cover
Contact Name
Liah
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
nizamulilmi.jurnal@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL'ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu" : 5 Documents clear
Peranan Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Setiawati, Fenty
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v6i1.88

Abstract

Kegiatan belajar di sekolah merupakan proses yang sangat kompleks. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki intelligence quotient (IQ) yang tinggi, nyatanya taraf intellegensi bukan merupakan satu-satu nya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan pendidikan Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Data-data yang dipergunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi data primer, data sekunder dan data tertier, kemudian data-data tersebut dianalisis melalui serangkaian proses. Berdasarkan kajian, dalam Islam, kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri disebut dengan sabar dan orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya. Individu seperti ini cenderung tabah dalam menghadapi kesulitan dan ketika belajar pun menjalaninya dengan tekun.
Mutu Lulusan Perguruan Tinggi ditinjau dari Kinerja Dosen dan Layanan Akademik Syahril Akbar, Gilang
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v6i1.89

Abstract

Mutu lulusan perguruan tinggi merupakan hal yang esensial dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan perubahan di bidang iptek, sosial budaya, ekonomi dan politik. Oleh karena itu penting diteliti mengenai mutu lulusan perguruan tinggi dilihat dari perspektif kinerja dosen dan layanan akademik, terutama untuk menemukan fakta empiris dalam merancang peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 211 orang mahasiswa program sarjana di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kinerja dosen dan layanan akademik terhadap mutu lulusan di STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi, sehingga mengimplikasikan bahwa untuk meningkatkan mutu lulusan di perguruan tinggi tersebut diperlukan upaya integratif yang melibatkan semua potensi sumber daya yang ada di perguruan tinggi, baik sumber daya manusia maupun sumber daya yang lainnya untuk mencapai tujuan bersama.
Implementasi Model “Samarasa” sebagai Kunci Keberhasilan dalam Mengelola Sekolah Mustiali, Mustiali
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v6i1.90

Abstract

Model “Samarasa” merupakan tiga kompetensi utama yang disyaratkan untuk kepala sekolah dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya, meliputi kompetensi supervisi akademik, manajerial dan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model “samarasa” sebagai kunci keberhasilan dalam mengelola sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berupaya mendeskripsikan penerapan model “Samarasa” dalam mengelola SMP Islam Assyafi’iyah. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga kegiatan (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) yang merupakan proses siklus dan interaktif sehingga didapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan penelitia didapatkan hasil bahwa implementasi “Samarasa” yang dilakukan oleh kepala sekolah telah memperlihatkan beberapa keberhasilan yaitu peningkatan jumlah peserta didik, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kedisiplinan warga sekolah dan perubahan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa implementasi model “Samarasa” telah mampu memberikan dampak positif pada kemajuan sekolah.
Penerapan Manajemen Strategis pada Sekolah Berstandar Nasional berdasarkan Prinsip Covey Jayadiningrat, Koharudin
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v6i1.91

Abstract

Penerapan manajemen strategis dan penyusunan berbagai strategi dalam pengembangan sebuah lembaga pendidikan telah mencatat keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen strtegis pada sekolah berstandar nasional berdasarkan prinsip Covey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di tiga SMP negeri yang berstandar nasionalyaitu di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 5 di Kota Sukabumi. Responden terdiri dari 24 orang yang terdiri dari 9 orang guru, 6 orang tata usaha, 3 orang wakil kepala sekolah, 3 orang kepala sekolah, dan 3 orang komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses pengumpulan dan analisis data dilakukan secara terus menerus melalui kroscek, cek and re-cek, analisis dan re-analisis data, sehingga akhirnya ditemukan fakta secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian, sekolah sebagai instansi yang memberi layanan publik di bidang pendidikan, dalam peningkatan mutunya dapat menggunakan sistem manajemen strategis melalui prinsip Covey dengan perspektifnya pada keteladanan dan pribadi utuh kepemimpinan sehingga menggerakan kinerja yang unggul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen strategis pendidikan bermutu di Kota Sukabumi sesuai dengan harapan.
Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Muatan Lokal Program Kepesantrenan di Sekolah Wirabhakti, Andhika
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021): Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v6i1.92

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 yang salah satu butirnya menyatakan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Republik Indonesia, meliputi tuntutan ilmu agama. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Daarusshofa yang memiliki program kepesantrenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam (indepth interview). Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis data induktif yang memungkinkan untuk melakukan penemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan ilmu agama (religious science) di SMP Islam Terpadu Daarusshofa (2) Pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan ilmu agama (religious science) di SMP Islam Terpadu Daarusshofa meliputi pelaksanaan kegiatan terprogram yang terdiri dari: pelaksanaan keterampilan ilmu Fiqih, BTQ, Bahasa Arab, dan Aqidah Akhlak. (3) Bentuk evaluasi kurikulum dalam meningkatkan ilmu agama (religious science) di SMP Islam Terpadu Daarusshofa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5