cover
Contact Name
Novitasari, M.Pd
Contact Email
novitasari@unisla.ac.id
Phone
+6285648442919
Journal Mail Official
vygotsky@unisla.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan, Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur-Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 26562286     EISSN : 26565846     DOI : 10.30736
Core Subject : Education,
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan matematika.
Articles 66 Documents
Implementasi Pendekatan Problem Posing Soal Matematika Pisa Likes Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Risdiana Chandra Dhewy; Nurina Ayuningtyas
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.556 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.136

Abstract

Pendekatan problem posing (PPS) sejalan dengan tujuan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia, yang memberikan bekal kepada siswa untuk berpikir logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin serta mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menuntut mahasiswa calon guru matematika untuk mengajukan soal matematika PISA likes guna memperkaya wawasan tentang literasi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktifitas guru, aktivitas mahasiswa, hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel penelitian sebanyak 31 mahasiswa jurusan pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo semester 6. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan Problem Posing PISA Likes memberikan kontribusi terhadap kemampuan literasi matematis bagi mahasiswa calon guru.
Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Donny Dwi Farisdianto
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1186.127 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.87

Abstract

Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir aljabar siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal program linear. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang telah diberikan tes kemampuan matematika dan mewakili masing-masing kelompok kemampuan matematika yaitu kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Setelah subjek penelitian ditentukan, maka tiga siswa diberikan soal program linear dan dilakukan wawancara. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda. Dari hasil tersebut ditemukan sedikit perbedaan, yaitu siswa berkemampuan matematika rendah dalam mencari solusi dari permasalahan tidak menggunakan konsep pada materi program linear dengan benar. Sehingga, hasil tersebut menyarankan kepada pendidik untuk lebih memperhatikan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika
Lembar Kerja Siswa SMP untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras Ramadhani Mutia Puspa Juwita; Nyayu Masyita Ariani
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.547 KB) | DOI: 10.30736/vj.v2i2.272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran Open-Ended untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan 4-D dimodifikasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan sampai menghasilkan LKS yang valid dan praktis menjadi 3 tahapan yaitu:  dengan tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Maret 2020 dilaksanakan di SMP Negeri 57 Bengkulu Utara. LKS ini telah dinyatakan valid oleh 3 validator. Berdasarkan analisis hasil dan angket respon siswa diketahui bahwa LKS yang valid ini telah praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan 4,1 yang berada pada rentang kepraktisan .
Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar Vira Pratiwi; Nunuy Nurketi; Faradiba Catur Putri
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.701 KB) | DOI: 10.30736/vj.v2i1.183

Abstract

Berpikir Aljabar merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. Kemampuan berpikir aljabar adalah keahlian dalam memecahkan permasalahan yang belum diketahui penyelesaian nya melalui pemisalan yang tepat dan cara yang ditemukan sendiri. Temuan penelitian terdahulu terdapat hambatan dalam berpikir aljabar, yakni epistemology obstacle, didactical obstacle, conceptual obstacle. Selain itu, minimnya kajian mengenai media pembelajaran yang digunakan untuk membiasakan siswa berpikir aljabar sejak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran motion comic berbasis literasi digital. Metode yang diguanakan adalah Research and Develovment (R&D) yang melibatkan 10 siswa sekolah dasar kelas IV. Media pembelajaran motion comic berbasis local wisdom memiliki muatan materi matematika yang kontennya disesuaikan dengan kearifan lokal.
Peningkatan Pembelajaran Model Jigsaw Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Luluk Setiyowati
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.967 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.92

Abstract

Pada pembelajaran menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar yang meliputi kubus, balok, prisma dan limas salah satu materi yang sulit dan hasil ulangan harian nilainya rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa hanya mendengar, mencatat, serta tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan model Jigsaw  ini ternyata dapat meningkatkan pembelajaran materi menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, dan limas dengan data sebagai berikut: persentase hasil observasi aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar rata–ratanya 84,17%, persentase hasil observasi aktivitas guru dalam mengajar rata–ratanya 84,09%, rata–rata tes setelah pembelajaran 91,57 dan rata–rata ulangan harian 89,87 dengan persentase siswa yang tuntas 97,22%.
Proses Transformasi Pengetahuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Muhammad Ilman Nafi'an
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.659 KB) | DOI: 10.30736/voj.v3i2.389

