cover
Contact Name
Cipta Ramadhani
Contact Email
ramadhani.cipta@gmail.com
Phone
+6285253832182
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung B, Jurusan Teknik Elektro, Fak. Teknik Universitas Mataram Jl. Majapahit 62 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Dielektrika
Published by Universitas Mataram
ISSN : 20869487     EISSN : 2579650X     DOI : https://doi.org/10.29303/dielektrika
The Aims and scope of the Dielektrika are Power System, Telecommunication, electronics and computer of informatics, including: Electrical Power Systems, High Voltage Technology, Renewable Energy, Power Electronics, Sensing and Automation, Telecommunication system and technique, Signal Processing, Image Processing, Internet of Things, Artificial Intelligence, Data Science Analytic, Biomedical Engineering.
Articles 172 Documents
PENGARUH TEKNIK MODULASI PWM PADA KELUARAN INVERTER TIGA FASE UNTUK PENGATURAN KECEPATAN VARIABEL MOTOR INDUKSI Ida Bagus Fery Citarsa; I Nyoman Wahyu Satiawan; I Ketut Wiryajati
DIELEKTRIKA Vol 2 No 1 (2015): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.622 KB)

Abstract

Konsep PWM (Pulse Width Modulation) sudah dikenal luas di masyarakat industry dan akademis, terutama pada bidang ilmu teknik elektro. Penggunaan metode PWM pun sangat beragam diantaranya untuk mengatur keluaran sebuah peralatan konversi daya sehingga dapat menghasilkan tegangan keluaran yang dapat diatur baik frekuensi dan magnitudenya. Tegangan keluaran variable dari inverter diperlukan untuk dapat menghasilkan putaran variable (variable speed) dari sebuah mesin ac. Bentuk sinyal PWM dapat berbeda-beda tergantung dari cara pembangkitan dan jenis sinyal modulasi ataupun sinyal carrier yang digunakan. Penelitian ini menitik-beratkan pada investigasi terhadap variasi sinyal PWM dan pengaruhnya terhadap tegangan keluaran inverter tiga fasa yang nantinya dapat digunakan untuk mencatu motor induksi. Analisis menyangkut realisasi pembangkitan pulsa PWM dengan teknik space vector PWM dan bentuk tegangan keluaran inverter tiga-fase. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya pembuktian beberapa konsep yang berhubungan dengan metode PWM dan sebuah alat bantu pembelajaran berupa alat pembangkit sinyal PWM yang sangat dibutuhkan untuk menunjukkan kepada mahasiswa bagaimana langkah-langkah pembangikatan sinyal PWM serta aplikasinya untuk mengatur kecepatan motor induksi tiga fase.
PEMODELAN DISTRIBUSI ARUS DAN BEDA POTENSIAL DI PERMUKAAN TANAH PADA VARIASI DIMENSI ELEKTRODA PENGETANAHAN Ni Made Seniari; Ida Ayu Sri Adnyani; , I Made Ginarsa
DIELEKTRIKA Vol 3 No 1 (2016): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.672 KB)

Abstract

Elektroda pengetanahan sistem proteksi petir eksternal mengalirkan muatan arus petir ke bumi dengan cepat dan tidak menimbulkan tegangan langkah (ΔV), dan arus (It) di permukaan tanah yang membahayakan. Karakteristik petir daerah tropis 10-392 kA, 25-200 kHz. Parameter ini dimodelkan dengan tegangan langkah ( dan arus di permukaan tanah (It), saat elektroda terinjeksi arus petir (Ip). Simulasi menunjukkan bahwa meningkatkan panjang elektroda dari 1m menjadi 1m lebih panjang, menurunkan tegangan langkah (ΔV) 25%, dan menurunkan arus permukaan (It) 73,5%. Perubahan diameter elektroda dari 50mm menjadi 80mm, ΔV dan It rata-rata menurun 37%. Batas aman sesuai IEEE std 80 dipilih elektroda 4m, diameter 80 mm, dengan tegangan langkah (ΔV) =7,8 mV dan arus dipermukaan tanah (It ) = 5,996mA. Kata kunci: karakteristik petir, medan listrik, tegangan langkah, arus permukaan
RANCANG BANGUN PROTOTYPE MOTOR MAGNET PERMANEN METODE HALBACH ARRAY Adriansyah Ekosaputro; Ida Bagus Fery Citarsa; Paniran .
DIELEKTRIKA Vol 3 No 2 (2016): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.96 KB)

