cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022" : 18 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERUPA VIDEO PADA MODEL SELF DIRECTED LEARNING Sri Ismayah Aap; Deliani Deliani; Ali Ali
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.5143

Abstract

This study is a development research or often known as Research and Development (RD). It developed a learning media for writing procedure text in the form of video. The study used the research procedure proposed by Thiagarajan abbreviated as 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) that was adapted and simplified into 3D, namely the Define, Design, and Development stages. The validation test was carried out by four experts; two media experts and two material experts. The research instrument used a validation sheet in the form of a questionnaire that used a Likert scale in the form of a checklist contained five kinds of answers in each question item given to material experts and media experts. The data obtained was quantitative that converted into qualitative data. The percentage data analysis was carried out to determine the percentage of product feasibility on learning media in the form of video. The percentage of the results of material and media validation shows that the media developed in this study is said to be feasible through several stages of assessment. As for the feasibility of the quality of the material from the development of this learning media, 84% of the first material experts with very valid qualifications and very decent categories, 69% of the second material experts with valid qualifications and proper categories, 81% of the first media experts with very valid qualifications and very feasible category and 100% of the second media expert with very valid qualifications and very feasible category. Based on the material and media aspect or overall learning media writing procedure text in the form of learning videos in this study is said to be very feasible use on Self Directed Learning Model.
Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Ejaan Pada Pamflet Di Lingkungan Sekolah Smk N 1 Lubuk Pakam Ismi Chairani Sartika Husnul
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.5291

Abstract

Artikel ini untuk menentukan hasil analisis kesalahan penggunaan ejaan pada pamflet yang berada disekolah smk n 1 lubuk pakam yang merupakan sebuah motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui cara-cara sederhana dengan menganalisis bagian-bagian ejaan yang dianggap mengandung kata yang bijak, titik serta koma. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terkait kesalahan ejaan pada pamflet, di dapatkan hasil penelitian sebagai berikut : 1) kesalahan penulisan terletak pada tanda diujung kalimat yang terlalu berlebih, cukup dengan satu tanda baca saja sudah mempertegas kalimat yang disampaikan. 2) Kesalahan kuda yakni penggunaan kalimat yang ditandai dengan miring, Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menuliskan nama buku, majalah, dan surat kabar yang dikutip dalam tulisan. Misalnya: majalah Bahasa dan Kesusastraan buku Negarakertagama karangan Prapanca surat kabar Suara Karya.Kata Kunci : Kesalahan penggunaan ejaan pada pamflet
DEIKSIS DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI (SEBUAH ANALISIS PRAGMATIK) Puja Risma Andini
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4808

Abstract

Abstrak. Penelitan ini bertujuan (1)Untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis tempat (ruang) dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis waktu dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni teknik dokumentasi. yaitu pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi. Data yang ditemukan bersumber dari novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi.Penggunaan deiksis tempat dan waktu dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi terdapat 59 penggunaan deiksis. Diantaranya adalah 16 temuan deiksis tempat sini, 2 temuan deiksis tempat sana, Deiksis waktu nanti terdapat 10 temuan, deiksis waktu besok 6 temuan, deiksis waktu dulu 17 temuan, dan deiksis waktu sekarang terdapat 8 temuan. Setiap deiksis mempunyai mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan konteksnya.Kata Kunci: novel, deikis tempat (ruang), deiksis waktu.
ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN DARING PADA PANDEMI Covid-19 Rotama Enjel
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan daring pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta RK Deli Murni, Bandar Baru tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami permasalahan perencanaan pembelajaran daring: dalam memahami regulasi perubahan kurikulum dan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, koneksi internet buruk,, pemilihan model pembelajaran, peserta didik menyalahgunakan handphone, keterbatasan waktu, siswa mengikuti pembelajaran luring. Permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring: melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk praktik, tidak bisa menegur peserta didik secara langsung, kurangnya keseriusan peserta didik mengikuti pembelajaran daring, peserta didik kurang antusias dengan pembelajaran daring. Evaluasi pembelajaran: pembelajaran berjalan satu arah, siswa tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring adalah permasalahan yang juga dihadapi guru lain, tidak ada permasalahan khusus yang hanya dialami oleh guru bahasa Indonesia. 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBANTUAN VIDEO POWTOON UNTUK SISWA KELAS X SMA Mey Riska Putri; Ali Ali; Deliani Deliani
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.5142

