cover
Contact Name
Winda Amelia
Contact Email
winda.amelia@trilogi.ac.id
Phone
+6289685732459
Journal Mail Official
inovasi.pgsd@trilogi.ac.id
Editorial Address
Jl. TMP. Kalibata No. 1, Jakarta Selatan 12760
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 25490591     EISSN : 26151960     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school.
Articles 82 Documents
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI Hetty Agustina; Sumarni Sumarni; Sunaryanto Sunaryanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v3i1.289

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk multimediainteraktif dalam pembelajaran tematik Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari. Model pengembangan produk menggunakan model ASSURE. Model ini dipilih karena sesuai dengan penelitian pengembangan ini yang menggunakan konsep teknologi dalam membuat produk berupa multimedia interaktif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia interaktif yang memiliki kevalidan, kemenarikan, keefektifan dan kepraktisan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan produk diperoleh hasil 77% yang masuk kategori “valid”, kemenarikan produk diperoleh hasil 97% yang masuk kategori “sangat menarik”, keefektifan produk diperoleh hasil 91% yang masuk kategori “sangat efektif”, dan kepraktisan produk diperoleh hasil 90% yang masuk kategori “sangat praktis”. Kata Kunci:multimedia interaktif, pembelajaran tematik,ASSURE
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS II SEKOLAH DASAR Winda Amelia; Robiatul Munajah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v3i1.294

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca melalui media big book tema bermain di lingkunganku untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dan apakah menggunakan media big book tema bermain di lingkunganku dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Parumasan Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan selama 12 kali pertemuan. Adapun langkah-langkah metode penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart yaitu meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Sebelum melakukan penelitian, diadakan penelitian pra tindakan untuk mengetahui hasil prosentase awal keterampilan membaca siswa kelas II SDN Parumasan Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Sehingga dapat diketahui seberapa peningkatan yang terjadi antara sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan baik dalam siklus I maupun siklus II. Keterampilan membaca siswa dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui media big book. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelas pada pra tindakan sebesar 34,89%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkat rerata kelas menjadi sebesar 54,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,03%. Kata Kunci : Keterampilan Membaca, Media Big Book, Siswa Kelas II Sekolah Dasar
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V A SDIT INSAN UTAMA PEKANBARU Lucy Lucyana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v3i2.404

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktif siswa dalam proses pembelajaran PKn, siswa tidak melakukan sesuatu untuk mengembangkan dirinya dan rasa ingin tau siswa cenderung kurang terhadap materi pembelajaran. Hal ini disebabkan guru kurang melibatkan siswa saat mengajar dan guru tidak menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan model pembeajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one group pretest posttest dengan subjek penelitian siswa kelas VA SDIT Insan Utama Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VA di SDIT Insan Utama Pekanbaru. Terlihat dari rata-rata yang diperoleh siswa pada tes awal (pretest) yaitu 55,90 dan mengalami peningkatan pada tes akhir (posttest) menjadi 78,40 dengan rata-rata peningkatan 0,49 termasuk interpretasi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa dengan mengimplemntasikan model pembelajaran pembelajaran barbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Pkn  Abstrack : This research is motivated by the lack of active students in the process of learning civic education, students do not do something to develop themselves and curiosity students tend to lack of learning material. This is because teachers do not involve students when teaching and teachers do not apply learning models that can make students active. This study aims to determine the improvement of student learning outcomes before and after being given treatment with a problem-based learning model. This type of research is quantitative research with experimental methods and the design of one group pretest posttest with research subjects in class VA SDIT Insan Utama Pekanbaru. The results of this study indicate that an increase in learning outcomes of V A class citizenship education at SDIT Insan Utama Pekanbaru. It can be seen from the average obtained by students in the initial test (pretest) that is 55.90 and has increased in the final test (posttest) to 78.40 with an average increase of 0.49 including moderate interpretation. This shows that by implementing problem-based learning learning models can improve learning outcomes of student citizenship education. Keywords : Problem-Based Learning Model, Results Of Learning For Citizenship Education
MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Rossi Iskandar
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 02 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v1i02.102

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil SDN 1 Ciamis berjumlah 36 orang, Metode Penelitian yang digunakan yaitu Action Reseach, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. yang diawali dengan suatu perencanaan pembelajaran dan dilanjutkan dengan tindakan di kelas serta refleksi terhadap tindakan dan perencanaan awal setelah pembelajaran, hasil penelitian diperoleh kenaikan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang ditunjukkan dari hasil belajar siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II. Pada Pra Siklus, nilai rata-rata siswa hanya 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 25%. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 27%. Siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 78%. Kata Kunci : Metode Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar,Pendidikan                                         Pancasila dan Kewarganegaraan
MENUMBUHKAN KREATIVITAS CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA Rida Fironika Kusumadewi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 02 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v1i02.109

