cover
Contact Name
Budi Hermawan
Contact Email
-
Phone
+6281703408296
Journal Mail Official
info@kdi.or.id
Editorial Address
Jl. Flamboyan 2 Blok B3 No. 26 Griya Sangiang Mas - Tangerang 15132
Location
Kab. tangerang,
Banten
INDONESIA
eCo-Buss
ISSN : 26224291     EISSN : 26224305     DOI : https://doi.org/10.32877/eb
Core Subject : Economy, Science,
Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various social aspects.
Articles 283 Documents
Konversi Faktor Penerimaan Audit Teknologi oleh Kantor Akuntan Publik di Indonesia Menggunakan Kerangka Kerja I-TOE Lia Dama Yanti; Yunia Oktari
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.352 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.10

Abstract

Banyak bisnis sekarang beralih ke e-bisnis dan menerapkan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi. Fenomena ini telah berdampak pada profesi audit TI, audit laporan keuangan dan penelusuran dokumen sumber elektronik. Computer Assited Auditing Techniques and Tools (CAATTs) adalah teknologi audit yang memungkinkan audit TI dilakukan secara efisien, efektif, dan mengurangi waktu audit. Namun, sedikit yang diketahui tentang adopsi CAATTs oleh kantor akuntan publik. Makalah ini menyajikan paradigma baru Individual-Technology Organization Environment (I-TOE) untuk menyelidiki penerimaan CAATTs di kantor akuntan publik. Ada celah yang ada di literatur sebelumnya yang diterima dari hanya auditor individu. Pandangan dan tidak membahas masalah baik dari perspektif organisasi maupun individu. Akibatnya, makalah ini memberikan kontribusi untuk memperluas literatur dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara organisasi dan faktor individu dalam meramalkan adopsi dan investasi. Kombinasi Teori Mempersatukan Penerimaan dan Penggunaan Teknologi (UTAUT= Unified Theory of Acceptance and Use of Technology), dan kerangka Organisasi-Lingkungan Teknologi (TOE=Technology Organization Environment) digunakan sebagai teori yang mendasarinya. Selain ini, tulisan ini sesuai dengan variabel-variabel baru dari risiko teknologi, kecocokan tugas teknologi, kesiapan organisasi dan komitmen manajemen puncak. Kerangka I-TOE berkontribusi pada kantor akuntan publik profesional yang perlu mengukur penerimaan untuk kemajuan profesi audit. Studi eksperimental di masa depan dapat dilakukan untuk memberikan bukti dan secara empiris memvalidasi kerangka I-TOE pada area lainnya.
Pengaruh Analisis Jabatan Dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Serang Neng Suhartini; Nafiudin -; Mila Sukrismas
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.685 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Analisis Jabatan dan Penempatan Pegawai terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk cabang Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini melibatkan Sebanyak 80 pegawai pada PT. Sumber Alfaria Trijaya,tbk cabang Serang Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan penyebaran kuesioner kepada seluruh anggota responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan ketentuan jika thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian SPSS V.16.0 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara analisis jabatan terhadap Kinerja Pegawai. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan ketentuan jika Fhitung>Ftabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian SPSS V.16.0 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara analisis jabatan dan Penempatan Pegawai terhadap Kinerja Pegawai. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian sebelumnya.
Pemeringkatan Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan Teknologi Informasi Pada Tahap Operasional Dengan Analytical Hierarchy Process Widjaya Djohan; Suryadi Winata; Agus Kusnawan
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.46 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.12

Abstract

Faktor keberhailan dalam penerapan teknologi informasi dari perspektif praktis terdiri atas penerapan tahap implementasi dan tahap operasional. Pada tahap operasional terdapat faktor-faktor antara lain; prosedur pelaksanaan dan dokumentasi system, pelatihan, pengendalian input, pengamanan data, prosedur pemulihan data dan program serta dukungan manajemen. Riset perlu dilanjutkan lagi dengan pemeringkatan tingkat kepentingan faktor-faktor yang dimaksud dalam rangka mempercepat implementasi dalam suatu perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan faktor terpenting dari ke enam faktor adalah metode proses analisis peringkat (hierarchy analytical process). Proses analisis peringkat atau AHP merupakan metode penentuan peringkat yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan manajemen (management decision making). Penelitian ini mengidentifikasi faktor terpenting dalam rangka mempercepat penerapan teknologi informasi dalam perspektif praktis. Sehingga harus dilakukan studi untuk mendapatkan faktor mana yang terpenting dari ke enam factor penentu keberhasilan tersebut. Berdasarkan analisis peringkat dihasilkan bahwa yang terpenting adalah faktor adanya dukungan manajemen. Artinya adanya dukungan manajemen dari tingkat yang terendah lower level atau middle level sampai dengan top level management adalah syarat mutlak berhasilnya penerapan teknologi informasi.
Actuating Sebagai Penyokong Produktivitas Kerja PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan Yenni Sofiana Tambunan
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.74 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.13

