cover
Contact Name
Rudi Ritonga
Contact Email
rudi_ritonga@trilogi.ac.id
Phone
+6285265868613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
JL. TMP. Kalibata No. 1 Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP)
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26147491     DOI : https://doi.org/10.31326/jmp-ikp
Core Subject : Education,
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian danpengabdian kepada masyarakat.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)" : 9 Documents clear
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI MATH CITY MAP PADA FORUM MGMP WILAYAH II POLMAN Ana Muliana; Sitti Inaya Masrura; Adinang Adinang; Ishak Ishak
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1735

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan. Guru sebagai pelaku utama pendidikan harus mampu melakukan inovasi dan menerapkan kemajuan teknologi agar pembelajaran menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Proses pembelajaran dalam pembelajaran Abad 21 memerlukan kemampuan guru dalam bidang teknologi, terutama dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang mudah dan menarik.  PKM ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran matematika dengan memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran kepada guru aplikasi Math City Map. Hal ini dilandasi karena kurangnya pemahaman guru matematika terkait penggunaan media pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Sehingga, pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi Math City Map pada Forum MGMP Wilayah II Polewali Mandar merupakan alternatif solusi yang ditawarkan. Hasil pelatihan dan pendampingan ditemukan antusiasme guru dan respon guru sangat baik, hal ini ditunjukkan keaktifan guru dalam bertanya dan guru dapat mendesain media pembelajran sesuai dengan kreasi guru masing-masing yang lengkap dan kreatif
PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN MASYARAKAT DALAM TATA KELOLA DAN PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA Kartini Kartini; Idfi Setyaningrum; Ramdan Hidayat
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1742

Abstract

Warga RT 02 RW 04 Kelurahan Penjaringansari Surabaya merupakan masyarakat urban yang telah menyadari pentingnya menjaga kesehatan individu dan kelompok, salah satunya diwujudkan melalui penanaman tanaman obat dalam bentuk Taman Obat Keluarga (TOGA). Namun demikian, warga memiliki permasalahan terkait tata kelola TOGA dan diversifikasi bentuk olahannya. Program pendampingan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga RT 02 RW 04 Penjaringansari terkait tata kelola TOGA dan pengolahan TOGA. Metode yang digunakan pada program ini pendampingan, dimana kegiatan terbagai dalam dua tahap yaitu penyuluhan tata kelola TOGA dengan metode ceramah interaktif dan pelatihan pembuatan minuman serbuk instan “pokak” dengan praktek langsung. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan mitra dari sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu sebesar 69%, sementara itu ketrampilan mitra dalam mengolah TOGA meningkat dari 1 bentuk (cairan) menjadi 2 bentuk (cairan dan serbuk instan) atau peningkatan sebesar 100%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penyuluhan dengan metode ceramah dan pelatihan dengan praktek langsung dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam tata kelola TOGA dan diversifikasi bentuk sediaan olahan TOGA. Pendampingan lebih lanjut diperlukan terkait dengan desain kemasan, promosi, serta pemasaran produk olahan TOGA warga RT 02 RW 04 Penjaringansari Surabaya.
PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW TERHADAP PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN BALISTUNG Anak Agung Ayu Ditia Andriyani; I Gusti Ngurah Nyoman Wismantara
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1736

Abstract

Era globalisasi memberikan berbagai dampak pada segala aspek kehidupan manusia, hal ini salah satunya berdampak pada proses jual beli atau pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis. Dalam dunia Pendidikan saat ini terdapat berbagai cara pembelajaran yang diterapkan selain pembelajaran tatap muka (offline), privat, namun saat ini pendidikan dapat ditempuh dimana saja dengan menggunakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Balistung adalah salah satu Lembaga Pendidikan non formal yang terdapat di Denpasar Bali, perusahaan ini memberikan layanan Pendidikan dari usia 3 tahun sampai SMP (Sekolah Menengah Pertama). Balistung memberikan pelayanan serta pembelajaran yang “dibutuhkan” oleh pelanggan atau customer sebagai orang tua dan murid. Strategi yang diterapkan ini dapat membantu bisnis di bidang Pendidikan ini berjalan dengan baik dan tentunya akan menjadi wadah yang tepat baik bagi orang tua dan siswa/siswi.  Untuk mengetahui penilaian atau kesan pesan yang diterima oleh customer tersebut maka dibentuklah aplikasi untuk sebuah perusahaan dalam menunjang kinerja kualitas. Aplikasi ini atau fitur yang dimaksud adalah Google Review. Google Review menjadi salah satu fitur yang dibuat oleh Google untuk seluruh alamat yang tercantum dalam peta Google. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   melihat   pentingnya pengaruh Google review terhadap penilaian kepuasan pelanggan Balistung. Ulasan atau review yang diberikan yaitu dapat berupa bintang atau komentar yang dapat diisi dengan kritik, saran, pujian dan foto. 
DIVERSIFIKASI PRODUK JAMU TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KAPASITAS PENJUALAN PADA KOMUNITAS USAHA JAMU TRADISIONAL DI KELURAHAN KALIRUNGKUT Finna Setiawan; Nina Dewi Oktaviyanti; Freddy Mutiara; Nikmatul Ikhrom Eka Jayani; Karina Citra Rani; Umi Fatimah; Setiawan Setiawan; Ririn Teguh Setyowati
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1743

