cover
Contact Name
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan)
Contact Email
jidanmanado@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jidanmanado@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan)
ISSN : 23391731     EISSN : 25811029     DOI : -
Core Subject : Health,
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), provides a forum for publishing the novel technologies and knowledge related to the midwifery area. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)" : 7 Documents clear
Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemeriksaan Kehamilan Di Puskesmas Tanoyan Kabupaten Bolaang Mongondow Paputungan, Resia; Solang, Sesca D.; Imbar, Henry
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang : Peningkatan pelayanan kesehatan antenatal dipengaruhi oleh pemanfaatanpengguna pelayanan antenatal. Tidak dimanfaatkannya sarana pelayanan antenatal dapat disebabkanoleh banyak faktor seperti : tingkat pendidikan ibu yang rendah, ketidakmampuan dalam hal biaya,lokasi pelayanan yang jaraknya terlalu jauh atau petugas kesehatan tidak pernah datang secaraberkala.Di samping faktor ibu hamil sendiri untuk memeriksakan kehamilanya maka,faktor biaya,petugas pelayanan kesehatan, sarana dan fasilitas kesehatan yang tersedia merupakan faktor yangdapat berpengaruh terhadap keberhasilan cakupan ibu hamil.Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan denganpemeriksaan kehamilan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kunjungan K4 untuk tahun 2012masih kurang yaitu 68,1 %.Metode : Jenis penelitian deskriptik analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study dan dianalisamenggunakan SPSS uji korelasi spearmen rank rho. Populasi penelitian adalah 76 ibu hamil, Jumlahsampel adalah 76 ibu hamil di wilayah Puskesmas Tanoyan,Kabupaten Bolaang Mongondow.Hasil penelitian : didapatkan dengan usia terbanyak < 20dan>35 tahun 56 responden, pendidikanterbanyak adalah pendidikan dasar 35 responden dan menurut pekerjaan 51 responden terbanyak tidakbekerja. Untuk jarak terbanyak ≤ 3 km yaitu 56 responden, pendapatan Rp.≥1.550.00 46 keluarga.Usia ibu hamil, pendidikan, pendapatan keluarga dan Jarak kefasilitas kesehatan di hubungkan denganpemeriksaan kehamilan dianalisis dengan menggunakan uji spierman rho dan hasil yang diperolehuntuk usia nilai p= 0,000 < 0,05 atau r hitung = 0,672, pendidikan nilai p = 0,000 < 0,05 atau r hitung= 0,874, pendapatan nilai = 0,000 < 0,05 atau r hitung 0,652, jarak nilai p = 0,000 < 0,05 atau rhitung 0,740.Kesimpulan : terdapat hubungan yang bermakna kearah positif antara usia ibu hamil, pendidikan,pendapatan dan jarak dengan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Tanoyan Kabupaten BolaangMongondow, Perlu adanya penyuluhan dari tenaga kesehatan tentang pentingnya pemeriksaankehamilan sesuai standar yaitu 1 kali pada trimester I, 1 kali pada trimester II dan 2 kali pada trimesterIII sehingga dapat meningkatkan cakupan pelayanan K4
Perawatan Payudara Pada Masa Kehamilan Dan Pemberian Asi Eksklusif Adam, Syull K; Korompis, Martha D.; Alow, Getruida B.H.
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.16 KB)