Abstract

Abstrak: Perkembangan dunia abad 21 yang ditandai dengan ilmu dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran menuntut para guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Teknologi yang begitu pesat telah mendatangkan berbagai temuan baru yang dapat diadopsi untuk diterapkan dalam bidang pendidikan. Perkembangan–perkembangan yang begitu pesat dalam teknologi berkaitan dengan bagaimana kreativitas guru dalam mengajar. Terlebih bagi calon guru, mereka harus menguasai dan memahami perkembangan yang ada melalui praktik mengajar. Untuk menciptakan kreativitas dalam pembelajaran, calon guru harus mampu membuat suatu karya dari bahan yang ada, mengusulkan suatu kegiatan baru didalam kelas dan melakukan tindakan-tindakan untuk membuat kelas menjadi sesuatu yang nyaman. Ketika calon guru mampu menciptakan kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran, maka segala bentuk media yang diterapkan akan berfungsi dengan baik, karena media sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Permainan ular tangga merupakan suatu media yang sangat menarik apabila dikaitkan dengan proses belajar mengajar. Namun dalam pelaksanaan dan mekanisme pembelajaran menggunakan permainan, calon guru harus memahami terlebih dahulu bagaimana proses pembelajaran yang akan diterapkan melalui praktik mengajar, sehingga suasana kelas proses belajar mengajar menjadi menyenangkan.Kata Kunci: kreativitas, media permainan
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD SEKECAMATAN KOTAAGUNG KAB.TANGGAMUS Nopiana Nopiana; Suryadi Suryadi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v2i01.115

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Karta Kecamatan Kotaagung Timur Tanggamus pada semester satu tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANOVA) dua jalan dengan desain treatmen by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga, (2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika, (3) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga, (4) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih rendah daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dan kemandirian belajar dapat meningkatkan kemampuan matematika.Kata Kunci :  Media Pembelajaran, Media Interaktif, Alat Peraga, Kemandirian Belajar, Kemampuan Matematika.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SD NASIONAL SATU KOTA BEKASI Handayani, Dwi Maria; Nurjannah, Nurjannah; Situmorang, Robinson
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v2i02.124

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Sd Nasional Satu Kota Bekasi, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan 2 x 2 factorial design. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual lebih tinggi dari skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi bila menggunakan media pembelajaran audio visual, (4) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi menggunakan media pembelajaran konvensional.Kata Kunci: media pembelajaran, kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis
PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY: IPA DI SEKOLAH DASAR Rossi Iskandar; Intan Kusmayanti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v2i02.129

Abstract

Abstrak : Pada dasarnya, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi saintifik dan mengembangkan kemampuan mengelola alam dengan baik. Untuk menyelaraskan keterkaitan antara sains, teknologi serta hubungannya di tengah masyarakat maka sebaiknya dirancang suatu desain dan aplikasi pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan  sains teknologi masyarakat atau Sciene Technology Society. Pembelajaran sains dengan pendekatan Science Technology Society berarti menggunakan teknologi sebagai penghubung antara sains dan masyarakat. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan STS dimunculkan isu atau masalah lebih dahulu yang digali dari pendekatan kontruktivis. Dengan demikian peserta didik akan terlatih peduli terhadap lingkungan, sadar terhadap dampak positif dan negatif suatu teknologi, menyadari adanya nilai yang dianut dalam masyarakat, kreatif dalam mencari masalah dan penyelesaian masalah. Kemampuan ini sering dikatakan merupakan efek iringan dalam belajar sains.Keyword : Pendekatan, Science, Technology, Society
NILAI KARAKTER DALAM BUDAYA PACU JALUR PADA MASYARAKAT TELUK KUANTAN PROVINSI RIAU Hendri Mahardi; Erlisnawati Erlisnawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v1i1.280

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membahas Nilai Karakter dalam Budaya Pacu Jalur di masyarakat Teluk Provinsi Kuantan Riau. Data yang digunakan dalam pembahasan terkait dengan karakter dalam budaya Nilai Pacu Jalur di masyarakat Provinsi Teluk Kuantan Riau dikumpulkan melalui kajian literatur yang berkaitan dengan budaya Pacu Jalur. Budaya Pacu Jalur adalah perlombaan perahu dayung berukuran ± 40 meter yang telah berlangsung lama. Dalam budaya Pacu Jalur ada nilai karakter yang baik dan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yang terkait dengan konsep moral: mengetahui sikap moral, moral, dan perilaku moral. Karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang yang baik, keinginan untuk berbuat baik dan melakukan sesuatu yang baik dengan kebiasaan cara berpikir, kebiasaan dan adat istiadat di jantung tindakan. Berdasarkan hasil pembahasan dari nilai-nilai karakter yang terkandung dalam budaya Pacu Jalur masyarakat Teluk Kuantan Provinsi Riau, antara lain: (a) nilai karakter religius, (b) nilai-nilai karakter kerja sama dan saling membantu, (c) nilai-nilai karakter tanggung jawab, (d) nilai disiplin karakter, (e) nilai-nilai karakter kerja keras, (f) nilai-nilai karakter persatuan, (g) nilai-nilai karakter sportif, dan (h) nilai dari ramah karakter / komunikatif. Nilai karakter sangat penting bagi kehidupan di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional dan global.Kata kunci: Nilai Karakter, Budaya, Pacu Jalur
PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN TEKNIK IMITASI MAHASISWA JURUSAN PGSD SEMESTER GANJIL UNIVERSITAS TRILOGI JAKARTA Oktariyani Oktariyani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jipgsd.v4i2.684

Abstract

Speaking learning with Imitation technique is an action in imitating words or sentences that are appropriate to the native speaker. This imitation technique consists of the stages of listening and reading, listen and imitate, and time to shadow. The purpose of this learning technique is to know how effective this technique is in improving students' speaking skills in the PGSD University Trilogy Department. The method used in this study is descriptive qualitative. Analysis of research data was carried out in three ways, namely data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed that the research subjects experienced difficulties in the process of speaking with imitation techniques, namely at the read and imitate stage there were 15 students and the time to shadow stage there were 28 students.