cover
Contact Name
Defia Riski Anggarini, S.E, M.Si
Contact Email
defiaranggarini@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
technobiz@teknokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
TECHNOBIZ : International Journal of Business
ISSN : -     EISSN : 26553457     DOI : -
TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perilaku, auditing, akuntansi syariah, akuntansi pendidikan, sistem informasi akuntansi, akuntansi lingkungan, corporate social responsibility, akuntansi perbankan, pasar modal dan good corporate governance.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER" : 7 Documents clear
PENGARUH INTERLOCKING DIRECTORSHIP, FREE CASH FLOW, DIVERSIFIKASI OPERASI, DIVERSIFIKASI GEOGRAFIS, DAN KOMPENSASI BONUS TERHADAP MANAJEMEN LABA Yaumil Khoiriyah
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris tentang adanya pengaruh interlocking directorship, free cash flow, diversifikasi operasi, diversifikasi geografis, dan kompensasi bonus terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 122 perusahaan selama 3 tahun dengan total 366 data sampel. Pengukuran manajemen data diproksikan dengan discretionary accruals. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan  bantuan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interlocking directorship, free cash flow, diversifikasi operasi, diversifikasi geografis, dan kompensasi bonus memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.Kata Kunci: Manajemen Laba, Interlocking Directorship, Free Cash Flow, Diversifikasi Operasi, Diversifikasi Geografis, Kompensasi Bonus.
PENGARUH FREE CASH FLOW DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019) Riski Oktavia
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh free cash flow dan good corporate governance yang diprosikan melalui kepemilikan manajerial dan dewan komisaris independen terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan price to book value (PBV) pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan dengan menggunakan teknik penentuan sampel yaitu teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis regresi data panel dengan menggunakan alat bantu Eviews 9.0. Hasil penelitian uji f menunjukkan bahwa free cash flow, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil uji t free cash flow berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dewan komisaris independen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.Kata kunci: free cash flow, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, nilai perusahaan
PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung) Berlintina Permatasari; Sinta Maryana
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan inovasi produk masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kekinian pada Gerai Es Teh Indonesia di Bandar Lampung dan hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kekinian pada Gerai Es Teh Indonesia di Bandar Lampung. Kata Kunci: Promosi, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Es Teh Indonesia
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DARING PADA KEPUASAAN KONSUMEN DI E-COMMERCE SHOPEE Via Auliya
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1242

Abstract

Abstract      This research has a purpose to test the influence of e-service quality to customer satisfication. The dimensions of e-service quality consist of  efficiency, privacy, reliability, emotional benefits and customer service. The sampling method was purposive sampling method with 155 respondents, namely the people of Lampung Province who have the Shopee application. The analytical method used is quantitative analysis. The data analysis technique used is validity test, reliability test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of this study indicate that the dimensions of e-service quality, namely efficiency, privacy, reliability, emotional benefits and customer service have a positive effect on customer satisfaction in e-commerce.Keywords : e-service quality, customer satisfaction, e-commerceAbstrak      Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari setiap dimensi kualitas layanan daring                   (e-service quality) yaitu efficiency, privacy, reliability, emotional benefit dan customer service terhadap kepuasaan konsumen pada e-commerce. Responden pada penelitian ini berjumlah 155 orang yang memiliki aplikasi shopee. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa seluruh penelitian ini terdukung yaitu efficiency, privacy, reliability, emotional benefit dan customer service berpengaruh positif pada kepuasaan konsumen di e-commerce shopee. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua dimensi kualitas layanan daring memiliki pengaruh pada kepuasaan konsumen.Kata Kunci : e-service quality, kepuasaan konsumen, e-commerce
PENGARUH ELEMEN-ELEMEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP INTEGRATED REPORTING Febiola Wijaya; Fitri Agustina
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh elemen-elemen Good Corporate Governance terhadap Integrated Reporting. Elemen-elemen Good Corporate Governance (GCG) diproksikan menjadi Kepemilikan Institusional, Komposisi Komisaris Independen, Dewan Direksi, dan Komite Audit. Integrated Reporting sebagai variabel dependen diukur dengan melakukan analisis konten pada laporan tahunan perusahaan sampel menggunakan indeks pengukuran Integrated Reporting. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan. Metode analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa Kepemilikan Institusional, Komposisi Komisaris Independen, Dewan Direksi, dan Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Integrated Reporting.
PERCEIVED PRICE MENENTUKAN NIAT UNTUK MEREKOMENDASIKAN KEPADA ORANG LAIN DAN NIAT UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI PADA WISATA BAHARI DI PROVINSI LAMPUNG Nurul Husna
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1383

Abstract

Since the COVID-19 pandemic, the income of the tourism sector in Indonesia has decreased drastically. The purpose of this study was to determine the effect of perceived price on the intention to recommend to others and the intention to revisit marine tourism in Lampung Province. The sample in this study were 100 visitors to Pahawang Island in Lampung Province. This research uses data analysis method using smartPLS software. The results of this study indicate that perceived price has a significant effect on the intention to recommend to others and the intention to revisit marine tourism in Lampung Province.Keywords: Perceived Price, Intention to Recommend to Others, Intention to Revisit
PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN VARIABEL KONTROL RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DALAM BURSA EFEK INDONESIA Dwi Tirta Kencana
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 4, NO 2 (2021) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v4i2.1390

Abstract

AbstrakTeori keagenan menyatakan bahwa masing-masing individu semata-mata termotivasi oleh kepentingan sendiri sehingga menimbulkan konflik kepentingan antara principal dan agent. Standar Akuntansi yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) memperbolehkan pihak manajemen melakukan kebijakan sendiri dalam menggunakan metode akuntansi dalam perusahaannya. Kewenangan tersebut memberi peluang bagi pihak manajemen untuk melakukan tindakan manajemen laba. Discretionary accrual dan non discretionary accrual merupakan proksi dari tindakan manajemen laba. Keberadaan informasi laba dan arus kas dipandang oleh pemakai informasi sebagai hal yang saling melengkapi guna mengevaluasi kinerja perusahaan. Informasi arus kas dan laba memiliki kandungan informasi jika pada saat diumumkan ada reaksi pasar. Reaksi pasar ditunjukkan adanya perubahan harga sekuritas yang diukur dengan return saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris ada atau tidaknya pengaruh discretionary accrual, non discretionary accrual, operating cash flow terhadap return saham. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Jumlah sampel sebanyak 45 perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS versi 20.Hasil dari penelitian ini adalah discretionary accrual, non discretionary accrual, dan operating cash flow tidak berpengaruh pada return saham.Kata Kunci: Manajemen Laba, Discretionary Accrual, Non Discretionary Accrual, Operating Cash Flow, Return Saham, dan Return on Equity

Page 1 of 1 | Total Record : 7