cover
Contact Name
Arief Hidayat Afendi
Contact Email
pgsd@umc.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arief.hidayat@umc.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal PGSD
ISSN : 20888295     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmiah tentang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
PENERAPAN METODE KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Diana Setiana
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.582

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Ujunggebang Kec. Susukan Kab. Cirebon sebanyak 28 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 13 orang dan perempuan sebanyak 15 orang. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai bulan september 2017. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam prosesnya melakukan tindakan perbaikan di kelas yang diteliti. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk memperbaiki metode mengajar dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Siswa yang mampu mencapai batas lulus sebanyak 8 siswa atau 29% sedangkan 20 siswa atau 71% dinyatakan belum mencapai batas lulus. Jika dilihat dari jumlah siswa yang lulus pada awal hanya 6 siswa menjadi 11 siswa pada siklus I, sehingga ada peningkatan jumlah siswa yang lulus sebanyak 5 orang siswa. Dari jumlah siswa pada saat memperoleh data awal ada 14 orang siswa yang belum lulus, kemudian siklus I jumlah siswa yang belum lulus adalah 9 orang siswa.Sedangkan pada siklus II ini 100% siswa sudah dinyatakan lulus. Dengan penerapan metode kooperatif teknik jigsaw terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa Kelas IV SDN 1 Ujunggebang pada mata pelajaran IPS khususnya mengenai materi kooperasi dan kesejahteraan rakyat, hal ini dibuktikan adanya peningkatan. Prestasi belajar siswa yang diperoleh dapat meningkat, Pada saat prasiklus dari 11 siswa hanya ada 3 siswa yang mencapai KKM dengan kata lain 73% siswa belum mencapai KKM. Tapi pada siklus I, siklus II dan siklus III hasil belajar siswa yang tuntas KKM meningkat Pada siklus I siswa mencapai KKM sebanyak 55 %, pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 73%, dan pada siklus III seluruh siswa mencapai KKM atau 100 %. Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Teknik Jigsaw dan IPS
PENGARUH PENILAIAN BELAJAR MELALUI ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SIGONG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON Hanikah Hanikah
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian belajar melaluiassessment portofolio, minat belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu adakah pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa di kelas V SDN 1 Sigong Kecamatan Kabupaten Cirebon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian belajar melalui assessment portofolio pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Sigong Kecamatan Kabupaten Cirebon menunjukan kategori sedang dengan nilai ratarata sebesar 65,5. Minat belajar siswa memiliki rata-rata sebesar 62,85.Model regresi yang diperoleh adalah model regresi linier dengan persamaan ? = - 46,01 + 0,25X. Persamaan ini mengandung arti koefisien arah regresi linier (b) = 0,25 kali apabila penilaian belajar melalui assessment portofolio dan koefisien korelasinya sebesar 0,42 yang menunjukan kategori sedang. Konstribusi ubahan bebas pada ubahan terikat sebesar 17,64% Terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena thitung > ttabel atau 3,05 > 2,01 maka Ha diterima. Besarnya pengaruh penilaian belajar melalui assessment portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah 17,64%. Kata Kunci: assessment portofolio, dan minat belajar siswa.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI NILAI KEBANGSAAN Arief Hidayat Afendi
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.584

Abstract

Tujuan utama penulisan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan berwawasan pancasila sebagai idiologi bangsa. Sejak pembentukannya setidaknya ada tiga tanggapan Muslim Indonesia terhadap Pancasila, sebagai ideologi negara Indonesia. Respons Muslim pertama terjadi ketika Komunis Sekuler mengusulkan, sesaat sebelum kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 dan sekali lagi kemudian dalam perdebatan Majelis Konstituante (1956-1959), bahwa Pancasila menjadi dasar negara. Tanggapan Muslim kedua terhadap Pancasila terjadi pada tahun 1978 ketika pemerintah Orde Baru mengusulkan agar P4 (Pedoman untuk Memahami dan Berlatih Pancasila) dilegalisir. Orang-orang Islam pada awalnya keberatan dengan baik usulan Pancasila sebagai dasar negara dan kebijakan P4, namun akhirnya menyetujui. Setiap tahap dalam proses ini ditandai dengan perdebatan mengenai peran Islam dalam masyarakat dan politik Indonesia, yang kerap menimbulkan antagonisme antara pemerintah dan komunitas Muslim. Ketika pemerintah mengusulkan pada tahun 1982 bahwa Pancasila berfungsi sebagai satu-satunya dasar bagi semua organisasi politik dan masa, tanggapan Muslim ketiga terjadi. Penerimaan umat Islam terhadap kebijakan ini menandai berakhirnya penerapan kebijakan berat pemerintah terhadap mereka dan telah mengakibatkan bekas undang-undang tersebut diizinkan untuk memainkan peran lebih besar dalam politik Indonesia daripada sebelumnya. Kata Kunci: Pendidikan, Agama, Multikultural
PENGGUNAAN METODE BRAINSTROMING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Mimin Darmini
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.585

