cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021" : 16 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAUBALENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL MERDANG MERDEM PADA MASYARAKAT KARO Monika Br. Bangun
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3671

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada teks prosedur berbasis kearifan lokal merdang merdem  di SMA Negeri 1 Laubeleng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat satu kali pertemuan. Teknik yang digunakan adalah wawancara, tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dengan menentukan pada ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa sesuia dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70.  Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 60 dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas sisa yaitu nilai 56 dengan kategori cukup. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada ativitas guru yaitu 89% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 80 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 30 orang sedangkan yang siswa yang tidak tuntas 2 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 93,75%dan siswa yang tidak tuntas 6,25% nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat yaitu 81,90. 
PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTU PETRUS SIDIKALANG Novita Tinambunan, Pratiwi
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3677

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau media yang mengungkapkan fakta yang jelas dengan desain Static Group Comparison. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas XMIA1 dan XMIA2. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test-essay dalam bentuk penugasan, yaitu menulis teks negosiasi.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi sebelum menggunakan media komik termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 72,4. Sedangkan sesudah menggunakan media komik termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 84. Selanjutkan pengujian hipotesis menunjukkan Hhitung ttabel yakni 8,46 2,00  pada taraf signifikan 14 α=0,05"  atau 5%. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa media komik berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Santu Petrus Sidikalang.
NEUROLINGUISTIK: TEORI LINGUISTIK DAN PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK Dewi Kumala Sari; Mrs. Rasyimah
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.4100

Abstract

Abstrak.Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan teori linguistik, pemerolehan bahasa adalah proses yang berlangsung di alam otak anak ketika memperoleh bahasa dari ibunya. Ia akan berbahasa seperti apa yang didengar dan dilihat dari ibu dan orang-orang disekitarnya secara struktur dalam semua kompunen bahasa baik fonologi, sintaksis, pragmatik maupun semantiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji teori linguistik dan proses pemerolehan bahasa pada anak usia 0-5 tahun. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan mewawancarai orang tua anak secara langsung, dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerolehan bahasa pada anak-anak usia 0-5 tahun sangat dipengaruhi oleh banyak faktor diatantaranya: usia anak, bahasa ibu dan lingkungan.Kata Kunci: Teori Linguistik, Pemerolehan Bahasa, AnakAbstract. Language is the ability of humans to communicate with other humans using signs, such as words and movements with the aim of developing their potential. Based on linguistic theory, language acquisition is a process that takes place in the child's brain when he acquires language from his mother. He will speak as what he hears and sees from his mother and the people around him structurally in all language components, both phonology, syntax, pragmatics and semantics. The purpose of this study was to examine linguistic theory and the process of language acquisition in children aged 0-5 years. The research method uses a descriptive method by interviewing the children's parents directly, with the stages of data collection, data analysis, and presentation of the results of the analysis. The results showed that language acquisition in children aged 0-5 years was strongly influenced by many factors including: child's age, mother tongue and environment.Keywords: Linguistic Theory, Language Acquisition, Children
PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU Inge Sherendita; Mrs. Mindani; Ixsir Eliya
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.4184

Abstract

Abstrak. Penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu dan  faktor penghambat dan pendukung penerapan metode pemodelan menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu dan mendeskrisikan apakah prinsip-prinsip metode pemodelan sudah diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tahap perencanaan, pengumpulan data, proses pelaksanaan, tahapan-tahapan, dan tahap evaluasi penerapan metode pemodelan. Subjek penelitianya yaitu guru dan siswa kelas VIII A MTsN 2 KOTA Bengkulu. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses Triagulasi sumber data dan Triagulasi Teknik. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Pemodelan dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dan berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat evaluasi hasil belajar siswa yang diatas rata-rata walaupun ada sebagian siswa yang hasil puisinya kurang menarik. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penugasan untuk menulis puisi, adapun aspek yang di evaluasi yaitu tulisan yang dihasilkan oleh para siswa berupa kesesuaian isi, judul, kerapian, penggunaan majas dan penggunaan diksi.Kata Kunci: menulis, puisi, metode pemodelan  Abstract. Aplication of modeling methods in learning to write poetry for students of class VIII MTsN 2 Bengkulu City and the inhibiting and supporting factors in the application of poetry writing modeling methods for students of class VIII MTsN 2 Bengkulu City. The purpose of this study was to describe how the process of learning to write poetry in class VIII students at MTsN 2 Bengkulu City and to describe whether the principles of modeling methods had been applied in learning to write poetry for class VIII students at MTsN 2 Bengkulu City. This research is a qualitative research consisting of the planning stage, data collection, implementation process, stages, and the evaluation stage of the application of modeling methods. The research subjects were teachers and students of class VIII A MTsN 2 Bengkulu City. Data was collected by means of observation, interviews, and documentation. The validity of the data was obtained through the process of triagulation of data sources and technical triagulation. Data analysis was carried out through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the application of the Modeling Method in Learning to Write Poetry in Class VIII MTsN 2 Bengkulu City could be said to be well implemented, and running well. This can be seen from the evaluation of student learning outcomes which are above the average, although there are some students whose poetry results are less interesting. The evaluation of learning is done by giving the task of writing poetry, while the aspects that are evaluated are the written works produced by students in the form of suitability of content, title, neatness, use of figure of speech and use of diction.            Keywords: writing, poetry, modeling method
ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM Novi Sijabat
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3674

