cover
Contact Name
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan)
Contact Email
jidanmanado@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jidanmanado@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan)
ISSN : 23391731     EISSN : 25811029     DOI : -
Core Subject : Health,
Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), provides a forum for publishing the novel technologies and knowledge related to the midwifery area. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Jambu Biji Merah dan Pisang Ambon Terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin Ibu Hamil Purwandari, Atik; Lumy, Freike; Dalema, Anggreani
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v7i1.654

Abstract

Latar Belakang: Pada tahun 2017 terdapat 961 (100%) ibu hamil dan 154 (16%) diantaranya mengalami anemia, sedangkan pada tahun 2018 terdapat 179 ibu hamil dan yang mengalami anemia 26 (14,5%) ibu hamil. Pada bulan Januari-Februari 2019 terdapat 314 ibu hamil dan yang mengalami anemia yaitu sebanyak 30 ibu hamil (22,3%). Data menujukkan ada peningkatan kasus anemia ibu hamil di Puskesmas Tuminting. Tujuan: Mengetahui Perbedaan Pemanfaatan Jambu Biji Merah dan Pisang Ambon Terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin Ibu hamil di Puskesmas Tuminting Kota Manado. Metode: Metode penelitian yang di gunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan pretest dan posttest control group design. Ibu hamil yang dijadikan sebagai sampel yaitu 22 orang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar observasi pemberian jus jambu biji merah dan pisang ambon, lembar observasi kadar haemoglobin dan alat pemeriksaan haemoglobin. Data kemudian di analisis dengan Independent Sampel T-test. Hasil Penelitian: Menggunakan Uji Paired Sampel T-test nilai mean pada kelompok perlakuan pretest 9,1 dan posttets 9,5dan pada kelompok kontrol pretest 8,7 dan posttest 8,9. Nilai p- Value= 0,001<0,05 Kesimpulan: Ada pengaruh perbedaan pemanfaatan jambu biji merah dan pisang ambon terhadap peningkatan kadar haemoglobin ibu hamil di puskesmas Tuminting kota Manado.
Riwayat Pemberian ASI Eksklusif dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 24-60 Bulan Chyntaka, Mayang; Putri, Nanda Yansih
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v7i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita di Desa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu Tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey menggunakan pendekatan crosssectional. Populasi ibu-ibu yang mempunyai balita usia 24-60 bulan di Desa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu yang berjumlah 435 orang dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling berjumlah 66 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa hampir seluruhnya (90,6%) responden mempunyai riwayat pemberian ASI Eksklusif, lebih dari setengahnya(63,6%) balita usia 24-60 bulan tidak mengalami kejadian stunting. Dari analisis bivariat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat pemberian ASI Eksklusif terhadap kejadian stunting diDesa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu.
Pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap Percepatan Persalinan pada Ibu Primipara di RSUD Selebesolu Kota Sorong Situmorang, Cory; Losu, Fredrika Nancy; Pratiwi, Dian pratiwi
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v7i1.887

Abstract

Latar Belakang: Persalinan merupakan suatu proses pengeluaran janin, plasenta, dan selaputnya dari dalam rahim seorang wanita melalui panggul, vagina, dan introitus vagina atau lubang luar vagina, yang terjadi pada usia kehamilan yang cukup yaitu, 37 minggu atau lebih (Fauziah, 2015). Percepatan persalinan merupakan lamanya proses persalinan yang dimulai dari lahirnya bayi sampai dengan lahirnya plasenta. Salah satu cara yang berpengaruh terhadap percepatan persalinan pada ibu primipara yaitu Pemberian Aromaterapi Lavender. Tujuan: mengetahui pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Percepatan Persalinan pada Ibu Primipara di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Hasil: Hasil penelitian pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada Kala I diberikan Aromaterapi Lavender terhadap percepatan persalinan pada ibu primipara dan uji statistic dengan Mann Whitney maka didapatkan ha diterima dimana nilai P value 0,016< 0,05, Analisa data dan hasil penelitian kelompok intervensi dan kelompok control pada Kala II diberikan Aromaterapi Lavender terhadap percepatan persalinan pada ibu primipara dan kemudian dilakukan uji statistic dengan Mann Whitney maka didapatkan ha diterima dimana nilai P value 0,030< 0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap percepatan persalinan pada ibu primipara di RSUD Kota Sorong. Penelitian ini dapat menjadi masukkan bagi rumah sakit untuk menerapkan pemberian aromaterapi lavender pada pasien bersalin.
Pijat Bayi Berpengaruh Terhadap Kuantitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan Yulianingsih, Endah; Rasyid, Puspita Sukmawaty
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v7i1.1089