Abstract

Analisis yang dilakukan yaitu untuk mencari tahu pengaruh Actuating terhadap Produktivitas Kerja pada PT.PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan, sedangkan hipotesis yang diperoleh bahwa Actuating berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja pada PT.PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan. Populasi 45 orang dan sekaligus dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu Uji Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Regresi Linier Sederhana dan Uji t-statistik. Hasil Teknik analisis data yang diperoleh bahwa hubungan kuat Actuating terhadap Produktivitas Kerjan dengan koefisien korelasi diperoleh 0,683. Hasil koefisien determinasi sebesar 46,65% memberi arti bahwa Produktivitas Kerja dapat dipengaruhi oleh Actuating sebesar 46,56% dan sisanya sebesar 53,35% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan regresi linear sederhana diperoleh model persamaan Y = 14,036 + 0,664X menunjukkan kearah positif. Nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel yaitu 6,138 >2.0167, sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Snack Coklat Tobelo Pada PT. Bumi Tangerang Coklat Utama Bernadus Alvin Aprian; Adrian Hidayat
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.913 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.28

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda. Citra Merek dan Kualitas Produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen. Selain kedua faktor tersebut, masih terdapat faktor lainnya yang dapat mempengaruhi minat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah lingkungan Universitas Buddhi Dharma. Pengambilan sampel dengan jumlah 100 orang responden dilakukan dengan teknik sampling insidental. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis, uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, dan analisis koefesien determinasi (R²) dalam mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Tobelo di PT. Bumi Tangerang Coklat Utama, serta mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variable (X1) yaitu citra merek, berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable (Y) yaitu minat beli konsumen dengan nilai koefiesien sebesar 0,860 (cukup kuat). Variabel (X2) yaitu kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable (Y) minat beli dengan nilai koefisien sebesar 0,760 (cukup kuat). Variabel (X1) citra merek dan variable (X2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikan keduanya yang cukup kuat. Dari hasil uji F, model 1 didapat nilai 277.111 dan model 2 didapat nilai 162.894, dimana nilai tersebut lebih besar dari F tabel sebesar 3,09, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubunga positif antara variabel Citra Merek terhadap Minat beli konsumen. Dari hasil uji t didapat thitung Citra merek sebesar 9,028 dan thitung Kualitas produk sebesar 3.668, dimana nilai tersebut lebih besar dari 1,98447, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen.
Effect Of Work Conflict, Work Load, And Work Environment On Employees Work Stress (Case Study At Pt Indoraya Internasional Di Yogyakarta) FX Pudjo Wibowo; Mustofa Mustofa
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.351 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.29

Abstract

This study aims to examine the effect of work conflict, workload and work environment on the work stress of employees at PT Indoraya Internasional in Yogyakarta. The independent variables in this study are work conflict, workload, and work environment while the dependent variable in this research is work stress. Data collection methods were used by distributing questionnaires directly to PT Indoraya International employees in Yogyakarta. The analytical method used in this study uses the analysis of the coefficient of determination, multiple regression analysis F test and t test, using SPSS Version 20.00 based on data from 100 respondents studied. The results showed that work conflict, workload and work environment simultaneously had a significant influence on employee work stress and partially work conflicts, workloads, and work environment had a significant effect on employee work stress.
Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia, Infrastruktur Ekonomi Dan Social Capital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Lampung Timur Ahmad Mustofa; Dede Dede
eCo-Buss Vol. 1 No. 1 (2018): New Business Concept
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.738 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i1.30