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul pada diri siswa yang masih kurang maksimal dalam hasil belajar dan aktivitas belajar. Kurangnya hasil belajar dan aktifitas belajar siswa ini diakibatkan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, pembelajaran belum menggunakan bantuan media akibatnya, siswa merasa cepat bosan, jenuh, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa kurang maksimal. Maka dari itu perlu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaranbrainstroming, lewat metode brainstroming berbantuan media benda konkret, diharapakan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih baik dibanding cara konvensional. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya mempengaruhi gerak benda di kelas IV sekolah dasar. Jadi, dengan adanya masalah tersebut, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal, dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan latar belakang masalah yang dihadapai anak, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode brainstroming berbantuan media benda Konkret, dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart model spiral refleksi diri, yang dimulai dengan Planing, action, observing, reflecting, dan perencanaan kembali, dan memakai instrumen pembelajaran meliputi, observasi aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode Brainstroming, Media benda Konkret, Hasil belajar siswa.
PENGGUNAAN MEDIA BATU BERWARNA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN II PABUARANWETAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Rifqi Hidayat; Nur Asyah; Pipit Lusianah
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.586

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran batu berwarna di kelas II SDN II Pabuaranwetan Kabupaten Cirebon. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN II Pabuaranwetan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Model Kemmis Dan MC Taggart, dengan tahapan penelitian yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi Guru, lembar observasi Siswa, dan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa, penggunaan media batu berwarna dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN II Pabuaranwetan Kabupaten Cirebon, khususnya materi pembagian, yang dibuktikan dengan presentase ketuntasan hasil belaj ar siswa pada siklus I mencapai 68,42%, atau 13 siswa yang tuntas belajar dan 31,58%, atau 6 siswa belum tuntas, dan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,74%, atau 18 siswa tuntas belajar dan 5,26%, atau 1 siswa belum tuntas.Kata Kunci: Media Batu Berwarna dan Hasil Belajar Matematika
PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM Rinto Rinto; Fachrurodji Fachrurodji; Nur Novia
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.587

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data dari target ketuntasan yaitu 80%, target yang tercapai hanya 40%. Jumlah siswa kelas V SD Negeri 1 Ujunggebang Kecamatan Kabupaten Cirebon adalah 27 siswa, 11 siswa lakilaki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil tes sementara diperoleh data ada 7 siswa atau 26% siswa yang mencapai KKM, sedangkan 20 siswa atau 74% siswa belum mencapai KKM, KKM nya yaitu 70. Adapun kesulitan yang paling mendasar dalam pembelajaran IPA adalah siswa tidak terbiasa berkomunikasi dengan guru, dengan siswa, bahkan dengan orang lain. Hal tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan karena tanpa berkomunikasi atau menanyakan kepada orang lain, maka pemahaman tentang IPA tidak akan tercapai dengan baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pada Tahap Pra Siklus hasil belajar siswa V pada sekolah SDN 1 Ujunggebang dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata pre test siswa hanya sebesar 5. Ini berarti nilai rata-rata tersebut masih di bawah nilai rata-rata KKM mata pelajaran IPA yaitu 70. Kata Kunci: Model Numbered Head Together NHT, Aktivitas Belajar, Peristiwa Alam
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRETED READING COMPOSITION Sati Sati
Jurnal PGSD Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v4i01.588

Abstract

erdasarkan observasi atau pengamatan awal yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi bahwa rendahnya keterampilan menulis siswa dalam membuat karangan narasi.Hasiltesmatapelajaranbahasa Indonesiakelas IV semester 2 SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dengan materi menyusun karangan narasi diperoleh data bahwa darijumlah 40siswa yang terdiri dari laki-laki 18 siswa dan 22 siswa perempuan hanya ada 15 siswa atau 38% yang tuntas memenuhi nilai KKM yaitu 70 dan sisanya 25 siswa atau 62% siswa nilainya dibawah KKM. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A (empat) yang berjumlah 40 orang 18 siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Siswa kelas IVA berumur antara 9-10 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menyusun karangan narasi nilai rata-rata kelas adalah 54,5, siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran sebanyak 25 siswa, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan presentase ketuntasan belajar 38%. tingkat penguasaan materi pada penyusunan karangan narasi masih rendah. Nilai rata-rata pada siklus ke-I ini adalah 63,5, dengan ketuntasan belajarnya 58%. Rata-rata nilai yang diperoleh 76 dengan nilai siswa yang tuntas sebanyak 32 dan nilai siswa yang belum tuntas sebanyak 8 (20%). prosentase ketuntasan sebesar 80%. Deskripsi kegiatan proses belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperativ Integrated Reading AndComposition (CIRC) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon yaitu siwa sangat antusias dan sangat temotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, Peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaranCooperativ Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Kata kunci : hasil belajar, CIRC dan bahasa indonesia
Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Aiman Faiz
Jurnal PGSD Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v5i2.741

