cover
Contact Name
Sri Indriati Hasanah
Contact Email
indriati_math@unira.ac.id
Phone
+6285230753012
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Raya Panglegur KM 3,5 Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
Published by Universitas Madura
ISSN : 14122952     EISSN : -     DOI : http://dx.doi.org/10.36513/interaksi
Core Subject : Education,
Jurnal Kependidikan Interaksi Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 56 Documents
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI POKOK SEGITIGA DAN SEGI EMPAT Sri Indriati Hasanah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 8, No 2 (2013): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.475 KB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu proses  interaksi antara guru dan siswa. Dilihat dari realita yang ada, kebanyakan seorang guru dalam mengajar kurang memperhatikan model pembelajaran yang akan diterapkan, antara materi yang satu dengan materi yang lainnya menggunakan metode pembelajaran yang sama, sehingga menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat belajar. Minat belajar akan tumbuh dan siswa akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran jika guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok segitiga dan segi empat kelas VII SMP Negeri 1 Proppo tahun pelajaran 2011/2012.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni dengan mengambil dua sampel kelas. Untuk kelas VII-A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VII-E dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelas kontrol (pembanding) yang diajar dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data yang digunakan adalah uji - t kelompok bebas.Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 1,94 dengan dk= 57 dan taraf signifikan 5% didapat ttabel = 1.67, dengan demikian thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok segitiga dan segi empat kelas VII SMP Negeri 1 Proppo tahun pelajaran 2011/2012.
DIGRAF EKSENTRIK DARI GRAF TANGGA DAN GRAF BIPARTISI LENGKAP Sutrisna Wati
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 13, No 1 (2018): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.331 KB)

Abstract

Teori Graf merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang mengalami perkembangan pesat. Model-model yang ada dalam teori graf  berguna untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehari-hari, seperti masalah sistem jaringan komonikasi. Objek dimodelkan dengan titik dan hubungan antar objek dimodelkan dengan sisi. Jarak (distance) antara dua titik u dan v di  adalah panjang lintasan terpendek yang menghubungkan u ke v. Eksentrisitas (eccentricity) dari titik u di  adalah maksimum jarak dari u ke setiap titik lain di . Titik v adalah titik eksentrik (vertex eccentric) dari u jika jarak sama dengan eksentrisitasnya. Digraf eksentrik  dari graf G merupakan graf yang mempunyai himpunan titik yang sama dengan himpunan titik di G atau , dan terdapat sisi berarah yang menghubungkan titik u ke v jika dan hanya jika v titik eksentrik dari u. Masalah  yang dikaji dalam tugas akhir ini adalah menentukan digraf eksentrik dari graf tangga dan graf bipartisi lengkap . Selain itu, dalam tugas akhir ini juga dibahas tentang iterasi bentuk ke-k dari digraf eksentiknya.
THE EFFECTIVENESS OF TPRC STRATEGY FOR TEACHING READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXTS S. Agustianingsih Nurul Anisah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 13, No 1 (2018): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.545 KB)

Abstract

The purposes of the study were to find out the effectiveness of TPRC to teach reading comprehension and to find out whether there is any significant difference in students’ achievement of reading test between those who were taught using TPRC and those who were taught without using TPRC  This study applied a quasi-experimental design. The instrument used to collect data is test, that includes pre-test and post-test. The students in class X IPA , were chosen to be the participants of the study. class X IPA 2 was chosen to be the control group and class X IPA 1 was chosen to be the experimental group. The control group was taught by using conventional method (lecturing) given by teacher and the experimental group was taught by TPRC.  The result of the study indicated that the group taught by TPRC has better score in the test than the group taught by conventional method. The mean of posttest of experimental group (80.26) was higher than control groups (76.61). T-test calculation showed that there was a significant difference between post-test of control group and experimental group. TPRC strategy can be a helpful strategy for summarizing ideas from students about topic given. TPRC is effective for teaching reading comprehension of descriptive text and there was a significant difference in students’ achievement of reading test between those who taught using TPRC and those who taught without using TPRC.
TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Ukhti Raudhatul Jannah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 8, No 2 (2013): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.292 KB)

Abstract

Abstrak: Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang dijsakian dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau obyek-obyek dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pelajaran matematika. Jika matematika diajarkan dengan teori Dienes (permainan), maka siswa akan lebih tertarik untuk belajar. Teori Dienes terdapat enam tahap berurutan dalam belajar matematika, yaitu: (1) Permainan bebas (free play), (2) Permainan yang menggunakan aturan (games), (3) permainan mencari kesamaaan sifat (searching for comunities), (4) Permainan dengan representasi (representation), (5) Permainan dengan simbulisasi (symbulizaion), (6) Formalisasi (formalization).
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PEMBELAHAN SEL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Nur Anisah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 13, No 1 (2018): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.63 KB)

