cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalalim@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Alim | Journal of Islamic Education
ISSN : 26860767     EISSN : 26857596     DOI : -
Core Subject : Education,
Alim | Journal of Islamic Education specifications in the discourse of Islamic Education. Alim | Journal of Islamic Education invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of the Islamic Education from a wide range of scholarly perspectives.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education" : 10 Documents clear
Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Shunhaji, Akhmad; Fadiyah, Nur
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.157

Abstract

The effectiveness of the use of teaching aids that are associated with cognitive development of early childhood, with the strategy of applying the method of playing blocks in the Kindergarten Plus Cinangka Sawangan Depok conducted by the teachers will determine the success of the effectiveness of the cognitive development of students, which are then developed routinely in accordance with the learning objectives It has been planned to be associated with the strategy of applying the method of playing blocks in accordance with basic competencies and learning indicators. Learning practices that use block media at TK Permata Plus are less than optimal due to the ratio of learners whose number exceeds the number of available beam props, so learning cannot be maximized. The active involvement of children is needed to improve their abilities and further research is needed from various variations to contribute to the learning problem. Playing with blocks can improve cognitive abilities of early childhood including: recognizing geometric shapes, recognizing colors. Make a Beam shape creation, sort objects based on five size or color seriations and classify objects into the same or similar group or in pairs with two variations.
Pengaruh Iklim Organisasi dan Gaji Terhadap Kecerdasan Emosional Guru Tanrere, Syamsul Bahri; Zuhri, Saifuddin; Khaliqurrahman, Abdul
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh iklim organisasi dan gaji terhadap kecerdasan emosional guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Da’wah Ummahatul Muslimat Jakarta Timur. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat yang pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,359, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,129 yang berarti bahwa Iklim Organisasi memberikan pengaruh terhadap Kecerdasan Emosional Guru sebesar 21,9% dan berarti sisianya 78,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi diperoleh Ŷ = 74,933 + 0,345X1 artinya setiap peningkatan satu unit skor Iklim Organisasi mempengaruhi peningkatan skor Kecerdasan Emosional Guru sebesar 0,345. Kedua, Terdapat pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,536, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,288 yang berarti bahwa Gaji memberikan pengaruh terhadap Kecerdasan Emosional Guru sebesar 28,8% dan berarti sisianya 71,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi diperoleh Ŷ = 43,757 + 0,634X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor Iklim Organisasi mempengaruhi peningkatan skor Kecerdasan Emosional Guru sebesar 0,634. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Iklim Organisasi dan Gaji secara bersama-sama terhadap Kecerdasan Emosional Guru dengan koefisien korelasi = 0,575 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,331 yang memberikan pengaruh secara bersamaan dengan Kecerdasan Emosional Guru sebesar 33,1% dan sisanya yaitu 66.9% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefisien regresi diperoleh Ŷ = 28,255 + 0,210X1 + 0,557X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor independen Iklim Organisasi dan Gaji secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor Kecerdasan Emosional Guru sebesar 0,210X1 + 0,557X2 = 0,767.
Pendidikan Karakter Indigenous Dalam Perspektif Al-Qur’an Achmad, Yudianto
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.159

Abstract

This study aims to reveal the formulation of concepts and models for the implementation of indigenous character education in the Al-Qur'an perspective for students in premarital, prenatal, and golden ages. The interpretation method of al-Maudhu'i and a qualitative approach are used in this dissertation, in order to produce descriptive data through observation of the letters and verses of the Qur'an, and the science associated with indigenous character education in the perspective of the Qur'an. The results of this study, among others, revealed; 1). Formulation of concepts and models for the implementation of indigenous character education in the perspective of the Qur'an; 2). Religious indigenous character, love for the homeland, intellectuality from the Prophets (Prophet Adam, Prophet Ibrahim, Prophet Muhammad); 3). Character of religious indigenous, love of homeland, taqwā intellectuality (kindness); 4). Religious indigenous character, homeland love, intellectuality fujūr (evil); 5). Formulation of the "TADZKIROH PLUS" implementation model in premarital, prenatal, and golden ages. The conclusion of this study, among others, is that in the perspective of science and the Qur'an, humans from birth have two types of indigenous characters in pairs and are mutually opposite, namely the character of goodness (taqwâ) and character of ugliness (fujûr). Actualization and development through character education that maximizes the character of goodness (taqwâ) and minimizes the character of badness (fujûr).
Indonesian Language Acquisition of Arabian Young Learner Siddiq, Asep Anwar
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.160

