cover
Contact Name
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan)
Contact Email
jidanmanado@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jidanmanado@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan)
ISSN : 23391731     EISSN : 25811029     DOI : -
Core Subject : Health,
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), provides a forum for publishing the novel technologies and knowledge related to the midwifery area. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019" : 5 Documents clear
Metode Kanguru Terhadap Fungsi Fisiologis Bayi Berat Lahir Rendah Purwandari, Atik; Tombokan, Sandra GJ; Kombo, Negin Lidya Clara
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v6i2.815

Abstract

Latar Belakang: Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram tanpa memperhatikan usia gestasi. Kelahiran dengan BBLR disebabkan oleh banyak faktor meliputi faktor janin, ibu dan plasenta. Pada BBLR yang harus dilakukan pemeriksaan fungsi organ tubuhnya, sebelum mencapai berat yang cukup bayi BBLR memerlukan perawatan intensif dalam inkubator, biaya perawatan yang cukup tinggi dan membutuhkan tenaga kesehatan yang berpengalaman. Sebagai solusi pemberian perawatan metode kanguru (PMK). Perawatan bayi baru lahir dengan meletakkan bayi dada ibu (kontak kulit) sehingga suhu tubuh bayi tetap hangat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PMK terhadap fungsi fisiologis BBLR di RSUP Prof Dr. R.D Kandou Manado. Metode : Jenis penelitian ini adalah pre experimental design yang dilakukan terhadap 25 sampel yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi sebelum dan setelah dilakukan PMK. Hasil : Analisa bivariat menunjukkan adanya pengaruh PMK terhadap fungsi fisiologis BBLR diantanya suhu badan sebelum diberikan PMK = 36,316 setelah diberikan PMK nilai mean untuk suhu badan = 36,684, nilai t = 13,677 (p = 0,000), denyut jantung sebelum diberikan PMK memperoleh nilai mean = 97,48 setelah diberikan PMK nilai mean untuk denyut jantung = 121,440, nilai t = 17,078 (p = 0,000), dan saturasi oksigen sebelum diberikan PMK memperoleh nilai mean = 88,080 setelah diberikan PMK memperoleh nilai mean untuk saturasi oksigen = 94,320, nilai t = 9,774 (p = 0,000). Analisis data menggunakan uji t berpasangan. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitan yang didapat diharapkan PMK yang dilakukan di RSUP Prof Dr. R.D Kandou Manado, bisa dijadikan sebagai tindakan rutin yang dilakukan kepada BBLR bila kondsi bayi memungkinkan dilakukan PMK, dan sebaiknya memiliki rumah singgah bagi ibu yang memiliki bayi yang masih dirawat, agar lebih mudah mengunjungi bayinya.
Metode Teman Sebaya (Peer Group) Berdampak Terhadap Persepsi Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Situmorang, Cory C; Wattimena, Maria; Losu, Fredrika N
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v6i2.817

Abstract

Latar Belakang : Kesehatan reproduksi merupakan masalah yang penting untuk mendapatkan perhatian terutama dikalangan remaja. Tujuan : penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi siswa/siswi SMA Negeri 1 Kota Sorong tentang kesehatan reproduksi dengan menggunakan metode peer group (teman sebaya). Jenis penelitian adalah studi Quasi Experiment dengan rancangan pre test and post test one group desaign, sampel yang digunakan adalah 30 responden. Hasil : penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh nilai P 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan persepsi siswa/siswi SMA Negeri 1 Kota Sorong tentang kesehatan reproduksi dengan metode peer group (teman sebaya). Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan, metode peer group dapat digunakan bukan hanya untuk member informasi tentang kesehatan reproduksi saja melainkan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.
Pengetahuan dan Sikap Ibu Menyusui dengan Perilaku Pemberian ASI Eksklusif Haurissa, Theafillia GB; Manueke, Iyam; Kusmiyati, Kusmiyati
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v6i2.818