Abstract

Latar Belakang : Terdapat 47 orang bayi di Puskesmas Suwawa Selatan. Dan ditemukan bahwa ibu tidak mengetahui tentang pentingnya pijat bayi dan keluhan oleh orangtua bayi, bahwa bayi mereka sering terbangun pada malam hari dan total jumlah tidur perhari kurang dari 15 jam. Tidur berperan penting bagi perkembangan bayi dimana terjadi perbaikan sel-sel otak dan kurang lebih 75% hormon tubuh diproduksi. Menurut beberapa penelitian, pijat bayi secara rutin akan membantu tumbuh kembang fisik, emosi dan pertahanan kesehatannya. Tujuan : Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh pijat bayi terhadap kuantitas tidur bayi usia 3-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian: jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif Pre Ekperimen Design dengan rancangan One Group Pretes-Posttest Design. Sampel: Sampel dalam penelitian ini adalah semua bayi usia 3-6 bulan sebanyak 30 orang di wilayah kerja Puskesmas Suwawa. Hasil penelitian: hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kuantitas tidur bayi sesudah dilakukan pemijatan (15,87 jam/hari) lebih tinggi daripada sebelum pemijatan (13,33 jam/hari). Hasil analisis data didapatkan nilai p value = 0,000, karena nilai atau p value 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh pijat bayi terhadap kuantitas tidur bayi usia 3-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Suwawa.
Pengaruh Buah Pepaya Terhadap Nafsu Makan Anak 2-5 Tahun Olii, Nancy; Zakaria, Rabia; Badjuka, Bun Yamin
JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan) Vol 7 No 1 (2019): Edisi Juli - Desember 2019
Publisher : POLTEKKES KEMENKES MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47718/jib.v7i1.1128

Abstract

Latar Belakang: Data GHI (Global Hunger Index) yang menyatakan bahwa Indonesia tergolong negara yang termasuk kategori serius atau berada dibawah level mengkawatirkan dalam jumlah penderita gizi buruk. Jumlah penderita gizi buruk seperti gunung es, kasus yang muncul kepermukaan sedikit. Buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampun mempercepat proses pencernaan protein. Papain dapat membantu mewujudkan proses pencernaan makanan yang lebih baik, dengan cara ini sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan. Buah pepaya juga kaya akan vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh, merangsang hipotalamus untuk meningkatkan nafsu makan dan menyokong pertumbuhan. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh buah pepaya terhadap nafsu makan anak berumur 2-5 Tahun di PAUD Moheingo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.. Metode: Jenis Penelitian yaitu pre experimen yang bersifat One Group Pre Test-Post Test Design. Populasi adalah balita yang berada di PAUD Moheingo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, dengan sampel 28 responden.. Hasil: Setelah dilakukan pemberian buah pepaya terdapat perbedaan mean sebesar 0.61 dengan standar deviasi 0.497. Hasil analisis statistik menunjukkan pemberian buah pepaya berpengaruh terhadap peningkatan nafsu makan pada anak 2-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Tilango Kabupaten Gorontalo. Kesimpulan: Buah Pepaya yang diberikan 100 gr setiap hari selama 14 hari dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan nafsu makan anak 2-5 tahun.

Page 1 of 1 | Total Record : 5