Abstract

This study aimed to describe the development process and feasibility of negotiation text learning media assisted by Powtoon video for class X SMA students. The source of data is questionnaires. The type of data used quantitative descriptive data as the main data collected through an instrument with a Likert scale. Respondents in this study were material and media experts. The research method used 4-D of Research and Development by Thiagajangan that consists of 4 stages, namely Define, Design, Development, and Dissemination. This study is limited to the development and validation stages by four expert validators, since the current situation of Covid-19 so it cannot do the dissemination stage. Based on the results of the material expert responses, the overall material aspect average was 75% with the "Eligible" category. Meanwhile, media/design experts obtained an average overall aspect of 87% in the "Very Eligible" category. It means that the learning media is feasible and valid to be applied to small groups and large groups.
ANALISIS PRAANGGAPAN WACANA IKLAN PADA PRODUK KECANTIKAN KATALOG WARDAH EDISI PRICELIST BEST SELLER Almas Nopiyanti; Mutia Febriyana
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4671

Abstract

Advertising is a form of communication that has an important role to introduce a product in the form of goods and services to the public. Various forms of attractive and creative advertisements in print and electronic media give rise to phenomena in advertising, giving rise to a new lifestyle. It can be interpreted as an advertising effort to always highlight the advantages of the advertised product. Therefore, advertisers try to convey advertisements well so that they can be accepted by consumers. The research method used in this study is a pragmatic study research method. This research is a descriptive study with qualitative data analysis. This study focuses on beauty advertising utterances that contain presuppositions. The data of this research is advertising speech in the best seller pricelist wardahedition beauty catalog which contains presuppositions. The data source of this research is advertisement speech from several advertisements in the best seller pricelist edition of Wardah beauty catalog. The research instrument is carried out in the form of documentation and notes. The results of the research data analysis used an informal presentation.
Analisis Diskriminasi Sosial Dalam Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda Karya Agnes Davonar Uswatun Siregar
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4853

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan jenis-jenis diskriminasi sosial dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya diskriminasi sosial dalam novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” karya Agnes Davonar. Untuk dapat mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Melalui metode yang telah dipilih, maka dapat dipaparkan jenis-jenis dan faktor terjadinya diskriminasi soasial dalam novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” karya Agnes Davonar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, maka didapat bahwa bentuk diskriminasi Sosial dalam novel Ayah, Mengapa Aku Berbeda? karya Agnes Davonar ini pada dasarnya adalah diskriminasi terhadap penyandang cacat (difabel). Dikarenakan memiliki kekurangan sebagai difabel, maka gadis cilik bernama Angel sering mendapat perlakuan yang tidak adil dari teman sebayanya. Perlakuan yang di dapatkan oleh Angel karena keterbatasan fisiknya menyebabkan ia sebagai bahan cacian, makian dan juga cemoohan dari teman-teman di sekolahnya. Faktor terjadinya diskriminasi, yaitu diskriminasi karena masalah status sosial, adanya perbedaan terhadap penyandang difabel, serta adanya perasaan terancam dan malu. Sehingga sekelompok orang yang merasa lebih berkuasa dan kuat melakukan tindakan diskriminasi kepada orang yang lebih rendah atau lemah. Sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan agar pembaca khusunya anak bangsa dapat saling menghargai, menyayangi, dan tidak membeda-bedakan status sosial sekalipun terhadap orang yang memiliki keterbatasan fisik. Keywords: Diskriminasi, Sosial, Novel.
ANALISIS PENGGUNAAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Afrida Yanti; Mhd Ichsan Ardhian; Efraim Sitorus; Fitriani Lubis
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4730

Abstract

Kata baku merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah kebahasaan yang telah ditentukan. Kaidah kebahasaan dalam kata baku dapat memuat beberapa hal diantaranya  ejaan, tata bahasa baku, dan kata kamus umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kata baku dan tidak baku di kalangan mahasiswa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Negeri Medan kelas Reguler A 2019 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penelitian ini adalah bahwa sudah banyak mahasiswa Universitas Negeri Medan kelas Reguler A 2019 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memahami kata baku dan tidak baku dan hanya sedikit yang tidak memahami bahasa baku dan tidak baku.
ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM CERAMAH USTAZ HANNAN ATTAKI DI KANAL YOUTUBE Annisa Cahyani
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4870

