cover
Contact Name
Tuti Hardianti
Contact Email
tutihardianti@fkip.uisu.ac.id
Phone
+6285270674334
Journal Mail Official
pascal@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning)
ISSN : 26140950     EISSN : 26226707     DOI : -
Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup; Ilmu Fisika, Inovasi pembelajaran, Model pembelajaran, Evalusi pembelajaran, Media pembelajaran, dan Teknologi pembelajaran fisika dan IPA.
Articles 47 Documents
PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR PERUBAHAN SIFAT BENDA PELAJARAN IPA DI KELAS VIB SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.A. 2015/2016 Murni Ningsih
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.05 KB)

Abstract

Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SD Negeri 067690 Medan Johor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIB SD Negeri 067690 Medan Johor sebanyak 1 kelas yaitu 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata pengetahuan awal siswa tentang materi perubahan sifat benda sebesar 18,3 dan tidak seorangpun atau 0% siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan siklus I dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 64,2 dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 22 orang atau sebesar 73,3%. Karena jumlah siswa yang tuntas hanya 73,3% atau kurang dari 85% maka secara klasikal siswa masih belum berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga masih perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda meningkat menjadi sebesar 78,3 dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 28 orang atau 93,3%. Karena jumlah siswa yang tuntas sebesar 93,3% atau lebih dari 85% maka secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga dianggap cukupu dan tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan selama 2 siklus disimpulkan bahwa bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda di kelas VIB SD Negeri 067690 Medan Johor Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI GERAK HARMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Rosviana Manik; Syahwin Syahwin
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.431 KB)

Abstract

Nilai rata-rata pelajaran fisika kelas X SMA Al-Washliyah Medan masih dibawah KKN (75).Disebabkan kurangnya pelaksanaan praktikum dikarenakan keterbatasan alat praktikum. Peneliti bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan menetapkan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel keseluruhan kelas X SMA Al-Washliyah Medan yang terdapat dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen sampel terdiri dari 30 siswa pada masing-masing kelas.Setelah dilakukan perhitungan pada kelas kontrol didapat nilai rata-rata pretes 48,33 dan posttest 69,33 dan pada kelas eksperimen didapat rata-rata pretest 45,00 dan posttest 74,67. Perhitungan pada uji homogenitas dimana Ftabel 1,10 dan Fhitung 1,592 Fhitung Ftabel sehingga dikatakan kemampuan awal kedua sampel adalah homogen.Perhitungan pengujian hipotesis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t hitung 3,725 dan t tabel 1,832 t hitung t tabel sehingga dikatakan ada perbedaan hasil belajar siswa.Pada perhitungan uji N-gain persentase peningkatan kelas kontrol 43,45 % dan peningkatan pada kelas eksperimen 65,93 % sehingga peningkatan hasil belajar sebesar 22,48 %.Hasil tersebut menyimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak harmonik.Selain itu,model project based learning memberikan dampak yang positif bagi proses pembelajaran fisika.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VI SD NEGERI 064954 MEDAN AMPLAS T.A 2015/2016 Ani Simanjuntak
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.678 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya dengan menggunakan model pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui pendekatan CTL didapatkan data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi Tata Surya, yakni: 1) Rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 48,06 meningkat menjadi 69,35 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,68 pada siklus II; 2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar 61,29% dengan tingkat ketercapaian tes hasil belajar sebesar 60% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal ketuntasan belasajar dan hasil tes pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 93,55% dengan tingkat ketercapaian tes hasil belajar mencapai 90% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan sudah mencapai standar ketuntasan belajar di atas 70%. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL memiliki keunggalan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya di kelas VI SD Negeri 064954 Medan Amplas TA 2015/2016. Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK Fitri Mar’atus Solekhah; Nengah Maharta; Wayan Suana
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.977 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkaninstrumen tes kemampuan berpikir tingkat materi hukum Newton tentang gerak. Metode yang digunakan ialah metode research and development. Model pengembangan mengadopsi dari  (Adam dan Wieman,2011) yang terdiri dari lima tahapan diantaranya menentukan format butir soal, menentukan konstruksi butir soal, menentukan pedoman penilaian, uji ahli, dan revisi butir soal. Pada tahap pemgembangan, dilakukan uji ahli kepada tiga dosen yang menguasai materi hukum Newton tentang gerak dan ahli di bidang pengembangan instrument. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian berjumlah 65 siswa. Data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan rasch model dengan aplikasi winstep 3.73. Berdasarkan hasil analisis soal, dapat disimpulkan bahwa (1) Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi valid {memenuhi kriteria yang dapat diterima yakni PT-Measure, Outfit Mean Square (MNSQ), dan nilai outfit z- standardized (ZSTD)}, (2) menghasilkan nilai alpha cronbach 0,85 yang berarti baik, (3) terdapat 3 soal sulit, 12 soal sedang dan 5 soal mudah, (4) responden memiliki konsisitensi dalam menjawab soal yang baik, (5) opsi pengecoh pada semua soal valid,dengan demikian  instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi hukum Newton tentang gerak yang dikembangkan di tingkat sekolah menengah memiliki penguasaan konsep yang baik untuk siswa.
PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL LATIHAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELISTRIKAN Raras Dwi Putri Septianty; Nengah Maharta; Wayan Suana
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.383 KB)

