cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021)" : 10 Documents clear
PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS AHMAD DAHLAN KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN Darsono .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA siswa di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng yang berjumlah 89 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Aktivitas Belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Ahmad Dahlan Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Hal tersebut terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,385 atau berkontribusi sebesar 38,5 %. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA Siswa
MANAJEMEN STRATEGIK PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN GENERASI YANG BERAKHLAQUL KARIMAH Eliyanto ,; Ummu Khurriyah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.273

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pondok pesantren dalam mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen strategik pembelajaran pondok pesantren dalam mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah di Pondok Pesantren Al-Kamal Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yang terdiri atas Ketua Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah Diniyah Pondok Pesantren, dan Ustadz Madrasah Diniyah Pondok Pesantren. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan tiga tamuan. Pertama, Perencanaan strategik pembelajaran Pondok Pesantren dalam mewujudkan generasi berakhlaqul karimah di Pondok Pesantren Al-Kamal Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen adalah dengan merumuskan setiap program yang ada, pimpinan pondok selalu merumuskan dan mengadakan musyawarah bersama dewan asatidz dan semua stakeholder yang ada untuk menyamakan visi, misi dan langkah-langkah dalam pencapaiannya. Kedua, Pelaksanaan strategik pembelajaran Pondok Pesantren dalam mewujudkan generasi yang berakhlaqul karimah di Pondok Pesantren Al-Kamal Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen adalah dilaksanakan secara berjenjang dan terorganisir, selalu didampingi oleh pimpinan pondok, disurvei kegiatannya dan pendampingan yang intens, serta model kepemimpinan yang terbuka. Ketiga, Evaluasi strategik pembelajaran pondok pesantren dalam mewujudkan generasi yang berakhlaqul karimah di Pondok Pesantren Al-Kamal Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen adalah dengan cara: (a) melihat secara langsung perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari (amaliyah dzahiriyah); (b) evaluasi yang dilakukan secara formal maupun informal; (c) melihat secara langsung perubahan perilaku santri setelah mendapatkan pembinaan; (d) evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan evaluasi mingguan, bulanan, semesteran, akhir tahun dan awal tahun; serta (e) evaluasi darurat. Kata kunci: Manajemen Strategik, Pembelajaran, Pondok Pesantren, dan Generasi yang Berakhlakul Karimah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU 01 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA Zahroh ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di MI Ma’arif NU 01 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MI Ma’arif NU 01 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MI Ma’arif NU 01 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, terbukti dari nilai Sig = 0,009 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,705 atau berkontribusi sebesar 70,5 %. Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kepala madrasah, kinerja guru.
MANAJEMEN BLENDED LEARNING NILAI AGAMA DAN MORAL PADA MASA PANDEMI DI RA MASYITOH MERTASINGA CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP Nurchasanah ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.275

Abstract

Penyebaran Covid 19 yang semakin merebak mengharuskan pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara online. Namun, ada beberapa lembaga yang melaksanakan blended learning, yaitu melaksanakan pembelajaran online dan tatap muka terbatas seperti RA Masyitoh Mertasinga. Rumusan masalah, pertama bagaimana perencanaan blended learning Nilai Agama dan Moral di RA Masyitoh Mertasinga, kedua bagaimana pelaksanaan blended learning Nilai Agama dan Moral di RA Masyitoh Mertasinga dan ketiga bagaimana evaluasi blended learning Nilai Agama dan Moral di RA Masitoh Mertasinga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan, pertama perencanaan blended learning Nilai Agama dan Moral di RA Masyitoh Mertasinga meliputi perencanaan pada level lembaga, yaitu persiapan sarana dan prasarana pendudkung blended learning dan perencanaan pada level guru, yaitu menetapkan materi, menetapkan tujuan, menetapkan strategi, metode dan media, menyusun silabus, menetapkan kegiatan pembelajaran, merencanakan evaluasi dan menetapkan langkah tindak lanjut, kedua pelaksanaan blended learning, yaitu penyampaian materi oleh guru kepada peserta didik melalui serangkaian kegiatan membelajarkan peserta didik secara aktif, kreatif, produktif dan menyenangkan dengan menerapkan berbagai strategi dan metode serta penggunaan media dan alat peraga untuk mencapai tujuan pembelajaran dan ketiga evaluasi belended learning mencakup evaaluasi terhadap pelaksanaan blended learning dan evaluasi hasil belajar peserta didik Kata Kunci: Manajemen Blended Learning, Nilai Agama dan Moral
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTs MA’ARIF NU SE-KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Surip Riyadi
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.278

