cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018)" : 2 Documents clear
DAMPAK KUALITAS KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA TERHADAP EMOTIONAL BEHAVIORCONTROL PADA ANAK sifa hamama
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.214 KB)

Abstract

Intensitas komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan berbagai media, memiliki pesan-pesan tertentu yang tentunya berkaitan dengan perkembangan anak TK. Apabila intensitas komunikasi yang terjalin antara guru dengan orangtua murid berjalan dengan baik melalui berbagai media dengan pesan yang jelas, maka akan memiliki hubungan terhadap emotional behavior control (pengendalian perilaku emosional) anak Taman kanak-kanak Islam Terpadu (TK-IT). Penelitian ini dilakukan pada TK yang berada pada Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Penelitian menunjukkan bahwa tatap muka merupakan media komunikasi yang paling banyak dilakukan. Hal ini sesuai dengan teori interpesonal, dimana teori ini mengedepankan aspek kebersamaan atau sharing process. Komunikasi interpersonal merujuk pada komunikasi yang terjadi secara langsung antara dua orang. Hasil penelitian ini relevan teori pertukaran sosial, yang terkait hubungan dengan orang lain. Sehubungan dengan ini, guru dengan perannya sebagai pengajar, dapat mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik, selanjutnya orang tua sebagai salah satu bagian dari pertukaran sosial tersebut menghadapi hak dan kewajibannya kaitannya dengan tugas dan kewajibannya.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN 2 KALENG TAHUN AJARAN 2017/2018 Oky Ristya Trisnawati
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.067 KB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang menekankan pada proses penyelidikan fenomena alam untuk mengembangkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan adalah keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses dasar sains yang dimiliki siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng Tahun Ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian ini berupa deskriptif sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng yang berjumlah 19 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses dasar sains siswa pada mata pelajaran IPA. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan data-data yang ada berupa data kuantiitatif dari lembar observasi dan data kualitatif dari hasil wawancara dengan guru yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan proses sains dasar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng dalam pembelajaran IPA tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang dilaksanakan menggunakan metode diskusi termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase 83%. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa mampu untuk memunculkan dan menggunakan keterampilan proses dasar sains yang terdiri dari keterampilan memprediksi, mengamati, mengelompokkan, mengkomunikasikan dan menyimpulkan dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Page 1 of 1 | Total Record : 2