cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 11 Documents clear
Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa Suciyati Suciyati; Hardiansyah Hardiansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.330

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan oleh guru pada mata pelajaran matematika adalah rata-rata siswa belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang benar. Siswa masih belum mampu memahami masalah, menentukan dan melaksanakan perencanaan, maupun mengambil kesimpulan dengan benar. Hal ini dikarenakan siswa kurang berusaha dalam menyelesaikan soal. Kondisi tersebut disebabkan oleh siswa yang tidak yakin akan kemampuan dirinya sendiri (self efficacy) ditambah dengan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi experiment design, yaitu desain penelitian yang melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Quasi experiment design yang dipilih yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Woha, dengan sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (VII.1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (VII.2). Berdasarkan beberapa hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 22.0, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficcay siswa.
Pengembangan Modul IPA Berkarakter Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik SMP/MTs Muchlis Muchlis; Magfirah Perkasa; Muhammad Irwansyah; Ariyansyah Ariyansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i1.335

Abstract

National education system aims to produce students who have intact intelligence, be it intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and social intelligence. But the facts in the field say differently. Spiritual and social intelligence tends to be overlooked by educators in schools. Therefore, this research was carried out with the aim of producing a science module with an integrated character of Islamic values to improve students' spiritual attitudes or those that meet valid and effective criteria. This type of research is development research that follows the stages of Thiagarajan development which consists of the stages of defining, designing, developing and disseminating. The instruments used were validation sheets and student response questionnaires. Based on the results of limited trials, it can be concluded that the science module with the character of integrated Islamic values meets the criteria of validity and effectiveness. Hopefully the results of this research can be used as a reference in improving the quality of education in Indonesia, especially in Bima City, West Nusa Tenggara Province.
Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi Wachid Nugroho
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.337

Abstract

Pembelajaran konvensional dengan metode ceramah cenderung membosankan dan belum optimal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan inquiry model drill and practice berbasis aplikasi moodle berbantuan video youtube pada materi limit fungsi pada peserta didik kelas XII Arsitek SMK Negeri 2 Salatiga dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui: 1) pengisian angket mengenai aktivitas peserta didik; 2) pengamatan peneliti terhadap aktivitas peserta didik; dan 3) tes tertulis online di setiap akhir siklus melalui aplikasi moodle. Data angket, lembar pengamatan, dan penilaian belajar dianalisis mengggunakan deskripsi komparatif secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil peningkatan aktivititas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kategori aktif peserta didik sebesar 8,83% dari capaian 79,41% pada siklus 1 menjadi 88,24% pada siklus 2. Sedangkan nilai rerata kelas menunjukkan kenaikan sebesar 62,90 dari perolehan 850,00 pada siklus 1 meningkat menjadi 912,90 pada siklus 2. Ketuntasan kelas pada siklus 1 mencapai 67,65% meningkat 23,53% menjadi 91,18% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penerapan pendekatan inquiry model drill and practice berbasis aplikasi moodle berbantuan video youtube dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi limit fungsi aljabar. Para peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menerapkan berbagai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan media yang relevan dengan kebaruan kurikulum terutama di masa pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan motivasi, peran serta, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik.
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta M. Ardiansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.339

Abstract

Penelitian ini adalah survey terhadap 22 peserta didik dengan media pembelajaran google form. Populasi untuk penelitian adalah peserta didik SMK Islam Perti Jakarta. Sampling di pilih dengan metode purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X MM angkatan 2019 pada materi ukuran pemusatan data tunggal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa soal yang terdiri atas 15 essay. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis minat dan hasil belajar peserta didik program Multimedia di SMK Islam Perti Jakarta matapelajaran matematika melalui media pembelajaran google form. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam Perti dengan subyek penelitian kelas X MM berjumlah 22 peserta didik dan objek penelitian pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar matematika dari kondisi awal yang diajarkan dengan metode ceramah dan powerpoint. Simpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Form dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MM pada matapelajaran matematika.
Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis Rachmat Rizaldi; Syahlan Syahlan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.340

