cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 39 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 39 Documents clear
Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Etnosains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs Ririn Yunia; Firda Az Zahra
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.720

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan multimedia interaktif terintegrasi etnosains pada materi sistem peredaran darah untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini yakni Research and Development (R&D) melalui penggunaan model pengembangan 4-D yang mencakup atas empat tahap yakni define/pendefinisian, design/perancangan, develop/pengembangan dan dessiminate/penyebaran. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini yakni pedoman wawancara, angket observasi, lembar validasi dan lembar praktikalitas. Instrumen pedoman wawancara dan angket observasi digunakan untuk menentukan permasalahan utama yang dihadapi oleh guru dan peserta didik di sekolah. Wawancara dilakukan kepada dua orang guru IPA di SMPN 03 Solok Selatan. Kemudian angket observasi disebarkan kepada 75 orang siswa di sekolah tersebut yang berasal dari 3 kelas berbeda. Multimedia interaktif yang telah dirancang divalidasi oleh tiga orang validator yang berasal dari dosen jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNP dengan memakai angket validitas. Uji praktikalitas dilaksanakan oleh dua orang guru IPA dan 25 orang peserta didik kelas VIII SMPN 03 Solok Selatan dengan menggunakan angket praktikalitas. Hasil dari penelitian ini didapatkan bawa validitas produk berupa multimedia interaktif yang dikembangkan terdapat pada kategori yang sangat valid dalam nilai 92,26%. Hasil uji praktikalitas pada guru berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 94,92% dan uji praktikalitas pada peserta didik terdapat pada kategori yang sangat praktis dengan nilai 81,83%. Berdasarkan data yang diperoleh bisa diambil kesimpulan dimana multimedia interaktif terintegrasi etnosains pada materi sistem peredaran darah yang dihasilkan memenuhi kategori valid dan praktis.
Validasi Lembar Kerja Peserta Didik Tema Tuas pada Gerak Makhluk Hidup Berbasis Contextual Teaching Learning dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VIII Luthfiah Azizah Lestari; Lukman Nulhakim; Liska Berlian
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.721

Abstract

Pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat menghadapi masalah dimasa depan. Oleh karena itu, diperlukannya pengembangan bahan ajar yang dapat melatih keterampilan proses sains seperti LKPD berbasis contextual teaching learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dalam melatih keterampilan proses sains. Metode yang digunakan yaitu 3D menurut Thiagarajan yang dimodifikasi terdiri atas yaitu define, design, dan development. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi yang diisi oleh dosen ahli dan guru IPA SMP. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dalam melatih keterampilan proses sains memperoleh persentase ahli materi 87,61% dengan kriteria sangat valid, ahli media 91,94% dengan kriteria sangat valid, dan guru IPA SMP 93,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil validasi yang telah dilakukan oleh seluruh validator dapat memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 90,96% dengan kriteria sangat valid. Maka LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dapat diuji cobakan dalam pembelajaran IPA dalam melatih keterampilan proses sains.
Pengembangan Power Point Interaktif Menggunakan Pendekatan CTL Tema Sungaiku Tercemar dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Indriyani Cahyuningsih; Lukman Nulhakim; Liska Berlian
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.722

Abstract

Proses pembelajaran siswa SMP saat ini belum memiliki kemampuan berpikir kritis, karena media pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi power point interaktif menggunakan pendekatan CTL pada tema sungaiku tercemar untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (RnD) dari Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan dibatasi hingga uji coba terbatas. Penilaian validasi dinilai oleh para ahli menggunakan lembar instrumen sedangkan penilaian siswa menggunakan angket respon siswa. Efisiensi media power point interaktif menggunakan pendekatan CTL untuk menumbuhkan kemampuan berpikir siswa kelas VII didapatkan nilai sebesar 84,6% dengan kriteria Sangat Efisien. Berdasarkan penilaian tersebut media power point interaktif sangat efisien dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Berbasis Soft Skills Isman M. Nur; Diah Prawitha Sari
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.724

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis yang memperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skills. 2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang memperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skills dengan model pembelajaran konvensional. 3) untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran digunakan dan kemampuan awal matematika kategori (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Ternate. Dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian adalah 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skills. 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skills lebih baik daripada siswa memperoleh pembelajaran konvensional dengan kategori sedang. 3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka kemampuan awal matematika siswa perlu ditingkatkan karena memuat pengetahuan prasyarat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya. Disarankan kepada guru sebaiknya menjadikan pembelajaran guided teaching berbasis soft skills sebagai alternatif pembelajaran yang baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka M.A Yohanita Nirmalasari; Oktavius Yoseph Tuta Mago; Irene Lete Manuk
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.725

Abstract

Kemampuan peserta didik memahami dan menerapkan pengetahuan kimia dan inovasinya dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat dinamakan literasi kimia. Numerasi sebagai bagian yang tidak dipisahkan atau beririsan dengan literasi. Capaian literasi sains dunia umumnya masih rendah, begitu pun dengan literasi kimia. Pada tingkat kabupaten Sikka belum ditemukan adanya data kemampuan literasi dan numerasi kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan prestasi literasi dan numerasi kimia peserta didik terkhususnya di wilayah Kabupaten Sikka melalui usulan terobosan penerapan isu sosiosaintifik dalam desain instrumen soal. Jenis penelitian ini adalah research and development. Metodenya, modifikasi Model of Educational Reconstruction (MER), meliputi: analisis struktur konten, desain instrumen soal, uji lapangan (expert review). Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dan butir soal uraian. Analisis data validasi menggunakan Formula Aiken. Sampel penelitian berjumlah 6 orang expert review. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rerata nilai kevalidan dengan skor 0.872 dan soal tergolong valid.
Pengaruh Wadah Penyimpanan terhadap Dissolved Oxygen (DO) dan Total Dissolved Solids (TDS) Air Muthmainnah Muthmainnah; Agus Mulyono
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.726

