1 Cidadap. The method used in this study is the method of listening with several techniques, the first is the technique of free speech and the second is the note-taking technique.  Which amounted to 10 speech scripts and 21 data, namely: A total of 13 (thirteen) data shows the courtesy of the invitation imperative, as many as 7 (seven) data indicate the imperative politeness of the request, and as much as 1 (one) data indicates the imperative politeness of the order.  Based on these results it can be concluded that grade IX students of SMP Negeri 1 Cidadap in the 2019/2020 Academic Year use more sentences of invitation imperative politeness than those of request politeness sentences or sent politeness sentences.   Keywords:Politeness, imperative, speechtext
IMPLEMENTASI PENAFSIRAN ATAS CERPEN SRI TANJUNG EDAN KARYA BRE REDANA KE DALAM BAHASA TUBUH Mutia Dewi Septiani
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3002

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengacu pada studi sastra bandingan yakni alih wahana dari cerpen “Sri Tanjung Edan” karya Bre Redana ke dalam seni tari. Berdasarkan analisis tokoh dan penokohan, maka perwatakan tokoh utama dalam cerpen tersebut yang bernama Kustiyah akan diadaptasi ke dalam gerak tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data berdasarkan teknik baca, teknik catat, dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan memperoleh bentuk transformasi dari perwatakan tokoh Kustiyah ke dalam gerakan-gerakan tari, di antaranya; tokoh Kustiyah merupakan sosok perempuan yang memiliki rasa tanggung jawab yang cukup besar diadaptasi ke dalam gerak tari nyawang, fokus dalam mencapai suatu tujuan diadaptasi ke dalam gerak tari sembah, dan sosok perempuan yang cantik diadaptasi ke dalam lintasan gerak tari sembada kanan, lintasan gerak tari sembada kiri, galeong, dan ngageulis.Kata Kunci: Cerpen, Tokoh dan Penokohan, Alih                      Wahana.Abstract. This research refers to a comparative literary study, namely the transfer of a vehicle from short stories “Sri Tanjung Edan” Bre Redana works into dance. Based on character analysis and characterization, the character of the main character in the short story named Kustiyah will be adapted into dance movements. This study uses qualitative research methods with data collection based on reading techniquest, nite taking techniquest, and documentation. The research that has been carried out has obtained a form of transformation from the characterization of the Kustiyah figures into dance movement, including; Kustiyah is a female figure who has a big sanse of responsibility adapted to the nyawang dance movement, focus on archieving a goal adapted into the sembah dance movement, and a beautiful female figure adapted into the sembada kanan dance trajectory, the sembada kiri, galeong, and ngageulis dance trajectory.Keywords: Short stories, Characters and                   characterizations, Over Rides
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3 TAHUN : TINJAUAN FONOLOGI Wita Dwi Payana
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.4612

Abstract

This study aims to determine the acquisition of phonology in a 3-year-old child named Aqila Shafa. The results showed that the acquisition of the phoneme /r/ which turned into /l/ from the data submitted (conversations 1 and 2), and the acquisition of the phoneme /s/ which turned into /c/ from the data submitted (conversations 3 and 4). The process of language acquisition is also influenced by the role of the family as an intermediary for a child's understanding of his first language.
KESALAHAN PENULISAN KATA DAN TANDA BACA PADA ONLINE NEWS Rima Rismaya Apriliana; Asep Firdaus; Fauziah Suparman
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.2996

Abstract

Abstrak. Online news merupakan salah satu kegiatan jurnalistik yang menggunakan bahasa tulisan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Penulisan online news harus berpegang teguh pada kaidah-kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kaidah ini membantu penulis online news dalam mengolah data sehingga pesan yang disampaikan dalam online news dapat diterima olehpembaca. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) ini terdiri atas empat bab, yaitu pemakaian huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca. Dalam empat bab tersebut telah di temukan dua bab pada berita JabarTribunnews.com. diantaranya kesalahan penulisan kata dan tanda baca. JabarTribunnews merupakan salah satu online news yang memberikan informasi mengenai peristiwa atau berita di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif, yaitu mendeskripsikan kesalahan ejaan yang terdapat pada berita JabarTribunnews.com, maka Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan ejaan dalam JabarTribunnews.com edisi 25 Juni 2020.Kata Kunci : Online news, JabarTribunnes.com, Ejaan. Abstract, Online news is a journalistic activity that uses written language as a medium to convey information to the public. Writing online news must hold fast to the rules of the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI). This rule helps online news writers in processing data so that messages conveyed in online news can be received by readers. The General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI) consist of four chapters, namely the use of letters, writing words, writing uptake elements, and the use of punctuation. In these four chapters two chapters have been found on JabarTribunnews.com news. including errors in writing words and punctuation. JabarTribunnews is one of the online news that provides information about events or news in West Java. The research method used is descriptive qualitative, which describes the spelling errors contained in the JabarTribunnews.com news, so this research was conducted to find out the spelling mistakes in the June 25, 2020 edition of JabarTribunnews.com.Keywords: Online news, JabarTribunnes.com, Spelling.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS AUDIO PADA MATERI DEBAT KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM Nila Safina, Rita, Aderia Mustika Tanjung
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3411

