cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020)" : 10 Documents clear
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA AL-IMAN BULUS KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO Muhamad Ghufron; Eliyanto .,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.199

Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru. Kepala madrasah melalui kepemimpinantransformasional diharapkan mampu meningkatkan kinerjaguru di MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo, khususnya perilaku transformatif dalam kepemimpinannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo telah melaksanakan empat dimensi kepemimpinan transformasional. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yaitu: 1) Kepala Madrasah memberikan pengaruh yang ideal; 2) Kepala Madrasah memberikan motivasi yang memberikan inspirasi kepada guru dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo; 3) Kepala Madrasah memberikan rangsangan keilmuan kepada guru sehingga kinerja guru MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo semakin meningkat; 4) Kepala Madrasah sebagai Pemimpin sangat memperhatikan individu gurusehingga kinerja guru MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo semakin meningkat.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK MA’ARIF 2 GOMBONG KEBUMEN Setyowati .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.200

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-gurudi SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen, dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) KepemimpinanKepalaSekolah memiliki pengaruh yang cukup positif terhadapKinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,028< α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,347 atau berkontribusi sebesar 34,7%. (2) BudayaOrganisasimemiliki pengaruh yang kuatpositif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,725 atau berkontribusi sebesar 72,5%. (3) MotivasiKerjamemiliki pengaruh yang kuat positif dan signifikan terhadapKinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,631 atau berkontribusi sebesar 63,1%. (4) Kepemimpinan Kepala Sekolah, BudayaSekolah, dan Motivasi Kerja Secara Bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,787 atau berkontribusi sebesar 78,7%.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH, DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN Kismiyati .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.201

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan mutu pembelajaran yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah, dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru di SMK Ma’arif 9 Kebumen, yaitu sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Supervisi Akademik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,048 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,191 atau berkontribusi sebesar 19,1%. (2) Budaya Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,007 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,324 atau berkontribusi sebesar 32,4%. (3) Kinerja Guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,668 atau berkontribusi sebesar 66,8%. (4) Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, dan Kinerja Guru secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,673 atau berkontribusi sebesar 67,3%.
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MBS DI SMP NEGERI 16 PURWOREJO Siti Munawaroh
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.202

Abstract

Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut mampu mengatur manajemen yang ada di lembaga yang dipimpinnya. Namun demikian, maju mundurnya sekolah tidak hanya dipengaruhi peran kepala sekolah, namun hasil dari kegiatan bersama dari berbagai pihak, termasuk pengurus komite sekolah. Adapun kepala sekolah sebagai manajer pendidikan dituntut mencari dan menerapkan suatu strategi manajemen baru yang dapat mendorong perbaikan mutu di sekolah. MBS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan implementasi MBS adalah untuk perbaikan kualitas pembelajaran, kurikulum, sumber daya manusia serta pelayanan sekolah secara umum. Penelitian ini berusaha mengungkap strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di SMP N 16 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan terhadap sumber-sumber penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjamin bahwa data yang didapatkan adalah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di SMP N 16 Purworejo menggunakan prinsip otonomi, fleksibilitas, partisipasi, dan inisiatif. Prinsip otonomi mencakup pemahaman kepala sekolah terhadap perannya sebagai pemimpim organisasi yang mandiri dan memiliki otonomi di sekolah, pemahaman guru terhadap perubahan peran mereka dalam MBS yang berpengaruh terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan penetapan program sekolah, pemahaman penngurus komite sekolah terhadap peran mereka dalam pengelolaan sekolah sesuai tata kelola MBS. Prinsip fleksibilitas mencakup pemahaman kepala sekolah terhadap perannya sebagai pemimpim organisasi yang fleksibel, pemahaman guru terhadap fleksibilitas kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS, pemahaman penngurus komite sekolah terhadap peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang fleksibel dalam mengimplementasikan MBS. Prinsip partisipasi mencakup partisipasi kepala sekolah dan stakeholders, orang tua siswa, guru dan staf administrasi dalam pengambilan keputusan dan kegiatan lainnya di sekolah. Prinsip inisiatif mencakup perencanaan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan proses seperti dalam kegiatan belajar mengajar, pengelolaan ketenagaan, pengelolaan fasilitas, pelayanan siswa, hubungan sekolah dan masyarakat, pengelolaan iklim sekolah, dan evaluasi.
KOMPETENSI MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 9 PURWOREJO Siti Nurlaili Chasanah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan menganalisis technical skill kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Purworejo, (2) mengetahui dan menganalisis human skill kepala sekolah dalam eningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo, (3) mengetahui dan menganalisis conseptual skill kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data utama adalah manusia dan hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan informannya adalah wakil kepala sekolah dan guru SMP Negeri 9 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan teknik (technical skill) kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan baik. Kemampuan teknik merupakan keterampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik, dan perlengkapan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Kemampuan teknik meliputi aplikasi pengetahuan tentang cara pengelolaan kelas, pengunaan metode pengajaran, tehnik evaluasi siswa, tehnik pembuatan satuan acara pembelajaran, tehnik-tehnik pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, serta tehnik mengarahkan dan membina para guru di sekolah. (2) Kemampuan manusiawi (human skill) kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan kinerja guru berjalan dengan baik. Kemampuan manusiawi merupakan kemampuan kepala sekolah bekerja sama, berkomunikasi dengan personel sekolah dalam rangka menciptakan suasana saling percaya terhadap program sekolah dan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru. Diwujudkan dengan memberikan motivasi, kesempatan pengembangan diri,penghargaan, sikap kekeluargaan, komunikasi yang baik, dan dalam mendelegasikan tugas. (3) Kemampuan konsep (conseptual skill) kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan baik. Kemampuan konsep berupa keterampilan kepala sekolah untuk menentukan strategi, merencanakan, merumuskan kebijakan, serta memutuskan suatu yang terjadi dalam organisasi termasuk sekolah sebagai lembaga pendidikan yang tercantum dalam visi, misi dan tujuan sekolah rencana kegiatan sekolah untuk jangka pendek dan jangka panjang.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU GURU DI SMK MA’ARIF NU 1 KEMBARAN BANYUMAS Agus Sunarso
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.204

