cover
Contact Name
Bahru Ali Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
+6285743626645
Journal Mail Official
redaksijurnalarrilah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Pelajar No 55B Kamppus IAINu Kebumen Ar-rihlah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
ISSN : 2541402X     EISSN : 28510197     DOI : -
Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau studi yang relevan Islam yang inovatif dan memberi pelajaran bagi upaya pengembangan Pendidikan Islam. Teknik cakupan naskah menggunakan acuan yang terlampir. Redaksi berhak mengubah susunan kalimat naskah tanpa mengubah substansinya. Isi tulisan penuh menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022)" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT (ABCD) DALAM PENDAMPINGAN PEMENUHAN KOMPETENSI LEADERSHIP PENGURUS MWC NU ADIMULYO atim rinawati; Atik Faizul H
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.376

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pemenuhan kompetensi leadership pengurus MWC NU Adimulyo, serta melalukan evaluasi diri lembaga terkait dengan pemenuhan kompetensi leadership. Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Assest Based Community Development (ABCD) dengan 5 (lima) tahapan kegiatan yaitu discovery, dream, design, define, dan destiny. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Kelima tahapan dilaksanakan melalui koordinasi dan kerjasama antara mahasiswa dengan pengurus MWC NU Adimulyo dalam bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) (2) Kegiatan pengabdian masyarakat menghasilkan perbaikan dalam pemenuhan 4 (empat) indikator penilaian kompetensi leadership yaitu penyiapan konferensi MWC NU, mekanisme rekrutmen pengurus, kompetensi leader, dan strategi kepemimpinan. Berdasarkan evaluasi diri lembaga yang dilakukan, kompetensi leadership pengurus MWC NU Adimulyo masuk dalam kategori sangat baik dengan score 12.
RELASI ASWAJA AN-NAHDLIYAH DAN NEGARA Siti Honiah Mujiati; Ulfiah .; Ujang Nurjaman
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.570

Abstract

Islam Ahlussunnah wal-Jama`ah (Aswaja) an-nahdliyah adalah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Para pendiri NU dan para pendiri negeri ini adalah orang yang identik. Dalam pandangan mereka, Indonesia sekarang tidak lagi berperang dengan Islam, mereka dengan tegas menyatakan bahwa mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu tanggung jawab dalam menjaga dan melaksanakan syari'at non sekuler. Umat ​​Islam khususnya NU memiliki fungsi strategis dalam membangun semangat perang terhadap kolonialisme selain sebagai unsur pemersatu bangsa dan negara, sehingga wajar yang paling ampuh sampai saat ini kita berada di garda depan protektif dan peduli bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.Merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui nilai-nilai Aswaja menuntut penggunaan media informasi. Sedikit banyak, NU telah mengetahuinya. Selain mempublikasikan media cetak seperti Ar-Risalah, Aula, dan sejenisnya, NU juga telah mengambil keuntungan dari internet melalui cara menyebarkan NU Online sejak tahun 2003. Darinya lahirlah slogan "Teknologi sebagai Tradisi". Semoga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dipertahankan sampai waktu yang telah ditentukan, melalui perpaduan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah ke dalam gaya hidup bernegara dan keimanan Islam di muka bumi ini.Ajaran hakiki Islam Ahlusunah wal Jama'ah yang dapat dipegang teguh melalui sarana Nahdlatul Ulama sangat erat kaitannya dengan Negara Indonesia. Ajaran tersebut adalah at-tawassuth (pola pikir pusat), at-tawazun (seimbang), al-i'tidal (tegak lurus), dan tasamuh (toleransi). Relasi di antara pelajaran Aswaja Annahdliyah di dalam Negara Indonesia sesuai dengan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Pola pikirnya yang menjunjung tinggi toleransi dan moderasi telah membuatnya tersebar luas di dalam negara Indonesia. Banyak sekali nilai-nilai luhur yang tetap akan kita berikan dari Nahdlatul Ulama, yaitu tanah air Indonesia. Sebagai organisasi asli Indonesia, NU juga memiliki pengaruh yang baik di negara Indonesia. Indonesia dianggap menyenangkan karena pola pikir NU yang seimbang, toleran, dan ringan. Nilai-nilai aswaja sangat vital untuk dikembangkan dalam pembinaan keislaman di Indonesia saat ini. Selain itu, pelatihan Aswaja muncul karena keinginan masyarakat Indonesia, khususnya sebagai pengertian dalam pelatihan non sekuler dan pembentukan moral, pria atau wanita, dan pria atau wanita yang mulia. Penanaman nilai-nilai Aswaja tidak bisa paling efektif dilakukan di lembaga akademik formal, tetapi juga ditujukan pada jaringan yang lebih luas (non-formal dan pelatihan kasual). Misalnya, acara pengajian biasa yang dikemas dengan ulama' sangat bagus untuk menumbuhkan keahlian nilai-nilai non sekuler di masyarakat. Ini juga bertujuan untuk memperkuat pria atau wanita, moralitas, dan pria atau wanita dari jaringan. Pria atau wanita dari jaringan yang telah dibentuk dengan baik berubah menjadi pria atau wanita yang luar biasa dari bangsa dan negara juga.
DAMPAK KADERISASI TERHADAP ORGANISASI MWC NU ROWOKELE Muna Fauziah; bahrun ali murtopo; Nur Zakaria; Linda Maghfiroh
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.571