Abstract

Rancangan motor magnet permanen metode halbach array terdiri dari empat buah layer. Layer pertama dan ketiga memanfaatkan fluks magnet pada komponen radial dengan sudut polaritas magnet permanen pada stator dan rotor sebesar 30˚, layer kedua dan keempat memanfaatkan fluks magnet pada komponen axial pada stator dan rotornya. Vektor kerapatan fluks celah udara yang berputar ke kiri menyebabkan rotor dapat berputar berlawanan arah putar jarum jam. Magnitud kerapatan fluks (B) pada celah udara rotor dan stator dengan bantuan software FEMM 4.2 diperoleh komponen radial bernilai maksimum yaitu 0,57085 T dan komponen aksial bernilai minimum yaitu 0,09579 T. Magnitud kerapatan fluks magnet memiliki nilai persentase error yang tinggi antara analisa FEMM dan pengukuran Spectrum NF-5035, akibat dari pemanasan dan pemukulan pada saat pemasangan magnet. Motor magnet permanen berhasil mengkonversi tenaga magnet permanen menjadi tenaga putaran pada rotor sebanyak satu kali putaran atau berotasi sejauh 360˚ dengan arah putaran berlawanan dengan jarum jam. Kata kunci: permanen magnet motor, halbach array, FEMM analisis
PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI KADAR ALKOHOL DAN ASAP ROKOK PADA NAFAS MANUSIA Muhammad Haris; I Made Budi Suksmadana; Syafarudin Ch.
DIELEKTRIKA Vol 4 No 1 (2017): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.364 KB)

Abstract

Alcohol and carbon monoxide are very dangerous for human’s body. The effect of consuming alcohol can make us queasy and disfunction of our neural and brain. Them also happened when carbon monoxide was sniffed by our body, it also may cause heart attack etc. The censor to detect the content of alcohol is MQ-3, and MQ-2 is used to detect the content of CO. This research measures the content of alcohol by the BAC (Blood Alcohol Calculator) method while the smoke uses percentage of CO content. The instrument uses MQ-3 and MQ-2 censors with arduino control to get the data, then it will be transferred by bluetooth (HC-05) into smart phone to see the data’s from the censors. Appmitinvertor program is used in the smart phone. Result of measurement is the instrument can work to get the content of alcohol and smokes. The instrument is used equation of order 3 for the alcohol and equation of order 2 for the smokes (CO). Average error for the alcohol is 4,08% and 0,02% for the smokes.
Rancang Bangun Interface untuk Visualisasi Kecepatan dan Suhu Motor DC Shunt Berbeban Sebagai Modul Praktikum di Laboratorium Sistem Tenaga I Made Ari Nrartha; Sultan .; Agung Budi Muljono; I Made Budi Suksmadana
DIELEKTRIKA Vol 1 No 2 (2014): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.382 KB)

Abstract

DC shunt motor banyak digunakan dalam industri karena kemudahan dalam operasi, regulasi kecepatan dan kerugian daya yang relatif lebih rendah dibanding motor AC. DC shunt motor juga digunakan sebagai salah satu modul praktikum di laboratorium sistem tenaga. Pengukuran kecepatan DC motor shunt pada modul menggunakan alat ukur analog/digital. Alat ukur tersebut hanya dapat memberikan informasi kondisi steady state hasil pengukuran. Rele termal dari motor digunakan sebagai perlindungan tanpa diketahui suhu dari motor. Visualisasi pengukuran dibutuhkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, seperti kondisi transien. Visualisasi dapat diperoleh melalui komputer grafis sehingga diperlukan interface untuk menyampaikan informasi hasil pengukuran tersebut ke komputer. Informasi kecepatan dengan tachogenerator dan suhu dengan sensor suhu dapat diteruskan oleh interface (ADC) ke komputer melalui port serial. Validasi hasil interface dengan pengukuran alat ukur analog/ digital diperoleh tingkat kesalahan rata-rata 3,65 % untuk kecepatan dan 8,0 % untuk suhu. Penambahan beban pada motor mengakibatkan penurunan kecepatan. Suhu cenderung meningkat sejalan dengan lama operasi dari motor. Waktu transien kecepatan minimum ketika motor dimatikan pada saat beban berat dan maksimum ketika tiba-tiba ada tambahan beban yang kecil.
ANALISA SISTEM PROTEKSI PETIR (LIGHTNING PERFORMANCE) PADA SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) 150 KV SENGKOL-PAOKMOTONG Tatik Muliani; Ni Made Seniari; Agung Budi Muljono
DIELEKTRIKA Vol 4 No 2 (2017): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.978 KB)

