cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 9 Documents clear
Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Hairunisa Hairunisa; Arif Rahman Hakim; Nurjumiati Nurjumiati
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.190

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Sekolah Dasar (PGSD) melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada matakuliah Konsep Dasar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian 48 mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar STKIP Taman Siswa Bima yang sedang mengampu matakuliah Konsep Dasar IPA. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creatif Thinking Scale/CTS). Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk berupa alat peraga IPA sangat tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi PGSD pada matakuliah Konsep Dasar IPA.
Hubungan Budaya Organisasi dan Kinerja Dosen dalam Motivasi Mahasiswa di STKIP Taman Siswa Bima Adi Apriadi Adiansha; Ibnu Khaldun Sudirman; Asriyadin Asriyadin
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.210

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi hubungan antara budaya organisasi dan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa di STKIP Taman Siswa Bima. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, Sampel dikumpulkan dari 40 dosen yang diperoleh dengan teknik acak, melalui instrumen angket yang telah divalidasi menggunakan skala likert 1-5. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi. Temuan penelitian adalah: (1) ada hubungan budaya organisasi dengan motivasi mahasiswa; (2) ada hubungan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa; (3) ada hubungan budaya organisasi dan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa. Hasil penelitian menyiratkan bahwa dalam budaya organisasi, kinerja dosen, motivasi mahasiswa
Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Calon Guru SD di STKIP Taman Siswa Bima dan Cara Pengembangannya Anisah Anisah; Sri Lastuti
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.217

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan tahap-tahap penyelesaian yang jelas. Kemampuan pemecahan masalah matematika menjadi aspek yng sangat penting bagi seseorang yang belajar matematika mengingat kemampuan pemecahan masalah matematika menjadi salah satu indicator seseorang dikatakan memahami matematika. Namun nyatanya kemampuan tersebut masih menjadi masalah bagi sebagian siswa tidak terkecuali mahasiswa calon guru SD STKIP Taman Siswa Bima. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa dan mengkaji lebih mendalam dan secara lebih detail sejauh mana tingkat dan level kemampuan pemecahan masalah matematika calon guru SD serta cara mengembangkannya. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa semester V kelas A dan Kelas B yang menempuh matakuliah pembelajaran matematika SD kelas awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa calon guru SD di STKIP Taman Siswa Bima dalam memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian berada padakategori tinggi yang artinya sebagian mahasiswa tidak mengalami hambatan pada tahap tersebut. 2) Tahapan yang dianggap paling sulit bagi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah pada tahap melaksanakan rencana dan menarik kesimpulan. Cara untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 1) mahasiswa harus dibiasakan untuk menyelesaikan soal-soal terbuka dan soal yang mampu merangsang berpikir kritis, 2) memilih metode yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Trend Penelitian Pembelajaran Matematika “Analisis Jurnal Sains, Technology, Engginering, and Mathematics (STEM)” Sudarsono Sudarsono
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.218

Abstract

Artikel ini mengkaji trend penelitian pendidikan selama 5 tahun yang diambil dari jurnal internasional STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), akan dianalisis jumlah dan jenis publikasi, topik penelitian, dan 10 artikel paling banyak diakses serta 10 artikel paling banyak dikutip di seluruh dunia. Hasilnya memberikan gambaran tentang penelitian dan pengembangan pendidikan dalam jurnal internasional multidisiplin STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).
Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Karakter Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 15 Kota Bekasi Ade Mutiarawati
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.228

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap karakter kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika SMPN 15 Kota Bekasi yang erat kaitannya dengan peningkatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMPN 15 Kota Bekasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup sebanyak 21 butir pernyataan. Sebelum digunakan angket ini diujicobakan terlebih dahulu untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,945 dengan klasifikasi sangat tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata karakter kepercayaan diri awal siswa, karakter kepercayaan diri akhir siswa dan selisih pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 6,67, 8,56 dan 1,89. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap selisih kepercayaan diri siswa akhir dengan kepercayaan diri siswa awal diperoleh thitung yaitu 17,782 dengan nilai ttabel untuk α = 0,05 dan df=31 adalah 1,645. Kriteria nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan karakter kepercayaan diri akhir siswa kelas eksperimen setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika lebih tinggi daripada karakter kepercayaan diri awal siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme berpengaruh signifikan terhadap karakter kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 15 Kota Bekas.
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran Syahriani Yulianci; Gunawan Gunawan; Aris Doyan; Fenny Febriyanti
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.236

