cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019)" : 11 Documents clear
PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK imam faizin
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.381 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak melalui metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Lokasi penelitian ini di MTs YMI Wonopringgo dengan Jumlah siswa 40 anak, 22 anak siswa putra dan 18 anak siswa putri. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket, hasil observasi tindakan, dan hasil evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecah soal-soal akidah akhlak semakin meningkat. Hal ini dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa melalui pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa pre test adalah 62,03, meningkat menjadi 67,55 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 76, 10 (post test siklus II). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Hal ini dapat diketahui dari hasil pre test dari 40 siswa yang mengikuti tes, ada 14 siswa yang tuntas belajar dan 26 siswa yang belum tuntas belajar dengan presentase ketuntasan belajar 35,00%. Pada post test siklus I meningkat menjadi 52,50% dengan 21 siswa tuntas dan 19 belum tuntas, dan meningkat lagi pada post test siklus II menjadi 80% dengan 32 siswa tuntas dan 8 belum tuntas. Berdasar hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan siswa, meningkatkan aktivitas siswa,dan meningkatkan kerja sama siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok. Pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa tak mudah jenuh.
STUDENTS’ RESPONSES TO THE USE OF INFORMATIONTECHNOLOGY(IT) IN THE ENGLISHTEACHING-LEARNING ATSMK MA’ARIF 5 GOMBONG Alek Andika,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.295 KB)

Abstract

The aimsof this research areto describe students’ responses and to know the substantive theoriesthat can be formulated from the reality of students’responses to the use of Information Technology (IT) in the English teaching-learning at SMK Ma’arif 5 Gombong. Type of research is a qualitative naturalistic with subjects X and XI grade students. The subjects of the research are students from multimedia, office administration, accounting and automotive study program of SMK Ma’arif 5 Gombong in academic year 2017/2018which consists of 30 students.The data were obtained from students directly in the class by using an open questionnaire. Data analysis techniques inthis researchcarried outbycategorical analysisand descriptiveanalysis.The results showed that there were 141students’responses which were divided into two major group consisted of 77 students’ positive responses and64 students’ negative responses. These all responses were broken down into 22 categories. Based on the descriptive data analysis, there were 5 prominent of students’ responses toward the use of IT in the English teaching learning. They were 3 positive responses in relation to process, method and material. Then, there were 2 negative responses in relation to physics and attitude. There were also obtained 5 substantive theories to the use of IT in the English teaching learning. They were 3 positivesubstantive theorieswhich explained that IT gave the effectiveness and efficiency, IT couldmake easier in getting English materialand IT couldimprove student’s learning outcomes. Then, there were 2 negative substantive theorieswhich explained that IT was able to cause a noisy learning process and IT made anuncomfortable learning processif IT was not prepared properly. On the basis of the results of this research showedthatthere were many advantages of the use of IT more than its disadvantages. Therefore, itcan be suggested for English teachersto use IT in their teaching-learning process
PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENANAMAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) Trisnawati O.R
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.148 KB)