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah, dikarenakan berbagai macam persoalan mulai dari masalah internal madrasah sampai masalah eksternal madrasah, seperti lemahnya peran kepemimpinan kepala madrasah, kinerja guru, prestasi belajar siswa, sarana prasarana, lingkungan masyarakat, motivasi dan lain sebagainya. Banyak sekali masalah yang muncul di dunia pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dari masalah yang terjadi. Beberapa faktor masalah yang dapat diambil salah satunya adalah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Ma’arif NU se Kabupaten Banyumas. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan tehnik stratified random sampling yaitu sebagian dari populasi dipilih atas beberapa strata atau subkelompok dan dari masing-masing subkelompok diambil sampel-sampel terpisah, dengan ketentuan tinggi, sedang dan rendah. Jumlah responden sebanyak 45 responden / guru MTs Ma’arif NU se Kabupaten Banyumas. Hasil dari pengumpulan data didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Ma’arif NU se Kabupaten Banyumas, baik secara mandiri maupun bersama-sama. Kepemimpinan kepala madrasah memberikan kontribusi sebesar 64,44%, kontribusi motivasi kerja sebesar 66,60%, dan kontribusi secara bersama-sama sebesar 31,40%, sedangkan sisanya masing-masing 35,56%, 33,40%, dan 68,60% kinerja guru MTs Ma’arif NU yang dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Saran yang perlu diperhatikan yaitu kepemimpinan kepala madrasah perlu ditingkatkan serta motivasi kerja yang positif harus tetap dijaga dan dikembangkan agar prestasi kerja guru MTs Ma’arif NU dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik (educator) dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, dan Kinerja
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Mahfudloh .0
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.279

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas V MI Islamiyah Brokoh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 22 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan penelitian hasil belajar menentukan volume bangun ruang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar menentukan volume bangun ruang. pada pra-siklus I dalam kategori tuntas adalah 59,09 % jumlah siswa yang tuntas adalah 13 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 100 %, sedangkan siswa yang tuntas 22 siswa. Hasil penelitian ini menyarankan bagi siswa untuk lebih aktif sehingga pembelajaran menyenangkan dan bermakna dapat tercapai. Saran bagi guru sebaikanya menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatakan hasil belajar materi menentukan volume bangun ruang. agar dapat mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh.
NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN Agus Salim Chamidi ,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.280

Abstract

This qualitative research aims to determine the process of cultivating moderate Islamic values ​​in the learning of Islamic Religious Education (PAI) in Class X at SMK Negeri 1 Kebumen and to determine its success. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation using descriptive-analytic analysis techniques. The research informants were Class X Islamic Education teachers and other related informants. The research was conducted in August-October 2020 during the Covid19 pandemic. The results of the research are that: (1)during the Covid19 pandemic the process of cultivating moderate Islamic values (wasathiyah) regarding al-adl (justice), al-tawazun (balance), and al-tasamuh (tolerance) continues in the X-Class on PAI Learning at SMK Negeri 1 Kebumen according to curriculum guidelines balanced with teacher creativity in incorporating these concepts and values ​​from the start of making lesson plans to the learning evaluation process, (2)the success of planting moderate Islamic values ​​is reflected in the results of the evaluation of learning and participant behavior Class X students of SMKN 1 Kebumen.
PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI REMAJA MELALUI KEGIATAN JAM’IYAH DIBA’IYAH DI DESA PAGERWANGI BALAPULANG TEGAL Umi Mahmudah; Alfa Latifatul Wahidah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.293

