cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021)" : 9 Documents clear
JARING PENGAMAN SOSIAL BIDANG PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN SLEMAN Niken Lestari
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.326

Abstract

Jumlah penduduk miskin Kabupaten Sleman selama tiga tahun berturut-turut tahun 2018 sebesar 92 ribu jiwa, tahun 2019 sebesar 90 ribu jiwa, dan tahun 2020 sebesar 100 ribu jiwa. Pada tahun 2019 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, akan tetapi pada tahun 2020 mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sekitar 10 ribu jiwa. Garis kemiskinan 3 tahun terakhir berturut-turut, tahun 2018 persentase penduduk miskin 7,65%, tahun 2019 persentasenya 7,41%, dan tahun 2020 meningkat menjadi 8,12%. Jaring pengaman sosial yang selanjutnya disingkat dengan JPS adalah bantuan sosial yang tidak berencana berupa uang yang diberikan kepada penduduk Kabupaten Sleman dengan status sosial ekonomi sebagai keluarga miskin dan/atau rentan miskin serta ketelantaran di Kabupaten Sleman. Ruang lingkup Jaring Pengaman Sosial meliputi tiga bidang yaitu bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial. Jaring pengaman sosial di Kabupaten Sleman sejak tahun 2017 sampai tahun 2021 berjalan dengan baik. Pada setiap tahunnya anggaran yang disediakan untuk JPS sebanyak Rp 10 miliar. Pada bidang pendidikan pengajuan yang paling banyak dibanding bidang lainnya selama Januari 2019 sampai Juli 2020, hal ini membuktikan bahwa jaring pengaman sosial bidang pendidikan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman yang mengalami kesulitan dalam pemenuhan biaya pendidikan. Pengajuan anggaran JPS bidang pendidikan bisa digunakan untuk melunasi biaya SPP yang menunggak, biaya uang gedung, dan melunasi biaya untuk bisa mengambil ijasah. Harapannya dengan pendidikan yang lebih baik masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi bisa menata kehidupannya sehingga bisa memperbaiki perekonomian keluarga menjadi lebih baik lagi.
PENDEKATAN INVERSE ACTION RESEARCH DALAM PENGADAAN LAHAN TANAH DI MWCNU SRUWENG Agus Salim Chamidi; bahrun ali murtopo; Dewi Oktaviana
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.373

Abstract

collaboration between lecturers and KKN IAINU Kebumen students in 2021. The research location is at the Nahdlatul Ulama Representative Council (MWCNU) Sruweng Kebumen. The purpose of the research is to find out the process of social transformation that occurs at MWCNU Sruweng by examining the background and goals behind the success of MWCNU Sruweng holding land owned by MWCNU Sruweng, as well as knowing the concepts and values ​​behind it. The research is qualitative with an inverse action research approach model. Research informants were a number of MWCNU Sruweng administrators who were involved in land acquisition. The research was conducted in August-September 2021. The results of the research are: (a) the research model succeeded in exploring the background of the problem and the objectives of land acquisition, (b) the main concept of land acquisition for MWCNU Sruweng as a physical facility, which in the future will be able to build buildings MWCNU Sruweng for the development of the religious life of NU residents in the Sruweng area, in order to achieve community welfare both spiritually and materially, (c) there are concepts and noble values ​​based on culture and religion behind land acquisition. Suggestions, that the research model and values ​​that have been investigated are appropriate to be used for the purposes of looking at society's present, past, and future. Keywords: inverse action research, MWC NU Sruweng, land acquisition.
PELATIHAN PENGOLAHAN DAN VISUALISASI DATA ASSESSMENT BERBASIS GOOGLE FORM DI BUAYAN siti Fatimah; Novia Umu Sholikhah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.374

Abstract

Pengolahan data menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam tahapan assessmen. Adanya pengolahan dan visualisasi data akan mempermudah dalam membaca hasil assessmen. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan pengolahan dan visualisasi data assessmen berbasis google form di lembaga MWC NU Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Subjek dalam pengabdian ini adalah Syuriyah (dewan pengawas) di MWC NU Buayan. Pengabdian ini dilaksanakan selama dua hari dengan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, persiapan implementasi/pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Hasil pengabdianmenunjukkan bahwa Syuriyah dapat melakukan pengolahan dan visualisasi data assessmen dengan baik. Pengolahan dan visualisasi data assessmen menjadi kunci dalam memberikan rekomendasi dari hasil monitoring dan evaluasi.
PENGUATAN KOMPETENSI SYURIYAH MWCNU BUAYAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DIGITAL ASESSMENT umi arifah; Siti Fatimah; Khofifah Eka Septiana,
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.375

