cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 134 Documents
PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAANLINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN Rohani Rohani
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i2.1244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 2 Rantau Selatan setelah menerapkan strategi Think-Talk-Write. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penlitian adalah siswa SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang terdiri dari 31 siswa, 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan tes komunikasi matematika. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase perolehan nilai siswa pada siklus awal hasil dari 31 orang siswa Nilai rata-rata pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan pada tes kemamapuan komunikasi matematika siswa siklus I diperoleh sebesar 59,84 (cukup) dan pada tes kemampuan komunikasi matematika siswa siklus II diperoleh sebesar 79,03 (baik).ini berarti komunikasi matematika siswa dengan kategori 60%≤79,03%≤80% tercapai. Jadi diperoleh peningkatan rata-rata kelas sebesar 50,48. Pada tes kemampuan komunikasi matematika siswa siklus I, jumlah siswa yang diperoleh nilai tuntas (tingkat kemmapuan komunikasi matematika ≥ 75) ada sebanyak 2 oarang siswa (6,45 %) dan jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas pada tes kemampuan komunikasi matematika siswa siklus II ada sebnayak 28 oarang siswa (90,32%). Sehingga dikatakan tuntas secara kalsikal karena 90,32%≥85% dan diperoleh peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan nilai tuntas sebnayak 26 orang siswa (83,87%)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIPE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 2 TORGAMBA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Nuranni Hasmiah Nasution
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i2.1355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen (quasi eksperimen). Data yang diperoleh thitung = 6,466. Setelah membandingkan harga thitung dengan harga ttabel dengan taraf nyata α = 0,01 untuk daftar distribusi t diperoleh ttabel = 2,856, karena thitung tidak terletak diantara – 2,856 dan 2,856 maka Ho ditolak dengan kata lain Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa dengan menggunakan efektivitas pembelajaran cooperatipe intregrated reading and compocition (CIRC) untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada materi persamaan linear dua variabel di kelas X SMA Negeri 2 Tor gamba  Tahun Pelajaran 2017/2018.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA KOMPETENSI DASAR HIMPUNAN DAN ANGGOTA HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK KUO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Irma Yanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i1.1276

Abstract

Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Peningkatan Pembelajaran Himpunan dan anggota himpunan pada Siswa Kelas VII.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah penggunaan pendekatan RME dengan LKS, untuk meningkatkan pembelajaran himpunan dan anggota himpunan, serta menemukan kendala dan solusi pada penggunaan pendekatan RME dengan LKS. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Hasilnya menunjukkan bahwa, pendekatan RME dengan LKS memiliki dampak dalam meningkatkan pembelajaran Matematika tentang himpunan dan anggota himpunan pada siswa kelas VII SMP .
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING) KELAS XI SMA NEGERI 1 SILANGKITANG Rahma Muti'ah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) kelas XISMA Negeri 1 Silangkitang, dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian di ambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAFTIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 4 BILAH HULU Islamiani Safitri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1267

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan penalaran adaftip siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran adaftip siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi sisw SMP N 4 Bilah Hulu yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VIII T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SMP N 4 Bilah Hulu, Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat
PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG DIAJAR DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DAN METODE EKSPOSITORI PADA SUB POKOK PEMBAHASAN SPLDP DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 RANTAU UTARA Muhammad Yunus
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1290

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui apakah hasil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan metode pemecahan lebih baik dari yang diajar dengan metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Populasi penelitian dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara yang terdiri dari 280 orang siswa dan terdiri atas delapan kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara  random sample yaitu dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas secara acak dari delapan kelas yang ada, yang terambil adalah VIIIA sebanyak 36 orang siswa dan VIIIB sebanyak 36 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok sampel penelitian. Hasil analisis data penelitian diperoleh diperoleh thitung =1,7678< Ftabel . Pada dk = 70 dan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6689. Sehingga  thitung > ttabel (1,7678< 1,6689). Maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yaitu: kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan Metode pemecahan Masalah lebih baik kemampuan siswa yang diajar dengan Metode Ekspositori.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS VII MTS NUR-IBRAHIMY MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Eva Julyanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIMTs Nur-Ibrahimy serta mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Nur-Ibrahimy. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas dengan metode analisis data yaitu menggunakan rumus korelasi product momen dengan angka kasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I perlakuan model pembelajaran membahastentang materi menghitung besar sudut dalam segitiga dan instrumen yang dipakai adalah tes soal mengidentivfikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta mengobservasi pemahaman siswa. Siklus II sama dengan siklus I yaitu memberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar, dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I jika diamati dari hasil tes individu sebesar 72,72%. Sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus II jika ditinjau dari hasil tes individu sebesar 93,18%. Dan diperoleh juga peningkatan pemahaman belajar kategori baik dan pada siklus II mencapai 86,56% dalam kategori penilaian sangat baik. Dengan demikian hasil pemahaman siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus II meningkat dengan sangat memuaskan dan telah berhasil mencapai indikator keberhasilan.
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR Rahma Muti&#039;ah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i1.1281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Apakah ada Hubungan antara minat belajar, fasilitas belajar dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Marbau Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di SMP Negeri 2 Marbau Tahun Pembelajaran 2015/ 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 41 Siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan tes. Angket dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua. Sedangkan Nilai tes digunakan untuk mengungkap prestasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas VIII1 SMP Negeri 2 Marbau tahun pembelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil uji regresi ganda (Ry(1,2,3)) menunjukkan bahwa nilai Ry(1,2,3) sebesar 0,627 yang berarti, variabel Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua mempunyai pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Marbau tahun pembelajaran 2014/ 2015. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 NA.IX-X Sumberjo Sucen Mentari
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v4i1.1249

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Na. IX-X Sumberjo.. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan tipe uraian sebanyak 5 soal. Nilai siswa sebelum di beri perlakuan dengan Nilai Tertinggi 50, Nilai Terendah 24 dengan rataan 39. 35 dan standar deviasinya 6.424. Sedangkan setelah di beri perlakuan mengunakan model pembelajaran problem posing terdapat peninggkatan yaitu Nilai Tertinggi 55, Nilai Terendah 36 dengan rataan 57,21 dan standar deviasinya 8.534 Secara umum siswa kelas VIII3 setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN (PMR) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU Laili Habibah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i2.1240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran

Page 1 of 14 | Total Record : 134