cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 5 Documents clear
VChemlab: Alternatif Media Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Ayu Rahayu
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i1.409

Abstract

Pendidikan di Era 4.0 dalam masa pandemi Covid19 mengharuskan para pendidik melakukan semua aktifitas pembelajaran secara daring termasuk kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas VChemLab sebagai alternatif media pada kegiatan praktikum secara virtual, agar sikap ilmiah mahasiswa pada materi kimia dasar dapat meningkat. Metode pada penelitian ini adalah Pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-posttest Design. Sampel penelitan terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 20 mahasiswa pendidikan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-gain kelas A dan B yaitu 0.42 yang mengalami peningkatan sikap ilmiah mahasiswa pada kategori Sedang. Sedangkan hasil dari uji t Paired-Sample kelas A dan B diperoleh nilai Sig Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa VChemLab dapat diguanakan sebagai media alternative pada kegiatan praktikum virtual mata kuliah praktikum kimia dasar lanjut yang dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa.
Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium Euis Masitoh; Billyardi Ramdhan; Gina Nuranti
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i1.429

Abstract

Pembelajaran daring selama pandemic covid-19 kurang efektif, motivasi belajar siswa menurun karena keterbatasan guru dan peserta didik dalam menguasai media pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan non-kognitif essential siswa SMP yang berupa motivasi intrinsic dan self-efficacy pada pembelajaran daring berbantukan media virtual laboratorium berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan instrument angket pernyataan skala likert pada 5 skala jawaban. Pernyataan berjumlah 10 pernyataan untuk motivasi intrinsic dan 15 pernyataan untuk self-efficacy. Kuesioner diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah menggunakan media virtual laboratorium. Subject penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kadudampit yang diambil 30 siswa sebagai sample. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor siswa untuk motivasi intrinsic dalam pembelajaran IPA adalah 74,80 % dengan kriteria baik, serta persentase skor self-efficaccy dalam pembelajaran IPA adalah 75,18 % dengan kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan keterampilan non-kognitif essential siswa dalam pembelajaran daring IPA pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan media virtual laboratorium termasuk dalam kriteria baik.
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Riset Berbantuan Media WhatsApp Siti Nur Annisa; Setiono; Aa Juhanda
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i1.431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran daring setelah penerapan model guided inquiry berbasis riset berbentuan media whtasApp pada materi interkasi makhluk hidup dengan lingkungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP di kabupaten Sukabumi dengan sample 33 orang peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki- laki. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest posttest design dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis berupa pilihan ganda sebanyak 23 soal dengan 5 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu 1) Memberi penjelasan, 2) Membangun keterampilan dasar, 3) Menyimpulkan, 4) Membuat penjelasan lanjut, 5) Strategi dan taktik. Data hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan model guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari adanya peningkatan dari hasil pretest dan postets yang menunjukkan kategori cukup, baik dan sangat baik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator 1 yaitu memberi penjelasan sederhana sebesar 87% pada indikator 2 yaitu membangun keterampilan dasar sebesar 76%, indikator 3 yaitu menyimpulkan 86%, indikator 4 memberi penjelasan lanjut sebesar 65%, dan indikator 5 yaitu strategi dan taktik sebesar 81%. Rata- rata persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 79%, Serta kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik laki- laki lebih unggul dari perempuan. Hal ini menunjukan dalam pembelajaran daring IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan berguna untuk keberlangsungan proses pembelajaran.
Tahap-tahap Menyelesaikan Masalah Geometri melalui Interaksi Berpikir pada Aktivitas Kognitif Siswa SMP Syarifudin Syarifudin; Ummu Fikriyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i1.450

Abstract

Perubahan pengetahuan siswa sebagai hasil pengalaman belajar merupakan hal utaman yang diharapkan dalam proses pembelajaran. Perubahan pengetahuan itu salah satunya melalui kegiatan interaksi berpikir. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tahap-tahap aktivitas kognitif siswa melalui kegiatan interakasi berpikir dalam memecahkan masalah geometri. Penelitian ini dilaksanakan pada 5 orang siswa SMP yang berkemampuan tinggi dan sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kelima siswa dalam mendiskusikan permasalahan yang diawali dari siswa yang berkemampuan tinggi memberikan penjelasan tentang cara menjawab soal yang diberikan. Siswa yang lainnya mendengarkan dan kadang-kadang merespon dari penjelasan yang disampaikan oleh siswa yang berkemampuan tinggi tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah mereka bersama-sama mendiskusikan dan saling membantu untuk mencari solusi dari permasalah yang diberikan dengan menyampaikan pertanyaan atau penjelasan antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Kegitan ini terus dilakukan sampai menemukan satu solusi yang tepat untuk diputuskan bersama-sama lalu ditulis dalam lembar jawaban masing-masing. Setelah mereka menulis jawaban masing-masing, ternyata bentuk jawaban yang dituliskan berbeda-beda dan ada juga yang masih melihat jawaban dari temannya.
Pengaruh Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kompleks Matematis ditinjau dari Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bima Adi Apriadi Adiansha; Khairul Sani; Suryani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i1.454

Abstract

Fakta yang terjadi terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Bima mengalami penurunan hal ini sesuai dengan data PISA dan TIMSS. Tujuan penelitian untuk mengethui 1) Perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis yang diberi perlakukan dengan Model Brain Based Learning dengan Problem Based Learning pada siswa Sekolah Dasar; 2) interaksi antara Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kompleks matematis yang ditinjau dari kreativitas siswa Sekolah Dasar; 3) perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi perlakukan Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning yang memiliki kreativitas tinggi; 4) perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi perlakukan Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning yang memiliki kreativitas rendah. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang didesain dengan treatment by level 2x2. Subjek penelitian di SDN Nggembe dan SDN Rada di Kabupaten Bima. Hasil penelitian menujukkan bahwa untuk hipotesis pertama mengatakan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi model Brain Based Learning dengan siswa yang diberi model Problem Based Learning. Hipotess kedua mengatakan adanya interaksi antara pembelajaran yang diberikan dengan tingkat kreativitas siswa terhadap keterampilan berpikir kompleks matematis siswa. Hipotesis ketiga mengatakan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis antara siswa yang diberikan model Brain Based Learning dengan yang diberikan model Problem Based Learning pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi. Hipotesis keempat perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis antara siswa yang diberikan model Brain Based Learning dengan yang diberikan model Problem Based Learning pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah. Penelitian ini sangat direkomendasikan keberlanjutan dalam terus melakukan penelitian karena penting untuk teliti lebih lanjut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5