cover
Contact Name
Sandi
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
tarbiyatuwatalim@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27159507     EISSN : 27159337     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics of Education; Educational Philosophy; and History of Islamic Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19" : 5 Documents clear
Hadapi Pandemi: Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Berwawasan Multikultural selama Wabah Covid-19 wina, Puspita Winatakina; Hidayati , Lilik
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya penguatan nilai-nlai pendidikan yang berwawasan multikultural dikarenakan hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar untuk dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan nilai-nilai pendidikan berwawasan multikultural selama wabah Covid-19. Penelitian ini merupakan analisis pustaka dengan tinjauan pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran literature ilmiah secara sistematis pada artikel-artikel jurnal dan dokumen yang membahas secara signifikan dan berkaitan dengan tema penelitian ini. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis diskriptif. Berdsarkan kajian, penguatan nilai-nilai pendidikan multikultural ini dapat dilakukan dengan berbagai pembelajaran atau mata pelajaran, terutama dalam pelajaran pendidikan Islam. Selain itu, Penguatan nilai-nilai pendidikan berwawasan multikultural ini supaya dapat diterapkan dengan pembiasaan dan teladan yang baik, di mana tidak akan terjadi permusuhan ataupun pertengkaran antar teman. Hal ini dilakukan agar tercipta sekolah yang mengedepankan nilai-nilai Islam dengam berwawasan multikultural.
Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Milenial Wicaksono, Bagus Wicaksono
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter pada mahasiswa bertujuan untuk membentuk bangsa yang kuat, bermoral, bertoleran, berjiwa patriotik, dan berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang djiwai dengan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif PAI dalam membangun karakter mahasiswa dalam arus globalisasi di era milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipilih dengan cara purposive sampling. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang bergantung pada gadget dalam kehidupan sehari-hari dan mahasiswa dalam peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan moral dan karakter di era generasi milenial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, analisis kasus negatif, dan member checking. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil kajian, peranan Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa adalah sebagai penjaga nilai-nilai bangsa serta agama agar dapat bersinergi untuk menghasilkan cendekiawan muslim yang dapat menjadi agen perubahan dalam permasalahan bangsa dan agama.
Pengaruh Perencanaan dan Koordinasi terhadap Efektivitas Kerja Guru Hibatullah, Hilyas
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Madrasah Tsanawiyah Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi terjadi masalah-masalah yang diduga berpangkal karena perencanaan dan koordinasi yang kurang tepat. Di sisi lain, hasil observasi menunjukkan bahwa efektivitas kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan dan koordinasi terhadap efektivitas kerja guru. Adapaun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial melalui analisis regresi. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai F hitung adalah 3,5785 sedangkan F tabel adalah 2,3696 dengan demikian F hitung > F tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang yang positif dan signifikan dari perencanaan dan koordinasi terhadap efektivitas kerja guru di MTs Syamsul Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Maka dari itu, diperlukan perencanaan yang jelas dan koordinasi yang tegas tanpa adanya pilih kasih atau pembedaan berdasarkan kekeluargaan atau kedekatan. Hal inilah yang dapat menumbuhkan Efektivitas Kerja Guru.
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Broken Home pada Mata pelajaran Pendidika Agama Islam Najmudin, Dudun
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Broken home diartikan dengan kondisi keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya keluarga yang rukun, damai dan sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program peningkatan prestasi belajar peserta didik broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Data peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 5 orang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis sehingga memperoleh temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik broken home baik, karena mencapai nilai di atas KKM dan dan upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik broken home pada Mata Pelajaran PAI dilakukan melalui menanamkan sifat jujur, memberikan motivasi belajar dan mengadakan perkumpulan majelis ta’lim.
Pergeseran Perilaku Peserta didik di Era Globalisasi Junaedi, Dedi
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Globalisasi sangat terasa di berbagai aspek kehidupan. Globalisasi bisa berpengaruh positif ataupun negatif, tetapi realitasnya arus globalisasi ini hampir-hampir menggerus nilai-nilai positif yang dimiliki oleh setiap elemen masyarakat, terutama di kalangan remaja usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pergeseran perilaku peserta didik di era globalisasi terutama peserta didik lulusan sekolah Islam dan untuk mengetahui faktor utama bergesernya perilaku peserta didik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan subyek penelitian adalah peserta didik yang berdomisili di salah satu Desa di Kab. Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku peserta didik telah terjadi pergeseran ke arah negatif, misalnya membolos sekolah, melawan kepada orang tua, berpacaran, bahkan terjerat pada minuman keras dan narkoba. Pergeseran perilaku peserta didik ini diakibatkan oleh beberapa faktor, lemahnya peran orang tua baik dalam memantau perkembangan serta aktifitas anaknya sehari-hari, lingkungan sosial peserta didik bergeser dari lingkungan nyata menjadi lingkungan digital, minimnya pembiasaan kegiatan Islami di sekolah, padahal kegiatan Islami ini dapat membantu menguatkan pondasi aqidah dan karakter islami peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5