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat. Pengembangan ini menggunakan metode RD (Research Develpoment) level 1, dibatasi pada tahap Desain teruji hanya sampai validasi ahli materi dan ahli desai tanpa penyebaran dan pengajaran ke subjek. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah Analisis Deskripstif Kualitatif.  Hasil Validasi dari kedua ahli materi menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan peroleh rat-rata 4,44 dan 4.48 dalam kategori “sangat baik” dengan presentase kelayakan 88% dan 89% tergolong dalam kategori” sangat layak” dan hasil kedua ahli maedia menunjukan bahwa desain dan audio pada Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan perolehan rata-rata 4,32 dan 4,68 dalam kategori “sangat baik”dengan presentase kelayakan 86% dan 93 % tergolong dalam kategori “sangat layak” Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Berbasisi Audio, pengembanga  RD (Research Devlopment) level 1, Materi Debat Abstract. This research is a development research that aims to determine how the development, feasibility and effectiveness of Audio-Based Student Worksheets on Debate material. This development uses the RD (Research Development) level 1 method, limited to the tested design stage only to the validation of material experts and design experts without dissemination and teaching to the subject. This research was conducted in class X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, North Sumatra Province. The research method used in this development research is qualitative descriptive analysis. The validation results of the two material experts show that the Audio-Based Student Worksheet on the Debate material developed is feasible to use with an average of 4.44 and 4.48 in the "very good" category with the feasibility percentage of 88% and 89% belonging to the category very feasible "and the results of the two media experts show that the design and audio on the Audio-Based Student Worksheet developed is feasible for use with an average gain of 4.32 and 4.68 in the" very good "category with a feasibility percentage of 86% and 93 % are in the "very feasible" category Keyword: Student Worksheets, Audio-Based, Level 1 RD (Research Development) Development, Debate Materials 
ANALISIS WACANA LISAN LUAR KELAS DI RUANG TUNGGU TERMINAL TIRTONADI SURAKARTA (KAJIAN KOHESI DAN KOHERENSI) Endang Rahmawati; Wahyu Oktavia
Jurnal Bahastra Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i1.3000

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk analisis wacana lisan luar kelas pada kajian kohesi dan koherensi. Jenis penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif yang memberikan gambaran dan interpretasi objek pada keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan teknik rekam dan wawancara dalam mengumpulkan data. Pada tahap analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam analisis wacana kohesi sebagian besar berupa analisis wacana kohesi gramatikal yang meliputi pelesapan, pergantian, dan penunjukkan. Adapun untuk kohesi leksikal hanya terdapat satu data, yaitu kohesi leksikal pengulangan. Sedangkan analisis koherensi hanya terdapat satu data, yaitu berkenaan dengan kesepakatan bersama atau implikatur.Kata kunci: Wacana, Kohesi, KoherensiAbstract. This study aims to describe the forms of outside class oral discourse analysis in the study of cohesion and coherence. This type of research uses qualitative descriptions that provide an overview and interpretation of objects in the actual situation. This study uses record and interview techniques in collecting data. At the stage of data analysis using data reduction, data presentation and verification. The results of this study indicate that in the cohesion discourse analysis most of the form is a discourse analysis of grammatical cohesion which includes dissolution, change, and appintment. As for the lexical cohesion there is only one data, namely repetitive lexical cohesion. Where   as coherence analysis only has one data, whice is related to collective agreement or implicature.Keywords: Discourse, Cohesion, Coherence

Page 1 of 3 | Total Record : 27