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum 2013 (K13) di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan terhadap 3 informan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa kesulitan sebagian guru dalam hal: memahami sebagian dokumen, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan beberapa model pembelajaran K13; pengintegrasian PPK, C4, HOTS, dan literasi dalam RPP; menerapkan penetapan kriteria KKM; pengolahan nilai karena banyaknya kriteria dan indikator; pelaksanaan penilaian sikap dan keterampilan; pelaporan nilai, terutama dalam pelaporan dengan sistem/aplikasi; serta penerapan pemanfaatan dan tindak lanjut hasil penilaian. Solusinya diberi pelatihan dan langsung diterapkan secara konsisten dan kontiniu. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam mengembangkan pengetahuan, sumbangan pemikiran, dan masukan positif bagi dunia pendidikan khususnya dalam melaksanakan peran sebagai seorang guru dalam mengatasi kesulitan dalam proses penilaian dan pelaporan nilai sesuai K13 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti masih memiliki keterbatasan karena pembelajaran dilakukan dengan daring sehingga sulit dilakukan observasi berdampak sebagian data masih kurang akurat, keterbatasan jumlah informan, dan beberapa informan yang kurang serius.
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CATATAN HARIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PULOSARI KABUPATEN PANDEGLANG Meliyawati, Lina Marliana Dewi dan Yeni Sulaeman
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3681

Abstract

Abstrak. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Catatan Harian Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari  Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1  Pulosari Kabupaten Pandeglang. Adapun teknik sampel menggunakan Proportionate Stratifie Random Sampling. Jumlah siswa yang dijadikan sampel adalah 38 orang. Berdasarkan pengolahan data didapat nilai tes penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang cukup. Sedangkan kemampuan menulis catatan harian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang sudah baik. Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata (X) dengan kemampuan menulis catatan harian (Y). Maka hipotesis penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis catatan harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang, dapat diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan uji t di mana hasil perhitungan statistik diperoleh nilai uji t sebesar 16,309. Nilai thitung ini lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu 16,09 2,048. Kedua hubungan ini memiliki pola yang linier dan dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 25,915+0,658X.
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN PADA KAJIAN AKUISISI BAHASA Riris Valentina Sihombing
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3683

Abstract

Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa pada Chiara Thadea anak yang berusia dua tahun melalui kajian sintaksis, kata sifat, kata benda serta kata kerja. Bahasa yang pertama sekali diperoleh anak adalah bahasa ibu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dua tahun dalam kajian sintaksis, kata sifat, kata benda dan kata kerja. Dengan kajian ini diketahui pemerolehan bahasa anak dari segi sintaksis yang sudah dapat diucapkan oleh Chiara Thadea sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif. Pada data penelitian ini menggunakan kebahasaan lisan yang direkam. Langkah yang digunakan adalah data yang berupa rekaman yang ditranskripkan ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa pada Chiara Thadea untuk pemerolehan sintaksis dapat disimpulkan Chiara Thadea sudah bisa merangkai kata – kata sederhana, satu kata sampai tiga kata dan menjadi sebuah kalimat. Dalam pemerolehan bahasa Chiata Thadea dari segi kata sifat, kata benda dan kata kerjanya sudah baik.Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, anak, sintaksis, kata                      kerja, kata benda dan kata sifat Abstract. This study discusses the acquisition of language in chiara thadea two-year-olds through the study of syntax, adjectives, nouns and verbs. The language that the child first acquires is the mother tongue. The purpose of this study is to find out the acquisition of language in two-year-olds in the study of syntax, adjectives, nouns and verbs. With this study, it is known that the acquisition of children's language in terms of syntax can already be spoken by Chiara Thadea as the subject of research. The research method used is qualitative descriptive method. In this research data using recorded oral language. The steps used are data that is a record that is transposed into the form of writing. The results of this study showed that the acquisition of language in Chiara Thadea for syntax acquisition can be concluded Chiara Thadea can already string together simple words, one word to three words and become a sentence. In the acquisition of Chiata Thadea in terms of adjectives, nouns and verbs are good.Keywords: Obtaining Language, children, syntax, verbs, nouns                    and adjectives.
STRATEGI BERARGUMENTASI KOLABORATIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA DEORAWA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMP MENYIMPULKAN PIKIRAN DAN PENDAPAT NARASUMBER Narimo Narimo
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3680