Abstract

Latar Belakang : Cakupan ASI Eksklusif di Indonesia, Kota Manado, dan Puskesmas Bahu pada tahun 2015 belum mencapai target nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun faktor-faktor permasalahannya ialah pengetahuan ibu yang kurang, gencarnya promosi susu formula, kurangnya dukungan dari petugas kesehatan, kesediaan waktu ibu yang bekerja, dukungan keluarga, serta sikap ibu yang kurang mendukung. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu menyusui dengan perilaku pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Metode : Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross-sectional.Sampel pada penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai anak umur 6-12 bulan sebanyak 79 ibu.Pengumpulan data dengan membagikan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu dengan menggunakan analisa data Uji Korelasi Rank Spearmen. Hasil penelitian : menunjukkan responden yang berpengetahuan baik 42 ibu (53,2%) dan kurang 37 ibu (46,8%), responden yang bersikap positif 42 ibu dan negatif 37 ibu (46,8%), responden yang memberikan ASI Eksklusif sebanyak 56 (70,9%) bayi yang diberi ASI Eksklusif dan 23 (29,1%) bayi yang tidak diberi ASI Eksklusif. Kesimpulan : Hasil analisa data menggunakan Uji Korelasi Spearmen Rank menunjukan adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pemberian ASI Eksklusif dan tidak ada hubungan antara sikap dengan perilaku pemberian ASI Eksklusif, disarankan petugas kesehatan lebih aktif untuk memberikan informasi dan motivasi tentang ASI Eksklusif.
Pemakaian KB Suntik 3 Bulan dengan Kecukupan ASI Eksklusif pada Ibu yang Mempunyai Anak Usia 7-23 Bulan Bingan, Eline Charla S
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v6i2.819

Abstract

Latar Belakang : ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja, termasuk kolostrum tanpa tambahan apa pun sejak lahir sampai bayi berumur 6 bulan. Penggunaan alat kontrasepsi pada ibu menyusui juga perlu diperhatikan agar tidak mengurangi produksi ASI. Tujuan : Penelitian untuk mengetahui hubungan pemakaian KB suntik 3 bulan dengan kecukupan ASI Eksklusif. Metode : penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 7-23 bulan menggunakan KB maupun tidak yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas Jekan Raya. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 ibu yang memakai KB suntik 3 bulan sebesar 29 ibu (80,6%) diantaranya mengalami ASI cukup. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan (Pvalue = 0,039) antara pemakaian KB suntik 3 bulan dengan kecukupan ASI Eksklusif. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pemakaian KB suntik 3 bulan dengan kecukupan ASI Eksklusif pada ibu yang mempunyai anak usia 7-23 bulan di PMB Kota Palangka Raya.
Promosi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Remaja Supit, Joyce Angela Maria; Lumy, Freike N; Kulas, Els Ivi
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 6 No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v6i2.820

Abstract

Latar belakang: Tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi perilaku seksual remaja pranikah. Fenomena akhir-akhir ini menunjukkan bahwa perilaku seksual pranikah remaja diberbagai provinsi semakin meningkat dikarenakan kurangnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Permasalahan remaja tersebut memberi dampak sepertikehamilan, pernikahan usia muda, dan tingkat aborsi yang tinggi sehingga dampaknya buruk terhadap kesehatan reproduksi remaja. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan Remaja di SMP Negeri 4 Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon. Metode: Penelitian ini adalah rancangan quasi-eksperimental one group pre and posttest design yang dilakukan terhadap 59 sampel, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan reproduksi. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil: Penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan sebelum diberikan promosi kesehatan paling besar pada kategori kurang sebesar 59,3% dan setelah diberikan promosi kesehatan tingkat pengetahuan responden paling besar pada kategori baik sebesar 78%. Hasil analisis menunjukkan nilai p=0,01 (p<0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian promosi kesehatan reproduksi kepada remaja. Disarankan program pemberian promosi kesehatan reproduksi dapat dilakukan dengan berkelanjutan baik oleh pihak sekolah maupun pemerintah yang berwenang pada bidang kesehatan sehingga remaja yang rentan terhadap masalah-masalah kesehatan reproduksi dapat berkurang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5