cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. MW. Maramis No.29, Cengklik, Nusukan, Surakarta, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB
ISSN : 1693590X     EISSN : 26864711     DOI : 10.36309
Core Subject : Science,
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB (ISSN 1693-590x) merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan teknologi informasi, meliputi: teori dan sistem informasi, ilmu informasi, keamanan informasi, pengolahan dan struktur data, pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak, ilmu komputer, teknik komputer, arsitektur dan jaringan komputer, mikrokontroller, pemrograman interface dan aplikasinya pada berbagai bidang. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
Aplikasi Buku Pintar Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 8 Surakarta Berbasis Android Mobile Bagus Candra W.; Dwi Kuncoro
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 23, No 2 (2017): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v23i2.80

Abstract

Chemistry is the branch of physics which studies the composition, structure, characteristics as well as the alteration of material. There are lots of formulas in Chemistry, this makes many students lose their enthusiasm in learning the subject. They find it difficult to memorize all the formulas. Nowadays, Chemistry becomes an important subject and it has been taught to the students in the tenth grade. SMA Negeri 8 Surakarta is one of the high-schools that had applied the teaching of Chemistry to the tenth grade students. Students think of Chemistry as a difficult subject, because they have to grasp and understand many concepts in a relatively short time. As a result, many students fail in the subject. This research system that was built using the framework of CI to the backend that runs the teacher while the Ionic framework for androidnya who run their students. In SMA Negeri 8 Surakarta, a handy and practical Chemistry Smart Book Application grade X was created to help the students get better understanding about Chemistry that full of formula as well as to help the teacher in delivering and assessing the subject.Keywords: Learning Media, Chemistry Smart Book Application Grade X in Negeri 8 Surakarta, Mobile Android
Solar Tracking System Untuk Lampu Taman STMIK AUB Surakarta Berbasis Arduino Uno Robby Rachmatullah; Dessyana Kardha; Dani Triwiyanto
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 2 (2018): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v24i2.97

Abstract

The transfer of electrical energy sources from non-renewable fossil fuels to alternative renewable fuels can be made by utilizing solar energy. The working system of arduino uno solar tracking system for STMIK AUB garden lights is by capturing solar energy through solar panels which are then stored inside the battery where the charging process is controlled by solar charge controller. LDR functions to receive and identify the radiated light quantities which are then forwarded into the arduino uno and processed to drive the DC motor that has become one with the solar panel. If the day begins to darken the LDR will inform the arduino uno and then it will be processed by arduino uno to turn on the DC light.
Aplikasi Visualisasi 3D Kampus STMIK AUB Surakarta Haryanto Haryanto; Haryo Basuki; Afrizal Akhsin Widi Putra
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 2 (2019): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v25i2.114

Abstract

Sistem informasi media pengenalan di kampus STMIK AUB Surakarta masih menggunakan media cetak berupa brosur, sehingga informasi yang disampaikan kepada calon mahasiswa baru hanya sebatas tulisan dan gambar tanpa disertai lokasi bangunan dan gedung yang ada di kampus. Dari hal tersebut dikemukakan masalah bagaimana cara mengenalkan gedung, ruang, lab komputer yang ada di kampus STMIK AUB Surakarta secara efisien dan menarik. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi Visualisasi 3D kampus STMIK AUB Surakarta. Aplikasi ini dibuat menggunakan Blender dengan objek bangunan menggunakan visualisasi 3D. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah metode pengembangan SDLC dengan model waterfall yang terdiri dari analysus, design, implementation, testing, maintenance. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media pengenalan kampus yang memberikan informasi mengenai bangunan dan gedung yang ada di kampus STMIK AUB Surakarta. Dengan panduan berupa suara dan pengguna akan diarahkan menuju lokasi secara otomatis, setelah itu pengguna bisa bebas berkeliling melihat dari sudut manapun.
Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Karanganyar Berbasis Android Sutariyani Sutariyani; Robby Rachmatullah; Nur Eka Prasetyowati
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 26, No 2 (2020): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v26i2.132

