Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian maupun kajian literatur dalam bidang Pendidikan Matematika yang terbit secara berkala 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles
52 Documents
PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKAPADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP
Vivian Alfinia Witanta;
Baiduri Baiduri;
Siti Inganah
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9565
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematikadan mendeskripsikan respon dan hasil belajar siswa setelah menggunakan komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi perbandingan kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserach and Develop (R&D) dengan tahap penelitian 3-D, yaitu tahap pengembangan (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa angket terdiri atas lembar validasi dan angket respon siswa serta lembar tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Validasi terdiri dari validasi materi yang menghasilkan nilai rata-rata total 3,625 dengan kategori sangat valid dan validasi media yang menghasilkan nilai rata-rata total 3,47 dengan kategori valid. Angket respon siswa dan lembar tes diberikan kepada subjek setelah uji coba menggunakan komik sebagai media pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh adalah sangat positif dengan persentase 92% untuk respon siswa dan seluruh siswa tuntas dalam tes hasil belajar dengan KKM 75.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS)
Yurika Mariani;
Ely Susanti
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9566
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan model pembelajaran MEA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Indralaya Utara berjumlah 30 orang. Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan langkah pembelajaran MEA. Teknik pengumpulan yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan baik dengan rincian: persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik 21,4%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah baik 25%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup 39,3% dan persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kurang 14,3%.
PENERAPAN STRATEGI PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP
Muthmainnah Muthmainnah;
Hapizah Hapizah;
Somakim Somakim
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9567
Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Hasil penelitian menyatakan bahwa respons siswa dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi tergolong Baik dengan rata-rata 71,19. Siswa telah mampu memberikan tanggapan dan menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang dikemukakan oleh guru. Hasil belajar siswa tergolong Baik dengan rata-rata 71,92. Siswa sudah bisa menjawab soal dengan level C1 dan C2, walaupun masih mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan soal dengan level C4.
PENERAPAN MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LIMIT KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 PALEMBANG
Tito Nurdiyanto;
Inda Rafida;
Zulkardi Zulkardi
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9568
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model generative learning pada materi limit di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 peserta didik, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar, yang didukung oleh observasi, dan wawancara untuk memperoleh data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I secara klasikal adalah 72,22% (20 peserta didik) dengan rata-rata mencapai 80,83. Sedangkan persentasi pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 100% (36 peserta didik) dengan rata-rata mencapai 88,94. Sedangkan hasil observasi dan wawancara menyatakan peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model generative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi limit di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang.
ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA LEVEL MULTISTRUCTURAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PLUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERSAMAAN LINGKARAN
Tiya Ariyana;
Mirta Fera;
Febrian Febrian
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9569
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa pada level multistructural berdasarkan taksonomi SOLO Plus dalam meyelesaikan soal materi persamaan lingkaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI RPL 1 SMKN 4 Tanjungpinang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputiteknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi serta menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data sebagai pengecekan keabsahan data. Instrumen dalam penelitian ini meliputi soal tes berbentuk uraian dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian ini berupa karakteristik kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sesuai dengan kriteria level multistructural berdasarkan taksonomi SOLO Plus dalam menyelesaikan soal materi persamaan lingkaran.
KEMAMPUAN GENERALISASI PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DALAM PEMBELAJARAN PMRI DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG
Feralia Goretti Situmorang;
Zulkardi Zulkardi
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): May
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i1.9570
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan generalisasi pada materi persamaan garis lurus dalam pembelajaran PMRI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 45 Palembang yang berjumlah 32 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 3 soal uraian, observasi dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran kemampuan generalisasi matematika siswa pada materi persamaan garis lurus menggunakan pendekatan PMRI dengan rincian sebagai berikut Terdapat 5 orang siswa dengan kemampuan generalisasi rendah dengan rata-rata mencapai tahapan perception; 24 siswa dengan kemampuan generalisasi sedang dengan rata-rata mencapai tahap perception dan expression; 3 orang siswa dengan kemampuan generalisasi tinggi dengan rata-rata ketiga tahap generalisasi dapat muncul dengan baik.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA
Desi Syaras Mita;
Linda Rosmery Tambunan;
Nur Izzati
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i2.10025
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang berjumlah 35 peserta didik. Dari 35 peserta didik yang mengikuti tes dipilih satu peserta didik yang mewakili kelompok tinggi, dua peserta didik yang mewakili kelompok sedang dan satu peserta didik yang mewakili kelompok rendah. Kedudukan kelompok tersebut ditentukan berdasarkan standar deviasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini pada tahap pertama pemecahan masalah menurut tahapan Newman ialah membaca masalah dengan presentase maksimum 98,60%. Kemudian untuk tahap kedua ialah memahami masalah dengan presentase maksimum 78,60%. Tahap ketiga yaitu tahap mentransformasikan masalah memiliki presentase maksimum 65,58%. Tahapan keempat dan kelima yaitu melakukan keterampilan proses dan melakukan penulisan jawaban akhir memiliki presentase yang sama yaitu 63,26%. Hasil menunjukan membaca masalah dan memahami masalah sebagian peserta didik dapat melakukannya dengan baik. Kemudian peserta didik tampak susah dalam melakukan tahapan ketiga yaitu mentransformasikan masalah. Dan lebih sedikit lagi peserta didik yang melakukan tahapan terakhir dengan benar yaitu melakukan keterampilan proses dan melakukan penulisan jawaban akhir.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING DI SMAN 10 PALEMBANG
Yovika Sukma;
Agus Supriyono
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i2.10041
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model Discovery Learning pada materi Limit Fungsi Aljabar di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 10 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan indikator keberhasilan dilihat dari meningkatnya hasil ketuntasan belajar klasikal peserta didik dengan nilai ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh minimal 85% dari banyaknya peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal evaluasi materi matriks berbentuk uraian. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama diperoleh ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 58,82%. Kemudian pada siklus kedua, ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 88,24%. Dengan demikian pembelajaran model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Limit Fungsi Aljabar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS IX.4 SMP NEGERI 1 PALEMBANG
Cecil Hiltrimartin;
Yanti Pratiwi
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i2.10099
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran matematika di Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) evaluasi dan refleksi. Data yang diperoleh adalah hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh petunjuk bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I sebanyak 48,07%, sedangkan pada siklus kedua jumlah siswa yang memenuhi criteria keberhasilan mencapai 76,67% dan pada siklus ketiga 93,36%. Oleh karena itu model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat digunakan sebagai alternative bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
Magfirah Magfirah;
Erni Maidiyah;
Suryawati Suryawati
Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jls.v1i2.9707
Siswa umumnya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita, khususnya pada bidang geometri. Hal tersebut disebabkan siswa belum terlatih menyelesaikan soal berbentuk cerita. Newman menyatakan untuk menyelesaikan soal cerita menggunakan 5 langkah: (1) membaca soal, (2) memahami masalah, (3) transformasi, (4) keterampilan proses, (5) penulisan jawaban. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan serta penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman di MTsN Model Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan subjek, dipilih 7 dari 33 siswa kelas IX-2 yakni 2 kelompok berkemampuan tinggi dan sedang, dan 3 kelompok berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa telah berusaha mengimplementasikan prosedur Newman, namun terdapat beberapa kesalahan. Kesalahan transformasi yang dilakukan oleh 6 siswa. 1 subjek penelitian melakukan kesalahan keterampilan proses. 1 subjek penelitian melakukan kesalahan penulisan jawaban.