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses transformasi pengetahuan matematika siswa dalam pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkansubjek penelitian ini adalah siswa SMPIQuAl Bahjah Tulungagung, yang berjumlah 5 siswa dengan kriteria mampu berkomunikasi secara tulis maupun lisan, dan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu yaitu: tugas matematika dan pedoman wawancara. Data di analisis dan di reduksi kemudian di sajikan untuk ditarik kesimpulan.. Data dianalisis berdasarkan tahap proses transformasi pengetahuan yang meliputi sosialisasi, representasi, koneksi, justifikasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transformasi pengetahuan pada tahap sosialisasi meliputi mengungkapkan ide baik berupa pertanyaan, pernyataan, maupun menanggapi pendapat dari pada teman lain, tahap representasi meliputi menuliskan solusi masalah melalui kalimat secara tertulis, menggunakan rumus, gambar, atau tabel yang terkait dengan penyelesaian soal matematika dan menggunakan simbol matematika dalam penyelesaian soal, tahap koneksi meliputi siswa dapat menemukan hubungan antar konsep matematika yang terkait dengan soal, serta menemukan hubungan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, tahap justifikasi meliputi menyatakan jawaban benar disertai dengan alasan dengan menggunakan bahasa sendiri, dan memberikan alasan berdasarkan aturan atau definisi, tahap internalisasi meliputi menerapkan konsep pada situasi lain, dan menerapkan prosedur penyelesaian pada situasi lain.
Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya Ni Putu Gita Arilaksmi; Susiswo Susiswo; I Made Sulandra
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.957 KB) | DOI: 10.30736/voj.v3i1.346

Abstract

Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa berdasarkan tahapan Polya ialah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif pada metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 21 Malang pada kelas VIII.6, dengan menyaring siswa menjadi tiga yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Peneliti sendiri, tes masalah open-ended, dan pedoman wawancara ialah instrument yang digunakan. Siswa berkemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan sangat baik dalam memecahkan masalah dan memenuhi keempat tahapan Polya. Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi tiga tahapan Polya tanpa mengecek kembali dan dapat dikategorikan baik. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah Polya dan dikategorikan kurang baik.
Improve Student's Learning Using Media for Understanding and Interest in Pythagorean Theorem Learning Imam Setiadi Putra
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.909 KB) | DOI: 10.30736/vj.v2i2.222

Abstract

This study focuses on the use of mathematics learning media in improving the students' defense and interest in learning pythagoras theorem. Research subjects taken in one school in Bima City West Nusa Tenggara Indonesia. Research sample were taken randomly/ randomly to follow the learning by using manipulative media. Learning media designed in the study there are two, namely ICT and Non ICT media. ICT media contains about instructional materials, quiz, video and educative games, while in non ICT media bearing on the proof of pythagoras theorem. The results of this study indicate that the use of learning media can improve students' understanding and interest in learning mathematics, it is shown by an increase in the average result of questionnaire interest in learning mathematics students from before the process of learning using media that is equal to 60.27 with after using media-based ie amounted to 87.07. In addition, the results of this study indicate that there is influence of the use of learning media to improve students' understanding on learning pythagoras theorem.
Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik Junaidah Wildani; Illah Winiati Triyana; Wilda Mahmudah
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.448 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.137

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur literasi statistis  siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif. Literasi statistis  siswa diukur dengan tes literasi statistis  yang validitas dan reliabilitasnya telah teruji.  Validitas tes dievaluasi oleh dua orang ahli secara formatif sedangkan reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (KR 20). Penilaian validitas tes menunjukan bahwa tes valid, dan uji reliabilitas menunjukan bahwa koefisien reliabilitas   yang menunjukan tes cukup reliabel. Hasil tes menunjukan bahwa skor rata-rata tes literasi statistis  siswa adalah 63,2 (SD=8,28). Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII J SMPN 1 Gresik memiliki kemampuan literasi satistis yang cukup
Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA Elly Anjarsari
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.511 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.88

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.