cover
Contact Name
I Made Ardi Sudestra
Contact Email
adminfeb.doit@undiknas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mahyuniluhputu@undiknas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
ISSN : 25281208     EISSN : 25282077     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal ini diterbitkan dengan maksud utama mendiseminasi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun telaah literatur (setara dengan hasil penelitian) dibidang manajemen, bisnis, pemasaran dan ilmu ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis menerima artikel (yang tidak dipublikasikan dalam jurnal lain) dengan ruang lingkup: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Manajemen Operasi, Manajemen Strategi, dan Manajemen Pariwisata.
Arjuna Subject : -
Articles 246 Documents
PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA Anak Agung Gde Agung Parawitha; Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen danBisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.708 KB)

Abstract

Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja dan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja pegawai. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai Untuk mengetahuui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap kepuasan pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan melibatkan sampel sebanyak 110 orang. Teknik analisa data menggunakan SEM menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja pegawai. Kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan tranformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan tranformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pegawai, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung. Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, kinerja.
STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM BAHASA INGGRIS DI INTERNATIONAL OFFICE DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL DENPASAR Kadek Adyatna Wedananta
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di International Office Undiknas Denpasar; (2) mendeskripsikan usaha dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris; dan (3) mendeskripsikan persepsi dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tentang berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam bisnis. Subyek adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data diperoleh dengan menggunakan non-participant observation dan in-depth interview. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Hasil analisis yang telah didapatkan adalah sebagai berikut: (1) terdapat dua macam strategi komunikasi yang telah digunakan, yaitu: modification device dan L2 – based, dan yang sering muncul adalah modification devise, dimana ini menjaga komunikasi agar berjalan lancar; (2) terdapat lima usaha untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris  oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu: belajar bahasa Inggris dengan dosen bahasa Inggris, menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, belajar lebih intensif, berlatih terus menerus, belajar bahasa Inggris dengan berbagi atau bertanya kepada dosen bahasa Inggris; dan (3) dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis setuju bahwa bahasa Inggris itu penting dalam bisnis untuk beberapa alasan, terutama: untuk melancarkan komunikasi apabila nanti berhadapan dengan klien atau rekan yang berasal dari luar negeri, untuk lebih mudah melakukan surat menyurat dalam bisnis, dan untuk bisa memahami perkembangan bisnis saat membaca artikel bisnis berbahasa Inggris. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya waktu penelitian dan pengambilan sampel data yang masih minim sehingga diharapkan peneliti selanjutnya bisa menggunakan sampel dan kajian yang lebih banyak.
TANTANGAN PENGEMBANGAN USAHA PANGAN OLAHAN ORGANIK: KREATIVITAS DAN INOVASI (STUDI PADA KELOMPOK WANITA TANI VIGUR ORGANIK KOTA MALANG) Muljaningsih Sri
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.44 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to find out problems in developing business faced by Vigur Organik Female farmers Group (KWT). KWT is micro, small and medium enterprises (UMKM) that develops Processed Organic Food (POO) in Malang.  Method of problem solving used is root cause analysis - cause is fishbone diagram.  Problem is an obstacle which becomes challenges for KWT in the business development of POO.  The main problem faced by KTW Vigur Organic's member is capitalization.  Supporting causes of this problem are among others, lack of land to grow organic plants, community's interest to start POO business is low, raw material is limited, methods used is still traditional and there is no vacuum fraying owned by KWT Vigur Organik.   However, KWT Vigur Organik has high spirit to perform trial phase and creativity to result POO since it does not necessarily obtain raw material that meets organic criterion.  That creativity produces product innovation.  The featured products of KWT Vigur Organik are soy sauce for people with autism and kerupuk puli (rice crackers).  It is indeed that those products uses raw material which has national standard for organic food.   This can be concluded that the way to develop POO business is through creativity and product innovation.   Suggestion to develop this kind of business is KWT needs to carry out innovation in marketing.  Limit of this study is the researcher do not know yet the strategy performed by KWT Vigur Organik for market stabilization in the era of global and digital. 
EFFECT OF PRODUCT INNOVATION AND ENTREPRENEURIAL ORIENTATION ON COMPETITIVE ADVANTAGE IN THE COCONUT SHELL CRAFT INDUSTRY IN KARANGASEM REGENCY Desak Ayu Sriary Bhegawati; Ida Ayu Nyoman Yuliastuti
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.049 KB)

