cover
Contact Name
Novitasari, M.Pd
Contact Email
novitasari@unisla.ac.id
Phone
+6285648442919
Journal Mail Official
vygotsky@unisla.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan, Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur-Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 26562286     EISSN : 26565846     DOI : 10.30736
Core Subject : Education,
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan matematika.
Articles 60 Documents
Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Donny Dwi Farisdianto
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1186.127 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.87

Abstract

Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir aljabar siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal program linear. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang telah diberikan tes kemampuan matematika dan mewakili masing-masing kelompok kemampuan matematika yaitu kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Setelah subjek penelitian ditentukan, maka tiga siswa diberikan soal program linear dan dilakukan wawancara. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda. Dari hasil tersebut ditemukan sedikit perbedaan, yaitu siswa berkemampuan matematika rendah dalam mencari solusi dari permasalahan tidak menggunakan konsep pada materi program linear dengan benar. Sehingga, hasil tersebut menyarankan kepada pendidik untuk lebih memperhatikan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika
Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA Elly Anjarsari
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.511 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.88

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.
Dimensi Metrik Pada Graf Buku Ganda Nur Ilmayasinta
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.239 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.89

Abstract

Misalkan G graf terhubung dengan V(G) himpunan simpul v pada graf G, himpunan sisi E(G) dan S⊆V(G) dengan simpul v∈V(G), jarak antara v dan S adalah d(v,S)=min{d(v,x)│x∈S}. Untuk himpunan terurut W = {w_1,w_2,…,w_k} dari simpul-simpul dalam G dan v pada V(G), representasi dari v terhadap W adalah k-vektor, dengan r(v│W)=(d(v,w_1),d(v,w_2),…,d(v,w_k)) untuk setiap v pada V(G) berbeda, maka W disebut himpunan pembeda dari G. Kardinalitas minimum dari suatu himpunan pembeda disebut dimensi metrik dari G dinotasikan dengan dim(G). Pada penelitian ini dilakukan analisis dimensi metrik terhadap graf buku ganda (2B_n) dan graf buku ganda (2B_(n,m)). Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh dimensi metrik graf buku ganda (2B_n) adalah 2(n-1), sedangkan dimensi metrik graf buku ganda (2B_(n,m)) adalah (n-1)+(m-1).
Kemampuan Bernalar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Soal Cerita Perbandingan Bilangan Bulat Rahma Febriyanti
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.601 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.90

Abstract

Penalaran siswa merupakan aspek penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran siswa kelas V sekolah dasar pada soal cerita perbandingan bilangan bulat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan tes matematika dan tes penalaran, selanjutnya dipilih 2 siswa (1 laki-laki dan 1 perempuan) yang memiliki nilai setara sebagai subjek penelitian. Wawancara dilakukan berdasarkan tes penalaran soal cerita perbandingan bilangan bulat. Subjek perempuan memiliki kemampuan bernalar yang baik dengan menggunakan urutan bilangan. Sedangkan subjek laki-laki memiliki kemampuan bernalar yang cukup dengan menggunakan gambar dalam membandingkan bilangan bulat pada soal cerita. Hasil tersebut menyarankan sebaiknya guru melatih siswa untuk lebih mengeksplor penalarannya pada soal cerita.
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Disposisi Matematis Siswa Rayinda Aseti Prafianti
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.79 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk postresponse only, nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP Negeri di Lembang Jawa Barat. Data diperoleh dari non-tes berupa angket skala disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, disposisimatematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Peningkatan Pembelajaran Model Jigsaw Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Luluk Setiyowati
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.967 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i1.92

Abstract

Pada pembelajaran menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar yang meliputi kubus, balok, prisma dan limas salah satu materi yang sulit dan hasil ulangan harian nilainya rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa hanya mendengar, mencatat, serta tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan model Jigsaw  ini ternyata dapat meningkatkan pembelajaran materi menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, dan limas dengan data sebagai berikut: persentase hasil observasi aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar rata–ratanya 84,17%, persentase hasil observasi aktivitas guru dalam mengajar rata–ratanya 84,09%, rata–rata tes setelah pembelajaran 91,57 dan rata–rata ulangan harian 89,87 dengan persentase siswa yang tuntas 97,22%.
Pola Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa yang Berkemampuan Setara Rahma Febriyanti; Novitasari Novitasari
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.579 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.126

Abstract

Pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemecahan masalah matematika berkemampuan setara. Subjek penelitian ini yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dengan selisih maksimal 5. Dalam memahami masalah, kedua siswa menggunakan pola sama yaitu terlebih dahulu membaca kembali masalah yang diberikan dan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan; dalam merencanakan penyelesaian masalah kedua siswa menggunakan pola sama yaitu mencoba-coba tetapi strategi yang digunakan dalam mencoba berbeda; dalam melaksanakan rencana penyelesaian kedua siswa menggunakan cara coba-coba untuk memperoleh bilangan yang sesuai, menuliskan jawaban secara langsung tanpa menyertakan perhitungan; dalam memeriksa kedua siswa menghitung ulang jawaban dan mengungkapkan tafsiran dari jawaban yang diperoleh.
Pengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Materi Perbandingan Nirmala Wulan Suci; Hobri Hobri; Randi Pratama Murtikusuma
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.758 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.131

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan game android untuk siswa SMP Kelas VII materi perbandingan berbasis game android berbantuan software GameSalad. Model pengembangan ini adalah model Thiagarajan dikenal model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,93 dengan kategori valid ditafsirkan sangat tinggi dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 82,5% yang berarti kategori baik dengan penggunaan angket respon siswa, dan tes efektif menunjukkan hasil 81,5% dari 32 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa game android dalam materi perbandingan dapat dinyatakan sebagai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam belajar matematika.
Pengembangan Game Android Berbantuan Software Construct 2 Pada Materi Pola Bilangan Untung Ali Miftahuddin; FNU Hobri; Randi Pratama Murtikusuma
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.454 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.135

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game Android berbantuan Software Construct 2 pada pola bilangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Thiagarajan. Uji coba dilaksanakan pada 30 siswa kelas VIII E di SMPN 4 Jember. Hasil validasi media diperoleh nilai validitas 0,87 dengan kategori interpretasi sangat tinggi. Hasil analisis angket respon pengguna diperoleh persentase 86% termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis tes kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata 92,33 atau persentase 90% dengan kategori interpretasi sangat tinggi.
Implementasi Pendekatan Problem Posing Soal Matematika Pisa Likes Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Risdiana Chandra Dhewy; Nurina Ayuningtyas
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.556 KB) | DOI: 10.30736/vj.v1i2.136

Abstract

Pendekatan problem posing (PPS) sejalan dengan tujuan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia, yang memberikan bekal kepada siswa untuk berpikir logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin serta mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menuntut mahasiswa calon guru matematika untuk mengajukan soal matematika PISA likes guna memperkaya wawasan tentang literasi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktifitas guru, aktivitas mahasiswa, hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel penelitian sebanyak 31 mahasiswa jurusan pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo semester 6. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan Problem Posing PISA Likes memberikan kontribusi terhadap kemampuan literasi matematis bagi mahasiswa calon guru.