cover
Contact Name
Defia Riski Anggarini, S.E, M.Si
Contact Email
defiaranggarini@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
technobiz@teknokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
TECHNOBIZ : International Journal of Business
ISSN : -     EISSN : 26553457     DOI : -
TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perilaku, auditing, akuntansi syariah, akuntansi pendidikan, sistem informasi akuntansi, akuntansi lingkungan, corporate social responsibility, akuntansi perbankan, pasar modal dan good corporate governance.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL" : 7 Documents clear
Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Anandha Sartika Putri
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.1077

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of good corporate governance (GCG) mechanisms on earnings management practices. This study focuses on infrastructure, utility, and transportation companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The data used in this study is panel data with multiple linear regression analysis. The results of this study find that in the good corporate governance mechanism, it is evident that managerial ownership, institutional ownership, audit committee have a significant positive effect on earnings management and the independent board of commissioners has a significant negative effect on earnings management. This study proves that the greater the proportion of managerial ownership, institutional ownership, and audit committees can result in more possibilities for corporate earnings management practices. In addition, this study also proves that the more independent boards of commissioners, the more likely the company can practice earnings management. Keywords : good corporate governance, ownership structure, earnings managementABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance (GCG) terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini berfokus pada perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data panel dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam mekanisme good corporate governance terbukti kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba dan dewan komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Penelitian ini membuktikan semakin banyak proporsi kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit dapat mengakibatkan semakin banyak kemungkinan terjadinya praktik manajemen laba perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa semakin banyak dewan komisaris independen akan menurunkan kemungkinan terjadinya praktik manajemen laba yang dapat dilakukan perusahaan. Kata Kunci : tata kelola perusahaan, struktur kepemilikan, manajemen laba
Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019 Riski Purnama
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.1096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Variabel Likuiditas diproksikan oleh current ratio, variabel Solvabilitas diproksikan oleh debt to equity ratio, variabel Aktivitas diproksikan oleh total assets turnover dan variabel Profitabilitas diproksikan oleh net profit margin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan bantuan program Eviews 10. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 perusahaan pertambangan dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil penelitian ini menunjukan variabel current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, debt to equity ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, total assets turnover berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, net profit margin berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba.Kata kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, Net Profit Margin dan Pertumbuhan Laba.
KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, KONEKSI POLITIK DAN EFISIENSI INVESTASI Ulfah Tika Saputri
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.1051

Abstract

Abstract Agency conflict is the root of the problem that causes investment inefficiency. This Research aim to provide that accounting information quality and political connection influence to investment efficiency. We used 70 samples from 100 Company on Compas Index 2019. We used classical assumption test, we used F test, coefficient determination test and partial test. We provide that company on 100 Compas Index mostly have investment inefficient and it can be reduced with high accounting information quality. But, Indonesian company characteristics that they have political connection, even just 45% company has political connection, but political connection makes inefficient.   Keyword: Accounting Information Quality: Political Connection: Investment Efficiency
PENGARUH PERILAKU PENGUNJUNG TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG WISATA DESA PULAU LEGUNDI, PADANG CERMIN Desi Derina Yusda; Eka Travilta Oktaria
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.856

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah yaitu yang pertama, apakah secara parsial variabel persepsi, pembelajaran dan attitude mempengaruhi terhadap loyalitas pengunjung wisata Desa Pulau Legundi, Padang Cermin? dan yang kedua, apakah secara simultan variabel persepsi, pembelajaran dan attitude mempengaruhi terhadap loyalitas pengunjung wisata Desa Pulau Legundi, Padang Cermin? dan yang ketiga, variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pengunjung?. Desain penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang melakukan wisata di Desa Pulau Legundi, Padang Cermin. Sampel penelitian 100 responden dengan menggunakan insidental sampling.  Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T, uji F dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan variabel persepsi, pembelajaran dan attitude mempunyai pengaruh yang signifikan pada variabel  loyalitas pengunjung.Variabel yang paling berpengaruh adalah Persepsi sebesar 78,9%. Kata kunci : Perilaku dan Loyalitas Pengunjung
Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee Indonesia Ahmad Azwari
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.1098

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Price Discount, dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan perbelanjaan di situs belanja online shopee Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 100 orang responden. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS Statistic versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price Discount berpengaruh positif dan signifikan pada Impulse Buying di situs belanja online shopee Indonesia, dengan dibuktikan dari hasil penyebaran kuesioner yang menyatakan bahwa konsumen akan melakukan pembelian produk diskon secara impulsif ketika mereka melihatnya, dan Kualitas Produk juga berpengaruh positif dan signifikan pada Impulse Buying dengan dibuktikan dari hasil penyebaran kuesioner yang menyatakan bahwa konsumen telah merasakan kualitas produk yang dijual dalam shopee Indonesia sehingga konsumen akan melakukan pembelian dengan impulsif pada produk yang memiliki kualitas yang bagus.Kata kunci: Price Discount, Kualitas Produk, dan Impulse Buying.
DETERMINAN CASH HOLDING PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR: PERSPEKTIF FINANCIAL CONSTRAINTS DAN FINANCIAL UNCONSTRAINTS Johan Trihantoro
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor dari karakteristik perusahaan dan struktur kepemilikan perusahaan terhadap cash holding pada perusahaan financial unconstraints dan financial constraints di perusahaan manufaktur. Proxy karateristik perusahaan diwakili net working capital, leverage, dan capital expenditure dan proxy struktur kepemilikan dari number block holder dan insider holder dan size perusahaan sebagai proxy variabel control. Metode penelitian ini merupakan penelitaan kuantitatif dan mengunakan data sekunder. Model empiris penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan model regresi data panel, model yang terpilih dari model fixed effect method untuk perusahaan financial constraints dan random effect method untuk perusahaan financial unconstraints. Berdasarkan hipotesis penelitian perusahaan financial constraints pada net working capital memiliki memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap cash holdings. Leverage pada perusahaan financial unconstraints berhubungan negatif  dan signifikan  dengan cash holding. Insider holding pada perusahaan financial constraints  menunjukan hubungan negatif dan signifikan.Kata kunci: Cash Holding, Financial Constraints, Panel Data, Fixed Effect Method, Random Effect Method
ANALISIS FAKOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMBELI PERUMAHAN DI KABUPATEN KARANGANYAR ginanjar dwi utama
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 1 (2021) : APRIL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i1.1040

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah guna menguji serta membuktikan aspek-aspek yang mempengaruhi konsumen berminat membeli perumahan pada perumahan di Kabupaten Karanganyar. Metode dalam penelitian menggunakan teknik observasi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik  pengumulan sampel data dalam penelitian ini dengan menggunakan jenis Probability Sampilng yakni metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Populasi yang digunakan adalah warga di Kabupaten Karanganyar yang memiliki minat membeli perumahan. Berdasarkan analisis data yang sudah diolah pada program SPSS versi 20 sehingga kesimpulan data diambil setelah dilakukan pengolahan regresi liner sederhana. Penelitian ini memiliki ketentuan uji validitas, reliabilitas yang kemudian diuji melalui uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi serta uji t. Dalam riset ini didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa harga serta  promosi berdampak positif serta signifikan pada minat beli. Sedangkan lokasi berdampak negatif atas minat beli. Sebesar  6% dalam uji koefisien determinasi membuktikan minat beli dipengaruhi oleh harga, lokasi dan promosi. Sebesar 94% dari sisa tersebut berpengaruh pada  variabel luar yang tidak diuji di penelitian. Kata Kunci: Harga, Lokasi, Promosi, Minat Beli

Page 1 of 1 | Total Record : 7