cover
Contact Name
Hana Ike Dameria Purba
Contact Email
purbahana@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fakultas.pendidikan@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
ISSN : -     EISSN : 25410253     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, pendidikan dan perilaku seks pada anak,media pembelajaran dan dampak implementasi kurikulum.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia" : 8 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SWASTA BAKTI LUHUR Panni Ance Lumban Tobing; Maria Friska Nainggolan; Mery Silalahi; Ratna Simarmata
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Bakti Luhur. Penelitian ini mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian, total sampling sebanyak 40 orang siswa dari kelas VA dan VB. Berdasarkan pengkategorian skor rata-rata untuk variabel X (komunikasi guru) adalah 45,80 dan untuk skor rata-rata variabel Y (motivasi belajar) adalah 54,05. Skor tertinggi untuk variabel komunikasi guru adalah 56 dan skor tertinggi untuk variabel motivasi belajar siswa adalah 63.Melalui uji korelasi yang dilakukan diperoleh koefisiensi korelasi 0,478. Kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa memiliki nilai rxy/rhitung 0,538 lebih besar dari rtabel 0,312 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan.
KESALAHAN GRAMATIKA BAHASA INGGRIS DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF OLEH MAHASISWA FARMASI SEMESTER DUA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Arman Bemby Sinaga; F Ari Anggraini Sebayang; Ordekoria Saragih
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.1758

Abstract

This research title is Grammatical Errors in Writing Descriptive Text by Second Semester of Pharmacy Students of Sari Mutiara Indonesia University. This Research was conducted to find out the kinds of grammatical errors in writing descriptive text by second semester of Parmacy students of Sari Mutiara Indonesia University and to find out the dominant error. This research was conducted through descriptive qualitative by documentary research. This research was conducted to the pharmacy students of Sari Mutiara Indonesia University through survey and documentary research. This research found that errors in producing verb group (130), subject verb agreement (57), preposition (19), articles (13), plural (11), pronoun (27), conjunction (8). It was concluded that the dominant error was in producing verb group.
HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I SMP NEGERI 15 MEDAN T.A 2019/2020 Holmes Parhusip; Hartono Sembiring
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.1832

Abstract

Lingkungan belajar yang baik bisa memberi rangsangan pada anak lebih efektif untuk melakukan kegiatan belajarnya dalam mencapai prestasi yang baik. The Liang Gie mengatakan bahwa bagi setiap siswa bila mungkin hendaknya di tempat belajar tersedia kelengkapan sarana belajar (ruangan, meja, kursi, sistem penerangan) yang baik dan khusus digunakan untuk belajarnya.. Adapun tugas orang tua dan guru sejak kecil hingga dewasa mengusahakan lingkungan belajar yang kaya akan rangsangan dan dimana anak-anak merasa nyaman dan bebas mengungkapkan dirinya secara kreatif. Tingkat kecenderungan Lingkungan Belajar di Rumah (X) dari siswa/i SMP Negeri 15 Medan adalah cukup tinggi, yaitu masing-masing 29 dan 32 orang atau masing-masing 43.33% dan 35.55%. Tingkat kecenderungan Prestasi Belajar Siswa (Y) dari siswa/i SMP Negeri 15 Medan masing-masing 36 dan 27 orang atau 42.22% dan 30%. Lingkungan Belajar di Rumah mempunyai hubungan yang linier dan positif serta signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dari siswa/i. SMP Negeri 15 Medan. Jika ingin meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Y) dari siswa maka perlu ditingkatkan Lingkungan Belajar di Rumah (X) yang lebih kondusif dan menyenangkan. Karena tingkat kecenderungan Lingkungan Belajar di Rumah (X) di SMP Negeri 15 Medan masih cukup dan tinggi, demikian halnya dengan Prestasi Belajar Siswa (Y), maka perlu dipertahankan, atau bahkan lebih ditingkatkan lagi.
PENENTUAN GALAT PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE 1 DENGAN METODE NUMERIK Wajib Pandia; Israil Sitepu
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.1907