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa gaul yang dituturkan oleh Ustaz Hannan Attaki dalam ceramahnya di kanal youtube, yang dianalisinya adalah gejala bahasa, proses afiksasi dan jenis makna. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Data yang ditemukan yaitu bersumber pada ceramah Ustaz Hannan Attaki di kanal youtube. Penggunaan bahasa gaul yang dituturkan Ustaz Hannan Attaki ditemukannya 50 kata gejala bahasa, yang terdiri dari (3) gejala diftongisasi, (13) gejala reduplikasi, (9) gejala aferesis, (9) gejala sinkop, (3) gejala haplologi, (2) gejala apentesis, (4) gejala protesis, (1) gejala anaptiksis, (2) gejala krosis, (2) gejala hiperkorek, dan (2) gejala bunyi antara. Kemudian ditemukannya 16 kata afiks, 20 kata prefiks, 10 kata sufiks, dan 4 kata konfiks. Selain itu ditemukannya juga jenis makna yang dituturkan oleh Ustaz Hannan Attaki yaitu 3 jenis makna leksikal, 2 jenis makna gramatikal, dan 5 jenis makna referensial.Kata kunci: Bahasa gaul, gejala bahasa, afiksasi, jenis makna
ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021 Lastri Novita Saragih
Jurnal Bahastra Vol 6, No 2 (2022): Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/bahastra.v6i2.4465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pembelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah guru, siswa, dan orangtua. Pengumpulan data ini dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring terhadap guru, siswa, dan orangtua  di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru. Dampak positif  bagi guru dari pembelajaran daring adalah guru lebih melek teknologi dan lebih kreatif dalam membuat bahan ajar, sedangkan dampak negatifnya yaitu guru mengalami hambatan dalam kegiatan pembelajaran karena minimnya akses internet. Dampak positif bagi siswa dari pembelajaran daring adalah siswa lebih mengetahui penggunaan aplikasi yang digunakan selama mengikuti pembelajaran daring, sedangkan dampak negatifnya bagi siswa yaitu pembelajaran daring masih membingungkan siswa dan peserta didik mengalami stres. Dampak positif bagi orangtua dari pembelajaran daring adalah orangtua  lebih memahami karakter anak dan menjalin hubungan yang baik dengan guru sedangkan dampak negatifnya adalah orangtua tidak dapat mengawasi anak selama mengikuti proses pembelajaran dan orangtua  kesulitan untuk memotivasi anaknya untuk belajar. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi dari dampak negatif pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 yang dihadapi oleh guru, siswa, dan orangtua  yaitu di antaranya guru harus menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua  siswa, begitu juga dengan orangtua  harus memberi waktu yang banyak untuk mengawasi anaknya selama mengikuti pembelajaran daring, dan guru harus memberi materi pembelajaran yang mudah untuk dimengerti oleh siswa.Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi Covid-19.  Abstract. This study aims to determine the impact of online learning in Indonesian language learning during the covid-19 pandemic at RK Deli Murni Bandar Baru Private Middle School for the 2020-2021 academic year. This study uses a qualitative research approach with a qualitative description method. The research subjects or informants used were teachers, students, and parents. This data collection was done by means of observation, interviews, and questionnaires. The results of this study indicate that there are positive and negative impacts of online learning on teachers, students, and parents at RK Deli Murni Bandar Baru Private Junior High School. The positive impact for teachers from online learning is that teachers are more technology literate and more creative in making teaching materials, while the negative impact is that teachers experience obstacles in learning activities due to lack of internet access. The positive impact for students from online learning is that students are more aware of the use of applications used during online learning, while the negative impact for students is that online learning still confuses students and students experience stress. The positive impact for parents from online learning is that parents better understand their child's character and establish a good relationship with the teacher, while the negative impact is that parents cannot supervise their children during the learning process and parents find it difficult to motivate their children to learn. The solution to overcome the negative impact of online learning in Indonesian language learning during the COVID-19 pandemic faced by teachers, students, and parents is that teachers must establish good communication with students' parents, as well as parents must give sufficient time. There is a lot to supervise their children during online learning, and teachers must provide learning materials that are easy for students to understand.     Keywords: Impact, Online Learning, Indonesian Language Learning, Covid-19 Pandemic.

Page 1 of 2 | Total Record : 18