cover
Contact Name
Agik Nur Efendi
Contact Email
ghancaran@iainmadura.ac.id
Phone
+6285732475307
Journal Mail Official
ghancaran@iainmadura.ac.id
Editorial Address
State Islamic Institute of Madura Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 27148955     EISSN : 27159132     DOI : DOI 10.19105/ghancaran
Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan pendidikan multibahasa; analisis wacana; sastra dan pengajaran; bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA); dan penerbitan dan budaya.
Articles 196 Documents
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY Nafisa, Nuroini Najmiya; Kanzunnudin, Mohammad; Roysa, Mila
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v2i2.3705

Abstract

Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy merupakan novel yang menceritakan seorang perawan tua yang tak kunjung menikah karena karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan  menggunakan metode simak dengan teknik pencatatan. Analisis data dilakukan menggunakan model pembacaan heuristik dan pembacaan hermenutik. Penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy meliputi (1) Nilai agama yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah taat dalam beribadah, berdoa, bersabar, berdzikir, bersikap husnudzon kepada Allah SWT, dan bersyukur kepada Allah, (2) Nilai moral dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah berbakti kepada kedua orang tua, memuliakan tamu, memiliki rasa malu, dan sikap rendah hati, (3) Nilai sosial yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah tidak adanya deskriminasi, adanya dukungan dari seorang sahabat, dan sifat dermawan, (4) Nilai budaya  yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah percaya diri, mandiri, optimis, dan ikhtiar.
Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan Maryamah, Maryamah; Effendy, Moh Hafid
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2990

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat pada siswa kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui persiapan penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, (2) mencermati penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, dan (3) faktor penghambat dan penunjang dalam penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan suatu informasi.
Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan Toyyibah, Toyyibah; Ayuanita, Kristanti
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2992

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah fenomenologis.  Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, model, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1)  cara mengoptimalisasi keterampilan menyimak berita meliputi (a) memberikan latihan setiap satu minggu dua kali dengan memberikan tugas pekerjaan rumah, (b) memakai audio visual, (c) menyuruh siswa untuk membaca bahan simakan ke depan, dan (d) memberikan pendekatan individual terhadap peserta didik yang memiliki pola menyimak yang berbeda, (2)  problematika optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita meliputi (a) kehilangan konsentrasi, (b) keterbatasan media, (c) ruang kelas yang sempit, (d) faktor lingkungan, (e) keterbatasan IQ, (f) pembicara kurang menarik dan bahan ajar yang masih minim, dan (g) faktor fisik, serta (3)  solusi dari problematika keterampilan menyimak berita meliputi  (a) memaksimalkan bahan ajar, (b) memperbanyak praktik, seperti menyimak berita dan memberi tugas, (c) menyediakan media yang menarik atau bahan simakan yang menarik, dan (d) mempersiapkan penguasaan materi, media dan metode.
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA A. FUADI Mudassir, Ahmad; Adriana, Iswah
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2896

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap kesantunan berbahasa dalam novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini adalah catatan dokumentasi wujud pematuhan, pelanggaran prinsip kesantunan, dan skala kesantunan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis. Tahapan dalam penelitian ini meliputi membaca dan memahami percakapan antar tokoh, mengidentifikasi data kesantunan berbahasa, menandai percakapan antar tokoh, mengklasifikasi data, dan mendeskripsi data kesantunan.  Hasil penelitian ini adalah wujud pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Wujud pelanggaran prinsip kesantunan barbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, pengharhgaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Skala kesantunan Leech dalam novel tersebut meliputi skala kerugian dan keuntungan, skala pilihan, skala ketidak langsungan, skala keotoritasan dan skala  jarak sosial.
STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH Sari, Novita; Kusmana, Ade; Kuntarto, Eko
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v2i1.3265

Abstract

Disgrafia adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis dan kesulitan dalam hal menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tertulis. Faktor-Faktor penyebabnya adalah kelainan neurologis yang menghambat kemampuan menulis secara fisik, sehingga anak mengalami kesulitan untuk memegang pensil dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memahami gejala, ciri-ciri, dan jenis disgrafia. Serta menemukan strategi yang tepat untuk menangani anak disgrafia dalam hal keterampilan menulis. Guru harus menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kondisi anak, karena tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan strategi menangani kesulitan menulis (disgrafia) melalui pembelajaran partisipatif di Sekolah. Adapun strategi yang bisa digunkan oleh guru diantaranya strategi kegiatan pra menulis, menjiplak huruf, menulis huruf balok, dan menulis huruf bersambung.Kata Kunci: Disgrafia, belajar menulis, strategi pembelajaran. 
MENGENAL PEMBELAJARAN BIPA BERDASARKAN KEBUTUHAN BELAJAR PELAJAR ASING Pratiwi, Adilah
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SPECIAL EDITION: SEMINAR NASIONAL LALONGET I
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v0i0.3755

