cover
Contact Name
Selinaswati, S.Sos. M.A., Ph.D
Contact Email
selinaswati@fis.unp.ac.id
Phone
+6285265209272
Journal Mail Official
socius@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education
ISSN : -     EISSN : 24428663     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education (E-ISSN: 2442-8663) is a Scientific Journal published by Universitas Negeri Padang in in collaboration with Perkumpulan Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI), discussing educational, social and cultural phenomena that are in the midst of society. In addition, the journal Socius also provides new thoughts related to concepts and theories that exist in education, sociology, and anthropology.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa" : 5 Documents clear
TRADISI AIA KUBAH PADA MASYARAKAT LUBUAK LANDUA KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT Dendy Marta Putra
SOCIUS Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v5i2.82

Abstract

Abstrak Artikel ini menggambarkan tentang nilai sosial keaagamaan dalam tradisi Aia Kubah. Tradisi Aia Kubah sebelumnya merupakan bentuk dari tradisi ziarah secara syariat Islam, namun dalam pekembangannya tradisi ini mengalami perubahan dalam pelaksaanaanya, yaitu adanya tradisi Aia Kubah, tradisi ini dilakukan dengan cara menggunakan Aia Kubah untuk memenuhi setiap permintaan para peziarah yang ada di makam para syekh. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terlibat (observasi partisipasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa tradisi Aia Kubah ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap syekh-syekh yang telah meninggal dunia, adanya nilai-nilai yang dianggap keramat dari air makam merupakan bentuk kepercayaan masyarakat di Lubuak Landua terhadap sesuatu yang gaib, tradisi yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat di Luabuak Landua, maka masyarakat mempertahankannya.
NEGARA VIS-À-VIS JEMAAT AHMADIYAH: DOMINASI YANG TAK KONSTAN Mahbib Khoiron
SOCIUS Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v5i2.124

Abstract

Penelitian ini mengamati praktik dominasi oleh institusi negara di tingkat lokal terhadap jemaat Ahmadiyah. Dominasi dilihat sebagai proses dengan memperhatikan kompleksitas relasi aktor-aktor yang terlibat di dalamnya. Melalui pendekatan kualitatif, terlihat bahwa negara dan masyarakat sejatinya bukan dua entitas yang diskret, dan yang satu selalu mendominasi yang lain. Kaburnya batas antara keduanya, ditambah perlawanan JAI yang khas, menjadikan praktik dominasi oleh negara tak selalu berjalan mulus. Inilah yang membuat JAI di berbagai tempat bisa menjalankan “normalitas” kehidupan—tidak melulu dalam kondisi terpuruk sebagaimana disimpulkan sebagian peneliti. Sebagian besar JAI tidak hanya eksis tapi juga tumbuh secara populasi.
RELASI KEKUASAAN DALAM SEKTOR EKONOMI INFORMAL: SUATU DIALEKTIKA KONTROL Mayang Puti Seruni; Rusliwa Somantri
SOCIUS Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v5i2.126

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan bagaimana relasi antar aktor pada sektor ekonomi informal berada di dalam suatu dialektika kontrol.Sektor informal memiliki dua sisi: merupakan representasi dari kebebasan aktor ekonomi (agensi) sekaligus sebagai simbol dari praktik dominasi (melalui reproduksi struktur dan sistem sosial). Reproduksi struktur dominasi yang tidak seimbang disebabkan oleh ketimpangan distribusi sumber daya dan mobilisasi bias di dalam produksi rules (aturan) di dalam interaksi antar aktor pada sektor ekonomi informal secara khusus,dan sistem sosial secara umum. Implikasi dari produksi dan reproduksi praktik sosial dalam kerangka struktur yang demikian adalah langgengnya eksklusi sosial dan deprivasi yang dialami baik oleh pemulung maupun bandar lapak. Untuk memahami proses yang demikian, penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (tidak tersruktur), diskusi terarah, observasi, dan semi-partisipatoris.
PERILAKU DAN SIKAP WARGA TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI BANTARAN CILIWUNG Dian Maulana; Afrizal Afrizal; Irsan Ryanto
SOCIUS Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v5i2.116

Abstract

Arus urbanisasi ke Jakarta membuat kondisi bantaran Ciliwung semakin memprihatinkan. Para pendatang yang rata-rata kurang berpendidikan dan berpenghasilan rendah, terpaksa tinggal di sepanjang Bantaran sungai yang memang masih kosong. Banyaknya permukiman kumuh di Jakarta menyebabkan bantaran Ciliwung beralih fungsi menjadi "tempat pembuangan sampah". Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara sikap dan perilaku warga terhadap pengelolaan sampah di Bantaran Ciliwung, Manggarai-Tebet, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif pada penelitian berorientasi kewilayahan pada ruang yang sempit dengan tingkat variasi yang rendah menggunakan skala Likert, Uji Koefisien Regresi Parsial (Uji t) dan Uji Koefisien Regresi Secara Bersama-Sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan 1) perilaku warga terhadap pengelolaan sampah di bantaran Ciliwung termasuk kategori tidak baik dengan nilai rata-rata 1.1 NC; 2) sikap warga terhadap pengelolaan sampah di bantaran Ciliwung termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,0 NC; dan 3) koefisien korelasi antara variabel perilaku dan sikap warga dengan pengelolaan sampah rxy sebesar 0,569. Hubungan yang signifikan dan positif antara perilaku dan sikap warga dengan pengelolaan sampah dari hasil penelitian ini dapat kita artikan bahwa perilaku dan sikap warga berpengaruh terhadap pengelolaan sampah. Temuan penelitian ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan warga maka akan semakin baik pula dalam pengelolaan sampah di bantaran Ciliwung.
PERKEMBANGAN KOGNITIF, BAHASA DAN PERKEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Hendra Naldi
SOCIUS Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v5i2.110

Abstract

Tulisan ini menganalisis proses perkembangan pembelajaran yang dilalui anak yang dibagi dalam tiga tahapan penting yakni perkembangan kognitif, perkembangan bahasa dan perkembangan sosioemosional. Karena setiap anak memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, maka dalam tiga proses perkembangan yang saling berinteraksi, diperlukan sekali kemampuan guru untuk mengimplementasikannya dalam setiap proses pembelajaran. Guru yang paham dengan perkembangan siswanya akan memberikan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi siswanya tersebut sehingga perkembangan kognitif, bahasa dan emosional semakin berkembang dengan baik. Tulisan yang menggunakan metode studi pustaka ini menyarankan agar guru dapat menjadi motivator dan fasilitator sehinggga guru dapat mendorong perkembangan ketiga aspek ini dalam pembelajaran. Pendekatan yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran terkait dengan perkembangan kognitif, bahasa dan sosioemosional siswa adalah pendekatan konstruktivis, pembelajaran kelompok, dan pembelajaran pengaturan diri. Selain itu ketiga aspek ini juga dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan bimbingan rohani.

Page 1 of 1 | Total Record : 5