Abstract

Kabupaten Karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu di sisi barat, atau disebelah timur kota Solo atau Surakarta. Dengan keindahan alamnya, Kabupaten Karanganyar memiliki potensi pengembangan pariwisata yang sangat tinggi, terutama di bidang alam dan sejenisnya. Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Karanganyar sangat disayangkan jika tidak didukung dengan penyediaan layanan informasi wisata tentang jalur yang harus dilewati. Dengan banyaknya smartphone yang saat ini berkembang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Penyediaan layanan informasi wisata yang baik terutama di Kabupaten Karanganyar akan memberikan dampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang berpengaruh pula pada industri wisata lain dan sektor-sektor yang terkait. Sistem informasi geografis Kabupaten Karanganyar nantinya akan memberikan informasi dalam bentuk peta objek wisata sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan rute berupa lokasi dan estimasi jarak dan waktu ke objek wisata yang dituju. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan menggunakan analisis PIECES. Aplikasi ini mampu memberikan informasi posisi pengguna dan menampilkan lokasi wisata dimana pengguna berada pada saat itu dan dapat diakses oleh siapa saja tanpa perlu login. Aplikasi juga dapat menampilkan estimasi jarak dan waktu tempuh antara pengguna dengan lokasi objek wisata.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Bembelian Serta Pengendalian Stok Barang Pada Toko Batik Kusumawardani Solo Yamotiwode Abraham Badii; Ratna Herawati
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 23, No 1 (2017): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v23i1.75

Abstract

Toko Batik Kusumawardani system transactions engaged in sales and booking special batik clothes and other clothes through purchase or booking directly on the spot. In the section on data management sales of goods in the Toko Batik Kusumawardani had previously been using a manual recording system. However the use of this system is insufficient. In the process of ordering goods are still done manually by using the notes. Hence the need for the sale of goods transaction system at the Toko Batik Solo Kusumawardani already computerized. The method of the approach system used on this information system using the method waterfall. The design of the system used on this information system using Vb.Net, UML, MySql database , and CrystalReport. Proceeds from the sale of this system is to make it easier for the admin to manage data items, sales reports and print notes customers. With the application of the system of sale of goods in the Toko Batik Solo Kusumawardani, existence of the negligence, may reduce buildup of documents, and sales reports are not accurate and not on time.Keywords: System sales of goods the Toko Batik Kusumawardani, Vb.Net, MySql, the CrystalReport.
Sistem Informasi Penjualan Ayam Potong pada Peternakan Ayam Surya Putra Broiler Budhi Sumboro; Paryanta Paryanta; Devito Surya Wicaksana
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 2 (2018): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v24i2.91

Abstract

Peternak Ayam Surya Putra Broiler adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang penjualan ayam potong mentah. Proses jual beli tersebut terdiri dari penjualan ke customer masih menggunakan nota manual penjualan. Untuk membantu proses transaksi penjualan di Surya Putra Broiler maka perlu dibuatkan Sistem Informasi Penjualan ayam potong mentah di peternakan ayam Surya Putra Broiler, yang dapat melakukan transaksi penjualan dan pengolahan laporan penjualan dengan lebih baik. Hasil perancangan sistem informasi penjualan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan Unified Modeling Language. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Android Studio sedangkan untuk pengolahan database menggunakan MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pengelola Peternak Ayam Surya Putra Broiler.
Aplikasi Perpustakaan STMIK AUB Surakarta Berbasis Android Ratna Herawati; Hartati Dyah Wahyuningsih; Ayub Kukuh Prasetyo
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 2 (2019): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v25i2.108

Abstract

Perpustakaan STMIK AUB Surakarta saat ini menggunakan sistem informasi perpustakaan. Dengan adanya sistem yang masih belum efisien untuk mengatasi pencarian dan  peminjaman buku oleh anggota. Anggota masih harus melakukan pencarian buku dan transaksi peminjaman buku diperpustakaan yang belum dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah membangun Aplikasi Perpustakaan STMIK AUB Surakarta Berbasis Android. Dalam membangun sistem tersebut metode pendekatan yang digunakan adalah metode perancangan dengan menggunakan metode waterfall. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Sebagai alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah flowchart  UML (Unified Moddeling Languange). Sedangkan bahasa pemograman pendukung yang digunakan adalah Android Studio versi 3.0.1, PHP, Java, dan My SQL sebagai database. Dengan adanya aplikasi perpustakaan STMIK AUB Surakarta berbasis android, diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan informasi, transaksi peminjaman di Perpustakaan STMIK AUB Surakarta dan lebih efisien.
Sistem Keamanan Rumah Berbasis Raspberry Pi dan Menggunakan Sensor PIR Budhi Sumboro; Sutariyani Sutariyani; Ronny Imam Utomo
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 26, No 1 (2020): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v26i1.127