Abstract

Pemanfaatan bahan alam yang berpotensi sebagai obat di pekarangan rumah pendudukterdorong oleh adanya pemahaman yang benar mengenai obat herbal atau tanaman obatkeluarga (TOGA) yang biasa dikenal dengan sebutan apotek hidup. Akan tetapi, pengetahuandan wawasan masyarakat Desa Kaliwungu tentang tanaman obat keluarga (TOGA) masihkurang, sehingga masyarakat kurang dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untukmembudidayakan tanaman obat keluarga. Pelaksanaan sosialisasi dan pemberian pelatihanpemanfaatan serta penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) adalah salah satu cara yangefektif dan dapat dilakukan untuk melestarikan budaya untuk membudidayakan danmemanfaatkan tanaman obat keluarga. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan tujuanuntuk: (1) memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis dan khasiat TOGA secara ilmiah padaibu rumah tangga di Desa Kaliwungu, (2) memberikan pengetahuan tentang tata caramenanam TOGA pada ibu rumah tangga di Desa Kaliwungu, dan (3) memberikanpengetahuan untuk mengolah TOGA pada ibu rumah tangga di Desa Kaliwungu. Kegiatanpenelitian di Desa Kaliwungu, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen dilakukan selama 2(dua) hari yaitu pada hari Senin, tanggal 24 Desember 2018 dan hari Minggu, tanggal 23Desember 2018 dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan diskusi.Pelaksanaan kegiatan penelitian ini dapat diuraikan melalui 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitupersiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil nyata yang didapatkan setelah diselenggarakannyaprogram pelatihan penanaman obat keluarga (TOGA) ini adalah peningkatan pengetahuanmasyarakat Desa Kaliwungu khususnya adalah ibu rumah tangga RT 01 RW 04 dan RT 02RW 04 tentang jenis, manfaat, cara pengolahan atau pemanfaatan dan cara penanamanTOGA.
MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI 4 KEBUMEN Tursini ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.636 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalammeningkatkan mutu peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui manajemen kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan mutupeserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Kebumen. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dandokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputipegumpulandata, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian inimenghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan Kegiatan EkstrakurikulerPramuka dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di MTs Negeri 4 Kebumen dilaksanakansetiap awal tahun ajaran baru. Perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepalasekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, koordinator kegiatanekstrakurikuler, dan para guru pembina. (2) Pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler di MTsNegeri 4 Kebumen dikelompokan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib danekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler wajib yaitu kegiatan ekstra yang wajib diikuti olehseluruh siswa-siswi kelas 7 dan kelas 8. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan antara lain: voly,sepak bola, qiraah, drum band, dan seni musik. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan disetiapharinya setelah selesai kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut berjalanlancar, sesuai dengan jadwal yang telah disusun. (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler diMTs Negeri 4 Kebumen dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hal yang dievaluasi meliputitarget yang telah ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih sekolah, jumlah pertemuanyang harus dipenuhi dalam satu semester, partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikulerdan hasil dari pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler. (4) Kualitas / mutu peserta didiksetelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri 4 Kebumentergolong baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalandengan lancar dan mendapat banyak prestasi non akademik.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DI KABUPATEN PURWOREJO Sumidah ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.885 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap kinerjaguru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guruMTs di Kabupaten Purworejo, sedangkan sampel penelitian yaitu guru MTs N 1 Purworejo:44 orang, guru MTs An Nawawi Berjan Purworejo: 40 orang, dan guru MTs Al Iman BulusPurworejo: 58 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis datamenggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkankesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang positif dansignifikan terhadap Kinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α =0,05. Adapun nilai thitung = 9,262, p = 0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,380 atau berkontribusisebesar 38,0%. (2) Kompetensi Pedagogik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadapKinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilaithitung = 11,490, p = 0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,485 atau berkontribusi sebesar 48,5%. (3)Motivasi Kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru MTs diKabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilai thitung = 10,622, p =0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,446 atau berkontribusi sebesar 44,6%. (4) KepemimpinanKepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama memiliki pengaruhyang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilaiSig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilai Fhitung = 58,621, p = 0,000, dan koefisien korelasi (R2) = 0,560atau berkontribusi sebesar 56,0%
METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS N TRIWARNO KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN Eliyanto ,; m Maskub
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.792 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs NTriwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dandokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Metode yang digunakandalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs N Triwarno Kecamatan Kutowinangun KabupatenKebumen antara lain adalah metode ceramah, tanya jawab, membaca, pemberian tugas,menulis, kerja kelompok, dan uswatun khasanah (keteladanan); (2) Hasil dari metode-metodeyang digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs N Triwarno KecamatanKutowinangun Kabupaten Kebumen adalah efektif dan relevan dalam pelaksanaannya. Halini dapat dibuktikan dan dilihat dari berbagai sisi, antara lain dapat dilihat dari tingkatketuntatasan pembelajaran yang baik, hal ini ditandai dari hasil ulangan harian siswa dan nilairaport siswa yang memuaskan.
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS IMAM PURO KUTOARJO, PURWOREJO Samrowi ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.7 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan. Sehubungandengan hal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalammeningkatkan kinerja guru di MTs Imam Puro Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif yang berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dandianalisis dengan menggunakan logika berpikir ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data padapenelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis datadilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskankesimpulan hasil penelitian yang dilakukan.Ada tiga temuan dalam penelitian ini, yaitu : (1) power eksekutif kepemimpinan kepalamadrasah terbukti nyata menghasilkan produk visi dan misi madrasah telah dilaksanakan denganbaik meskipun masih dalam skala yang kecil, untuk mencapai kriteria kinerja guru serta tujuanpendidikan tersebut dibutuhkan kerja sama dan peran dari kepala madrasah, menumbuhkembangkan ciri khas madrasah dengan adanya budaya 5S di madrasah dan guru menjalankan tugasdan tanggungjawabnya dengan profesional, memiliki kepribadian yang baik dan bisa menjadi teladanpara peserta didik, memiliki jiwa sosial dan kemasyarakatan yang tinggi; (2) power legislatifkepemimpinan kepala madrasah sebagai pembuat hukum dalam meningkatkan kinerja guru di MTsImam Puro Kutoarjo dibuktikan dengan membina dan mengatur hubungan warga antar sekolah;menjadi agent of change, aktif mengadakan perubahan, mencari terobosan-terobosan baru,menggerakan para anggotanya demi kemajuan madrasah; mampu membat hukum, peraturan, dankebijakan madrasah sebagai upaya meningkatkan mutu sekolah; penyusunan kebijakan sekolah,menerapkan prinsip partisipasi dan interaksi antara penentu kebijakan, pelaksana kebijakan, danpemangku kepentingan serta dilaksanakan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen; (3)power pembuat keputusan kepemimpinan kepala madrasah sebagai penentu kebijakan danpencapaian tujuan yang telah ditetapkan bersama dan tokoh panutan atau sentral yang segalatindakan, sikap, perbuatan, dan ucapannya menjadi teladan bagi para guru yang dipimpinnya
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGJAMBU KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA FAIZIN ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.657 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pembelajaran PAI dalam membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis tentang perencanaan pembelajaran PAI atau materi yang akan diajarkan dan proses yang akan dilalui dalam PAI di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangjambu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga; 2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran terkait siswa dalam kegiatan dan hasil selama pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangjambu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga; 3) menganalisis evaluasi pembelajaran terkait penilaian hasil atau evaluasi hasil belajar PAI di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangjambu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulandata, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru sebelum mengajar telah menyiapkan seperangkat administrasi pembelajaran yaitu RPP, Silabus, Program Tahunan, Program Semester, Pemetaan SK dan KD KTSP, KKM KTSP, Jurnal Mengajar, Analisis SK dan KD KTSP, Catatan Perkembangan Siswa, Agenda Guru PAI, Absen Siswa dan Buku kumpulan Soal-Soal; 2) Guru dalam kegiatan proses pembelajaran PAI sesuai RPP yaitu melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 3) Hasil pembelajaran PAI telah maksimal memenuhi KKM 70. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan guru dalam pembelajaran PAI dikarenakan adanya kerjasama stakeholder (kepala sekolah, guru, tenaga perpustakaan dan tenaga administrasi), sehingga pembelajaran PAI sangat mudah memperoleh hasil pembelajaran yang memuaskan karena terpenuhinya sarana dan prasarana sekolah yang memadai.
ISLAM DALAM MEMANDANG BUDAYA SELAMETAN BUMI bahrun ali murtopo; Linda Suci Dwi P
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.473 KB) | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v4i1.125