Abstract

Pendidikan karakter selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan dalam memecahkan berbagai persoalan. Pembangunan karakter sangat berkaitan dengan kualitas suatu bangsa, karena karakter adalah aspek yang penting dalam membangun sebuah peradaban disuatu bangsa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis perencanaan kegiatan pembiasaan di sekolah, diharapkan dengan penelitian ini dapat menjadi satu tolok ukur guru dan pihak sekolah dalam mengelola kegiatan pembiasaan berbasis karakter. Sehingga hasil dari tujuan dapat bermanfaat bagi penemuan fakta-fakta dalam penelitian ini, besar harapan peneli tian ini dapat melahirkan sumbangsih pemikiran yang dapat melengkapi, menyempurnakan serta mengembangkan teori teori dan praksis pendidikan karakter. Untuk menggali data penelitian ini menggunakan . Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pendekatan ini digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah memahami fenomena tertentu yang dialami oleh subyek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwaprogram pembiasaan berbasis pendidikan karakter harus dilakukan secara sadar, terencana, sistematis dan terstruktur. Sebagai media pendidikan karakter kegiatan pembiasaan rumusan perencanaan tersebut juga untuk mempermudah guru dalam menginternalisasikan nilai yang difokuskan dan menghindari kegiatan pembiasaan dari kegiatan yang bersifat seremonial semata. Dengan demikian, guna mendukung program pemerintah dalam hal ini kegiatan pembiasaan berbasis karakter sekolah harus memahami langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam kegiatan pembiasaan untuk mencapai tujuan sesuai undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003.
Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn 2 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Khaerunisa Khaerunisa
Jurnal PGSD Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v5i2.742

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menjelaskan tentang pengelolaan kelas yang ada di SD Negeri 2 Weru Kidul, (2) Mendeskripsikan bagaimana prestasi belajar siswa, (3) Mengukur pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SD Negeri 2 Weru Kidul Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas I sampai dengan kelas VI dengan mengambil 6 siswa dari tiap kelasnya secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi prestasi belajar siswa berdasarkan rapor. Berdasarkan hasil uji normalitas liliefors, baik data variabel pengelolaan kelas (X) dan prestasi belajar (Y) berdistribusi normal, lalu dilihat dari uji liniearitas data variabel x terhadap variabel y menunjukkan nilai sig. 27,6% > 5% dan F hitung 1,325 < 2,230 serta data pada variabel y terhadap variabel x menunjukkan nilai sig.95,6% > 5% F hitung 0,427 < 2,230 yang berarti dengan tersebut data dianggap linier. Selanjutnya dilihat dari uji korelasi, data menunjukkan koefisien determinasi sebesar 1,3% yang berarti data prestasi belajar siswa (Y) dapat dijelaskan oleh pengelolaan kelas (X). Setelah itu dilakukan uji regresi yang menunjukkan t hitung data sebesar 1,737 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,684 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penciptaan Lagu-Lagu Sains Kreatif Oleh Guru Dewi Yuningsih; Dianasari Dianasari
Jurnal PGSD Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember
Publisher : PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jps.v5i2.743

Abstract

Pembelajaran bagi generasi milenial menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Guru dalam hal pembelajaran di dalam kelas harus kreatif untuk mensejajarkan posisi inovasi pembelajaran, agar tercapai pembelajaran bermakna dan terterap dalam ingatan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas penciptaan lagu-lagu SAINS kreatif oleh guru terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research Collaborative (Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi), kolaborasi dilakukan antara Guru SD dan Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen penelitian adalah Pedoman Wawancara, Lembar Observasi, dan Soal Tes. Objek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Sunyaragi 2 Kota Cirebon. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik Pengolahan Data deskriptif berdasarkan data hasil wawancara dan observasi, dan teknik kuantitatif sederhana berdasarkan skor hasil belajar siswa. Hasil Penelitian berdasarkan wawancara dan observasi menunjukkan respon siswa yang sangat baik, dan motivasi belajar siswa meningkat dengan optimal karena siswa merasa cenderung tertantang dan merasakan inovasi belajar yang sangat menarik. Persentase peningkatan KKM skor hasil belajar siswa pada pree-test sebesar 63%, sedangkan pada post-test meningkat menjadi 90%. Peningkatan tersebut menunjukkan hasil yang sangat baik dan cukup signifikan. Kesimpulan penelitian adalah, penciptaan lagu-lagu kreatif oleh guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Hasil tersebut juga menjelaskan bahwa penelitian tentang lagu-lagu SAINS cukup efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Lagu-lagu SAINS, Sekolah Dasar.