Abstract

By using language, people can convey their message and express their ideas verbally or in writing so that they can work together and get along with each other. People realize that without language they cannot interact with each other. There are so many languages in the world. It depends on each country, even though they can build social interaction through international languages. There are a number of different countries in the world, such as Britain, France, Spain, China, Japan and Arabia. There are many Arabian who come to Indonesia with various purposes, such as trading, preaching and others. But the disadvantage is that they are not able to speak Indonesian. So it is difficult for them to communicate with Indonesian people. Arabians find it is very difficult to speak Indonesian mainly because their pronunciation is very different from Indonesian people.
Optimalisasi Fungsi Masjid Untuk Keaktifan Mahasiswa Siskandar, Siskandar; Yani, Ahmad
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.171

Abstract

This research aims to analyze the function of the Kemanggisan at-Taqwa Mosque and campus mosques in terms of Worship, Education, Missionary Endeavor, Economy, Social Community, Politics, Health, Technology, Islamic Brotherhood, and Cadreization. Other objectives are the optimization of the function of the Kemanggisan at-Taqwa Mosque and several campus mosques, the transformation of mosque programs towards student activities and discovering the concept of mosque programs that are relevant to student activities.The mosque that was made the object of observation was the at-Taqwa mosque of the West Jakarta Kemanggisan Tax Complex with the consideration that the mosque is a central mosque that cooperates with 116 mosques in West Jakarta and close to 5 universities, namely: Trisakti University, Tarumanagara University, Esa Unggul University, Bina Nusantara University, and Mercu Buana University. This research period lasts from January 2019 - August 2019.This research uses a qualitative approach which is a study that uses an approach to find a deepening of symptoms that have specific substance which in this case pertains to student activities in the mosque. These findings will be analyzed using existing theories.The results of the research analysis showed that the role of students in the prosperity of the at-Taqwa mosque showed a declining trend in terms of quantity and quality and some campus mosque programs were not optimal. The author found several concept programs for students to further optimize the function of the mosque in the fields of worship, education, missionary endeavor, economics, social, political, technology, health, Islamic brotherhood and regeneration
Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Sastradiharja, EE Junaedi; MS, Farizal; Sutarya, Maran
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.172

Abstract

Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta. Penelitian: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta. Kesimpulan penelitian ini dapat dipahami bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan landasan pendidikan inklusi baik landasan filosofis, yuridis maupun empiris. Prinsip-prinsip pendidikan inklusi juga dapat ditemukan dalam Al-Qur’an dan hadis nabi yang menggambarkan pendidikan inklusi pada masa Nabi Muhammad SAW. Pendidikan inklusi pada masa sahabat dapat kita telusuri melalui ulumul hadis yang menunjukan adanya para perawi hadis penyandang difabel khususnya tunanetra. Penelitian ini menemukan bahwa jumlah warga negara berkebutuhan khusus (WNBK) dengan ketersediaan dan kesiapan lembaga pendidikan tinggi dalam memfasilitasi WNBK masih terdapat kesenjangan, sehingga WNBK yang dapat mengakses pendidikan tinggi masih sangat terbatas. Indikasi ini dapat terlihat dari kebijakan PNJ mengenai pembatasan penerimaan mahasiswa WNBK dengan pertimbangan sumber daya manusia dan prasarana yang belum cukup untuk menampung mahasiswa dalam jumlah yang lebih banyak. Penulis juga menemukan langkah upaya implementasi pendidikan inklusi di PNJ melalui model kelas khusus penuh. Dalam model ini seluruh mahasiswa berkebutuhan khusus belajar di dalam kelas khusus pada perguruan tinggi reguler. Sementara mengenai kategori mahasiswa dalam kelas inklusi PNJ sebagian besar adalah slow learner di antaranya autisma ringan yang mengalami kesulitan belajar. Program inklusi di PNJ diselenggarakan pada satu jurusan yaitu Program Studi Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (MP-WNBK). Program ini adalah program studi vocational yang melaksanakan Individual Education Program berdasarkan pada adapting thematic integrated curriculum untuk melatih, mendidik dan membekali mahasiswa agar dapat menguasai bidang yang sesuai kemampuan dan minat masing-masing dengan beban 25% pendidikan kognitif (knowledge) dan 75% keterampilan (skill). Melalui penelitian ini penulis merekomendasikan pemenuhan hak memperoleh pendidikan dan mengupayakan berdirinya pendidikan inklusi di perguruan tinggi, dengan harapan agar masyarakat mampu melihat WNBK sebagai sebuah keragaman dalam masyarakat, di mana kelompok ini memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan masyarakat umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode fenomenologi. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Pengaruh Pengetahuan Keagamaan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prilaku Sosial Anak Di Sdit Nur El Qolam Serang Banten Tanrere, Syamsul Bahri; Surasman, Otong; Mubarok, Ahmad
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai Pengaruh Pengetahuan Keagamaan dan Kecerdasan Emosional, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Pengetahuan Agama terhadap Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten (2) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SDIT Nur El Qolam Serang Banten dengan melibatkan Siswa Kelas, empat , lima dan enam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh positif dan rendah antara Pengetahuan Agama dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,230 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,053 yang berarti bahwa 05,3 % variansi Perilaku Sosial Siswa SD SDIT Nur El Qolam Serang Banten melalui persamaan regresi : Ŷ = 72,209 + 0,115 X1 yang signifikan pada taraf alpha 0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif dan sedang antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,159 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,025 yang berarti bahwa 02,5 % variansi Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten dapat dipengaruhi oleh Kecerdasan Emosional melalui persamaan regresi : Ŷ = 74,602 + 0,095 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan sedang antara Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,232 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,054 yang berarti bahwa 05,4 % variansi Perilaku Sosial Siswa SD SDIT Nur El Qolam Serang Banten dapat dipengaruhi oleh Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional melalui persamaan regresi : Ŷ = 70,662 + 0,104 X1 + 0,024 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05. Temuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pembinaan Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Sosial SDIT Nur El Qolam Serang Banten pada generasi yang ada dan generasi selanjutnya.
Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak Firmansyah, Ata
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.174

