cover
Contact Name
Agik Nur Efendi
Contact Email
ghancaran@iainmadura.ac.id
Phone
+6285732475307
Journal Mail Official
ghancaran@iainmadura.ac.id
Editorial Address
State Islamic Institute of Madura Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 27148955     EISSN : 27159132     DOI : DOI 10.19105/ghancaran
Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan pendidikan multibahasa; analisis wacana; sastra dan pengajaran; bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA); dan penerbitan dan budaya.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 6 Documents clear
Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan Maryamah, Maryamah; Effendy, Moh Hafid
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2990

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat pada siswa kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui persiapan penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, (2) mencermati penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, dan (3) faktor penghambat dan penunjang dalam penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan suatu informasi.
Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan Toyyibah, Toyyibah; Ayuanita, Kristanti
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2992

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah fenomenologis.  Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, model, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1)  cara mengoptimalisasi keterampilan menyimak berita meliputi (a) memberikan latihan setiap satu minggu dua kali dengan memberikan tugas pekerjaan rumah, (b) memakai audio visual, (c) menyuruh siswa untuk membaca bahan simakan ke depan, dan (d) memberikan pendekatan individual terhadap peserta didik yang memiliki pola menyimak yang berbeda, (2)  problematika optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita meliputi (a) kehilangan konsentrasi, (b) keterbatasan media, (c) ruang kelas yang sempit, (d) faktor lingkungan, (e) keterbatasan IQ, (f) pembicara kurang menarik dan bahan ajar yang masih minim, dan (g) faktor fisik, serta (3)  solusi dari problematika keterampilan menyimak berita meliputi  (a) memaksimalkan bahan ajar, (b) memperbanyak praktik, seperti menyimak berita dan memberi tugas, (c) menyediakan media yang menarik atau bahan simakan yang menarik, dan (d) mempersiapkan penguasaan materi, media dan metode.
Kolonialisme dan Nasionalisme dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Farhana RM, Farah; Aflahah, Aflahah
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2946

Abstract

Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer merupakan novel yang ditulis oleh Paramoedya Ananta Toer. Novel ini menggambarkan mengenai berbagai bentuk kolonialisme, rasa nasionalisme, dan perjuangan pergerakan. Novel ini bercerita mengenai bentuk tindakan kolonialisme yang dilakukan bangsa Eropa terhadap bangsa pribumi. Bentuk tindakan nasionalisme yang terdapat dalam novel ini bertujuan untuk memperjuangkan kehormatan bangsa pribumi. Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bentuk-bentuk tindakan kolonialisme yang terdapat dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Kedua, bentuk-bentuk tindakan nasionalisme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data diperoleh dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk tindakan kolonialisme dan bentuk-bentuk tindakan nasionalisme. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nyai Ontosoroh menjadi tokoh yang sangat kuat dalam menentang kolonialisme.
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar Karya Haidar Musyafa: Perspektif Diane Tillman S. Arifin, Imam; Adriana, Iswah
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2948

Abstract

Novel Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar merupakan novel yang ditulis oleh Haidar Musyafa. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan bapak pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Perjuangan Ki Hadjar dan pemuda Indonesia diceritakan dalam novel ini mulai dari terbentuknya Boedi Oetomo, tamansiswa hingga kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa Perspektif Diane Tillman. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh melalui novel Ki Hadjar Sebuah Memoar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan membaca dan mencatat. Dalam menganalisis data pada novel  Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, peneliti melakukan beberapa tahapan, yaitu: mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan/keajengan pengamatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini kaya akan nilai pendidikan.
Tindak Tutur Masyarakat di Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Verawati, Fifin; Mulyadi, Mulyadi
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2984

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga  yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana jenis tindak tutur di lingkungan keluarga masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan; kedua, bagaimanakah wujud tindak tutur di lingkungan keluarga masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui metode simak libat bebas cakap, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi atau teknik lanjutan rekam dan catat. Informannya adalah masyarakat di lingkungan keluarga Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan pada bulan Desember 2018 s.d Januari 2019. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, jenis tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga ini berjenis tindak tutur yang ditemukan meliputi, tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi (dengan subjenis  asertif atau representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif), dan tindak tutur perlokusi. Kedua, wujud tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga ditemukan dengan meliputi: jenis tindak tutur lokusi, yaitu pernyataan, perintah, dan pertanyaan.
Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI di MA Al-Husaini Pasanggar Pegantenan Rofi’i, Moh; Effendy, Moh Hafid
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i1.2986

Abstract

Terdapat permasalahan yang dialami siswa  kelas XI di MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan dalam pembelajaran mnulis surat dinas. Pembelajaran kontekstual diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berangkat dari permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual siswa kelas XI di MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas. Lokasi penelitian adalah  MA AL-Husaini Pamekasan dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA AL-Husaini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2018 dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah upaya peningkatan kemampuan menulis surat dinas siswa menggunakan pendekatan kontekstual kelas XI MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan semester genap tahun pelajaran 2017-2018 dapat meningkatakan proses hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas. Peningkatan tersbut dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata pada siklus I, yaitu 68 dan siklus II, yaitu 74, 75 dari hasil inilah guru melaksanakan II siklus ini karena dilihat dari hasil siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6