Abstract

Effect of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage in the Coconut Shell Craft Industry in Karangasem Regency. Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kelebihan dalam mempertahankan usahanya dari krisis ekonomi, namun sebagian besar usaha kecil terkena dampak buruk dari krisis ekonomi tersebut. Untuk bisa menghadapi persaingan tersebut industri kecil menengah (UKM) harus memiliki keunggulan bersaing agar usahanya bisa berkembang dan terus bertahan. Keunggulan bersaing dapat diciptakan dengan diterapkannya orientasi kewirausahaan pada jiwa pelaku usaha dan mampu menciptakan inovasi produk sebagai nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada industri kerajinan batok kelapa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Karangasem dengan jumlah populasi industri batok kelapa sebanyak 181 unit usaha. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode slovin yaitu sebanyak 64 unit usaha, dan teknik analisis yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Sedangkan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Hal ini berarti inovasi produk tetap dilakukan untuk menciptakan produk atau desain produk yang baru dan lebih menarik dalam menjaga keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan bukan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keinginan keunggulan bersaing bagi UKM produk industri kerajinan batok kelapa di Kabupaten Karangasem, karena dilihat dari kondisi kemampuan pengrajin yang terbatas, dan perlu ditingkatkan keahliannya. Selain itu tindakan pengrajin batok kelapa tidak melihat sisi keuntungan usaha,tetapi berorientasi pada usahanya agar tetap bertahan.Kata kunci: inovasi produk, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, industri kerajinan batok kelapa
MENCIPTAKAN KESEIMBANGAN ANTARA PEKERJAAN DAN KEHIDUPAN (WORK-LIFE BALANCE): APAKAH FAKTOR SITUASIONAL PEKERJAAN BERPENGARUH? Putu Irma Yunita
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.211 KB)

Abstract

Menciptakan Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan (Work-Life Balance): Apakah Faktor Situasional Pekerjaan Berpengaruh?. Kebahagiaan dalam hidup sangat dibutuhkan oleh karyawan dalam suatu perusahaan. Hal tersebut akan tercapai jika perasaan dan emosi mereka dapat terjaga baik dalam pekerjaannya maupun di dalam rumah tangganya. Hal-hal apa saja yang mempengaruhi terciptanya kondisi tersebut? Situasi dalam pekerjaan juga sangat menentukan kesehatan jiwa dan raga para karyawannya. Dalam penelitian ini dikaji beberapa faktor situasional yaitu beban jerja, kompensasi, serta hubungan antara karyawan yang diduga mempengaruhi keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan para karyawannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dalam perolehan data dan melibatkan 125 orang karyawan, di hotel yang menganut konsep yoga, di kawasan Ubud–Bali. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa beban kerja berpengaruh signifikan terhadap work-life balance. Selanjutnya Kompensasi baik financial maupun non-financial berpengaruh signifikan terhadap work-life balance. Terakhir adalah hubungan dengan karyawan juga berpengaruh terhadap work-life balance. Kata kunci : beban kerja, kompensasi, hubungan dengan karyawan (human relation), work-life balance
PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL DI KABUPATEN GIANYAR Septianingrum Diah; Prabawa Gede
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.488 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to find out the effect of economic growth, local income, general allocation fund, special allocation fund toward capital selling budgeting. Location of study is Gianyar regency. Object in this study as follows: local income, general allocation fund, special allocation fund and gross domestic regional bruto per capita. data analysis technique has been applied in this study is simple regression analysis which beforehand conducted classic assumption test. The result shows that economic growth have positive and significant effect toward capital selling in Gianyar regency, local income have positive and significant effect toward capital selling in Gianyar regency, general allocation fund have positive and significant effect toward capital selling in Gianyar regency, special allocation fund have positive and significant effect toward capital selling in Gianyar regency.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN UMAH HOSHI VILLA DI DESA SEBATU, KECAMATAN TEGALLALANG Ni Wayan Monik Jesika Olifia; Ida I Dewa Rai Mahaputra
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.275 KB)