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang sub-sub materi listrik dinamis. Tujuan khusus penelitian ini adalah menganalisis materi dan tujuan pembelajaran tentang pembelajaran Fisika yang telah berlangsung di sekolah, meliputi persentase fakta, konsep, dan prinsip yang terdapat pada materi. Untuk tujuan pembelajaran dilihat dari persentase tingkatan Taksonomi Bloom. Materi yang dianalisis dalam penelitian ini adalah materi Fisika SMA kelas X tentang Listrik Dinamis. Berdasarkan hasil analisis materi diperoleh persentase jumlah fakta, konsep, prinsip, dan prosedur masing-masing 28%, 30%, 36%, dan 6%. Dari hasil persentase analisis materi terlihat bahwa materi listrik dinamis didominasi oleh konsep dan prinsip. Agar siswa dapat memahami fakta dan prinsip-prinsip yang ada dalam pembelajaran Fisika dibutuhkan analisis materi yang ideal. Untuk tujuan pembelajaran materi listrik dinamis terlihat bahwa tujuan pembelajaran sudah mencapai tingkatan C5 tetapi belum mencapai tingkatan C6 sesuai dengan target tujuan pembelajaran Fisika nasional. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam penyusunan materi Fisika pada pokok bahasan Listrik dinamis.
Geometri dan Pengukuran dalam Permainan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat Diena Frentika; Heru Tri Novi Rizki
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada konsep geometri dan pengukuran yang ada dalam permainan rakyat Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Barapan Kebo dan Sampo Ayam. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri dan pengukuran dalam permainan rakyat Barapan Kebo dan Sampo Ayam. Etnomatematika di dalam Barapan Kebo dan Sampo Ayam yaitu kecepatan, waktu, jarak, sudut, garis, satuan panjang, bangun datar segitiga dan bangun datar segiempat.
Analisis Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh Mashelin Wulandari; Nadia Yensi Febriana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.349

Abstract

Hasil belajar siswa sangat erat kaitannya dengan sikap yang dimiliki siswa. Sikap merupakan gambaran perasaan suka atau tidaknya seseorang terhadap suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana hubungan antara sikap dengan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Subjek dari penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dengan sampel berjumlah 60 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kuantitatif jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar tes hasil belajar pada materi Hukum Gravitasi Newton. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan dilakukan uji prasyarat serta uji korelasi data dengan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara sikap yang dimiliki oleh siswa dengan hasil belajar yang diperolehnya. Hubungan ini dapat dilihat pada uji korelasi dimana nilai pada pearson correlation adalah 0,041 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan dinyatakan ada hubungan atau korelasi antara sikap dengan hasil belajar siswa. 90% siswa dikatakan memiliki sikap yang baik dengan hasil belajar yang tinggi dan 8,3% siswa dikatakan memiliki sikap yang sangat baik dengan hasil belajar yang sangat tinggi.
Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA di SDN Sakuru Arif Rahman Hakim; Hairunisa Hairunisa; Makasih Makasih; Abd. Haris
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis CTL yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi daur air kelas V SDN Sakuru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, ujicoba pemakaian dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sakuru. Uji coba produk dilakukan di kelas VI dengan jumlah 10 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V dengan jumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, (1) Analisis kelayakan produk dari Tim Ahli, (2) Analisis peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan mencari nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal yang diperoleh dari pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang dikembangkan mengandung komponen CTL yang terdiri dari kegiatan percobaan dan pengamatan; (2) LKS berbasis CTL valid berdasarkan validasi dari Tim ahli dan Guru; (3) LKS berbasis CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest 65,16 dan rata-rata nilai posttest 81,15, sedangkan ketuntasan secara klasikal pada pretest 42,3% sedangkan pada posttest meningkat menjadi 88,45%. Simpulan penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru Eryuni Ramdhayani; Wiwi Noviati; Syafruddin Syafruddin; Linda Deniati; Erna Kurniati
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.380

Abstract

Penerapan pembelajaran daring tentunya diiringi oleh permasalahan baru dalam proses pembelajaran maupun dalam mengevaluasi siswa. Permasalahan pembelajaran daring yang diterapkan dalam era tatanan baru tentunya muncul terkait kesulitan guru dalam mengevaluasi siswa terutama dalam menilai sikap siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengakses penilaian sikap siswa selama proses pembelajaran agar dapat menjadi refrensi terhadap guru yang kesulitan dalam memberikan penilaian sikap terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskritif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terkait mengenai analisis teknik penilaian sikap siswa selama pembelajaran daring pada era tatanan baru yang diisi oleh responden. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa penilaian sikap dalam pembelajaran daring sulit dilakukan dan hasilnya kurang akurat, Penilaian sikap selama pembelajaran daring masih sebatas guru melihat respon siswa dalam hal mengerjakan tugas yang diberikan., dan penilaian sikap menjadi hal yang perlu untuk dibenahi selama pembelajaran daring di era new normal dari segi kesiapan guru menyiapkan instrument dan mengkondisikan siswa agar mengembangkan karakter selama pembelajaran daring.
Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi Syafruddin Syafruddin
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v10i2.382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas belajar siswa dengan memanfaatkan limbah plastik dan kertas sebagai media alat peraga biologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Mixsed Methods Research Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Moyo Hilir sedangkan sampel penelitian berjumlah 49 siswa, yaitu kelas VIII-2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas VIII-1 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif dan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreatifitas siswa berdasarkan hasil observasi diperoleh kreatifitas siswa untuk kelas VIII 1 sebesar 75% dengan kategori kreatif dan kelas VIII 2 sebesar 80% dengan kategori kreatif. Keseluruhan hasil kreatifitas siswa kelas VIII di SMP negeri 5 Moyo hilir dengan kategori 77,5% dengan kategori kreatif

Page 1 of 2 | Total Record : 11