cover
Contact Name
Rudi Ritonga
Contact Email
rudi_ritonga@trilogi.ac.id
Phone
+6285265868613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
JL. TMP. Kalibata No. 1 Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP)
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26147491     DOI : https://doi.org/10.31326/jmp-ikp
Core Subject : Education,
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian danpengabdian kepada masyarakat.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)" : 7 Documents clear
PSIKOEDUKASI REMAJA: KETIKA PINTAR SAJA TIDAK CUKUP Lita Patricia Lunanta; Reneta Kristiani; Aurelia Ardani
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.877

Abstract

Situasi pandemi turut memberikan dampak bagi remaja. Melalui kegiatan psikoedukasi terhadap remaja ini diharapkan dapat membantu remaja menggali kekuatan dan keterampilan yang bisa mereka terapkan dalam menyesuaikan diri dengan situasi pandemi. Kegiatan psikoedukasi ini membahas mengenai tantangan, kesempatan serta pilihan-pilihan yang dapat dilakukan remaja. Kegiatan dilakukan dalam bentuk seminar online dan diskusi dalam kelompok-kelompok kecil. Materi seminar online mencakup bahan mengapa remaja adalah generasi yang harus diselamatkan serta hal-hal yang mempengaruhi kehidupan remaja, antara lain kecerdasan emosi, proses pengambilan keputusan, serta bagaimana remaja dapat menjadi individu yang membawa pengaruh positif. Dalam diskusi kelompok kecil dibahas mengenai kondisi kepuasan hidup partisipan saat ini, sumber daya yang mereka miliki agar mereka dapat menjadi tangguh. Dari hasil evaluasi, sebagian besar peserta memberikan respon yang positif terhadap kegiatan psikoedukasi ini dengan rata-rata tingkat kepuasan 90,38%. Saran sebaiknya melakukan kegiatan psikoedukasi dengan topik mengenai remaja kepada orangtua dan guru. Untuk remaja dapat diberikan kegiatan psikoedukasi dengan topik yang berbeda, seperti manajemen stres, keterampilan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya, serta proses penerimaan diri sendiri, baik dari segi fisik, emosi dan sosial.     
DESA MANDIRI LESTARI: PENDATAAN KELUARGA DI DESA PASAREAN BOGOR Rossi Iskandar
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.878

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan adalah survey Pendekatan yang dilaksanakan adalah "bottom-up" dilakukan dengan cara partisifatif  untuk melihat fenomena secara lebih luas dan mendalam. Dari pendataan ini teridentifikasi bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat Desa pasarean 880 tergolong Pra sejahtera. sehingga perlu dikembangkan secara produktif dan efisien berbagai  potensi sosial ekonomi Desa Pasarean yang ada dengan melibatkan partisipasi total seluruh masyarakat, berbasis gotong royong. Selanjutnya dilakukan peningkatan sosio-ekonomi, pendidikan, teknologi dan bantuan lainya yang dapat Bertambah besarnya kemandirian dan kelestarian Desa Pasarean dalam penerapan Teknologi Tepat Guna.                                                     
PELATIHAN PEMBUATAN SURAT RESMI DI KARANG TARUNA RW 07 JATILUHUR, JATIASIH, BEKASI, JAWA BARAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS Ahmad Khoiril Anam; Hilda Hilaliyah; Siti Rokayah; Teguh Maulana
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.874

Abstract

Karang taruna merupakan wadah organisasi para pemuda di dalam masyarakat. Permasalahan yang kerap timbul dalam organisasi kemasyarakat, khususnya karang taruna adalah minimnya pemahaman aktivis remaja yang berkenaan dengan administrasi, khususnya cara penulisan surat resmi. Hal ini terjadi di Karang Taruna RW 07, Jatiluhur, Jatiasih, Bekasi, Salah satu bukti temuannya adalah masih terjadikesalahan dalam membuat surat resmi, khususnya surat keluar. Dengan demikian, pengabdiam kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota karang taruna dalam menyusun surat resmi yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya karang taruna RW 07, Jatiluhur, Jatiasih, Bekasi dalam hal tulis-menulis. Metode yang digunakan pada kegiatan ini, yaitu ceramah plus dan pelatihan. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini mampu meningkatkan keterampilan menulis surat resmi bagi para aktivis karang taruna RW 07, Jatiluhur, Jatiasih, Bekasi, khususnya sekretaris karang taruna tersebut.
SESI KEARIFAN LOKAL BERSAMA MURID SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DI KOTA SEMARANG, JAWA TENGAH Yudith Vega Paramitadevi; Henny Endah Anggraeni
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.879

Abstract

Banjir, kesulitan pasokan air bersih dan hilangnya spesies tertentu merupakan akibat yang timbul dari perubahan iklim. Semarang sebagai salah satu kota pesisir di Pulau Jawa juga memiliki kerentanan terhadap perubahan iklim. Terjadinya “rob” atau intrusi air laut ke daratan dan kekeringan berkepanjangan hingga menyebabkan pasokan air tanah berkurang merupakan isu pokok. Adaptasi perubahan iklim lambat laun perlu dilakukan agar isu-isu tersebut teratasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pendampingan adaptasi perubahan iklim yang berbalut kearifan lokal, bagi peserta didik di tingkat pendidikan dasar. Tujuan kegiatan pendampingan melalui program IPB Mengabdi adalah tercapainya tingkat kepahaman peserta didik terhadap kearifan lokal sebagai bentuk adaptasi iklim. Metode pendampingan dilakukan satu sesi, pelaksanaannya mulai dari tahap identifikasi media dan peserta didik, tahap implementasi dengan platform daring, dan tahap evaluasi untuk mengukur kepuasan guru terhadap materi pendampingan. Selama pelaksanaan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan dan antusias mengerjakan penugasan mandiri. Hasil survei kepuasan guru menunjukkan nilai likert sebesar 2 yang berarti puas terhadap materi yang disampaikan, guru dapat mengaplikasikan materi di kelas dan dapat berpartisipasi langsung dalam menilai tugas mandiri peserta didik. Kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali pada periode berikutnya, dengan metode penyampaian yang lebih menarik.
PELATIHAN CARA MUDAH DAN CEPAT MELAKUKAN EVALUASI DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE FORM Ervina Mukharomah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.875

