cover
Contact Name
Resty Gustiawati
Contact Email
-
Phone
+6281290480494
Journal Mail Official
speed@unsika.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
ISSN : -     EISSN : 26216698     DOI : 10.35706/speed.v2i1
Core Subject : Education,
JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November.
Articles 109 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI MODIFIKASI BOLA KARET PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKJAMBE TIMUR Alfian Maulana; Citra Resita
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.219 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1494

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah melalui modifikasi bola karet pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII B dan VII E berjumlah 78 responden yang masing-masing kelas berjumlah 39 responden dari 520 peserta didik kelas VII. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu: pre-test, treatment atau perlakuan dan post-test. Pre-test dilakukan di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar passing bawah siswa sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah dilakukan pre-test, peneliti memberikan perlakuan yaitu dengan memberikan pembelajaran passing bawah bola voli di kelas eksperimen dengan menggunakan modifikasi bola karet, sedangkan di kelas kontrol peneliti menggunakan bola voli biasa. Setelah diberikan perlakuan, selanjutnya peneliti melakukan post-test dikedua kelas untuk mengetahui adakah peningkatan dengan menggunakan modifikasi bola karet di kelas eksperimen. Penelitian diolah menggunakan rumus T-test dan dibandingkan dengan T-tabel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modifikasi bola karet terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan hasil perhitungan T-test sebesar 2,694 dan dibandingkan dengan T-tabel 2,000.
HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN FUTSAL Gugun Gunawan
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.839 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1496

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola pada permainan futsal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) futsal sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Adanya hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar  49%. 2) Adanya hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar 38%. 3) Adanya hubungan yang signifikan antara power tungkai dan kelincahan secara bersama-sama dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar 68,89%. Untuk itu atlet harus melakukan latihan-latihan yang dapat meningkatkan power tungkai dan kelincahan agar dapat meningkatkan keterampilan menggiring bola.
PENGARUH PENGGUNAAN MODIFIKASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG Fahrudin Fahrudin; Ega Trisna Rahayu
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.171 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1727

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian  eksperimen, eksperimen adalah suatu cara untuk mengungkapkan suatu hubungan antara dua variabel atau lebih dan juga untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jumlah populasi berjulmah 4 kelas yang berjumlah siswa 120 orang. Sampel penelitian akan merendom mengambil 1 kelas untuk kelompok eksperimen dan 1 kelas akan diambil menjadi kelas control, yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu minimnya sarana  dan prasarana pendidikan jasmani yang dimiliki sekolah-sekolah, menuntut guru pendidikan jasmani  untuk lebih kreatif dalam memberdayakan dan mengoptimalkan  penggunaan sarana dan prasarana yang  ada. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada tetapi disajikan dengan cara yang lebih menarik, sehingga anak merasa senang mengikuti pelajaran penjas karena termotivasi dengan sarana yang dimodifikasi oleh guru yang diberikan untuk kelancaran jalannya pembelajaran  pendidikan jasmani di sekolah. Diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil pretest 47,2 dan postes sebesar 79 pada kelas eksperimen. Sehingga terlihat adanya suatu peningkatan motivasi belajar siswa  dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dengan kriteria motivasi dari rendah menjadi tinggi.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN Sarja Wiguna
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.06 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1734

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan servis atas bola voli pada siswa kelas VII MTs Annur Lemahabang Karawang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan dengan jumlah sampel 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Dalam keterampilan servis atas ini menggunakan modifikasi permainan berupa; hulahoop; tali; bola karet; net; cons; untuk mencapai tujuan keterampilan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan modifikasi permainan pada siklus I diperoleh hasil 61,54% dengan jumlah 16 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 38,46% dari 10 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 74,3% pada siklus II diperoleh hasil 84,60% dengan jumlah 22 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 15,4% dari 4 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 78,8% Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan servis atas bola voli dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII di MTs Annur Lemahabang Karawang.
Biografi Prestasi Suryo Agung (Manusia Tercepat Asia Tenggara) Deni Maulana Suwanta; Achmad Sofyan Hanif; Widiastuti Widiastuti
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.662 KB) | DOI: 10.35706/speed.v2i1.2221

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bertujuan menggali secara detail dan mendalam mengenai kisah perjalanan hidup Suryo Agung serta menghasilkan catatan rekam jejak seorang atlet yang dapat memotivasi banyak orang yang selanjutnya. Penelitian dimana lokasi tempat pelaku dan (individu) berinteraksi dalam suatu aktvitas bersama. Dimana peneliti akan banyak bertemu dengan informan atau narasumber sehingga mempermudah peneliti dalam mengamati serta mendapatkan informasi yang akurat tentang tokoh yang di teliti,. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif peneliti meneliti berdasarkan pengalaman penelitinya serta guna untuk mengumpulkan data dan menganalisis data. Prosedur penelitian Observasi, Wawancara mendalam dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini  menunjukna bahwa Faktor yang berperan dalam pencapaian Prestasi Suryo Agung adalah faktor Keluarga dan Lingkungan. yang baik dimana Kedua orang Tua Suryo Agung dari semenjak kecil sudah mengajarkan Pendidikan karakter pada Suryo Agung. yang dimana akan di implemtasi oleh diri sendiri dalm mengambil suatu tindakan ataupun keputusan  dalam membentuk suatu pembiasaan diri sendiri secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik dan berpretasi dimasa depan
Penerapan Permainan Modifikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pasing Bawah Bola Voli Muhamad Rifqi
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/speed.v2i1.2227