Abstract

Artikel ini merupakan riset berbasis Pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan untuk mendeskrispikan dampak kaderisasi terhadap organisasi MWC NU Rowokele. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menjabarkan isi dari Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian berlokasi di MWC NU Rowokele. Teknik pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada Ketua Tanfidziyah MWC NU Rowokele. Data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa adanya kaderisasi belum berdampak baik terhadap perkembangan organisasi MWC NU Rowokele. Hal ini dikarenakan MWC NU Rowokele belum berjalan baik, pengurus tidak memiliki teknik khusus untuk melakukan rekruitmen kader terbaru, serta keterbatasan tenaga MWC yang benar-benar bersedia membangun MWC menjadi lebih baik. Dengan demikian, saran ditujukan kepada pengurus MWC NU Rowokele untuk giat melakukan kerjasama dengan setiap ranting agar MWC memiliki pandangan yang luas mengenai kader yang terbentuk dari setiap kegiatan di Ranting MWC NU Rowokele.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH COVID-19 Yusuf Rifai; Muna Fauziah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.572

Abstract

Tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh IAINU Kebumen yaitu “Civil Society Tanggung COVID-19”. Dengan adanya tema tersebut, maka kegiatan KKN IAINU Kebumen dapat digunakan sebagai cara untuk melatih masyarakat mengenai pencegahan COVID-19. Penulis merancang program khusus yang berkaitan dengan tema KKN. Program yang telah terancang yaitu pelatihan pemulasaran jenazah COVID-19 khusus bagi perempuan. Tujuan diadakan kegiatan pelatihan yaitu untuk melatih perempuan dalam proses pemulasaran jenazah COVID-19. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Aula Muslimat NU Desa Redisari (Komplek MTs Negeri 4 Kebumen), Kecamatan Rowokele, Kebumen. Sasaran pengabdian yaitu muslimat dan fatayat di wilayah Desa Redisari dan sekitarnya. Kegiatan dilakukan pada hari Jum’at tanggal 10 September 2021. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemulasaran jenazah COVID-19, merancang program, melakukan studi literature, mengobservasi kondisi lapangan, serta melakukan pelatihan pemulasaran jenazah COVID-19. Berdasarkan observasi lapangan, maka didapatkan hasil bahwa masyarakat khususnya muslimat dan fatayat di Desa Redisari telah antusias mengikuti kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah yang diselenggarakan dan pelaksanaannya berlangsung lancar.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zahroh .; Sulis Rokhmawanto; Muna Fauziah
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.573

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan prestasi belajar siswa? 2) Adakah pengaruh kinerja guru dengan prestasi belajar siswa? 3) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kalijaran ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif. Datanya diperoleh dengan cara menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perhitungan regresi diperoleh konstanta positif sebesar 3.017 dimana variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,915 dengan nilai t hitung 1,108. Semakin meningkat kepemimpinan kepala madrasah, maka prestasibelajar siswa akan mengalami peningkatan; 2) Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel Kinerja Guru (X2) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,17 dengan nilai t hitung 2.505 maka disimpulkan bahwa variabel Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar; 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru berpengaruh secara simultanterhadap hasil prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kalijaranyang diperoleh dari perhitungan F hitung sebesar 159,686 dengan signifikan < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dari hasil tersebut diketahui bahwa persamaan garis regresi dapat dipakai untuk memprediksi Prestasi Belajar, atau bisa dikatakan variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar.
PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR Maya Muizatil Lutfillah; Zulhendri .; Asep Supena
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.574

Abstract

Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) membangun pengetahuan siwa yang dilandasi struktur kognitif yang telah dimiliki serta didasarkan pada cara otak bekerja sehingga pembelajaran dapat diserap oleh otak secara maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model BBL terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. membentuk karakter adalah kewajiban bukan saja dilakukan saat lahir, melainkan ketika sang buah hati berada dalam kandungan. Selain itu, guru khususnya di Sekolah Dasar memiliki kewajiban yang sama dalam membentuk karakter. Dalam prosesnya, guru perlu menggunakan pendekatan pendidikan karakter berbasis otak (neurosains). Penelitian ini menggunakan kulalitataif yang didasarkan pada kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membentuk karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter lebih efektif jika menggunakan pendekatan otak (neurosains), karena mengubah karakter dimulai dengan mengubah otak siswa.
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF 4 KAWEDUSAN KEBUMEN Syukron Makmun
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.576

Abstract

The aim of the research to tell the efforts are made through the learning of Islamic Education to improve the discipline of students in SMK MA’ARIF 4 Kawedusan Kebumen. This research is qualitative research whose data in the form of statements and documents. This research used a naturalistic approach to researching where natural (natural setting) and field (Field Research), to obtain the required data information researchers used the method of observation, interviews, and documentation. Analysis of the data is used in the form of triangulation analysis that includes data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research is found: 1) the discipline of students of SMK MA’ARIF 4 Kawedusan Kebumen has been good enough even though there are those who violate the rules. It still need to improve and reform the discipline of students so that they understand what is wrong even a little infractions. 2) The efforts of teacher to improve discipline students use the rules. For example, when there is student break the rule of school, especially PAI's teachers have to follow up violations that done by learners to give direction, motivation, giving punishment, or reward that is commensurate to what which is conducted
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (PIT) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBUMEN Badyani .
Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2022)
Publisher : IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/ar-rihlah.v7i1.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PIT (Pembelajaran Inkuiri Terbimbing) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII-A yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Model PIT (Pembelajaran Inkuiri Terbimbing) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor minat belajar IPA kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kebumen yaitu pada kondisi awal sebesar 76,57, pada siklus I sebesar 82,53, pada siklus II sebesar 89,43 dan pada siklus III sebesar 99,23. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu nilai pada kondisi awal sebesar 69,58, pada siklus I sebesar 82,78, pada siklus II sebesar 85,83, dan pada siklus III sebesar 91,67. Persentase kenaikan hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KBM = 80 pada kondisi awal sebesar 20%, pada siklus I sebesar 66,67%, pada siklus II sebesar 83,33% dan pada siklus III mencapai 100%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8