Abstract

Sambaran petir merupakan ancaman yang sangat serius dalam sistem tenaga listrik karena dapat menyebabkan terganggunya kontinuitas penyaluran tenaga listrik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dari sistem proteksi petir pada saluran transmisi dengan melakukan analisa daerah proteksi petir dan lightning performance. Metode untuk menganalisa daerah proteksi petir adalah metode bola bergulir (rolling sphere). Untuk mengetahui nilai lightning performance digunakan teori gelombang berjalan dan elektrogeometris. Gelombang berjalan adalah gelombang yang merambat pada kawat yang disebabkan oleh sambaran petir langsung pada kawat, sambaran petir tidak langsung, operasi pemutusan (switching) dan gangguan-gangguan pada sistem karena berbagai kesalahan. Teori elektrogeometris adalah teori yang mengaitkan hubungan antara sifat listrik sambaran petir dengan geometri sistem penangkal petir. Saluran transmisi 150 kV Sengkol-Paokmotong menggunakan saluran ganda dengan menara tipe AA4 konfigurasi vertikal, diperoleh nilai lightning performance sebesar gangguan per 100 km per tahun. Sehingga memiliki penilaian keandalan lightning performance dengan kualifikasi pentanahan dan perlindungan terhadap sambaran petir yang baik atau memadai, sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan. Daerah proteksi dengan metode bola bergulir, bola dengan radius 67,65 meter menyentuh tanah dan kawat tanah tanpa mengenai daerah proteksi. Sistem proteksi petir yaitu kawat tanah (overhead ground wire) telah membentuk daerah proteksi pada saluran transmisi, dan daerah sejauh 62,61 meter disekitar saluran transmisi. Kata Kunci:Lightning performance; Bola bergulir; Kegagalan perisaian; Kawat tanah ABSTRACT This research has been held to understand lightning protection system’s performance in high voltage transmission system by analyzing lightning protection area and lightning performance. Method that used to analyze lightning protection area called rolling sphere method. Lightning performance values are find out using traveling wave and electro-geometric theory. Sengkol-Paokmotong 150kV transmission system using dual channel and type AA4 vertical configuration tower shows lightning performance about 1.3959 disturbance for every 100 Km per year that makes lightning performance reliability rating have a good or fair grounding and shielding qualification. In case the protection area which using rolling sphere method, 67.65 meters radius sphere sweep the ground and ground wire without touching protection area. Lightning protection system, which is ground wire, has been formed protection area in transmission system and within 62.61 meters around the transmission line.
DESAIN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP COLLINEAR 4 ELEMEN UNTUK APLIKASI WIRELESS LAN OUTDOOR 2,44 GHz Fahroni Ardiansyah; Sudi Mariyanto i Al Sasongko; Abdullah Zainuddin
DIELEKTRIKA Vol 3 No 2 (2016): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.16 KB)

Abstract

Antena collinear merupakan rangkaian antena dipole yang dirangkai menjadi satu kesatuan sistem antenna. Penyusunan antenna dipole ini dalam suatu rangkaian akan membangkitkan penguatan gain. Antena mikrostrip merupakan antena yang mempunyai karakteristik yang kecil, ringan dan tipis sehingga menyebabkan antena ini semakin dikembangkan untuk aplikasi wireless LAN. Antena yang diaplikasikan diluar ruangan harus memiliki gain ≥15 dB. Untuk mencapai hal ini antena tunggal bisa disusun secara array. Karena dengan menyusun anena array diharapkan memilikigain yang besar. Pada dasarnya, jumlah antena tunggal dalam suatu susunan array tidak terbatas, tetapi faktor dimensi antena juga harus menjadi pertimbangan. Kata kunci :collinear, collinear mikrostrip, array
PENGENALAN CITRA PORNOGRAFI BERDASARKAN DETEKSI GENITAL MENGGUNAKAN TEMPLATE MATCHING Nugroho Sujatmiko; I Gede Pasek Suta W; L. Ahmad Syamsul Irfan Akbar
DIELEKTRIKA Vol 4 No 1 (2017): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dewasa ini ternyata memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat terutama dalam proses penyampaian informasi. Dampak negatif yang terjadi adalah masyarakat juga sangat mudah membuka dan mengunduh konten-konten porno (negatif). Paper ini, membahas tentang sistem pengenalan citra porno melalui deteksi elemen genital pada suatu citra. Elemen genital dideteksi dengan metode template matching berbantuan teknik Fast Fourier Transform (FFT). Secara umum sistem pengenalan citra pornografi berhasil digunakan namun hasil kurang optimal dengan nilai persentase akurasi sebesar 61.6% pada jumlah data pengujian sebanyak 120 citra uji. Proses pengenalan citra pornografi dapat dilakukan dengan cepat (dengan waktu rata-rata 11.92 detik).
RANCANG BANGUN PROTOTYPE “GANTRY CRANE” BERBASIS ANALISIS KESTABILAN ROUTH HURWITZ DAN KONTROL ROBUST MENGGUNAKAN SPEKTRUM DSP TMS320C6713 I Made Deny Saputra Adiyas; I Ketut Wiryajati; Rismon H. Sianipar
DIELEKTRIKA Vol 1 No 2 (2014): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.697 KB)