Abstract

The Improvement of Students’ Activity and Biology cell division material Learning Achievement Through Applying a Cooperative Learning Model Type Think Pair Share (TPS) to Students in Class XII Science of SMA Darussyahid. This study is a classroom action research aims to improve the students activities and biology learning achievement through applying a cooperative learning model type Think Pair Share (TPS). The subjects of this study were all students in class XII Science of SMA Darussyahid active during the academic year 2014/2015 which consisted of 30 students. Implementation of this study consisted of two cycles. Data collected through the observation sheets and evaluation test were analyzed by using quantitative and qualitative analysis. The results showed that the average of students activity in cycle I were 61.19% and in cycle II were 77.84%, and the average of student learning achievement were 31,25 in cycle I and became 78,82% in cycle II. Based on the result, it can be concluded that the application of a cooperative learning model type TPS can improve the activity and learning achievment of student in XII IPA Class of SMA Darussyahid.
KORUPSI DALAM CERPEN INDONESIA M. Tauhed Supratman
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 9, No 1 (2014): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.262 KB)

Abstract

Sastra dan kehidupan tidak dapat dipisahkan. Sastrawan seringkali mengangkat masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan. Perilaku korupsi yang terjadi di negeri ini menjadi sumber inspirasi penciptaan bagi cerpenis Indonesia periode 1980-2000-an. Kehadiran tema korupsi dalam cerpen Indonesia sangat tertarik untuk dikaji. Metode yang digunakan adalah metode kualitatuf. Hasil penelitian menggambarkan perilaku korupsi dalam cerpen-cerpen Indonesia periode 1980-2000-an.
USING AUTHENTIC MATERIALS IN IMPROVING EFL STUDENTS’ ENGLISH SKILLS Devie Reztia Anjarani
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.88 KB)

Abstract

Nowadays, authentic materials are considered as important tools for the teachers in improving their EFL students language skills and moreover as an effective way in transmitting the knowledge to the students. In this paper, the writer will discuss more about how the authentic materials use can improve students’ four language skills since there are number of studies proved that authentic materials is useful in motivating and improving their language skills. Furthermore, this paper also will show the effectiveness of authentic materials applied on listening, speaking, reading, and writing classes.
DEVELOPING LEARNING MEDIA USING AUDIO VISUAL FOR STUDENTS GRADE VII AT MTS. MIFTAHUL IHSAN Yuliarsih Yuliarsih
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.168 KB)

Abstract

The English teaching and learning at MTS.Miftahul Ihsan, Sumenep for students grade VII was considered unable to achieve its learning purpose. The main problem was that there was not an appropriate learning media used in the learning activity.So that objective of the development is to produce the appropriate learning media using Audio Visual.The procedures being implied were collecting information using kinesthetic, audio and visual learning style, developing learning media, validation from expert of design and expert of learning content, trying out the learning media through individual experiment, small group experiment and field experiment, revising the learning media, and finally packing the learning media. From the try out, the data showed the applicability of the learning media could motivate the students in learning English. It was reflected in the data collected from the questionnaires and class room observation. The data collected from observation showed that the learning media of using audio visual are appropriate for the students.The final product of the development is learning media using audio visual. The learning media was packed in the form of compact disc. It contains the materials studied for grade VII.
SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DARI LINGKUNGAN ALAM SEKITAR BERBASIS PONDOK PESANTREN Sri Indriati Hasanah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 9, No 1 (2014): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.348 KB)

Abstract

Saat ini sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat, pondok pesantren yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam tidak hanya berkosentrasi pada bidang agama (kitab kuning) namun santri (peserta didik) juga diwajibkan untuk belajar di lembaga formal (madrasah) yang ada di dalam pondok pesantren. Pembelajaran matematika sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran di madrasah masih menghadapi kendala yang sangat serius, mata pelajaran matematika dianggap hal yang tidak esensial di lembaga madrasah. Konteks pembelajaran matematika yang jauh dari realita agama sering membuat santri tidak ada motivasi untuk belajar matematika. Guru madrasah di dalam pondok pesantren diharapkan dapat mengembangkan materi matematika dan meningkatkan kemampuannya menggunakan sumber belajar dari lingkungan alam sekitar pondok pesantren (konteks keislaman) yang secara konkret dapat dipahami siswa.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POHON PINTAR PPKN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA S Naisa
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 13, No 1 (2018): INTERAKSI Jurnal Kependidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.868 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Sampang, 2) untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Sampang, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Sampelnya 36 siswa kelas X MM 1 sebagai kelas kontrol, 36 siswa kelas X MM 2 sebagai kelas eksperimen, 36 siswa kelas XII AK 2 sebagai kelas uji coba. Alat pengumpul data menggunakan teknik tes kognitif. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes dua sampel. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa media Pohon Pintar PPKn efektif digunakan, hal tersebut didasarkan pada tercapainya indikator-indikator pembelajaran yang efektif.