Abstract

BIPA Learning is an Indonesian language learning program specifically designed to provide language learning services for foreign students. In BIPA learning, teaching materials and learning strategies are specifically designed according to the learning needs of foreign students. BIPA students are students as speakers of other languages who have diverse cultural backgrounds and learning goals. Cultural diversity and learning objectives of BIPA students have implications for the difficulty in choosing appropriate materials and strategies for implementing BIPA learning. The suitability of the choice of materials and strategies with the needs of BIPA students can motivate students and improve learning effectiveness. Therefore, an adequate understanding of student characteristics, learning needs, and teaching materials are important aspects that need to be mastered by BIPA teachers.
PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA ANAK FAQIH, FIYAN ILMAN
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SPECIAL EDITION: SEMINAR NASIONAL LALONGET I
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v0i0.3760

Abstract

The skill of writing children's drama script must be in accordance with all children's lives. These skills are not easy for adults. Adults tend to force their minds on children. This happens because adults find it hard to think like children. This study aims to describe the application of the picture and picture method in writing children's drama scripts. There are 5 aspects that must be considered in writing children's drama scripts: uniqueness, creativity, interest, level of children's development, and the position of the drama script in the lives of children. These five aspects are the basis in the creation of ideas, themes, mandates, characters, disposition, setting, and plot of the children's drama script. These five aspects appear in the picture and picture method. The method can record all the activities of children so that children's drama scripts according to the uniqueness, creativity, interests, and level of development of children.
NILAI-NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT ASAL-USUL PAYANDERKET KAB KARO Sembiring, Lija Melisa Br
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SPECIAL EDITION: SEMINAR NASIONAL LALONGET I
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v0i0.3765

Abstract

This study aims to determine the cultural values contained in the folklore of the origin of the Karo district Payanderket.  Cultural values are contained in the contents of the Payanderket story and supporting theories.  This research uses descriptive analysis method.  Some steps taken to obtain and analyze this research are conducting interviews with sources, classifying sources obtained from the folklore of the origins of Payanderket and then applied in writing, then reviewed to determine the cultural value contained therein, to conclude the results of research  .  The data obtained is referred from various library sources and then grouped based on certain criteria.  The results showed that there were five cultural values namely, kinship values, religious values, legal values, conflict values, and compassion values.  Each value has a very deep meaning showing the authenticity of the folklore of the origin of the Karo Regency Payanderket.  By understanding and understanding the contents of the folklore of the origins of the Karo district Payanderket, it will be easier to obtain wisdom and learning the value of life from the folklore of the origin of the Payanderket Karo district.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TULIS BIPA TINGKAT PEMULA Akyun, Qurrota
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SPECIAL EDITION: SEMINAR NASIONAL LALONGET I
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v0i0.3770

Abstract

BIPA is Indonesian for foreign speakers, a program about learning Indonesian that specifically provides language learning for foreign students. BIPA learning includes learning strategies and teaching materials that are designed according to the level and needs of foreign students. BIPA students are students who come from outside Indonesia, who study Indonesian as their first language. Foreign students learning Indonesian can learn differently from each other. Different learning abilities will determine students will be at the appropriate level of language skills. BIPA learning aims to master four aspects of language skills, one of which is writing. In BIPA learning, learning materials and strategies are designed according to the levels and needs of foreign students. Therefore, understanding of the characteristics of Indonesian written BIPA students beginner at UM needs to be mastered by the instructor.
PENGETAHUAN TENTANG TUHAN DALAM TEKS SERAT SASTRA GENDHING Werdiningsih, Yuli Kurniati; Andrian, Setia Naka
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SPECIAL EDITION: SEMINAR NASIONAL LALONGET I
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v0i0.3776

Abstract

This study aims to describe the knowledge of God in the text of Serat Sastra Gendhing.This research is a qualitative type. The source of the research data is Serat Sastra Gendhing text editing. The research data are words, phrases, clauses, and sentences that contain knowledge about God in the text of Serat Sastra Gendhing. Data is collected through a classification process; identification; inventory. Data were analyzed by hermeneutic studies through methods of reduction, interpretation, and conclusions. The results of research in the form of knowledge about God contained in the text of Serat Sastra Gendhing as follows. God is in rasa, God is known in the union between rasa and pangrasa, knowledge of God involves all aspects of human beings. Knowledge about God is not only reflected in worship, but also in the rasa, pikiran, and perbuatan that implement the attributes of God.

Page 1 of 20 | Total Record : 196