Abstract

Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa SMA YP UNILA Bandar Lampung tidak pernah menggunakan media pembelajaran berupa video tutorial penyelesaian soal-soal pada materi fisika khususnya kelistrikan, sehingga pembelajaran siswa kurang berkesan dan kurang memahami konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video tutorial penyelesaian soal untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelistrikan SMA yang tervalidasi. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model ADDIE yang meliputi tahapan: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh validator video tutorial mencakup desain dan materi dan diuji tingkat kemenarikan dan kemudahannya. Hasil uji coba dari produk video tutorial yang dikembangkan desainnya valid (skor 3,25); materi soalnya sangat valid (skor 3,50); menarik (skor 3,16); sangat mudah digunakan (skor 3,33).
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR T.A 2014/2015 Samaita Ginting
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.933 KB)

Abstract

Masalah yang ditelitin dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam prosess belajar mengajar khususnya mata pelejaran IPA materi sumber daya alam. Model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran concept mapping. Sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari nilai rata – rata siswa pada saat tes awal dimana dari 23 orang siswa hanya 3 orang siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan persentase ketutasan siswa secara klasikal hanya 13,04% sedangkan 20 (86,95%) siswa lagi yang belum tuntas belajar. Dengan nilai rata – rata kelas sebesar 31,91. Kemudian pada siklus I nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 59,73dengan persentase 34,78 % atau 8 arang siswa yang mengalami penigkatan hasil belajar dan 15 orang siswa (65,21%) yang belum tuntas. Pada siklus II nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 86,40 dengan persentase ketuntasan 95,65% atau 22 siswa yang mengalami peningkatan ketuntasan dalam belajar, dan hanya 1 (4,34%) orang siswa lagi yang tidak mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa dan guru juga mengalami peningkatan dimana data observasi siklus I terhadap guru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping mendapat kategori baik dengan nilai rata – rata 72,91 dari 12 aspek yang diamati, Sedangkan data observasi kegiatan guru siklus II dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping mengalami peningkatan dengan nilai rata – rata 95,85. Hasil observasi tehadap siswa pada siklus I yang dilihat dari aspek kognitif, afektif dan fsikomotor siswa hanya mencapai nilai rata – rata 65,78 dengan kategori cukup. Setelah pemberian tindakan siklus II nilai hasil observasi siswa meningkat yang dilihat dari ketiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan fsikomotor siswa yang mencapai nilai rata – rata 88,15 dengan kategori baik. Kata Kunci : Hasil belajar, keaktifan siswa, concept mapping.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN Lulu’Atul Farida; Undang Rosidin; Kartini Herlina; Neni Hasnunidah
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.387 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model ADI terhadap kemampuan argumentasi siswa berdasarkan perbedaan gender. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan desain Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Data diambil dengan pretes dan postes essai keterampilan argumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; penerapan model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa, terlihat pada nilai sig. 0,02 pada siswa perempuan dan 0,01 pada siswa berjenis kelamin laki-laki: terdapat perbedaan keterampilan argumentasi antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki, terlihat pada perolehan nilai sig. dan  nilai N-Gain. Siswa perempuan memeperoleh N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan siswa laki-laki memperoleh N-Gain 0,63 pada kategori sedang setelah diterapkan model ADI, sehingga dapat disimpulkan siswa perempuan memiliki keterampilan argumentasi lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.
PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR PERUBAHAN SIFAT BENDA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA T.A. 2014/2015 Dermawan Simanjuntak
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.588 KB)

Abstract

Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata pengetahuan awal siswa tentang materi perubahan sifat benda sebesar 18,3 dan tidak seorangpun atau 0% siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan siklus I dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 64,2 dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 22 orang atau sebesar 73,3%. Secara klasikal siswa masih belum berhasil mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda meningkat menjadi sebesar 78,3 dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 28 orang atau 93,3%. Maka secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota T.A. 2014/2015. Kata Kunci: Perbaikan Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah.
PENILAIAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY Sugiarti Sugiarti
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.071 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika materi fluida statis.  Adapun aspek psikomotorik yang diamati mengacu pada model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu mengajukan pertanyaan atau masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan untuk memperoleh data, mengumpulkan dan menganalisis data, serta membuat kesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi keterampilan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata keterampilan psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan psikomotor siswa meningkat pada setiap pertemuannya pada pertemuan pertama sebesar 2,2, kemudian 2,4 pada pertemuan kedua dan 2,6 pada pertemuan ketiga.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BLENDED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILSS Syifa Nuraini; I Wayan Distrik; Wayan Suana
PASCAL (Journal of Physics and Science Learning) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.3 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) blended learning berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Hukum Newton tentang gerak dan mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan ADDIE. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitashasil rancangan yang dilakukan oleh tiga orang ahli fisika dan dilanjutkan dengan uji kepraktisan yang dilakukan oleh tiga orang siswa kelas X IPA SMA. Hasil menunjukkan bahwa validitas produk 87,5%, 78,3%, dan 92,67% dari penilaian tiga orang ahli. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa LKS blended learning berorientasi pada HOTS yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat baik sebagai perangkat pembelajaran pada materi pokok listrik dinamis.