Abstract

Tindak kejahatan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena sebuah aksi kejahatan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, salah satunya aksi pencurian didalam rumah. Saat adanya wabah Covid-19 tingkat kriminalitas di Indonesia meningkat, sebesar 7,04 persen, pada pekan ke-19 terjadi 3.481 kasus kemudian di pekan ke-20 naik menjadi 3.726 kasus kejahatan. Keadaan seperti ini akan membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengawasi keadaan rumah. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan membangun sistem keamanan rumah agar dapat mengawasi atau memonitoring keadaan rumah saat ditingalkan. Maka dilakukanlah penelitian yaitu membangun sistem keamanan rumah dengan menggunakan metode Waterfall. Sistem keamanan ini dilengkapi dengan sensor PIR untuk mendeteksi adanya gerakan, setelah mendeteksi adanya gerakan Raspberry Pi memerintahkan modul kamera untuk mengambil gambar dan mengirimkan ke API Telegram dilanjutkan ke Aplikasi Telegram, saat gambar terkirim Raspberry Pi membunyikan speaker sebagai alarm peringatan. Pengguna bisa melakukan perintah ke Raspberry Pi untuk mengambil gambar atau video. Jarak maksimal dari sensor PIR adalah 5 meter sehingga jika objek berada di kejauhan lebih dari 5 meter sensor PIR tidak dapat mendeteksi adanya pergerakan, dan sudut sensitivitas dari sensor PIR dapat bekerja pada sudut 45° sampai 135°.
Sistem Informasi Presensi Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer “Adi Unggul Bhirawa” (STMIK AUB) Surakarta Dessyana Kardha; Budhi Sumboro; Apriliana Ery Setyawan
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 1 (2018): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v24i1.86

Abstract

Proses presensi mahasiswa di STMIK AUB Surakarta masih menggunakan metode tanda tangan pada buku presensi yang dibagikan dosen pada setiap perkuliahan dan mahasiswa harus menyerahkan kartu rencana studi (KRS) kepada dosen. Namun mahasiswa sering lupa membawa KRS dalam perkuliahan dan lupa membubuhkan tanda tangan dibuku presensi. Tujuan penelitian ini adalah membangun Aplikasi Sistem Informasi Presensi Mahasiswa studi kasus STMIK AUB Surakarta. Dalam membangun sistem tersebut metode pendekatan yang digunakan adalah metode perancangan dengan menggunakan metode waterfall. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Sebagai alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah flowchart, UML (Unified Moddeling Languange), dan Entity Relationship Diagram. Sedangkan bahasa pemograman pendukung yang digunakan adalah Apache Cordova, PHP, Java, dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi sistem informasi prsensi mahasiswa berbasis Android yang dapat mempermudah mahasiswa STMIK AUB Surakarta untuk melakukan presensi tanpa harus tanda tangan di buku presensi .
Prototipe Mesin CNC 2D Berbasis Arduino Uno Ernes Cahyo Nugroho; Agung Nugroho; Isti Hendriyanto
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 1 (2019): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v25i1.103

Abstract

Papercut is a craft cut on paper media with the initial stage of making the design is done still manually. It is in less effective and efficient value. By utilizing the CNC machine workmanship will be more quickly resolved, but the price in the market this machine is still relatively expensive for small size. To meet the needs of papercut craftsmen then need to make a CNC machine that is specially for papercut manufacture of course with a much more affordable price. The main purpose of this research is to design and make Prototype of CNC Machine Based Arduino Uno for the purpose of making design or pattern of papercut craft which can work automatically, both for mass production and production of job order. Especially products that have intricate designs and require precise precision. The research method used in this thesis is descriptive method. Overall the tool is divided into circuit blocks, including: inputs, process units, and outputs. The input consists of Shield L293D as the command giver to the part of the process unit to be processed by the process unit ie Arduino Uno R3. The output block is Motor Stepper X, Y and Motor Servo Z to execute the program command given. With this machine is expected to provide solutions for Papercut craftsmen so that the design stage / pattern is not done manually. The result of this research is Prototype of Arduino Uno CNC Machine that can create and print pattern or drawing design automatically in complete with motor rotation speed setting. It can be concluded that the machine is designed using two stepper motors as a drive on the X axis and Y axis, and a DC motor is parallel to the X, Y position used for printing. The step position of the motor will be represented in the 2D coordinate model on a millimeter scale. The data entered is then sent via serial communication to the microcontroller as the control center of the machine.