Abstract

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah sejak pertengahan Mei 2020. Dengan adanya kebijakan ini membuat seluruh guru melakukan pembelajaran jarak jauh. Karena kebijkkan muncullah permasalahan yang diakibatkan tidak semua guru mahir menggunakan teknologi internet untuk penunjang kegiatan pembelajaran online dan perlu pendampingan dan pelatihan terlebih dahulu. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk  memperkenalkan google form dikalangan guru-guru sekolah dasar di pedesaan seperti di SDN 3 Makarti Jaya ini. Tujuan khusus kegiatan ini yaitu pelaksanaan evaluasi siswa di masa pandemic ini lebih praktis. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan menmggunakan media online. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan pelatihan. Sosialisasi lakukan dengan tujuan memperkenalkan apa itu google form, bagaimana kelebihan google form dan bagaimana pemanfaatannya. Hasil kegiatan diraskan manfaat bagi guru-guru serta keberhasilan kegiatan abdimas ini dalam katergori berhasil
PEMBERDAYAAN LANSIA DALAM MENGATASI HIPERTENSI DENGAN TERAPI ISOMETRIC HANDGRIP EXERCISE DI KELURAHAN LIMO KOTA DEPOK Tatiana Siregar; Diah Ratnawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.880

Abstract

Lansia mengalami proses penuaan yang dapat memperburuk kebugaran fisiologisnya secara progresif serta mengakibatkan risiko terkena penyakit. Salah satu penyakit lansia adalah hipertensi tetapi lansia dapat mengontrol tekanan darahnya dengan intensitas aktifitas fisik yang cukup dimulai dengan program aktifitas fisik yang ringan. Tujuan aktifitas fisik ringan untuk menghindari naiknya tekanan darah akibat respon vasovagal yang terjadi selama kontraksi otot isometrik terus-menerus. Oleh karena itu, diperlukan Isometric Handgrip Exercise yang merupakan bentuk latihan statis yang terjadi bila otot berkontraksi tanpa adanya perubahan pada panjang otot atau pergerakan sendi yang terlihat. Kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) dimulai dengan pengkajian data awal lansia dan menggali permasalahan terjadinya hipertensi. Data yang didapatkan oleh Tim Abdimas, menjadi bahan awal dalam mempersiapkan materi pendidikan kesehatan Hipertensi dan pelatihan Terapi Isometric Handgrip Exercise. Kemudian dilaksanakan pendidikan kesehatan tentang Kesehatan Lansia dengan Hipertensi, tujuan dan manfaat teknik Terapi Isometric Handgrip Exercise, serta latihan cara melakukan Terapi Isometric Handgrip Exercise, serta mengukur tekanan darah lansia berkelanjutan setiap habis melakukan Terapi Isometric Handgrip Exercise. Hasil kegiatan abdimas, ada perbedaan signifikan nilai Tekanan Darah antara sebelum dan sesudah diberikan Handgrip Exercise, dengn p value sebesar 0,000 pada CI 95%. Saran agar Isometric Handgrip Exercise dapat diterapkan oleh para lansia dengan Hipertensi secara rutin setiap hari selama 15 menit. 
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TIUDAN TULUNGAGUNG DALAM MENGURANGI SAMPAH ORGANIK DENGAN BANTUAN LALAT BLACK SOLDIER FLY Junaidi Junaidi; Mariyono Mariyono; Sri Yunaning
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i1.876

Abstract

Sampah rumah tangga khususnya sampah dapur selalu menjadi masalah lingkungan yang tak pernah selesai.  Desa Tiudan, Tulungagung merupakan salah satu desa yang memiliki permasalahan dalam menangani sampah dapur, sehingga diperlukannya suatu solusi pemecahan dalam meminimalisir sampah dapur. Larva lalat Black Soldier Fly atau lalat BSF dapat membantu penguraian sampah organik melalui proses dekomposisi yang menghasilkan cairan berupa pupuk organik cair setelah diinkubasi selama 10-14 hari. Tujuan dan sasaran dari kegiatan ini yaitu memperdayakan masyarakat Desa Tiudan, Tulungagung dalam pengurangan sampah rumah tangga khususnya sampah dapur menjadi pupuk organik cair (POC). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu 1. Demo dan Pelatihan pembuatan desain alat, 2. Sosialisasi serta pendampingan masyarakat dalam menjalankan prosedur kegiatan. Luaran yang dicapai dari kegiatan ini yaitu meningkatnya partisipasi serta kesadaran masyarakat dalam pengolahan sampah organik (khususnya sampah dapur) menjadi pupuk organik yang bernilai ekonomis sehingga membantu perekonomian rumah tangga ditengah pandemi ataupun dapat digunakan secara pribadi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7