cover
Contact Name
Pandu Prabowo W
Contact Email
panduprabowo@fkip.uisu.ac.id
Phone
+6281271579499
Journal Mail Official
best@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
ISSN : 26148064     EISSN : 26544652     DOI : https://doi.org/10.30743/best
Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni dan Juli s/d Desember.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018): September 2018" : 13 Documents clear
Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Mengajar Guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga Sembiring, Makmur Sembiring
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.254 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran tethadap motivasi mengajar guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga. Dalam hal ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran terhadap motivasi mengajar guru. Teknik pengembangunan sampel menggunakan metode sensus dimana wilayah penelitian ini hanya meliputi daerah atau subyek yang sangat sempit. Peneliti merasa perlu untuk meneliti secara keseluruhan tanpa harus mengambil sampel dalam jumlah tertentu yaitu sebesar 35 orang. Hasil penelitian pada SMP Negeri 1 Tigabinanga menunjukkan bahwa variabel manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran berpengaruh serempak terhadap motivasi mengajar guru. Manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga.
Hubungan Gaya Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan Tahun 2013 Lubis, Siska Anggreni; Pertiwi, Mega Dwi; Batubara, Saiful Saiful
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.512 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.853

Abstract

Strategi belajar yang menarik minat mahasiswa secara tidak langsung akan berpengaruh pada proses belajar . Selama mahasiswa mempunyai inisiatif sendiri dalam belajar, maka ia akan menunjukkan minat yang tinggi untuk belajar sehingga akan menghasilkan ketekunan dan ketertarikan dalam belajar. Hal tersebut juga akan mengarahkan mahasiswa untuk menentukan sendiri tipe belajar yang disukainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar mahasiswa dengan tingat prestasi belajar dan pengaruh gaya belajar terhadap tingkat prestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan metode cross sectional . Sampel pada penelitian ini berjumlah 87 responden yang diambil dengan metode simpel random sampling. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan kuesioner . data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi dan ditampilkan dalam bentuk presentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh bahwa mahasiswa menggunakan gaya belajar visual 21 responden (50,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan dibandingkan mahasiswa yang menggunakan gaya belajar auditori  17 responden (70,8%) mendapatkan IP sangat memuaskan, dan kinestetik 12 responden (80,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan.hasil uji chi-square yang dilakukan pada penelitianini didapatkan bahwa p=value 0,0000dari pada p =0,05
Kompetensi Pedagogik Guru Profesional Lubis, Hasrita
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.829 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.788

Abstract

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang Guru Profesional. Kompetensi paedagogik merupakan praksis perilaku kinerja guru dalam proses pembelajaran. Perilaku kerja guru dalam proses pembelajaran dilandasi demgam pijakan teoretis kompoen kompetensi paedagogik sebagai berikut : karakteristik peserta didik, teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan kurikulum, Kegiatan pembelajaran yang mendidik dan pengenbangan potensi peserta didik peserta didik dapat mengaktualisasikan potensinya seoptimal mungkin melalui proses pembelajaran
Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Prabowo, Pandu Pandu; Chaniago, Melissa Chaniago
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.656 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret sampai 21 Mei 2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang yang kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo Ltabel yaitu 0,1131 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel = 1,1 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung ttabel atau 13,21 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017 Azwar, Edi; Syahputri, Anggun Ninda
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.347 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model  Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi  Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016
Development of Biopesticide Bauveria bassiana Bals. (Vuill.) Fungi For Pest Control Vegetable in Berastagi Sularno, Sularno
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.064 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.855

Abstract

This research was conducted in two stages. The research method is the isolation and application of biopesticide. In the first stage aims to isolate entomopathogenic fungi Beauveria bassiana around Berastagi vegetable farms and grow on agar and corn mashed artificial medium. Testing the virulence of Beauveria bassiana in vitro in several types of vegetable pests before it is applied on agricultural land.  In phase II aims to application B. bassiana in the vegetable patch. In the in vitro treatment, the ability to infect insects beauvria average reached 75%. , Controls on crop lands, in the third week began their Crocidolomia pests that attack the growing point so that the cabbage plants fail to bloom. Average cropland applied biopesticides B. bassiana has been no attack. At week 7 attacks on control plants reach 13 plants or 17.3%. In field applied while Beauveria bassiana attack reached six plants, or about 8%.
Melirik Urgensitas Spiritualitas Pada Masyarakat Modern dan Kaitanya Dengan Pendidikan Dalam Kehidupan Siregar, Abdul Hakim
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.373 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.790