Abstract

Marketing Mix Strategy to Attract Consumers’ Interest of Umah Hoshi Villa at Sebatu Village,Tegallalang. This research aims to determine the marketing mix strategy used by Umah Hoshi Villa in Sebatu Village, Tegallalang Sub district in attracting customer interest. The analytical method used is descriptive analysis and SWOT analysis consisting of IFAS / EFAS matrix, IE matrix and SWOT matrix. Based on the analysis found that the strategy applied by Umah Hoshi Villa is a Marketing Mix Strategy. In IE matrix analysis, it was found that Umah Hoshi Villa's position is in quadrant IV with IFAS total score 3.1 and 2.78 for EFAS total score in which the stability strategy is a strategy that is implemented without changing the direction of the predetermined strategy. In the SWOT matrix there are four alternative strategies that can be applied by Umah Hoshi Villa. In the SO strategy, (1) with increasingly sophisticated technology, it can be easier to promote the strengths of the company, (2) by providing regular training to employees, the company always provides the best quality service, (3) attracts consumers by conducting travel packages programs at tourist attractions. In the ST strategy, (1) can make product innovations continually and provide different facilities than competitors, (2) maintain loyal customers by maximizing services so that customers feel comfortable, (3) offering attractive rates without decreasing product quality and service. In the WO strategy, (1) issuing an attractive promo package by utilizing a website so that it can meet customer needs, (2) build a brand image. Furthermore, in the WT strategy, (1) issuing attractive promo packages, (2) utilizing website to update all information about the promos that will be issued, (3) analyzing price components, facilities, and service quality in similar hotels or villas.Keywords: Marketing Mix, SWOT Analysis, SWOT Matrix
KINERJA KOPERASI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD desak sukarnasih
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the performance of Kerajinan Sari Sedana Cooperation which was seen from the perspective of Balanced Scorecard. The data of the study were collected through interviews with the help of a questionnaire approach. The design of this study used quantitative descriptive method. The results showed that the performance of the cooperation from the perspective of the financial terms of the liquidity, solvency, and profitability ratio showed the performance was still below the desired ratio standard. From the customer perspective angle as measured by Customer Acquisition and Customer Retention was pretty good. The performance of internal business process perspective and learning process with service circle efficiency and innovation showed good results. Practical implication of this study was in order to improve the performance of financial and non-financial. 
PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN PENGGUNAAN JASA ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERHIASAN PERAK DI SUNAKA JEWELRY CELUK, SUKAWATI, GIANYAR Ni Kadek Bintang Indah Rumaladewi; I Nyoman Taun
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.264 KB)

Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of product quality on purchase decision of silver jewelry in Sunaka Jewelry, (2) the effect of brand image on purchase decision of silver jewelry in Sunaka Jewelry, (3) the effect of endorsement usage on purchase decision of silver jewelry in Sunaka Jewelry, and (4) the effect of product quality, brand image, and endorsement usage on purchase decision of silver jewelry in Sunaka Jewelry. This research is a survey research. Population in this research is all customer of Sunaka Jewelry Celuk, Sukawati, Gianyar which purchased silver jewelry from Sunaka Jewelry. The sampling technique used accidental sampling with the number of samples counted 75 peoples. Data collection technique using questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data nalysis technique used is multiple regression.The results of the research shows that: (1) product quality had positive effect on purchase decision on Sunaka Jewelry (showed by the significance value of 0,006 < 0,050 and regression coefficient = 0,206), (2) brand image had positive effect on purchase decision on Sunaka Jewelry (showed by the significance value of 0,028 < 0,050 and regression coefficient = 0,250), (3) endorsement usage had positive effect on purchase decision on Sunaka Jewelry (showed by the significance value of 0,015 < 0,050 and regression coefficient = 0,231), and (4) the product quality, brand image, and endorsement usage influence simultaneaously to purchase decision on Sunaka Jewelry (showed by F count = 23,753 and significance value of 0,000 < 0,050).Keywords: product quality, brand image, endorsement usage, purchase decision
PENGARUH HEDONISME DALAM MEMEDIASI FASHION INVOLVEMENT TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA GENERASI MILENIAL DI BALI Putu Dyah Permata Korry; Ketut Gede Sri Dwiya
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen danBisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.872 KB)

Abstract

Pengaruh hedonisme dalam memediasi fashion involvement terhadap perilaku impulse buying pada generasi milenial di Bali. Fashion merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari perhatian setiap individu karena dapat menjadi sebuah penilaian terhadap karakter seseorang, fashion kini bukan sekedar sebagai pelindung tubuh, tetapi sebagai media komunikasi yang dapat menggambarkan identitas sosial seseorang, seksualitas, kelas dan juga gender. Sedangkan di sisi lain, perilaku masyarakat terutama generasi milenial mulai condong kea rah hedonism, yaitu filsafat yang menyatakan bahwa kenikmatan adalah hal yang paling utama, paling penting untuk dikejar atau diperjuangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan perilaku hedonism dalam memediasi perkembangan fashion dan melihat pengaruhnya terhadap perilaku impulse buying pada generasi milenial di Bali. Populasi penelitian ini adalah generasi milenial di kabupaten Badun dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori, analisis jalur dan analisis sobel. Hasil uji t dalam penelitian yaitu perkembangan fashion terhadap hedonisme sebesar 0,721, perkembangan fashion terhadap impulse buying sebesar 0,397, hedonisme terhadap impulse buying sebesar 0,501, pengaruh perkembangan fashion terhadap impulse buying dengan memediasi hedonisme sebesar 0,758 ini menunjukan bahwa secara parsial variabel hedonisme dalam memediasi perkembangan fashion terhadap impulse buying berpengaruh positif dan signifikan, Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi yaitu sebesar 0.854, ini menunjukkan bahwa variabel impulse buying di H&M Beachwalk dipengaruhi oleh perkembangan fashion dan hedonisme, sedangkan sisanya 14,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian atau diluar model penelitian. Kata kunci: Perkembangan Fashion Konsumen, Hedonisme, Impulse Buying

Page 1 of 25 | Total Record : 246