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh wadah penyimpanan air terhadap nilai DO dan TDS pada aliran sungai Metro di Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan kadar DO dan TDS pada air tercemar setelah dilakukan penyimpanan dalam waktu 24 jam pada wadah tertentu. Sampel air yang diambil berasal dari aliran sungai Metro yang berlokasi di Kota Malang dan terindikasi cemaran limbah pasar. Air diambil di empat titik yaitu titik1 berjarak 250 meter sebelum pintu pembuangan limbah pasar, titik 2 adalah titik masuknya limbah pasar, titik 3 berjarak 250 meter setelah pintu pembuangan limbah pasar dan titik 4 berjarak 500 meter setelah pintu pembuangan limbah pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar DO pada titik 1 memiliki nilai yang paling tinggi dan titik 2 memiliki nilai yang paling rendah. Setelah dilakukan penyimpanan selama 24 jam rata-rata kadar DO pada qirbah naik sebanyak 1,66 mg/l, pada wadah plastik rata-rata nilai DO menurun sebanyak 0,63 mg/l, pada keramik rata-rata nilai DO menurun sebanyak 0,3 mg/l. Rata-rata nilai TDS pada qirbah menurun sebanyak 4,25 mg/l, pada wadah plastik rata-rata nilai TDS naik sebanyak 0,75 mg/l dan pada wadah keramik rata-rata nilai TDS naik sebanyak 2,25 mg/l.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Ahmad Rizalul Kamal; Mustamiroh Mustamiroh; Rosita Putri Rahmi Haerani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.728

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi serta rendahnya tes evaluasi pra siklus mata pelajaran IPA materi organ gerak manusia di kelas V SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi organ gerak manusia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas diterapkan dengan dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah kelas V dengan total 22 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA materi organ gerak manusia melalui model Problem Based Learning. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian mengunakan teknik rata – rata, persentase dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian, ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 45,45% dan pada siklus II sebesar 81,82%. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II meenjadikan penelitian tindakan kelas ini selesai dan telah berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 70%.
Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Karmila Nur Safitri; Tri Wahyuningsih; Erna Suhartini; Yudo Dwiyono; Andi Asrafiani Arafah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.729

Abstract

Hasil observasi menujukkan bahwa kurang maksimalnya pengembangan LKPD terutama pada pembelajaran IPA materi siklus air yang seharusnya disesuai dengan perkembangan abad 21, hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar peserta didik sebesar 69,58. Sebagaimana pembelajaran IPA ialah pembelajaran yang menyenangkan jika dikreasikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan Borg and Gall yang melalui delapan tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKPD, validasi, revisi, ujicoba kelompok kecil, revisi lanjutan, dan ujicoba kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi ahli materi dan ahli media yaitu dengan masing-masing skor sebesar 4,93 dan 4,88 dengan kriteria sangat valid, serta hasil ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik dengan rata-rata skor 4,19 dengan kriteria baik dan hasil ujicoba kelompok besar sebanyak 26 peserta didik dengan rata-rata skor 4,24 dengan kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD berbasis STEM materi siklus air ini layak digunakan sebagai pendamping pembelajaran peserta didik. Pengalokasian waktu pengerjaan LKPD dan desain yang menarik dengan bantuan media lain diharapkan mampu memperbaiki kekurangan penelitian ini.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Penguasaan Materi IPA Pada Siswa Warda Rasidah; Tri Wahyuningsih; Erna Suhartini; Yudo Dwiyono; Andi Asrafiani Arafah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.730

Abstract

kurangnya kemampuan kognitif siswa dalam menguasai konsep pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan siswa menganggap materi IPA sebagai materi yang tidak menarik, abstrak dan konsepnya sulit untuk dipahami. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kognitif siswa dalam pembelajaran yang abstrak adalah model Project Based Learning. Hal ini dikarenakan Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap penguasaan materi IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Intrumen penelitian terdiri dari lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-T. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-T menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 59 sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Sehingga berdasarkan uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap penguasaan materi IPA siswa.
Analisis Miskonsepsi Calon Guru IPA Terpadu pada Materi Pamanasan Global Menggunakan Certainty of Response Index Rahmiati Darwis; Muhammad Rizal Hardiansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i4.732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi calon guru IPA Terpadu dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab miskonsepsi pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 14 sampel mahasiswa Program Studi Tadris IPA IAIN Ambon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes multiple choice disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) serta lembar wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi mahasiswa calon guru IPA Terpadu berada dalam kategori sedang dengan persentase 41,54%. Miskonsepsi masih ditemukan pada tiap subkonsep pemanasan global yang meliputi subkonsep proses terjadinya pemanasan global sebesar 42,86%, subkonsep efek rumah kaca sebesar 39,28%, subkonsep solusi mengurangi pemanasan global sebesar 35,69%, subkonsep peristiwa pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari miskonsepsi yang terjadi sebesar 44,64%, dan subkonsep dampak pemanasan global 45,21%. Hasil wawancara menunjukkan penyebab munculnya miskonsepsi yaitu 1) kekurangmampuan dari dalam diri mahasiswa dalam memahami materi, 2) tidak tersedianya sumber belajar yang valid dan kredibel, 3) metode perkuliahan kurang menarik minat belajar mahasiswa, dan 4) faktor tugas yang tidak dibahas lebih lanjut.

Page 1 of 4 | Total Record : 39