Abstract

Akhlak merupakan salah satu komponen dasar Islam yang berisi ajaran tentang prilaku atau sopan santun. Atau dengan kata lain akhlak dapat disebut sebagai aspek ajaran Islam yang mengatur prilaku manusia. Dalam pembahasan akhlak diatur mana prilaku yang tergolong baik dan buruk. Akhlak merupakan bagian yang sangat penting dalam ajaran Islam, karena prilaku manusia merupakan objek utama ajaran Islam. Bahkan maksud diturunkannya agama adalah untuk membimbing sikap dan prilaku manusia agar sesuai dengan fitrahnya. Banyak sekali ayat dalam Al-Quran berbicara tentang akhlak atau yang berkaitan dengan akhlak. Ini menunjukkan betapa penting pembinaan akhlak dalam Islam sejak dini, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat, agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur. Namun mendidik anak menjadi memiliki akhlak yang mulia bukanlah persoalan yang mudah apalagi di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Banyak sekali faktor yang menghambat dalam peningkatan akhlak anak, diantaranya adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, kurangnya keteladanan, pengaruh lingkungan, dan pengaruh perkembangan teknologi yang begitu pesat terutama perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi, terutama gawai dan banyak lagi yang lainnya. Banyak sekali masalah-masalah akhlak yang terjadi pada anak-anak. Diantarannya adalah banyak anak-anak yang kurang sopan dan santun, kecanduan video porno, kecanduan bermain games, tawuran, membolos, tidak disiplin, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, merokok, kecanduan narkoba, bullying, suka berbohong dan lain sebagainya. Masalah-masalah di atas tentunya di pengaruhi oleh berbagai faktor.
Pengaruh Pemahaman Orangtua Tentang Pendidikan Dan Profesionalisme Guru Terhadap Minat Baca Al-qur’an Siswa SMP Islam Al-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Sela Tanrere, Syamsul Bahri; Sastradiharja, EE Junaedi; Mustaqim, Ahmad
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.175

Abstract

This study aims to determine the effect of parents' understanding of education and professionalism of teachers on the reading interest of the Koran of Islamic Al-Kautsar Junior High School Islamic School Pondok Cabe Ilir, South Tangerang. This research is a quantitative study, with a population of all VII and VIII grade students (180 students), and a sample of 124 students. The sampling technique uses a questionnaire / questionnaire. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: 1) There is a positive and significant effect of education on the reading interest of the Koran of Al-Kautsar Islamic Junior High School students at Pondok Cabe Ilir, South Tangerang; 2) There is a positive and significant influence of teacher professionalism on the reading interest of al-Qur'an at Al-Kautsar Islamic Middle School Pondok Cabe Ilir South Tangerang students; 3) There is a positive and significant influence of teacher education and professionalism on the reading interest of al-Qur'an at Islamic Al-Kautsar Middle School Pondok Cabe Ilir, South Tangerang.
Deskripsi Pengelolaan Pendidikan Karakter Di sekolah Menengah Pertama Al Muslim Tambun Djuanda, Isep
Alim | Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): Alim | Journal of Islamic Education
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/alim.v2i1.176

Abstract

This study is aimed to figure out character education management in SMP Al Muslim Tambun and to uncover the obstacles in managing character education in SMP Al Muslim. The research design used is qualitative research design which describes the management of character education. The data collection technique employed are observation, interview, and documentary study. Data analytical technique used in this research are qualitative descriptive which will be applied as the approach to describe the result of observation, interview and documentary study. The research results show us that 1) character education management in SMP Al Muslim Tambun is conducted through school management, learning activities, as well as habitual/coaching activities; 2) the obstacles in managing character education in SMP Al Muslim Tambun are caused by internal and external factors. Internal factors include students and teachers/employees. Meanwhile, the external factors come from parents, shuttle service and foundation.

Page 1 of 1 | Total Record : 10