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pembentukkan karakter Islami remaja dengan kegaiatan jam’iyah diba’iyah di Desa Pagerwangi yang meliputi variabel (1) karakter remaja, variabel (2) jam’iyah diba’iyah. Penelitian ini menerapkan metode mix methods. Untuk subjek dalam penelitian ini meliputi anggota, alumni, pembina jam’iyah diba’iyah. Adapun instrumen data kuantitatif dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan data observasi beserta wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif presentase. Hasil penelitian data angket menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan jam’iyah diba’iyah presentasenya sebanyak 81,25% sedangkan karakter remaja anggota jam’iyah diba’iyah presentasenya 79,625%. Dan diketahui bahwa tingkat keberhasilan pembentukkan karakter Islami melalui kegiatan jam’iyah diba’iyah menunjukkan presentase 80,4375% yang berarti sangat baik. Adapun upaya pembentukkan karakter Islami pada kegiatan jam’iyah diba’iyah di desa Pagerwangi yaitu melalui pembiasaan baik dalam berorganisasi, bersosialisasi, maupun bersikap, memberikan keteladanan sesuai sifat-sifat Rasulullah, memberikan mauidzah hasanah dan memberikan peringatan serta hukuman yang mendidik.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI Fuad Hasim
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.315

Abstract

Pendidikan dilaksanakan untuk menggali dan kemudian mengembangkan aneka kompetensi yang telah ada pada diri masing-masing peserta didik, kompetensi tersebut meliputi kemampuan dalam bidang keilmuan, sikap dan keterampilan. Ketiga kompetensi ini seyogyanya dikembangkan secara maksimal dan seimbang baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun dalam pelaksanaan penilaian/ evaluasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penilaian ranah afektif cenderung lebih sulit dilaksanakan dan dikembangkan, lain halnya dengan kompetensi kognitif dan psikomotorik yang sudah sangat lazim dilakukan oleh pendidik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membantu mencarikan solusi atas problematika penilaian afektif yang selama ini cenderung stagnan. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menjadikan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian serta Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai sumber data primer dan didukung oleh beberapa literatur pendukung lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah afektif peserta didik harus dilakukan secara menyeluruh baik ketika berada di lingkungan sekolah, keluarga atau lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal. Penilaian ini dilakukan dengan cara mengamati perilaku peserta didik dan perilaku yang diamati tersebut merupakan nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditetapkan dalan Keputusan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Adapun nilai-nilai tersebut meliputi religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab. Nilai-nilai inilah yang diamati dan kemudian dikonversi menjadi nilai akhir peserta didik pada aspek afektif/sikap peserta didik yang dituangkan dalam bentuk nilai Sangat Baik, Baik, Cukup dan Kurang.
Partisipasi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Demokrasi di Kebumen Arif Widodo
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i1.316

Abstract

Tidak demokratisnya pilkada Kebumen 2020 dengan calon tunggal telah melahirkan gerakan Masyarakat Kotak Kosong (Mas Koko), yang bermetamorfosa menjadi Koalisi Konco Pejuang Demokrasi (Koko Pede) Kabupaten Kebumen. Momentum yang membuka jalan perjuangan masyarakat Kebumen itu agar pilkada berikutnya tidak menghadirkan calon tunggal. Hasil penelitian ini terdapat kesinambungan pengawalan demokrasi oleh Koko Pede, paska terpilihnya calon tunggal Arif Sugiyanto – Ristawati Purwaningsih sebagai bupati dan wakil bupati Kebumen. Gerakan yang tanpa dilembagakan itu juga menjadi bagian tak terpisahkan dari partisipasi masyarakat berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan demokrasi di Kebumen. Implementasi gerakan ini dengan menggandeng elemen masyarakat lain, di antaranya mahasiswa, untuk melakukan gerakan moral melalui berbagai kegiatan, seperti diskusi, baik secara offline maupun online pada media sosial (Medsos), yang rekomendasinya menolak calon tunggal. Selain itu menggandeng tokoh-tokoh untuk melakukan mosi tidak percaya terhadap partai yang melakukan praktik-praktik politik tidak demokratis. Termasuk kepada anggota legislatif dari partai politik yang telah mengajukan calon tunggal pada pilkada Kebumen 2020. Selanjutnya menyiapkan calon lewat jalur independen, jika seluruh partai politik kembali mengajukan calon tunggal pada pilkada berikutnya. Bahkan jika pelaksanaannya bareng pemilu dan pilpres 2024, Koko Pede akan melakukan gerakan lebih besar lagi untuk menolak calon tunggal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10