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam suatu sekolah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatan Mutu Guru di SMK Maarif NU 1 Kembaran Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan: (1) Perencanaan SDM yang dilakukan diSMK Ma’arif NU 1 Kembaran Banyumas yaitu dengan menganalisis volume dan beban pekerjaan, kemudian menganalisis kekuatan dan kelemahan tenaga kerja yang dimiliki oleh sekolah. Kemampuan financial sekolah untuk biaya operasional, sarpras dan juga belanja bulanan seperti listrik, perawatan sarpras dan honorarium juga termasuk hal penting yang masuk dalam pertimbangan. (2) Rekrutmen, seleksi dan penempatan sumber daya manusia di SMK Ma’arif NU 1 Kembaran Banyumas dibagi menjadi 2 yaitu rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja dari sumber internal dan eksternal. (3) Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di SMK Ma’arif NU 1 Kembaran Banyumas yaitu dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pelatihan yang dilaksanakan di tempat kerja (On The Job Training) dan Pelatihan yang diaksanakan di luar tempat kerja (Off The Job Training). (4) Evaluasi atau penilaian yang dilaksanakan di SMK Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas adalah sistem tahunan yaitu evaluasi yang dilakukan dalam setiap satu tahun sekali. Evaluasi yang diterapkan di SMK Ma’arif NU 1 Kembaran Banyumas yaitu dengan kegiatan supervisi (kunjungan dari kelas ke kelas) oleh kepala sekolah dan tim yang ditunjuk sebagai tim penilai yaitu wakil kepala sekolah.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU NILAI UJIAN NASIONAL (UN) DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN Muhamad Anwarudin
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.205

