cover
Contact Name
Pandu Prabowo W
Contact Email
panduprabowo@fkip.uisu.ac.id
Phone
+6281271579499
Journal Mail Official
best@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
ISSN : 26148064     EISSN : 26544652     DOI : https://doi.org/10.30743/best
Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni dan Juli s/d Desember.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018" : 8 Documents clear
Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan Saragih, Dewi Sutriani; Manurung, Nurhasnah
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.362 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 tahun pembelajaran 2015/2016. Peneletian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 sampai 28 April 2016. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Prayatna Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 170 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA 2 dengan cara pengambilan sample acak (Random Sampling). Instrument dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan pos test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Map diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas adalah 7 siswa (17,5%) dengan nilai rata-rata 74,35 dan standart deviasi 10,14. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung Ltabel yaitu 0,1120 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel = 1,2 1,7 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 6,040 1,718 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Azmi, Khairani; Azwar, Edi
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.955 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juni 2017. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 35 siswa dari kelas X-2 dengan  pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa test yaitu pre test dan post test pada materi Pencemaran Lingkungan..Nilai rata-rata pre test sebelum diterapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan menggunakan media permainan monopoli adalah 45,00 dan standart deviasi 11,79 seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 75,80 dan standart deviasi 12,33. Berdasarkan nilai KKM 75,00 sebanyak 20 siswa (57%) yang tuntas dan 15 siswa (43%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 11,22 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal
Pengaruh Pemberian Jentik Nyamuk (Culex sp) Dan Cacing Sutera (Tubifex sp) Terhadap Pertumbuhan Ikan Cupang (Betta splendens) Tarigan, M. Rafii Ma'arif; Munir, Masnadi
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.421 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jentik nyamuk (Culex sp) dan cacing sutera (Tubifex sp) terhadap pertumbuhan ikan cupang (Betta splendens) dan melihat pertumbuhan ikan cupang dari parameter berat tubuh ikan dan panjang tubuh ikan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial dengan taraf perlakuan pemberian cacing sutera 10 ekor, pemberian cacing sutera 12 ekor, pemberian jentik nyamuk 10 ekor dan pemberian jentik nyamuk 12 ekor. Jumlah ulangan 6, jumlah perlakuan 4, jumlah akuarium 24 buah, jumlah ikan keseluruhan 24 ekor. Paramater yang diamati adalah berat tubuh ikan dan panjang tubuh ikan cupang (Betta splendens). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis sidik ragam. Hasil Penelitian dari parameter pertumbuhan yang dihitung berupa pertambahan berat, dan pertambahan panjang yaitu pertambahan berat ikan cupang (Betta splendens) dari pemberian cacing sutera 10 ekor sebesar1,75 gr, dan panjang tubuh sebesar 3,05 cm, pemberian cacing sutera 12 ekor sebesar 2,55 gr dan panjang tubuh 3,25 cm, pemberian jentik nyamuk 10 ekor sebesar 3,44 gr dan panjang tubuh 4,31 cm, pemberian jentik nyamuk 12 ekor sebesar 4,85 gr dan panjang tubuh 6,12 cm. Perlakuan yang menggunakan pakan jentik nyamuk menghasilkan pertumbuhan paling tinggi dibandingkan perlakuan pemberian cacing sutera. Ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada jentik nyamuk lebih tinggi dibandingkan nutrisi pada cacing sutera.
Komunitas Makrozoobentos di Aek Hisa, Aek Doras, dan Aek Sigeon Kecamatan Lintong Ni Huta Tapanuli Utara Fefiani, Yusri
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.596 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.624

Abstract

Penelitian Tentang Komunitas Makrozzobentos pada Aek Hisa, Aek Doras, dan Aek Sigeon di Kecamatan Lintong Ni Huta Tapanuli Utara telah dilakukan dari bulan Oktober sampai dengan November 1994. Makrozoobentos yang didapatkan pada Aek Hisa terdiri dari 701 individu dari 18 Fmili dari 8 Ordo. Pada Aek Doras ditemukan 652 individu dari 15 famili dari 5 Ordo dan pada Aek Sigeon ditemukan 736 individu dari 24 Famili dari 11 ordo, Kepadatan dan Kepadatan Relatif hewan bentos yang tertinggi dari ketiga strata itu adalah Diptera kemudian diikutiTrichoptera. Komposisi Genus Makrozoobentos Aek Hisa dengan Aek Doras, Aek Hisa dengan Aek Sigeon tidak berbeda nyata, tetapi antara Aek Doras dengan Aek Sigeon berbeda nyata pada P = 0,01. Indeks diversitas makrozoobentos pada ketiga strata tidak berbeda nyata
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Syukri, M.; Budianto, Budianto
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.694 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discovery terhadap hasil belajar biologi pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orang yang terdiridari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel secara acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test.Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51. Hasil uji normalitas diperoleh Lo Ltabel yaitu 0,10 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel = 1,65 1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen.Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 13,67 1,68 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discovery terhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Pokok Bioteknologi di Kelas XI-1 SMP Negeri 5 Stabat TP.2016/2017 Rusli, Rusli
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.349 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.627