Abstract

Metode numerik dapat menangani sistem persamaan besar, ketidaklinieran, dan geometri yang rumit dalam praktek rekayasa yang seringkali tidak mungkin dipecahkan secara analitik. Perhitungan dengan metode numerik merupakan perhitungan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk terus-menerus memperoleh hasil yang semakin mendekati nilai penyelesaian sebenarnya. Persamaan diferensial biasa merupakan salah satu masalah yang dapat diselesaikan dengan metode numerik. Ada empat metode yang dapat digunakan dalam menentukan galat persamaan diferensial biasa, yaitu metode Deret Taylor, metode Runge-Kutta, metode Heun, dan metode Euler. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kepustakaan atau literature yang bertujuan mengumpulkan data-data dan informasi melalui buku dan jurnal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode terbaik untuk menentukan galat persamaan diferensial biasa. Berdasarkan soal yang diselesaikan dalam menentukan galat persamaan diferensial menggunakan metode Deret Taylor, metode Runge-Kutta, metode Heun dan metode Euler, metode yang menghasilkan galat paling kecil adalah metode Runge-Kutta.
AN ANALYSIS OF SPEAKING ANXIETY AND AFFECTIVE LANGUAGE LEARNING AMONG STUDENTS OF ENGLISH LITERATURE IN MEDAN Hestika Ginting; F Ari Anggraini Sebayang
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.1930

Abstract

This study examines the speaking anxiety level and the employment of affective language learning strategies among English Applied Linguistics students in Medan, including the relationship between the two aforementioned variables. The research data were collected by administering a set of questionnaire encompassing 11 items assessing the comprehension apprehension factor and 6 items assessing fear of negative evaluation factor which were adopted from Foreign Language Classroom Anxiety Scales and also 6 items assessing the affective language strategies. There were 60 students of English Applied Linguistics participated in the study, comprising of 16 male students and 44 female students. This study found that the level of the speaking anxiety of the respondents was generally moderate, with the level of comprehension apprehension factor and the fear of evaluation were also moderate. The results suggest that the respondents in the present study moderately employed the affective language learning strategies in English medium classes. This study also found that students’ speaking anxiety level is negatively correlated with the involvement of affective language learning strategies in the process of language learning.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK SE-KECAMATAN ARAMO-NISEL Asa'aro Laia; Maria Friska Nainggolan; Taruli Marito Silalahi
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.1936

Abstract

Kepuasan dan ketidakpuasan yang dirasakan Guru dalam melaksanakan tugas yang senantiasa selalu ada dalam suatu organisasi. Penelitian ini didasarkan pada pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja Guru. Lokasi penelitian dilakukan pada SMK Se-Kecamatan Aramo Nias Selatan dengan jumlah sampel 78 orang Guru. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru sebesar 0.000, budaya organisasi yang berpengaruh signifikan terhadap kiner-ja Guru sebesar 0,012, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru sebesar 0,010, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru sebesar 0,007, dan kepemimpinan, budaya organisasi , motivasi kerja dan kepuasaan kerja berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja Guru sebesar 0.000.
PENGARUH PENDEKATAN STRATEGI RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN Muhammad Bagas F; Edi Suprayetno
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.2021

Abstract

This study aims to analyze and know the Mathematics students’ learning outcome of grade XI of Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan by applying resource based learning approach. This quasi-experimental study used a non-equivalent control group design with pre-test and post-test. . The sample of this study were 80 students who were divided into two classes, namely 40 students as the control class (class XI IPS) and 40 students as the experimental class (Class XI IPA1). The sampling technique used was purposive sampling. The results of this study indicated that by giving the pretest to the experimental and control classess, it was gained that the average value of the experimental class wa 33.125 and the average value of the control class wa 38.275. the experimental class is 81,425 and the control class is 43.9. From the results of this study, it can be concluded that there is was positive effect of the resource based learning approach on students' mathematics learning outcomes and it is recommended to develop resource based learning learning approach in learning process..
ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI DATA MAHASISWA PGSD DALAM MEREFRESENTASIKAN DATA SOFTWARE EXCEL DAN SPSS PADA MATA KULIAH STATISTIK Taruli Marito Silalahi; Winny Sunfriska Limbong
Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/mutiara pendidik.v6i1.2048

Abstract

This study aims to analyze the understanding of PGSD students on data literacy skills using Microsoft Excel and SPSS. This type of research uses a qualitative approach with the type of case study method that aims to describe students' understanding of data literacy using Excel and SPSS software. The sample in this study was 25 students of 6th semester who were randomly selected from the total 6th semester students in the PGSD program study. The instruments used were interview, observation sheets, mid and final tests. Data analysis in this study is data reduction as a selection process, focusing on simplification, abstraction and transformation. The results showed that students' understanding of data literacy using Microsoft Excel with an average of 84.20 in the medium category and SPSS with an average of 87.47 being in the high category.

Page 1 of 1 | Total Record : 8