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber melalui strategi berargumentasi kolaboratif berpendekatan saintifik dengan media deorawa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi, dan jurnal harian terhadap subjek penelitian sejumlah 26 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Watulimo Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Data yang terkumpul, khususnya data verbal, dianalisis secara kualitatif dengan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah peningkatan kompetensi menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber, yang mencakup kemampuan menyusun terma, premis minor, premis mayor, dan simpulan.
PELATIHAN PENERAPAN PENGAJARAN REFLEKTIF DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI MAN MEDAN Masitowarni Siregar, Meisuri dan Syamsul Bahri
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3692

Abstract

Abstrak.Pembelajaran aktif (active learning) adalah salah satu ciri utama yang dikehendaki oleh kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penerapan Pengajaran Reflektif dalam pengimplementasian pendekatan Scientific Approach bagi guru Bahasa Inggris di MAN Medan. Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1)  dan Madrasah Tsaniyah Negeri 2 (MTsN 2) Medan merupakan sekolah negeri yang berlokasi di Jl. Williem Iskandar No. 7 B, Kota Medan, Sumatera Utara. Sekolah ini juga termasuk sekolah yang aktif mengikuti berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun lembaga lainnya. Namun, pada kenyatannya tidak semua siswa mampu melatih dirinya untuk berpikir kritis tanpa ada peran seorang guru yang terus berinovasi untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perubahan zaman. Penerapan Pengajaran Reflektif merupakan cara yang efektif dalam melatih siswa untuk terus berpikir kritis yang tentunya akan menjadi siswa yang aktif dan kreatif. Adapun target luaran yang akan dicapai adalah Publikasi ilmiah pada Jurnal ber ISSN/Prosiding jurnal Nasional; buku referensi/modul Pembelajaran Reflektif dalam pendekatan Scientific Approach; serta publikasi pada media masa cetak. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah model pelatihan penerapan Pengajaran Reflektif dalam pengimplementasian pendekatan Scientific Approach. Pelaksanaan kegiatan pembinaan ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu 1) sosialisasi konsep dasar reflective teaching, 2) pelatihan reflective teaching dengan media power point, 3) tahapan pembimbingan reflective teaching, 4) tahap laporan draft buku tentang reflective. Pembinaan kemampuan reflective teaching para guru bahasa inggris yang dilakukan di sekolah mitra yaitu MAN 1 Medan dan MTSN 2 Medan sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik dan diterima baik pula oleh sekolah mitra. Kata Kunci: Pengajaran Reflektif, Scientific Approach, Guru, MAN Abstract. Active learning is one of the main characteristics desired by the 2013 curriculum. This study aims to provide training on the application of Reflective Teaching in implementing the Scientific Approach approach for English teachers in MAN Medan. Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) and Madrasah Tsaniyah Negeri 2 (MTsN 2) Medan are public schools located on Jl. Williem Iskandar No. 7 B, Medan City, North Sumatra. This school is also a school that actively participates in various activities both organized by the government and other institutions. However, in reality not all students are able to train themselves to think critically without the role of a teacher who continues to innovate to create learning that is in accordance with the demands of changing times. The application of Reflective Teaching is an effective way of training students to continue to think critically, which of course will become active and creative students. The output targets to be achieved are scientific publications in ISSN journals / National journal Proceedings; reference books / Reflective Learning modules in the Scientific Approach approach; as well as publications in the print media. The implementation method used is a training model for the application of Reflective Teaching in implementing the Scientific Approach approach. The implementation of this coaching activity is carried out in four stages, namely 1) socialization of the basic concepts of reflective teaching, 2) reflective teaching training using power point media, 3) reflective teaching guidance stages, 4) stage report draft book on reflective The development of reflective teaching skills for English teachers carried out in partner schools, namely MAN 1 Medan and MTSN 2 Medan, has so far been well implemented and well received by partner schools.Keywords: Reflective Teaching, Scientific Approach, Teacher, MAN
PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Emaslim Arios
Jurnal Bahastra Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v5i2.3669

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada pembelajaran kosakata melalui model pembelajaran scramble di SD Negeri 040551 Lau Pakam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20  siswa. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil penelitian yang dilakukan pada pre-tes diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 63,5 dengan kategori cukup dan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 66,4 dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas sisa yaitu nilai 79,9 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 70, siswa yang tuntas 7 orang sedangkan yang tidak tuntas 13  orang. Hasil belajar klasikla diperoleh siswa yang tuntas 35% dan yang tidak tuntas 65%, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,9 dengan hasil belajar siswa pada siklus I belum sangat maksimal, dengan demikan maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada ativitas guru yaitu 76% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 76 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 19 orang sedangkan yang siswa yang tidak tuntas 1 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 95%dan siswa yang tidak tuntas 5% nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat yaitu 88,4 %.

Page 1 of 2 | Total Record : 16