Abstract

Drs. Rusli, M.Pd., NIP. 196809302000121001, Master of SMP Negeri 5 Stabat, "Efforts to Improve Student Learning by Implementing Contextual Approach in Science Learning on Basic Matter of Biotechnology in Class IX-1 SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2016/2017 ". Problem formulation: Is the application of contextual learning can improve student learning outcomes on science learning biotechnology main subject in class IX-1 SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2016/2017. The purpose of this research is to know the improvement of student learning outcomes through the application of contextual approach on science learning biotechnology main subject in class IX-1 SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2016/2017. The research procedure is carried out through two cycles with four stages: 1) planning; 2) action; 3) observation; 4) reflection; The unresolved problem is reflected as the teaching improvement material of the next cycle. The results of the classroom action research show the students' learning outcomes by applying contextual approaches have increased. This is seen in the average grade 74 (incomplete category) in the first cycle to 83 (complete category) in cycle II and the percentage of learning completeness classically increased from 53% in the first cycle to 87.5% in cycle II
Hubungan Gaya Kepemimpinan Tutor Dengan Efektifitas Tutorial Berdasarkan Persepsi Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Universitas Batam Tahun 2016 Batubara, Saiful
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.261 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.626

Abstract

Tutorial as the necessary main section for medical study process with KBK. The effective tutorial will bring the student to a certain learning condition with high order thinking in a condusive academic climate. To reach the effectiveness of tutorial, some supporting factors is needed such as, trustworthy between the member of the group, scenario or trigger, student participation and interaction, facilities available, also the tutor role. On PBL the tutor role as the facilitator is to ensure the group discussion’s proceed effectively, progressively as well as structurally. Commonly every tutor has it own leadership while proceeding discussion progress that will take effect to student effectiveness on giving opinion. This research is to show the relevance between tutor leadership and tutorial effectivity on student of medical faculty UNIBA academic year 2016. The method for this research is by using observational analytic with cross sectional approach on University Batam Medical Faculy with total sample 184 students and the sampling technique is by simple random sampling. The data analysis is by using Chi-square test. Based on Universitas Batam Medical Faculty student perception, that democratic leadership have a tutorial effectivity by 162 student (88%), authoritarian leadership have a tutorial effectivity by 8 student (4,3%) and freedom leadership have a tutorial effectivity by 11 student (6%). Statistic chi-square test result, show p-value by 0,001 (p 0,05). Based on the research result, it concluded that there is a relevance between tutor leadership and tutorial effectivity based on Universitas Batam Medical Faculty student perception’s
Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016 Tasmalina, Tasmalina; Prabowo, Pandu
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.187 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 82 orang yang dipilih satu kelas secara random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X2 sebanyak 41 siswa. Sampel diberikan pengajaran menggunakan Media Video Pembelajaran dan Metode Quasi eksperimen atau yang disebut juga desain eksprimen semu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai pada saat dilakukan pre-test, 88% siswa dinyatakan tidak tuntas. Dengan nilai tertinggi 80 sebanyak 5 orang siswa dan nilai terendah 50 sebanyak 5 orang siswa, dengan nilai rata-rata 66,51 dan standart deviasi 9,53. Setelah diberi pengajaran menggunakan Media Video Pembelajaran pada sub materi Spermatophyta (pada post-test) siswa yang mendapat nilai tertinggi 97 sebanyak 2 orang siswa dan nilai terendah 65  sebanyak 2 orang siswa. Maka siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa (78%) dan 9 siswa (22%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,53 dan standart deviasi 8,38.Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 49,62 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga 49,62 1,69, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Page 1 of 1 | Total Record : 8