Abstract

Obat Tradisional adalah salah satu bentuk Traditional knowledge yang berupa karya masyarakat tradisional/adat (indigenous people) yaitu makanan, jamu, obat, seni dan teknologi yang telah turun temurun diwariskan sejak jaman nenek moyang. Usaha jamu tradisional merupakan salah satu bentuk upaya dalam melestarikan obat tradisional di Indonesia. Komunitas Usaha Jamu Tradisional di Kelurahan Kalirungkut merupakan komunitas yang terdiri dari pelaku usaha minuman tradisional. Komunitas ini dibentuk sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi dalam upaya mengembangkan usahanya. Namun terdapat beberapa permasalahan yang dihapadi membuat usaha minuman tradisional menjadi sulit berkembang. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah terkait dengan diversifikasi produk minuman tradisional. Program pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat mitra terhadap pengembangan diversifikasi produk minuman tradisional dalam upaya peningkatan kapasitas usaha. Metode yang dilakukan mulai dari diskusi kelompok, ceramah interaktif, dan praktik pembuatan produk secara langsung. Hasil pretest dan postest menunjukkan adanya peningkatan skor yang baik. Setelah kegiatan, mitra juga diketahui telah mengembangkan 7 jenis produk baru yang terdiri dari 6 jenis minuman siap minum dan 1 jenis teh herbal. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dari mitra terkait diversifikasi produk. Program ini juga meningkatkan antusiasme mitra dalam mengembangkan berbagai jenis produk baru.
TRAINING OF SHARIA STOCK TRADING IN PANDEMIC COVID-19 ERA AS AN INVESTMENT OPPORTUNITY Bagas Heradhyaksa
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1737

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan kepada seluruh perekonomian negara di dunia, termasuk di Indonesia. Kondisi ekonomi dunia dari Maret 2020 hingga sekitar Agustus 2021 mengalami kondisi yang sangat fluktuatif. Kondisi tersebut secara otomatis juga mempengaruhi pergerakan indeks di pasar modal. Secara spesifik, harga saham menjadi sangat fluktuatif. Terdapat banyak harga saham yang menurun secara drastis. Sebenarnya, situasi ini adalah peluang untuk memulai investasi saham. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki sasaran guru di Pesantren Gintungan Ungaran. Metodologi yang digunakan adalah pengembangan masyarakat berbasis aset. Hal ini dipilih karena guru merupakan agen perubahan yang paling strategis dalam melaksanakan transfer of knowledge. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari 5 kegiatan yaitu koordinasi, observasi, sosialisasi, pelatihan dan evaluasi. Pada awalnya ditemukan bahwa para guru di Pesantren Gintungan tidak memahami investasi saham syariah. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan pengetahuan tentang investasi saham syariah. Harapannya, para guru Pondok Pesantren Gintungan dapat mentransfer ilmu kepada masyarakat sekitar mengenai investasi saham syariah. Hal ini karena investasi saham syariah bisa sangat bermanfaat bagi keuangan publik. 
PELAKSANAAN SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING DAN PMT DI POSYANDU DESA SUNGAI TARAP KABUPATEN KAMPAR Yanuar Al Fiqri; Mawar Risa Dwi Santika; Nabila Fitriska; Annisa Dwi Afika; Tri Cahyo Prayogo; Salma Irba Arwani; Assilah Putri Aritonang; Dwi Ulfha Bakri; Naura Quratuain; Roni Ferianto; Zhoga Putra Pratama
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1747

Abstract

Stunting merupakan kondisi di mana tinggi badan anak tidak mencapai indeks tinggi atau panjang badan menurut umur. Upaya dalam mencegah stunting sudah sering dilakukan oleh beberapa pihak. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada anak-anak ataupun balita di Indonesia yang dikategorikan stunting ataupun yang berisiko stunting. Di Sungai Tarap, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, ditemukan terdapat dua anak yang dikategorikan stunting dan dua anak yang berisiko stunting. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi  adalah dengan melakukan sosialisasi pencegahan stunting pada ibu-ibu yang memiliki anak balita serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak. Metode yang dilakukan untuk dapat memecahkan masalah ini adalah observasi, yang kemudian pengumpulan data didukung dengan melakukan wawancara pada beberapa sumber, dan pelaksanaan sosialisasi pencegahan stunting yang dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan (PMT). Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mengurangi tingkat anak yang berisiko stunting dan anak yang dikategorikan stunting di Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar
TRANSFORMASI PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI Desi Anggreani; Lukman Lukman
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1738

