cover
Contact Name
Pandu Prabowo W
Contact Email
panduprabowo@fkip.uisu.ac.id
Phone
+6281271579499
Journal Mail Official
best@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
ISSN : 26148064     EISSN : 26544652     DOI : https://doi.org/10.30743/best
Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni dan Juli s/d Desember.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020" : 20 Documents clear
Uji Komposisi Zat Pengatur Tumbuh Terhadap Pertumbuhan Eksplan Pisang Barangan (Musa paradisiaca L.) Pada Media MS Secara in vitro Budi, Rahmad Setia
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2475

Abstract

Perbanyakan konvensional pisang secara umum melalui anakan (sucker) dan belahan bonggol (corm), namun bibit yang dihasilkan dengan cara ini menghasilkan sedikit anakan dan membutuhkan waktu relatif lama,  pertumbuhan tidak seragam sehingga penanaman skala besar akan sulit dilakukan. Perbanyakan melalui kultur jaringan pada pisang barangan telah dilakukan, hingga diperoleh bibit bermutu baik (seragam dan bebas patogen) dalam jumlah lebih banyak dan cepat. Keberhasilan menginisiasi pembentukan kalus dan tunas merupakan langkah awal untuk menghasilkan planlet dengan multiplikasi yang tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium kultur jaringan  UPT. Balai Benih Induk Gedung Johor Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi ZPT: (1). NAA (Naphthaleneacetic acid) dan BAP (Benzylamino purin) terhadap pertumbuhan eksplan pisang barangan secara kultur in vitro. (2). BA (Benzyl Adenin)  dan IBA (Indole Butyric Acid). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konsentrasi NAA dan BAP; BA dan IBA terhadap pertumbuhan dan perkembangan eksplan tampak terutama dimulai pada minggu ke-2 setelah aplikasi hingga minggu ke-12. Konsentrasi BAP dan kombinasi konsentrasi NAA dan BAP serta konsentrasi BA dn IBA dan interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap persentase tumbuh, jumlah tunas, panjang tunas, dan bobot tunas
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah Siregar, Zakaria; Marpaung, Topan Bilardo
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2437

Abstract

Teknologi pendidikan sering dikacaukan dengan istilah teknologi pengajaran. Teknologi pengajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan, hal ini didasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. kedepan, arus perkembangan TIK akan melaju semakin cepat dan menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan supaya tidak ketinggalan zaman, serta untuk menghadapi tantangan global. Dengan kondisi yang seperti ini, maka pendidikan tidak akan terlepas dari internet, komputer, dan fasilitas TIK lainnya sebagai alat bantu utama dalam proses pembelajaran. Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran, ada tiga hal yang harus diwujudkan, yaitu: 1. Peserta didik dan guru harus memiliki akses teknologi digital di dalam lingkungan lembaga pendidikan. 2. Adanya materi yang berkualitas dan bermanfaat bagi guru dan peserta didik. 3. Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media-media pembelajaran digital untuk membantu siswa agar mencapai standar akademik dan mengembangkan potensinya
Hubungan Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Self Controlling Guru Dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Swasta Medan Kota Aida, Zul
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1)Hubungan Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Swasta Medan 2)Hubungan Self Controlling guru SMA Swasta Medan dengan Kepuasan Kerja 3)Hubungan Kualitas kepemimpinan Kepala Sekolah, Self Controlling, Guru SMA Swasta Medan dengan kepuasan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian korelasional untuk melihat hubungan antara variabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah, Self Controlling, variabel guru dan variabel kepuasan kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Swasta Kecamatan Medan Kota yang berjumlah 17 sekolah dengan jumlah guru 600 orang dengan jumlah sampel 234 orang guru. Sampel diambel berdasarkan Tabel Cohen Manion dan Morrison dengan tingkat kepercayaan 95%. Instrument pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi korelasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan analisis korelasi dan regresi , maka temuan yang diperoleh dengna kesimpulan bahwa : 1)terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja dengan r = 0.350; 2)terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Self Controlling dengan kepuasan kerja dengan r = 0,368 dan 3)terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan Self Controlling secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja dengan r = 0,448.
Rahasia Besar Dunia Pendidikan dan Pencapaian Pembelajaran Kehidupan Dengan Hati Nurani Effendi, Rusdian
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2494

Abstract

Dunia Pendidikan merupakan wadah manusia melakukan proses tempahan dan evaluasi diri. Berbagai Problematika dalam kehidupan merupakan sebuah paradigma yang harus dilalui oleh setiap orang. Problem solving dalam berkehidupan merupakan solusi akhir yang dapat menjadi kiat manusia untuk sukses.Permasalahan yang sering ditemukan adalah bagaimana pendidikan dan proses belajar dapat menjadi titik olahan mampu mencapai titik maksimal dalam hal belajar sukses atau bahkan melebihi itu, yaitu sukses tanpa batas (unlimited success). Caranya adalah dengan mengoptimalkan semua potensi spiritual, emosional, dan rasional secara bersamaan, integratif serta simultan. Usaha keras ini harus dilakukan secara berkelanjutan serta dikombinasikan dengan ketakwaan yang tinggi sehingga mampu melahirkan sebuah kekuatan besar (super power) untuk sukses, Inilah rahasia besar itu.
Persepsi Masyarakat Tentang Pernikahan Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Budaya (Batak dan Jawa) Dewi, Ika Sandra; Putra, San
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2486

