cover
Contact Name
Defia Riski Anggarini, S.E, M.Si
Contact Email
defiaranggarini@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
technobiz@teknokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
TECHNOBIZ : International Journal of Business
ISSN : -     EISSN : 26553457     DOI : -
TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perilaku, auditing, akuntansi syariah, akuntansi pendidikan, sistem informasi akuntansi, akuntansi lingkungan, corporate social responsibility, akuntansi perbankan, pasar modal dan good corporate governance.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL" : 7 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2018 Febrian Eko Saputra
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.657

Abstract

Saat ini sudah ada berbagai jenis perbankan diantaranya adalah Bank Konvensional dan Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik kinerja keuangan Bank Umum syariah menggunakan Capital Adequcy Ratio (CAR),  Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) yang diuji pengaruhnya pada Return On Asset (ROA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis regresi dibantu dengan alat analisis SPSS. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh signifikan dan telah sesuai dengan hipotesis kecuali hubungan CAR pada ROA. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perbankan syariah pada tahun 2016 sampai 2018 sudah memiliki kinerja yang baik.Kata kunci : Kinerja Keuangan, Capital Adequcy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO)
COMPETITIVE ADVANTAGE IN THE COMPANY Dian Novita; Nurul Husna
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.643

Abstract

Competitive advantage is one of the aims pursued by most corporation in order to sustain in the business. Once the company could achieve a competitive advantage, it can increase the value and enhance the performance of the company. Competitive advantage is one of the aims pursued by most corporation in order to sustain in the business. Once the company could achieve a competitive advantage, it can increase the value and enhance the performance of the company. The purposes of this research are firstly is to analyze the concept of competitive advantages in orderly and secondly it is to analyzed the benefit of competitive advantages for the company. The method of this study is content analysis. This research is different from the previous one, it is present the competitive advantages in orderly, that has never been researched in advance and especially investigating competitive advantages. This paper result some propositions related to the competitive advantages concept. From this this research we can conclude the three things firstly, competitive advantages are rooted in superiority in performance, finance, and market positioning. And secondly, competitive advantages can create an added value for a company. Thirdly, competitive advantages suggest the meaning of the company’s having an excellent position relative to its competitors. The drawback of this research is incompleteness of the definition of competitive advantages which occurs every year
PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN NIAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING SECARA BERKELANJUTAN (PRIVASI DAN PERSONALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI) Izza Ashsifa
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.644

Abstract

Meningkatnya penggunaan smartphone memungkinkan pengguna untuk mengakses akun perbankan online di manapun dan kapanpun. Aksesibilitas tersebut merupakan keuntungan bagi bank-bank besar. Penting untuk disoroti bahwa jumlah klien yang beroperasi melalui perbankan online tidak meningkat sebanyak yang diharapkan. Beberapa aspek seperti kurangnya kepercayaan terhadap sistem, perlakuan impersonal atau kurangnya keamanan dan perlindungan privasi, kurangnya personalisasi yang efektif telah menyebabkan keengganan dari banyak pelanggan untuk menggunakan aplikasi mobile banking tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisi kesenjangan literatur mobile banking menggunakan TAM dengan mengintegrasikan pengaruh privasi dan personalisasi terhadap kepuasan pelanggan dan niat penggunaan layanan mobile banking secara berkelanjutan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan online survey dengan membagikan kuesioner secara online kepada pengguna mobile banking di Indonesia. SEM-PLS digunakan untuk menguji hipotesis model dengan jumlah sampel 407. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Privasi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan sedangkan personalisasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat menentukan niat penggunaan mobile banking secara berkelanjutan.  Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), privasi, personalisasi, kepuasan pelanggan, mobile banking
Optimalisasi KeleOptimalisasi Kelembagaan Petani Salak Pondoh dengan Analisa Rantai Nilaimbagaan Petani Salak Pondoh dengan Analisa Rantai Nilai Wendy Aprianto
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.660

Abstract

Penelitian ini mendeskripsi mengenai aspek kelembagaan (aspek kunci, hambatan, konflik kelembagaan) dalam memproduksi pada pertanian salak pondok di Kabupaten Sleman. Hal ini dilakukan untuk mengukur aktivitas-aktivitas rantai nilai salak pondoh untuk meningkatkan nilai tambah demi kesejahteraan petani Indonesia. Dengan mengobservasi 34 kelompok tani menggunakana pendekatan kualitataif melalui Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menemukan Reformulasi kelembagaan internal dapat berimplikasi kepada kepastian skala produksi. Setelah produksi dan pemasaran sudah tertata, maka pengembangan produk menjadi solusi akhir dalam meningkatkan nilai tambah salak pondoh
PENGARUH NARSISME DAN MODERASI RELIGIUSITAS Vicky F Sanjaya
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.548

Abstract

Narsisme merupakan perilaku yang sering didengar pada kehidupan terkini. Mayoritas orang mengartikan narsisme sebagai perilaku yang berdampak negatif. Penelitian ini menguji pengaruh narsisme terhadap outcome dan peranan religiusitas sebagai variabel pemoderasi. Hasil yang didapat bahwa narsisme justru memberikan pengaruh positif terhadap outcome serta religiusitas memberikan efek moderasi terhadap kedua variabel. 
Understanding the Challenges and Opportunities of Financial Technology to Enabling SMEs Potential alfiana fitri
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.645

Abstract

The purpose of this study is to describe and interpret the challenges and opportunities of financial technology (fintech) to the development of SMEs. This research tries to capture the interpretation of research subject that is SMEs’ owners, fintech company’s staff as service provider. This research uses descriptive qualitative approach because the data analysis in this research is written or oral and consider the opinion of research resource. Based on the interview to the SME’s owners, we can conclude that they have a good interpretation of fintech, that fintech is something that bring financial services to technology, and that this thing is beneficial for their business development, although not all the SMES owners use this platform. This research also shows that in adopting fintech, SMEs need to consider drivers and barriers that can affect the success of the implementation. This research has identified time, information and skill, concerns over security, legal issues, market needs, the nominal of the transaction and the doubt of the technology to their business practices as the barriers why fintech adoption by SMEs in Gresik Area has still faced any challenges. But in the other hand, there are also opportunities that can be used by SMEs through this platform to expand their business, that is the ease and attractiveness offered by fintech and opportunities to minimize fraud. Finally, the paper recognizes that the support mechanisms for the implementation of fintech within SMEs still has to be increased. Fintech has a future here, SMEs’ owners agreed that fintech is their future. But the rapid development of fintech is increasing the need for financial education. SMEs need full assistance by the regulator to improve their financial literacy to take the most advantage of the financial opportunities made possible by fintech.Kata kunci: fintech; SMEs, opportunities and challenge
ANALISIS KEPUASAAN KERJA KARYAWAN PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) SEKTOR PEMBANGKIT TARAHAN LAMPUNG SELATAN Stefanus Rumangkit; Nofa Andriyani
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 3, NO 1 (2020) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i1.640

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan kontrak dan aspek kontribusi paling besar. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan kontrak dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden melalui metode sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan  importance performance analysis (analisis tingkat kepentingan dan kinerja/kepuasan) dan Indeks Kepuasan Karyawan. Hasil importance performance analysis (IPA) menunjukkan kuadran Interpretasi dari diagram kartesius yaitu pada kuadran A terdapat 10 atribut, pada kuadran B terdapat 14 atribut, pada kuadran C terdapat 2 atribut, dan pada kuadran D terdapat 9 atribut.Kata Kunci :  Kepuasaan kerja, PT. PLN, Importance Performance Analysis, Kartisius.

Page 1 of 1 | Total Record : 7