Abstract

Kualitas pendidikan adalah permasalahan yang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Pendidikan merupakan sistem dinamis  yang terus berkembang, sehingga pendekatan proses pembelajaran juga ikut berubah-ubah. Dengan perubahan yang cukup cepat sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan tenaga pendidik sehingga bisa sejalan dengan perkembangan pendidikan. Kabupaten Nunukan merupakan wilayah perbatasan antara negara Indonesia dan negara malaysia. Kondisi pendidikan pada daerah perbatasan dalam keadaan masih jauh dari ideal. Upaya mempercepat pemerataan dan peningkatan sumber daya manusia dalam sektor pendidikan perlu dilakukan. Salah satu implementasi meningkatan sumber daya manusia adalah dengan mengadakan pelatihan pengenalan teknologi informasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di SDN 003 Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Perbatasan Indonesia-Malaysia. Kegiatan berlangsung pada tanggal 9-10 Juni 2023. Kegiatan ini berjudul “Transformasi Proses Pembelajaran Melalui Integrasi  Teknolosi Informasi” dengan maksud memberikan pemahaman daerah perbatasan mengenai pentingnya melakukan proses pembelajaran interaktif dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menghasilkan peningkatan yang cukup tinggi pengetahuan peserta yang awalnya hasil Pre Test sebesar 38% setelah dilakukan pelatihan dan menghasilkan nilai Post test 80%. Peningkatan sebesar 42% pengetahuan tenaga pendidik mengenai media pembelajaran berbasis teknologi. Diharapkan kegiatan ini dapat ikut serta dalam proses transformasi pembelajaran menjadi lebih baik.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS STEAM DAN LOOSE PARTS PADA GURU DI TK MANCASAN SUKOHARJO Qonitah Faizatul Fitriyah; Farid Rahman; Tiara Fatmarizka; Taufik Eko Susilo; Mukhlis Cahyadi; Arzhuma Arza Lazuardy
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1748

Abstract

Alat Permainan Edukatif berbasis STEAM dan Loose Parts merupakan sebuah media pembelajaran yang dapat memberikan stimulasi kepada anak untuk memiliki pola pikir dan skills abad 21. Namun, realitas menunjukkan bahwa para guru di TK Mancasan masih perlu kegiatan untuk meningkatkan keterampilan implementasi media STEAM dan Loose Parts. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pembekalan dan pendampingan. Pembekalan berupa penyampaian materi yang mengenalkan APE berbasis STEAM dan Loose Parts. Selanjutnya peserta mempraktikkan pembuatan APE kemudian dipresentasikan. Hasil karya berupa APE Berbasis STEAM dan Loose Parts dan diberi apresiasi. Melalui pendampingan ini para guru TK Mancasan memiliki wawasan dan keterampilan untuk membuat sebuah APE
SOSIALISASI PERAN PENDIDIKAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI WILAYAH TPSS CIPAYUNG KOTA DEPOK Rudi Ritonga; Rossi Iskandar; Sulistyani Puteri Ramadhani; Winda Amelia; Robiatul Munajah; Febrianti Yuli Satriyani; Nova Ardiyanto; Ajeng Mutiara Putri; Bonita Ulfah; Kurniasih Kurniasih; Riski Aminah Harahap
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v6i2.1739

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dampak lingkungan dengan bau busuk terhadap kesejahteraan masyarakat di Wilayah TPSS Cipayung Kota Depok. Metode Kegiatan Pengabdian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap sejumlah responden. Hasil Kegiatan Pengabdian menunjukkan bahwa bau busuk yang terkait dengan lingkungan di Wilayah TPSS Cipayung Kota Depok memiliki dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pertama, ditemukan bahwa bau busuk tersebut menyebabkan gangguan kesehatan, seperti iritasi pada saluran pernapasan dan gangguan pencernaan. Hal ini berdampak pada kualitas hidup dan kesejahteraan fisik masyarakat. Kedua, kehadiran bau yang tidak sedap menciptakan penurunan kualitas hidup, mengganggu kenyamanan sehari-hari, suasana hati, kualitas tidur, dan interaksi sosial masyarakat. Hal ini berpotensi mengurangi tingkat kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Ketiga, dampak bau busuk juga berkontribusi pada stigmatisasi dan diskriminasi terhadap masyarakat. Responden melaporkan adanya perasaan malu dan perlakuan rendah dari orang lain karena asosiasi bau busuk dengan kondisi lingkungan mereka. Stigmatisasi dan diskriminasi ini dapat mempengaruhi harga diri dan kesejahteraan psikologis masyarakat. Temuan ini menunjukkan pentingnya tindakan untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian bau busuk serta perlunya upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan langkah-langkah ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Wilayah TPSS Cipayung Kota Depok.

Page 1 of 1 | Total Record : 9