cover
Contact Name
Liah
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
nizamulilmi.jurnal@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL'ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan" : 5 Documents clear
Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah Setiawati, Fenty
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v7i1.124

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sebuah Lembaga Pendidikan membutuhkan kurikulum. Ketika terjadi perubahan pada kurikulum, dibutuhkan sebuah proses yang melibatkan seluruh stake holder, bermula dari munculnya kesadaran bahwa perubahan itu selalu terjadi dalam siklus kehidupan bermasyarakat. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Data diambil dari bahan-bahan materi yang bersumber dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan pendidikan terutama bidang kurikulum. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu content analysis. Hasil kajian menunjukan bahwa sistem pendidikan Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kualitas sebuah pendidikan. Dampak positifnya yaitu pelajar dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Sementara dampak negatifnya adalah perubahan kurikulum yang begitu cepat menimbulkan masalah-masalah baru seperti menurunnya prestasi peserta didik. Berdasarkan bahasan, dapat disimpulkan bahwa perubahan kurikulum perlu disikapi dengan menjadikannya cambuk untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan mampu bersaing dalam Dunia Pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Azmi, Ulil
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v7i1.125

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengembangkan potensi guru di sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kompetensi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi profesional guru. Penelitian dilaksanakan di SD Islam As-Syafi’iyah Pulo Air dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui derajat credibility, transferability, dependability dan confirmability. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program supervisi pengajaran di sekolah tersebut melalui beberapa langkah perencanaan; (2) Pelaksanaan supervisi pengajaran dilaksanakan secara periodik. (3) Tindak lanjut hasil supervisi kepala sekolah melalui program-progam tindak lanjut supervisi pengajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi kepala sekolah di SD Islam As-Syafi’iyah Pulo Air dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut hasil supervisi Kepala Sekolah.
Strategi Pondok Pesantren dalam Membangun Ekosistem Pendidikan Kewirausahaan Anwarudin, Kusoy; Akbar, Gilang Syahril
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v7i1.126

Abstract

Pondok Pesantren Daarul Huda Wal ‘Ulum merupakan salah satu pesantren yang telah mengintegrasikan secara harmonis karakter salafiyyah dengan dunia entrepreneurship. Lembaga pendidikan ini telah memiliki konsep yang cukup signifikan atas tuntutan masyarakat di sekitarnya, hal tersebut menjadikan segala aktivitas pesantren mendapat sokongan penuh dari mereka. Penelitian ini fokus pada bagaimana strategi pondok pesantren tersebut dalam membangun ekosistem pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Daarul Huda Wal ‘Ulum yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sistem pendidikan yang digunakan adalah sistem terpadu dengan mengolaborasikan antara sistem tradisional dan sistem modern, 2) strategi pendidikan kewirausahaan dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal, 3) langkah-langkah strategis dalam membangun ekosistem pendidikan kewirausahaan dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, 4) hasil yang diperoleh dari strategi tersebut yaitu keterikatan batin antara santri, pesantren dan masyarakat kian erat dan terjalin kerja sama yang baik. Hal ini berimplikasi bagi semua stakeholder pesantren untuk selalu meningkatkan SDMnya agar tampak keunggulan pendidikan tertua di negeri ini.
Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Wirabhakti, Andhika
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v7i1.128

Abstract

Manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi pendidikan dalam mengelola, mengatur, dan memberdayakan SDM sekolah sehingga dapat berfungsi secara produktif untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Al-Intizhoom. Penelitian ini merapakan penelitian lapangan yang berbentuk kualitatif. Untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang efektivitas Manajemen SDM, maka dilakukan beberapa tahapan pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selesai dilapangan. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen SDM di MTs Al Inti-zhoom telah dilaksanakan dengan cukup baik, sehingga hal tersebut memiliki efektivitas yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al Inti-zhoom.
Strategi Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Nuranisah, Isma; Setiadi, Muhammad Arya Septian; Tajul’arifin, Muktaf Aji; Aqilah, Nisa; Sukmawati, Suci; Syarifah, Liah Siti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v7i1.129

Abstract

Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat penting dilakukan dan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi revitalisasi dari salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sukabumi, Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Cibadak dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan model interaktif, untuk memperdalam hasil analisis digunakan tool analysis berupa analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dan IFAS (Internal Factor Analysis Strategy) serta EFAS (External Factor Analysis Strategy). Berdasarkan hasil penelitian, skor IFAS adalah 2.25 dan Skor EFAS adalah 0.79, sehingga posisi kuadran yang tepat dalam matriks SWOT untuk SMKN 1 Cibadak terletak pada kuadran 1 ((Strenght Opportunity). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi SMKN 1 Cibadak untuk melakukan revitalisasi yaitu strategi SO (Strenght Opportunity) yang berarti sekolah sejatinya melakukan strategi progresif dengan memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5