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian tindakan untuk meningkatkan keterampilan pasing bawah bola voli siswa ekstrakulikuler  SMP Satap Kabupaten Karawang, dengan jumlah 20 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam latihan pasing bawah ini menggunakan permainan modifikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa tes keterampilan pasing bawah; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan pendekatan taktis pada siklus I diperoleh hasil 56,75% dengan jumlah 12 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 43,75% dengan jumlah 8 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 74. Pada siklus II diperoleh hasil 81,25% dengan jumlah 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dan 18,75% dengan jumlah 7 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 81 untuk pasing bawah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan modifikasi dapat meningkatan keterampilan pasing bawah siswa ekstrakurikuler pasing bawah SMP Satap Kabupaten Karawang.
PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA Sumbara Hambali
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.295 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1500

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media meja yang di modifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya. Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya.
PENGARUH SIKAP GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI Fahrudin Fahrudin
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.083 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1495

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Sikap Guru dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Guru penjas dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survai dengan pengujian persyaratan analisis jalur dengan bentuk kuisioner. Jumlah populasi penelitian 256 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15% dari keseluruhan jumlah populasi yaitu 38 orang siswa kelas X SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Dari hasil analisis data besarnya pengaruh secara bersama-sama antara variabel Sikap guru (X1) dan iklim organisasi (X2) terhadap Motivasi belajar (X3)  adalah 99,6% dan dampaknya kepada prestasi belajar siswa (Y) adalah 94,67% kontribusi secara bersama-sama variabel X1 dan X2 terhadap X3 dan dampaknya kepada Y dapat dibuat persamaan  X3 = ? x3x1 X1 + ? x3x2 X2 + ?1 dan Y =  ? yx3 . X3 + ?2  di dapat hasil persamaan X3 = 0,995 X1 + 0,014 X2  + 0,063 dan Y= 0,973 X3 + 0,164. Berdasarkan hasil perhitungan untuk variabel sikap guru terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang berarti antara sikap guru dengan motivasi belajar siswa di SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pada variabel iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? > nilai ?. Jadi 0,218 > 0,05 maka H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh yang berarti antara iklim organisasi dengan motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai r < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi secara simultan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Dari perhitungan kausal pengaruh sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar dan berdampak pada prestasi belajar pendidikan jasmani siswa, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru, iklim organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa  di SMAN 4 Tambun Selatan.
PENGGUNAAN MODIFIKASI ALAT BARET (BALOK KAYU DAN KARET) TERHADAP HASIL BELAJAR KAYANG MAHASISWA Muhammad Mury Syafei
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1127.785 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran di perguruan tinggi Universitas Singaperbangsa Karawang pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dengan memodifikasi sebuah alat BARET (Balok Kayu dan Karet) untuk pembelajaran Kayang. Karena pada mata kuliah pembelajaran senam dan ritmik membutuhkan suatu alat bantu untuk proses pembelajarannya terutama untuk sikap kayang yang membutuhkan kelenturan togok. Maka dari itu peneliti mencoba mengaplikasikan alat hasil modifikasi ini. Apabila alat tersebut efektif maka akan digunakan untuk proses belajar pada mata kuliah senam dan Ritmik di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Semester III Universitas Singaperbangsa Karawang. Setelah melalui proses penelitian Action Research (Tindakan yang dilakukan di Lapangan/Gedung Olahraga) penggunaan alat BARET ternyata memberikan hasil terhadap peningkatan pembelajaran senam sikap kayang, karena alat BARET sangat mudah, sederhana dan efektif dalam penggunaanya dan bahan untuk membuatnya pun sangat banyak didapat. Sehingga dapat dilihat dari peningkatan persiklus Prasiklus 56,4 Siklus 1 68,76 Siklus 2 78,76 peningkatan menunjukan ke efektifan alat BARET tersebut untuk digunakan dalam proses perkuliahan. 
GERAK DASAR LAY UP SHOOT PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PSI (PERSONALIZED SYSTEM INTRACTION) Silvy Juditya
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.335 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya Model Personalized System Intraction dengan menggunakan modul bergambar terhadap hasil keterampilan gerak dasar lay-up shoot. Metode penelitian yang digunakan adalah Praeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TEI A (Teknik Elektronika Industri) dan TEI B (Teknik Elektronika Industri) SMKN 1 CIMAHI yang berjumlah 73 orang. Sampel penelitian ini diambil dari populasi yang diberikan kuisioner gaya belajar, yaitu sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil dari expert judgment dari para ahli dan uji coba. Analisis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan rumus uji non parametik jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) dengan hasil yang di dapat T (15)<  (81) maka  ditolak. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre test sebesar 13,6 dan nilai rata-rata hasil post test sebesar 18,4. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Personalized System Intraction menggunakan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar lay up shoot kanan bola basket.

Page 1 of 11 | Total Record : 109