Abstract

Untuk membangun konstruksi bangunan tinggi seperti : gedung bertingkat, maka dibutuhkan tenaga kerja yang terampil, para ahli di bidang konstruksi, serta yang lebih penting adalah mesin-mesin yang berguna untuk membantu dan meringankan kerja manusia. Untuk mengangkat material secara otomatis dalam kapasitas, jangkauan dan tinggi angkat yang maksimum, maka diperlukan alat seperti Gantry Crane yang berguna untuk mengangkat serta memindahkan barang atau material dan struktur bangunan sehingga pengangkatan dengan Gantry Crane merupakan yang paling efektif. Untuk itu dalam mengunakan mesin pengangkat ini perlu adanya pengontrolan agar mesin dapat stabil dalam mengangkat barang. Dalam pengembangan sistem kontrol ini, perlu dilakukan perancangan parameter kendali seperti kendali PID dan yang lainnya yang terdapat pada mesin sehingga mesin dapat terkontrol dengan baik, dan perlu dilakukan pengujian simulasi sistem untuk menguji layak atau tidaknya suatu mesin tersebut. Pada proses pengujian sistem ini dilakukan dengan membuat simulasi menggunakan Matlab dan TMS (Texas Memory System) dan dilakukan analisis kestabilan pada mesin menggunakan metode-metode analisis kestabilan yang ada seperti : metode Root Locus, Lyapunov dan Routh Hurwitz.
SISTEM MANAJEMEN ENERGI PADA MOBIL LISTRIK SOLAR CELL Selamat Muslimin
DIELEKTRIKA Vol 2 No 2 (2015): DIELEKTRIKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.456 KB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen energi pada mobil listrik dengan bantuan sensor arus ACS712 sebagai pengukur arus kontinyu pada accu dan voltage divider sebagai sensor tegangan untuk mengukur level tegangan pada accu, kedua sensor tersebut berfungsi untuk mengukur kapasitas energi terpakai dan tersimpan pada accu. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan penelitian dan memanfaatkan kapasitas pada accu untuk data kapasitas energi pada mobil listrik.Pada sisialat,terdapat sebuah perangkat pendeteksi keamanan accu sebagai sumber energi pada mobil listrik, sesuai nilai sensor arus ACS712 dan rangkaian Voltage Diveder yang berfungsi untuk memberikan sinyal tegangan analog sebagai data sinyal masukan ke Mikrokontroler ATMega32 yang berfungsi untuk mengkonversi data tersebut ke dalam sistem manajemen energi. Mikrokontroler ATMega32 yang digunakan sebagai unit pengolah data yang akan melakukan proses pengolahan data tegangan dan arus secara kontinyu saat diberi beban. Hasil yangdidapat adalahdengan memberikan indikasi berupa alarm menggunakan buzzer apabila kondisi energi pada mobil listrik dibawah level 50%. Lalu memutuskan dan menyambungkan beban Motor BLDC melalui Relay beban pada mobil listrik jika energibaterai tidak mencukupi kapasitas yang diperlukan mobil listrik. Kata Kunci :Energi, Voltage Diveder, Sensor ACS712 ABSTRACT Energy management on electric cars with help of current sensor ACS 712 as measure continuous flow on accu voltage divider and voltage sensor to measure to the level of the voltage on the sensors, both accu serves to measure the capacity of energy used and stored on the accu. The method used is to conduct research and utilize data to accu capacity in energy capacity on electric cars. On the tools side, there is a security detector device accu as an energy source in electric cars, according to the current sensor value ACS712 and circuit Voltage Diveder that serves to provide an analog voltage signal as signal data input into Microcontroller ATMega32 that serves to convert that data into the energy management system. The ATMega32 microcontroller is used as a data processing unit that will do data processing process voltage and current continuously while being given a burden. The results obtained is to give an indication of the form of the alarm using a buzzer when the conditions of energy at electric cars under level 50%. then decide and connect the load BLDC Motor via Relays burden on electric car if the battery is not sufficient energy capacity required electric car. Keywords: Energy, Voltage Diveder, sensor ACS712

Page 1 of 18 | Total Record : 172