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh sumber daya manusia, infrastruktur ekonomi, dan social capital terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini 2008-2017 dari 24 wilayah kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan menggunakan Analisis Panel Data. Hasil penelitian ini mendapati bahwa terdapat pengaruh antara jumlah usia produktif, infrastruktur jalan dan konsumsi listrik sedangkan untuk jumlah lulusan SLTA dan konsumsi air bersih penduduk tidak mempunyai pengaruh dengan pertumbuhan ekonomi di Lampung Timur. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Timur. Optimalisasi SDM dan usaha meningkatkan infrastuktur serta pemberdayaan social capital mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga akan mempengaruhi efesiensi dan kelancaran kegiatan ekonomi pada sektor lain
Peranan Kepemimpinan dalam Menin Peranan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Aceh Dedi Sufriadi
eCo-Buss Vol. 1 No. 2 (2018): Emerging Industries
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.043 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i2.31

Abstract

This study is about the function of leadership in improving the performance of employees at Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Aceh. source collection using two methods, namely library research and field study. Through field study, the researcher performs through two techniques, namely: observation that is the way source collection is done by looking and plunge directly into the routine that happened at it and through interviews, is by conducting interviews with the staff -staff at it. The results of the research found it employed 62 staffs. But the composition of greater of staff than the workload makes unperformances. There are still a number of employees who do not get a job clearly so that it allows them to spend time with activities that are not useful. Then the policy of placement and division of labor that is not done in a proesional also make the performance of employees at this Bureau still needs to be considered. In the midst of the rapidly changing work environment that influences employee's work behavior, Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Aceh needs qualified leaders so that issues related to employee behavior and performance can be resolved.
Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom Candra Wijayangka; Budi Rustandi Kartawinata; Bagus Novrianto
eCo-Buss Vol. 1 No. 2 (2018): Emerging Industries
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.671 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i2.34

Abstract

Minat berwirausaha merupakan pemusatan perhatian pada wirausaha karena adanya rasa suka dan disertai keinginan mempelajari, mengetahui dan membuktikan lebih lanjut terhadap wirausaha. Minat berwirausaha muncul karena adanya pengetahuan dan informasi mengenai kewirausahaan yang kemudian dilanjutkan untuk berpartisipasi secara langsung dalam rangka mencari pengalaman dan akhirnya timbul keinginan untuk memperhatikan pengalaman yang telah didapatkan tersebut. Serta mempunyai perasaan senang dan mempunyai keinginan untuk terlibat dalam kegiatan pengambilan resiko, untuk menjalankan bisnis atau usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang bisnis yang ada, dan menciptakan bisnis baru dengan pendekatan inovatif.Salah satu faktor yang mempengaruhi timbulnya Minat Berwirausaha adalah Motivasi Berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausahapada mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2015 Universitas Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah 74 mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2015 Universitas Telkom dengan metode pengambilansampel yaitu sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap Motivasi Berwirausahadalam kategori baik dengan skor 79,0%. Dan tanggapan responden terhadap Minat Berwirausaha dalam kategoribaik dengan skor 80,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah Motivasi Berwirausahaberpengaruh dan signifikan secara positif terhadap Minat Berwirausahadengan skor 43,5%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa dengan meningkatnya Motivasi Berwirusaha pada mahasiswaakan berpengaruh untuk meningkatkan Minat Berwirausaha.
Strategi Pemasaran Sepeda Motor Merek Honda Tipe Matic (Studi Kasus PT. HOHO Pekanbaru) Nia Anggraini
eCo-Buss Vol. 1 No. 2 (2018): Emerging Industries
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.142 KB) | DOI: 10.32877/eb.v1i2.35

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mengetahui kebijakan yang harus dilakukan perusahaan dalam meningkatkan pemasaran sepeda motor merek Honda tipe matic khususnya beat pada PT. HOHO Pekanbaru. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan informasi bagi pembaca dan bahan acuan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan masalah strategi pemasaran, serta sebagai pengembangan masa depan perusahaan distributor sepeda motor merek Honda. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha menggambarkan atau menganalisis suatu gejala, peristiwa yang terjadi pada masalah aktual atau pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat sebagaimana adanya, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Dalam metode deskriptif ini hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa faktual mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa PT. HOHO Pekanbaru telah berhasil mendistribusikan produknya berupa sepeda motor merek Honda beat tipe matic dari segi kelengkapan fungsi (fitur), desain, pilihan warna, keunggulan, dan daya tahan sangat unggul dan lengkap, telah berhasil menetapkan harga sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam persaingan dan biaya kemudian telah melakukan promosi produk dengan baik, seperti advertising, sales promotion, ataupun personal selling. PT. HOHO Pekanbaru juga dinilai sudah mampu bersaing secara sangat baik dari segi persaingan merek jika dibandingkan dengan merek sepeda motor lainnya.

Page 1 of 29 | Total Record : 283