Abstract

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENILAIAN DALAM UPAYA MEMBENTUK INSAN KAMIL Mugiarto .; Rita sulastini; Sri Handayani
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis implementasi manajemaen kurikulum dan penilaian dalam upaya membentuk insan kamil, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber primer dan sumber skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Analisis data meliputi reduksi data, sajian data, penggambaran kesimpulan dan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Penelitian ini menggambarkan tentang implementasi manajemen kurikulum dan penilaian di pondok pesantren Ell- Futhah Bulupayung Patimuan Cilacap dalam upaya membentuk insan kamil
Implementasi Online Assessment pada Mata Kuliah Pembelajaran Fiqih di IAINU Kebumen Maesaroh ,; Rita sulastini; Sri Handayani
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.407

Abstract

This study aims to describe the implementation of online-based assessment in Fiqh Learning courses at IAINU Kebumen. The study was conducted on fifth semester PAI students at the Nahdatul Ulama Islamic Institute (IAINU) Kebumen. The data obtained in the form of Fiqh learning test results obtained through test techniques. Data analysis used an interactive model with the stages of data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the planning stage included competency and indicator analysis activities through RPS, selection of test forms and online media, preparation of questions, preparation of exam schedules, and sharing of question links to students. The assessment is carried out on the day of the exam determined by the institute and students work from home at a predetermined time. Students can access and send answers on time (96,5%). The conclusion of this research is that the implementation of the online assessment at IAINU Kebumen can be followed by students according to the assessment indicators that have been targeted.
VISI PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILOSOFI, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI mugiarto .; Sofyan Sauri; Faiz Karim fatkhullah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.414

Abstract

Visi pendidikan berbasis basis agama, filosofi, psikologi dan sosiologi merupakan upaya pendidikan dalam rangka membentuk manusia yang cerdas secara kognisi, sikap prilaku dan juga kreatif dalam melakukan segala macam bentuk aktivitas. Sehingga diera modem saat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang tangguh dalam rangka menebarkan visi dan misi pendidikan sehingga segala persoalan yang terjadi dimasyarakat, negara dan bangsa akan mampu dijawab dengan mengedepankan pendekatan agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Pendekatan ini perlu dilakukan sebagai upaya manusia sebagai khalifatullah fil ardi yang mampu memakmurkan bumi ini untuk memberi kemanfaatan tidak hanya kepada manusia tetapi juga kepada alam semesta yang kita tinggali sebagai perwujudan dari rasa syukur kita kepada Allah
MANAJEMEN BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI Sitam .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.417

Abstract

MI Ma’arif NU 02 Karangpakis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, pada masa pandemi covid 19 menerapkan model blended learning pada pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah, pertama bagaimana perencanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis, kedua bagaimana pelaksanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis dan ketiga bagaimana evaluasi blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan, pertama perencanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis meliputi perencanaan pada level lembaga, yaitu persiapan sarana dan prasarana pendukung blended learning dan perencanaan pada level guru, yaitu menetapkan materi, menetapkan tujuan, menyusun silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menetapkan strategi, metode dan media, menetapkan kegiatan pembelajaran, merencanakan evaluasi dan menetapkan langkah tindak lanjut, kedua pelaksanaan blended learning, yaitu penyampaian materi oleh guru kepada siswa melalui serangkaian kegiatan membelajarkan siswa secara aktif, kreatif, produktif dan menyenangkan dengan menerapkan berbagai strategi dan metode serta penggunaan media dan alat peraga untuk mencapai tujuan pembelajaran dan ketiga evaluasi belended learning mencakup evaaluasi terhadap pelaksanaan blended learning dan evaluasi hasil belajar siswa
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 1 PURBALINGGA Taufiq Himawan
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v6i2.418

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Purbalingga, pada bulan Maret sampai Juni 2021. Informan dalam penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh para guru dengan membuat silabus, program tahunan, program semesteran, KKM, alokasi waktu, rencana pelaksanaan pembelajaran, program remidi dan pengayaan. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh para guru, meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir. Guru menggunakan media pembelajaran dan menerapkan variasi metode pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru maupun oleh kepala madrasah. Guru melakukan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Kepala madrasah melakukan supervisi secara berkala untuk membantu peningkatan kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 9