Abstract

harus diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya. Payudara perlu dipersiapkan sejakmasa kehamilan sehingga bila bayi lahir dapat segera berfungsi dengan baik. Cakupan pemberian ASIEksklusif di Indonesia cenderung menurun, salah satunya di sebabkan oleh kegagalan untuk memulaiproses menyusui.Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perawatan payudara masakehamilan dan pemberian ASI Eksklusif di RSU Bethesda GMIM Tomohon.Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik bersifat studi retrospektif. Jumlah sampel 79orang dan ditentukan secara purposive sampling Instrument penelitian yang digunakan adalahkuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi square.Hasil penelitian : uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perawatanpayudara pada masa kehamilan dengan pemberian ASI Eksklusif.
Analisis Implementasi Program Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Manado Tahun 2014 Pesak, Ellen; Bongakaraeng, Bongakaraeng
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang : Program Kesehatan Ibu an Anak merupakan kegiatan yang meliputi upayapreventif, promotif, kuratif dan rehabilitasi. Di Kota Manado terjadi penurunan cakupan pelaksanaanProgram Kesehatan Ibu an Anak selama dua tahun berturut-turut (2009-2010).Tujuan : Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi Program KesehatanIbu dan Anak di puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Manado.Metode : penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang disajikan secara deskriptif eksploratif.Informan utama adalah 3 orang perawat dan 1 orang perawat gigi. Informan triangulasi adalah 4orang Kepala Puskesmas, 4 orang Guru UKS SD, dan Kasie Kesga DKK Manado. Pengumpulan datadilakukan melalui wawancara mendalam, observasi menggunakan chek list dan studi dokementasi.Hasil penelitian : menunjukkan bahwa Implementasi program KIA di puskesmas masih ada yangtidak sesuai jadwal dalam pelaksanaannya. Komunikasi ke pihak sekolah belum tersampaikan denganjelas, masih ada yang tidak menggunakan juknis dalam melaksanakan program KIA. Sumberdayaberupa tenaga, dana, dan fasilitas masih belum mencukupi kebutuhan program KIA. SOP pelaksanaanprogram KIA belum ada secara tertulis.
Pengetahuan dan Sikap Pasangan Usia Subur dengan Pemanfaatan Kontrasepsi Keluarga Berencana Dompas, Robin; Kusmiyati, Kusmiyati; Losu, Frederika N.
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang : Kontrasepsi dibutuhkan untuk membatasi jumlah penduduk dunia dan menjaminketersediaan sumber daya alam sehingga menjaga kualitas hidup manusia. Mengambil keputusanyang tepat untuk sebuah keluarga yang terencana bukanlah hal yang mudah.Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap Pasangan UsiaSubur dengan pemanfaatan Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Singkil Dua KotaManado.Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan Crosssectional. Populasi 1.099 pasangan, sampel penelitian 15% berjumlah 165 reponden Pasangan UsiaSubur yang tinggal di Kelurahan Singkil Dua Kota Manado. Pengumpulan data menggunakankuesioner dan analisis data dengan uji statistik Spearman’s rho.Hasil penelitian : menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan tentangkontrasepsi KB baik 140 PUS (84,8%). Responden yang memiliki sifat positif tentang kontrasepsi KB142 PUS (86,6%). Hasil analisis statistik menunjukkan ada hubungan pengetahuan dan sikapPasangan Usia Subur dengan pemanfaatan Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) di KelurahanSingkil Dua Kota Manado.Kesimpulan : sebagian besar responden menggunakan kontrasepsi KB 134 PUS (81,2%) meskipunmasih ada Pasangan Usia Subur 31 PUS (18,8%) yang tidak menggunakan kontrasepsi KB.
Hubungan Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA). Donsu, Amelia; Tombokan, Sandra G.J.; Montolalu, Agnes; Tirtawati, Gusti Ayu
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.16 KB)

Abstract

Latar Belakang : Salah satu upaya yang dikembangkan Depkes RI dalam rangka mengurangi angkakesakitan, resiko tinggi, kematian maternal dan neonatal adalah mengupayakan pemberdayaankeluarga dan masyarakat melalui penggunaan buku kesehatan ibu dan anak (KIA). Buku KIAmerupakan buku catatan dan informasi tentang kesehatan ibu dan anak yang terdiri dari beberapakartu kesehatan dan kumpulan berbagai materi penyuluhan KIA. Data Puskesmas Sageratmenunjukan bahwa masih banyak ibu hamil di wilayah kerja belum menggunakan buku KesehatanIbu dan Anak (KIA).Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendidikan dan pengetahuan ibuhamil dengan penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).Metode : Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasiberjumlah 149 ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilan di Puskesmas Sagerat KecamatanMatuari Kota Bitung. Sampel adalah ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilan lebih dari 1 kalidan membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) berjumlah 60. Teknik pengambilan sampeldengan kriteria inklusi dan ditentukan secara proporsional random sampling. Alatukur yangdigunakanya itu kuesioner dan checklist. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman dengan nilaikemaknaan (α) = 0,05.Hasil penelitian : Ada hubungan pendidikan dan penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA),uji statistik didapatkan nilai (p value) = 0,013 nilai koefisien korelasi Rank Spearmen (r) sebesar 0,3.Hubungan pengetahuan dan penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), uji statistikdidapatkan nilai(p value) = 0,000 nilai koefisien korelasi Spearman rho(r) sebesar 0,527 yang lebihkecil dari α = 0,05 dengan demikian maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima.Kesimpulan : ada hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu hamil dengan penggunaan bukuKesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Sagerat Kecamatan Matuari Kota Bitung.
Hubungan Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Anak Umur 12 – 23 Bulan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lontaan, Anita; Solang, Sesca; Keintjem, Femmy; Tuju, Sjenny Olga
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.16 KB)