Abstract

Allah mengingatkan manusia bahwa : Kamu akan menyaksikan manusia itu betapa hebatnya mereka mengejar kehidupan dunia, malah ada diiantara manusia itu menyatakan bahwa dunia inilah segalanya (tak ada Tuhan kalau tak ada dunia ini, padahal dunia ini ada kerana ada Tuhan.) , mereka memaksakan dirinya supaya hidup seribu tahun, padahal panjangnya umum seseorang bukan jaminan masuk sorga.- Alquran 2/96. Dengan isyarat ini, perlu rasanaya melirik sejenak bagaimana sebenarnya urgensitas spiritualitas  pada masyarakat modern, dan dengan demikian akan diperoleh manfaat agama sebagai alternatif menenangkan jiwa dan akan menghindarkan diri dari sifat semena-,ena dalam hidup ini. Spiritualitas, merupakan sikap manusia yang memiliki fundamentalitas hidup dan konsisten, yang tidak sependapat dengan sikap tersebut, apapun alasannya, dianggap melanggar hak-hak kemajuan hidup manusia dan mereka yang melanggar hak-hak manusia merupakan beban mental membuat ketidak nyamanan pergaulan, akan terbuka kemungkinan saling salah menyalahkan, perdebatan yang bisa membawa sifat iri hati dan seterusnya. Kehadiran spiritualisme dalam kehidupan manusia modern tidak terlepas dari upaya penyucian jiwa (tazkiyatun nafs), dan penjernihan hati ( tashfiyatul qalbi) yang bertujuan untuk menerima kahadiran Tuhan yang Maha pencipta alam semesta dalam semua aktivitasnya dan menandakan keterbatasan manusia dalam sesuatu hal
Pengaruh Media Powerpoint Berbasis Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Virus Kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa Manurung, Nurhasnah; Sembiring, Dwi Menda Salsalina
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.824 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Virus Kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Iman Tanjung Morawa pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 146 orang yang sebanyak 4 kelas, kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo Ltabel yaitu 0,1131 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel = 1,1 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung ttabel atau 13,21 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Samio, Samio
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.828 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.791

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial, senantiasa berhubungan dengan manusia lainnya dalam masyarakat. Sosialisasi pada dasarnya merupakan proses penyesuaian diri terhadap kehidupan sosial. Dengan demikian jelaslah bahwa hubungan sosial merupakan hubungan antar manusia yang saling membutuhkan, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua. Istilah pertumbuhan tidak bisa dipisahkan secara tajam, namun bila ingin dibedakan maka pertumbuhan lebih mununjuk kepada perubahan fisik sedangkan perkembangan lebih menuju kepada perubahan psikis dimana perubahan-perubahan tersebut terjadi akibat dari kekuatan-kekuatan interen secara otomatis dan kekuatan-kekuatan dari luar.
Pengaruh Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Submateri Sistem Saraf Manusia di Kelas XI SMA Swasta YAPIM Medan Budianto, Budianto; Arbaini, Jihan
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.784 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Ekspositori Pada Sub Materi Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI IPA SMA SWASTA YAPIM Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 41 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan total sampling. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas XI IPA sebelum penggunaan Strategi Ekspositori adalah 41,60 dengan standart deviasi sebesar 9,90 dan nilai rata-rata post-test kelas XI IPA setelah penggunaan Strategi Ekspositori adalah 74,77 dengan standart deviasi sebesar 7,66 dengan KKM disekolah yang diteliti adalah 75,00. Pada perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Strategi Ekspositori berdistribusi normal, dengan kriteria nilai Lhitung Ltabel (0,1332 0,1385). Perhitungan uji homogenitas hasil belajar siswa menggunakan Strategi Ekspositori adalah  homogen dengan kriteria nilai Fhitung Ftabel (1,66 1,69) . Berdasarkan uji hipotesis maka diketahui ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Ekspositori sub materi Sistem Saraf manusia di kelas XI IPA SMA SWASTA YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan ketentuan thitung t tabel yaitu 22,64 1,68. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak

Page 1 of 2 | Total Record : 13