Abstract

Gaya belajar merupakan salah salah satu cara yang biasa digunakan siswa dalam menerima atau mengolah informasi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh gaya belajar terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian berjumlah 68 siswa yang diperoleh secara purposive sampling. Subjek penelitian dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan gaya belajar masing-masing yaitu kelompok visual, kelompok auditrori, dan kelompok kinestetik. Terdapat dua data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data gaya belajar dan data penguasaan konsep fisika pada materi besaran dan pengukuran. Data gaya belajar diperoleh melalui instrument gaya belajar dengan jenis pilihan ganda berjumalah 20 butir soal. Instrumen penguasaan konsep fisika sebanyak 22 butir soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Anava Dua Jalur. Hasil uji statistik memperlihatkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest penguasaan konsep fisika ketiga jenis gaya belajar memiliki nilai yang hampir sama.
Proses Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Husnul Khatimah; Fatmah Fatmah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.237

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari self efficacy. Subjek dalam penelitian ini adalah dua mahasiswa semester III STKIP Taman Siswa Bima yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Kuesioner self efficacy dan tes kemampuan matematika peneliti gunakan untuk memilih subjek penelitian yang terdiri atas satu subjek dengan self efficacy tinggi dan satu subjek dengan self efficacy rendah tetapi keduanya memiliki kemapuan matematika yang sama. Data yang dikumpulkan dengan memberikan soal pemecahan masalah dan wawancara untuk mendapatkan data lebih lanjut tentang proses berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah melewati setiap proses berpikir kreatif. Proses berpikr kreatif yang dilakukan oleh subjek dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah berbeda dalam beberapa aspek diantaranya: tahap persiapan, perbedaan dalam memilih cara yang benar, tahap iluminasi, perbedaan dalam memberikan metode pemecahan masalah, dan tahap verifikasi. Perbedaan dalam mengalisis
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Metakognisi pada Pembelajaran Creative Problem Solving Suciyati Suciyati; Hardiansyah Hardiansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas pembelajaran Creative Problem Solving secara kualitatif dan kuantitatif, (2) menemukan pola kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari metakognisi. Penelitian menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan model Creative Problem Solving berkualitas baik; (2) pola kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metakognisi tinggi mampu menuliskan keenam tahap pemecahan masalah dengan baik dan lengkap, tetapi masih kurang mampu pada tahap prosedur penyelesaian. Siswa dengan metakognisi sedang mampu menuliskan keenam tahap pemecahan masalah namun masih kurang lengkap dan masih terdapat kesalahan, kurang mampu pada tahap prosedur penyelesaian dan penyelesaian masalah. Siswa dengan metakognisi rendah belum mampu menuliskan tahap pemecahan masalah dengan baik dan banyak terdapat kesalahan, belum mampu pada tahap prosedur penyelesaian dan tahap penyelesaian masalah dan hanya mampu menuliskan dua tahap pemecahan masalah yaitu tahap informasi soal dan ilustrasi gambar.
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Pendidikan Sains Musahrain Musahrain; Ruly Morganna; Hermansyah Hermansyah; Nurhairunnisah Nurhairunnisah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v9i2.259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris untuk calon guru Pendidikan sains. Media yang dikembangkan dapat dijalankan di laptop, computer dan smartphone. Materi yang disajikan dalam media pembelajaran ini berupa materi pembelajaran sain yang disajikan dalam Bahasa inggris. Metode yamg digunanakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembagan dengan megadopsi model penelitan 4-D. teknik pengumpulan data dilakuan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari evaluasi ahli media dan ahli materi media yang dikembangakna berada pada kategori sangat bait dengan rata- rata skor yang di peroleh 4. Sementara hasil uji coba diperoleh skor rata-rata 3.5 artinya media yang dikembangankan sangat baik dan layak untuk digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9