cover
Contact Name
Agik Nur Efendi
Contact Email
ghancaran@iainmadura.ac.id
Phone
+6285732475307
Journal Mail Official
ghancaran@iainmadura.ac.id
Editorial Address
State Islamic Institute of Madura Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 27148955     EISSN : 27159132     DOI : DOI 10.19105/ghancaran
Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan pendidikan multibahasa; analisis wacana; sastra dan pengajaran; bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA); dan penerbitan dan budaya.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020)" : 6 Documents clear
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA A. FUADI Mudassir, Ahmad; Adriana, Iswah
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2896

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap kesantunan berbahasa dalam novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini adalah catatan dokumentasi wujud pematuhan, pelanggaran prinsip kesantunan, dan skala kesantunan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis. Tahapan dalam penelitian ini meliputi membaca dan memahami percakapan antar tokoh, mengidentifikasi data kesantunan berbahasa, menandai percakapan antar tokoh, mengklasifikasi data, dan mendeskripsi data kesantunan.  Hasil penelitian ini adalah wujud pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Wujud pelanggaran prinsip kesantunan barbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, pengharhgaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Skala kesantunan Leech dalam novel tersebut meliputi skala kerugian dan keuntungan, skala pilihan, skala ketidak langsungan, skala keotoritasan dan skala  jarak sosial.
TOKOH DIAR DALAM NOVEL REMBANG JINGGA KARYA Tj. OETORO DAN DWIYANA PREMADI (KAJIAN FEMENISEME RADIKAL MENURUT KATE MILLET) Arifudin, Taufik; Susanto, Edi
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2892

Abstract

Novel Rembang Jingga karya Tj Oetoro dan Dwiyana Premadi menarik untuk diteliti karena mengandung nilai kesetaraan gender oleh tokoh-tokoh yang berada di dalamnya, terutama dalam tokoh Diar. Gerakan feminism radikal Kate Millet dapat ditemukan dalam novel Rembang Jingga karya Tj Oetoro dan Dwiyana Premadi melalui tokoh Diar. Tokoh Diar dipaksa melacur oleh ayah kandungnya sendiri dan berjuang untuk keluar dari rumah dan sekapan ayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk femenisme radikal tokoh Diar dalam novel Rembang Jingga karya Tj Oetoro dan Dwiyana Premadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis kepustakaan. Sumber data diperoleh dari novel Rembang Jingga Karya Tj Oetoro dan Dwiyana Premadi. Data yang diambil berupa kata, kalimat, dan kutipan dialog yang berkaitan dengan femenisme radikal menurut Kate Millet. Data tersebut mayoritas diambil dari tokoh Diar. Pengecakan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan.. Feminisme radikal yang digagas Katte Millet relevan dengan novel Rembang Jingga karya Tj Oetoro dan Dwi Premadi. Hal itu tidak terlepas dari perjuangan tokoh Diar dalam melawan kehendak ayahnya untuk menjadi pelacur.
NILAI DIDAKTIS DALAM CERITA RAKYAT KE’ LESAP PENDEKAR KAMARDIKA’AN E POLO MADURA PERSPEKIF ALI M. NATSIR Arifin, Samsul; Ayuanita, Kristanti
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2983

Abstract

Cerita rakyat Ke’ Lesap merupakan cerita yang kejadiannya sekitar tahun 1750 dan menjadi cerita legenda di pulau Madura. Keberadaan cerita rakyat Ke’ Lesap Pendekar Kamardika’an E Polo Madura hampir tidak dikenal oleh masyarakat saat ini. Hal itu karena masyarakat generasi saat ini cenderung fokus dalam dunia digital sehingga kebudayaan mendengar dan membaca cerita rakyat di Pulau Madura perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerita rakyat dan mendeskripsikan fungsi dari nilai-nilai tersebut. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dan mencatat nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerita rakyat Ke’ Lesap Pendekar Kamardika’an E Polo Madura. Sumber data yang dianalisis adalah cerita rakyat Ke’ Lesap Pendekar Kamardika’an E Polo Madura yang berupa buku berbahasa Madura kemudian oleh peneliti menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Cerita tersebut memiliki nilai intelektual, nilai sosial, nilai moral, nilai ketuhanan/agama, nilai kehendak/cita-cita. Fungsi cerita rakyat tidak hanya sebagai penghantar anak-anak ketika mau tidur, tetapi  mendidik dalam hal kebaikan.
Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Rukmana, Rianita Agdiyanti; Effendy, Moh Hafid
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2893

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini meliputi transkip wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Matsratul Huda. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Tahapan penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan pendekatan saintifik pada tahap kegiatan awal meliputi mempersiapkan RPP, penguasaan materi, media alat peraga, dan mengkondisikan siswa, (2) tahap kegiatan inti meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, (3) tahap kegiatan penutup meliputi menyimpukan bersama-sama dan merefleksi kegiatan, dan (4) faktor pendukung meliputi sarana dan prasarana yang lengkap dan kesadaran siswa dalam belajar dengan giat serta mandiri. Selanjutnya, faktor penghambat meliputi siswa kurang bisa beradaptasi dengan pembelajaran saintifik dan pembelajaran sering tidak kondusif.
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJAGA LARANGAN LUAR PAMEKASAN Subhan, Moh; Ghofur, Abd.
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2894

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan menggunakan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat siswa lebih memahami dalam pembelajaran bahasa Indonesia, diantaranya menggunakan penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian, yaitu:pertama, penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; kedua, kelebihan dari  penerapan Cooperative learning tipe Jigsaw; dan ketiga, kendala yang dihadapi dari penerapan Cooperative Learning tipe Jigsawpada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan sumber datanya yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dengan menggunakan metode ini menunjukkan siswa lebih aktif dan antusias untuk berdiskusi dalam pelajaran.
KARAKTER RETORIKA DAKWAH USTAZ ABDUS SOMAD (STUDI KAJIAN PRAGMATIK) Hasanah, Uswatun; Usman, Usman
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/ghancaran.v1i2.2895

Abstract

Ustaz Abdul Somad (UAS) adalah ulama populer yang sering mengulas kajian ilmu hadist dan ilmu fiqh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter retorika tindak komunikatif menyetujui, karakter retorika tindak komunikatif membantah, retorika tindak komunikatif mengkritik, dan retorika tindak komunikatif menegaskan dakwah  UAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah tuturan UAS. Prosedur pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Karakter retorika  tindak komunikatif menyetujui dengan membenarkan pertanyaan dari masyarakat dan membanarkan sebuah perilaku. 2) Karakter retorika  tindak komunikatif membantah dengan menyangkal perihal pendapat orang-orang mengenai pribadi dan karakternya dalan menyampaikan ajaran Islam atau dalam berdakwah. 3) Karakter retorika tindak komunikatif mengkritik dakwah UAS adalah dengan menyampaikan perilaku yang buruk yang sudah terjadi disertai dengan menyampaikan perilaku yang baik yang seharusnya dikerjakan. 4) Karakter retorika tindak komunikatif menegaskan dakwah UAS adalah dengan memberikan penekanan dan lebih menjelaskan perihal tuturan yang dimaksud ketika berceramah. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6