Abstract

Tradisi sedekah bumi legenanan merupakan sebuah tradisi yang dimiliki olehmasyarakat hingga sekarang ini masih mempertahankan dan masih rutinmelaksanakan tradisi sedekah bumi legenanan untuk setiap tahunnya. Tujuanpenelitian: (1) Mengetahui prosesi pelaksanaan tradisi sedekah bumi legenanan di(2) Mengetahui makna simbolik yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi sedekahbumi legenanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tradisi sedekahbumi legenanan dilaksanakan setiap setahun Desa Balorejo. Tradisi tersebutmenunjukkan akar dari tradisi agraris dan tetap dilestarikan oleh masyarakatsetempat. Makna simbolik yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi sedekah bumilegenanan yaitu sebagai bentuk rasa bersyukur kepada Allah swt dan memohonkepada Allah swt agar diberi keselamatan, kesehatan, keberkahan, rejeki yangmelimpah, bumi yang dipijak agar tetap utuh tidak runtuh, tidak ada bencanaapapun yang melanda Desa Balorejo dan masyarakat Desa Balorejo menjadimasyarakat yang makmur sejahtera. Makna simbolik yang mengandung nilai-nilaibudaya ini oleh masyarakat dijadikan sebagai pedoman hidup yang sudahmengakar dalam masyarakat.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO Zakiyah ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.046 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya prestasi peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan media pembelajaran terhadap prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Purworejo, sedangkan sampel penelitian adalah sejumlah 66 orang guru dan 66 orang peserta didik SMA Negeri 1 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,387 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,012 atau hanya berkontribusi sebesar 1,2%. (2) Kinerja Guru memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,429 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,010 atau hanya berkontribusi sebesar 1,0%. (3) Media Pembelajaran memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,136 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,034 atau hanya berkontribusi sebesar 3,4%. (4) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Media Pembelajaran secara bersama-sama memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,201 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,071 atau hanya berkontribusi sebesar 7,1%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11