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran secara deskriftif pelaksanaan manajemen yang memfokuskan pada manajemen peningkatan capaian mutu nilai Ujian Nasional (UN) di MTs Negeri 1 Kebumen. Dengan menelusuri perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. tindak lanjut peningkatan capaian mutu nilai Ujian Nasional (UN) di MTs Negeri 1 Kebumen. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti,untuk lebih dapat dipahami berikut akan diuraikan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut: Observasi.,Wawancara, Studi Dokumen.Teknis analisis data dalam suatu penelitian kualitatif dapat digunakan deskriptif naratif, melalui tiga alur yaitu : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat penulis informasikan yaitu : (1) Perencanaan adalah membuat suatu target-target yang akan dicapai atau diraih di masa depan. Perencanaan peningkaatan mutu pendidikan MTs Negeri 1 Kebumen dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Fungsi perencanaan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kebumen ini meliputi pengaturan sumber dana, sumber daya atau personil madrasah dan upaya pembinaannya, dan pengembangan kurikulum. Perumusan perencanaan peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen melalui musyawarah atau rapat madrasah yang melibatkan kepala Madrasah, guru, staf dan komite Madrasah. (2). Pelaksanaan atau pengarahan sebagai rencana peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen adalah pelaksanaan sebagai proses mengendalikan institusi pendidikan yang berjalan sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan dan sampai kepada tujuan secara efektif dan efesien. Sebagai implikasi pelaksanaan manajemen dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) di MTs Negeri 1 Kebumen merupakan suatu proses penyesuaian, pengintegrasian, persiapan dan pemilihan dengan terfokus pada tujuan, materi, metode, organisasi dan evaluasi menjadi dasar utama dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran. (3) Evaluasi sebagai implementasi ketiga dalam penelitian bertujuan, evaluasi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen adalah mengkaji ulang kebijakan kepala Madrasah dalam mengemban amanah, menentukan program Madrasah, atau setidaknya menyatukan persepsi dikalangan pembuat keputusan (tenaga pendidik dan kependidikan) di lembaga yang dipimpinnya. Kemampuan kepala Madrasah dan guru sebagai selaku aktor utama kebijakan yang dipercaya untuk mengemban pelaksanaan evaluasi kebijakan manajemen peningkatan mutu dalam mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, termasuk mempertahankan dan memanfaatkan beberapa faktor pendukung yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan tersebut. (4) Act atau menindaklanjuti artinya melakukan evaluasi total terhadap hasil sasaran dan proses dan menindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan. Jika ternyata apa yang telah kita kerjakan masih ada yang kurang atau belum sempurna, segera melakukan action untuk memperbaikinya. Proses Act ini sangat penting artinya sebelum kita melangkah lebih jauh ke proses perbaikan selanjutnya. Menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan yang diperlukan. Ini berarti juga meninjau seluruh langkah dan memodifikasi proses untuk memperbaikinya sebelum implementasi berikutnya. Menindaklanjuti hasil berarti melakukan standarisasi perubahan, seperti mempertimbangkan area mana saja yang mungkin diterapkan, merevisi proses yang sudah diperbaiki, melakukan modifikasi standar, prosedur dan kebijakan yang ada, mengkomunikasikan kepada seluruh staf, pelanggan dan suplier atas perubahan yang dilakukan apabila diperlukan, mengembangkan rencana yang jelas, dan mendokumentasikan proyek. Selain itu, juga perlu memonitor perubahan dengan melakukan pengukuran dan pengendalian proses secara teratur serta efesien dalam segala hal.
PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI INTEGRASI PESANTREN DAN SEKOLAH (STUDI ANALISIS DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN) Mugiarto .,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.206

Abstract

Peran pondok pesantern dalam membina akhlak sudah tidak terbantahkan lagi dengan banyak sekali tantangan dan cobaan bagi kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang peran pondok pesantren dalam melakukan pembinaan pergaulan remaja di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Penelitian akan mencari peran pondok pesantren dalam pembinaan akhlak di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Diharapkan dari pembinaan terhadap remaja sebagai generasi penerus bangsa dapat melahirkan generasi yang baik. Generasi yang mampu mempertahankan nilai-nilai luhur akan tetapi bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia dari fisik maupun spiritual.
Tradisi Pengajian Lapanan Dalam Atifitas Sosial Masyarakat bahrun ali murtopo ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.207

Abstract

Pengajian lapanan dalam Nilai-nilai Keagamaa. Munculya Pengajian lapanan dewasa ini merupakan fenomena menarik. Pengajian lapanan lahir bersamaan dengan kompleksitas persoalan yang dihadapi di masyarakat, seperti pencurian, narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bermula dari kesadaran masyarakat untuk membendung persoalan tersebut melalui pemahaman dan peningkatan nilai-nilai agama mutlak dilakukan. Pengajian lapanan tidak sekedar sebagai aktivitas keagamaan yang lebih mengutamakan aspek ritualistik, lebih jauh Pengajian lapanan membenahi diri sebagai proses pendidikan, yang mengajarkan dan berperan menanamkan nilai-nilai keagamaan pada masyarakat sebagai tambahan sepiritual relijius. Aqidah tentang keimanan yang mencakup rukun Iman yang lima, akhlak atau perilaku seperti mengucapkan salam ketika bertamu dan menghormati orang. dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat adalah berperan sebagai kreator (yang pertama memulai atau mengawali), fasilitator (yang menyediakan), dan edukator (pendidikan). membuat kegiatan pengajian lapanan pada masyarakat dan remaja agar remaja di desa lebih aktif pada kegiatan keagamaan, sosial dan budaya yang baik untuk menambah atau memaksimalkan Peranan masyarakat dalam kehidupan sosila masyarakat.
PRINSIP PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Fibriyan Irodati .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v5i1.290

Abstract

Setiap guru diharapkan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa ke dalam mata pelajaran yang diampu, dimana proses integrasi telah digariskan dalam desain induk pendidikan karakter kementerian pendidikan nasional, yang juga menekankan pada mengkarakterkan dokumen mulai dari analisis sk-kd dari standar isi yang dikembangkan ke dalam silabus dan RPP. Namun perlu dipertanyakan apakah para guru yang berperan dalam mengintegrasikan karakter dalam pelajarannya telah memiliki pemahaman terhadap karakter? Disinilah prinsip pengembangan RPP berbasis karakter mengambil peran penting untuk implementasi niai-nilai budaya dan karakter bangsa di pendidikan karakter sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu RPP harus dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan, memerhatikan materi yang dijadikan bahan kajian serta harus ada koordinasi antarkomponen pelaksana program di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10