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya berbagai persepsi masyarakat tentang pernikahan dini. Tingkat pendidikan dan budaya adalah dua faktor yang mempengaruhinya. Tiga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan persepsi publik tentang pernikahan dini dalam hal latar belakang budaya. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode perbandingan. Populasinya adalah masyarakat Desa Sidojadi, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, yang berjumlah 888 orang. Sampel penelitian ini adalah 276 orang dengan menggunakan Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen self develoved yaitu model skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan anova dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi publik yang signifikan tentang pernikahan dini dalam hal latar belakang budaya
Pemanfaatan Ekstrak Kulit Nanas (Ananas comosus L.) Dalam Pembuatan Hand Wash Sebagai Antibakteri Lubis, Adilah Wirdhani; Maulina, Julia
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2438

Abstract

Pada umumnya limbah kulit nanas di buang dan menjadi sampah yang tidak tertangani, padahal dari hasil uji fitokimia kulit nanas mengandung senyawa flavonoid, tanin dan saponin serta mengandung senyawa yang berpotensi sebagai antibakteri. Salah satu pemanfaatan limbah kulit nanas (Ananas comosus L.) yaitu dengan menambahkan kulit nanas yang diolah menjadi ekstrak yang kemudian ditambahkan pada proses pembuatan Hand Wash atau sabun cair cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit nanas (Ananas comosus L.) sebagai anti bakteri pada pembuatan Hand Wash. Selanjutnya dilakukan pengujian aktivitas antibakteri pada Eschericia coli dan Staphylococcus aureus. Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak kulit nanas yang diaplikasikan sebagai Hand Wash dapat menghambat pertumbuhan bakteri dengan baik yang menghasilkan zona hambat sebesar 9,9 mm pada Eschericia coli dan 10,9 mm pada Staphylococcus aureus
Analisis Perbandingan Teknologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Negara Indonesia dan Negara-Negara Eropa (Finlandia, Jerman, Inggris, Belanda) Gandes Luwes, Ulwa Humairok; Widyastono, Herry
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2433

Abstract

Teknologi merupakan penerapan pengetahuan yang ilmiah, dan tertata. Teknologi merupakan suatu proses atau cara berfikir bukan hanya produk seperti komputer, satelit,dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi pendidikan di Indonesia dan negara-negara Eropa (Finlandia, Jerman,Inggris, Belanda), dalam membantu melaksanakan pendidikan baik formal di sekolah sekolah maupun non formal. Teknologi pendidikan merupakan proses yang komplek dan terpadu untuk menganalisis serta memecahkan masalah belajar atau pendidikan manusia utamanya anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode literatur, yaitu pengumpulana data dari buku pustaka, kemudia dicari data dari paper yang mendukung. Setelah itu data yang terkumpul di analisa, sehingga dihasilkan kesimpulan. Data sekunder diperoleh dari buku pustaka yang mendasari teknologi pendidikan anak luar biasa. Data primer diperoleh dari paper atau jurnal yang ada di situs-situsresmi di internet. Data yang sudah terkumpul disusun kemudia dianalisis , sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang sesuai. Kesimpulannya setiap negara-negara di Indonesia dan Negara-negara Eropa memiliki teknologi pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang berbeda- beda dan beragam yang fungsinya untuk membantu mempermudah akses anak berkebutuhan khusus untuk memecahkan masalah belajar dalam memperoleh pendidikan
Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta) Arum, Serla Kusuma; Widyastono, Herry; Sunardi, Bapak
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan kajian terkait penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta, meliputi landasan penyelenggaraan pendidikan inklusi, kurikulum yang digunakan, pendidik dan tenaga kependidikan,sarana dan prasarana pendidikan inklusi, sistem penerimaan ABK, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, proseder penilaian serta keadaan lingkungan sekolah inklusi. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta masih terkendala dengan belum adanya kurikulum khusus untuk ABK, sekolah menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi untuk mengakomodasi ABK yang bersekolah disana
Sambiroto (Andrographis paniculata) dan Bioaktivitasnya Silalahi, Marina
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2448

Abstract

Andrographis paniculata (AP) merupakan spesies dalam famili Acanthaceae yang telah lama digunakan sebagai bahan jamu oleh masyarakat lokal Indonesia. Untuk mengetahuai bioaktivitas AP dilakukan studi literatur atau review artikel ilmiah baik yang terbit secara on-line maupun offline, sehingga diperoleh informasi yang konfrehensip untuk mendukung pemanfaatannya sebagai obat. AP mudah ditemukan di pekarangan sebagai tanaman hias maupun sebagai bahan obat. Sebagai obat tradisional AP digunakan sebagai obat demam, influensa, diabetes mellitus, diuretika, analgesik. Andrographolide merupakan senyawa marker yang digunakan sebagai sediaan atau ramuan yang mengandung AP. Hasil bioessay menunjukkan bahwa Ap memiliki aktivitas sebagai anti mikroba, anti plasmodium, anti kanker, anti diabetes mellitus, anti inflamasi dan hepatoprotektor. Pemanfaatan AP sebagai anti mikroba khususnya Plasmodium perlu dikaji lebih lanjut sehingga dapat digunakan sebagai alternatif obat malaria.
Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020 Silvia, Ade; Simatupang, Halim
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/best.v3i1.2434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak.. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus

Page 1 of 2 | Total Record : 20