Abstract

Latar Belakang : Setiap tahun diperkirakan jutaan anak di Indonesia tertular penyakit menular,seperti : tuberkulosis, difteri, pertusis, tetanus dan campak, dengan kematian 120.000 setiap tahun.Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi oleh karena penyakit tersebut dapat dicegah dengan Imunisasipada bayi dan balita dengan lengkap serta diberikan sesuai jadwal. Angka kematian akibat tetanusadalah 19,3%, difteri, polio, campak sebesar 9,4%. Di Puskesmas Teling Atas Kota Manado padatahun 2012 dari 231 sasaran bayi/balita imunisasi HBO (58,9%) dan Campak (85%) belummemenuhi target nasional (>90%).Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu yang memiliki anakumur 12-23 bulan dengan pemberian imunisasi dasar di Puskesmas Teling Atas Kota Manado.Metode : Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitik. Design yang digunakan dalampenelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini menganalisis hubunganpengetahuan ibu yangmempunyai anak berumur 12-23 bulan dengan pemberian imunisasi dasar. Populasipenelitian iniadalah seluruh ibu yang mempunyai anak umur 12-23 bulan yang berjumlah 231 sasaran, sampelpenelitian berjumlah 70. Cara pengambilan sampel adalah accidental sampling.Dengan analisisstatistik uji chi-square (X2), program SPSS versi 17.00.Hasil penelitian : Hasil Uji Chi Square (x2) hitung = 11.0 dan nilai p =. 0.001. Nilai (x2) tabel =3.84, maka nilai (x2) hitung > (x2) tabel dan nilai p < 0.05, artinya terdapat hubungan yangsignifikan antara pengetahuan ibu yang memiliki anak 12-23 bulan dengan pemberian imunisasidasar di Puskesmas Teling Kota Manado. Hal ini menunjukkan semakin tinggi pengetahuan ibu,maka semakin baik tingkat kesadaran ibu untuk membawa anak diimunisasi, sehingga imunisasidasar lengkap.Kegiatan penyuluhan /pendidikan kesehatan tentang imunisasi dasar pada saatkegiatan posyandu hendaknya tetap dilaksanakan serta mengaktifkan sweeping imunisasi bayi/anakdi Puskesmas Teling Atas Kota Manado.
Sikap Ibu Nifas Tentang Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini Di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado Manueke, Iyam; Korah, Berthina H.
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 4 No 2 (2016): Vol 4 No 2 (2016)
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.16 KB)

Abstract

Latar Belakang : Salah satu program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah yaitu InisiasiMenyusu Dini (IMD). Kurangnya pengetahuan dari orang tua, pihak medis maupun keenggananuntuk melakukannya membuat IMD masih jarang dipraktikkan. Inisiasi menyusu setelah satu jampertama kelahiran dini dapat menyelamatkan 30.000 bayi di indonesia yang biasanya meninggal padabulan pertama setelah kelahirannya.Tujuan : untuk mengidentifikasi Sikap Ibu Nifas tentang Pelaksanaan IMD di Puskesmas Bahu KotaManado. untuk menggambarkan sikap Ibu Nifas tentang Pelaksanaan IMD di Puskesmas Bahu KotaManado.Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskritif. Populasi adalah seluruh ibu nifas yang ada diwilayah Puskesmas Bahu Kota Manado sebanyak 417 orang. Besar sampel diambil 10% dari populasiyaitu 42 responden. Analisis untuk mengetahui sikap Ibu Nifas tentang Pelaksanaan IMD diPuskesmas Bahu Kota Manado digunakan distribusi frekuensi.Hasil penelitian : sikap responden tentang inisiasi menyusu dini adalah sikap positive sebanyak 21(70%) dan sikap negatif sebanyak 9 (30%). Perlu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikapresponden tentang Pelaksanaan IMD oleh petugas di Puskesmas Bahu Kota Manado.

Page 1 of 1 | Total Record : 7